Mencari Luas Lingkaran dengan Pendekatan Luas Segitiga

Hari ini saya dapat pertanyaan dari pengunjung blog di postingan Menemukan Luas Lingkaran, dengan pertanyaan “bagaimanakah mencari luas lingkaran dengan luas segitiga ?”. OK, caranya juga hampir sama dengan mencari luas lingkaran dengan pendekatan persegi panjang yang beda hanya membagi lingkarannya. Langkahnya adalah sebagai berikut: 1. Bagilah model lingkaran menjadi sembilan juring yang sama besar (masing-masing juring besarnya 40°) 2. Lalu susunlah potongan tersebut menjadi sebuah segitiga, lebih jelasnya lihat gambar berikut:

3. Dari gambar tersebut didapat: Luas lingkaran Luas Segitiga Luas lingkaran =

Luas lingkaran =

Luas lingkaran = Luas lingkaran = Nah sehingga didapat luas lingkaran = .
http://duritajam.web.id/dunia-matematika/mencari-luas-lingkaran-dengan-pendekatan-luassegitiga/

dari situlah kita mendapatkan rumus luas lingkaran.5°). dengan bantuan rumus keliling tersebut dan bantuan luas persegi panjang kita mampu mengkonstruksi rumus luas lingkaran. 2009 Sejak SD kita diajarin tentang luas lingkaran dengan rumus ∏r² (baca: pi r kuadrat). Maka akan kita temukan: Luas persegi panjang tersusun = panjang x lebar = luas lingkaran Luas lingkaran = ½ K x r Luas lingkaran = ½ x 2∏r x r Luas lingkaran = ∏r² Nah. Begini caranya: 1. 2. 3. tetapi tidak tahu darimana asalnya. potong masing-masing bagian (menjadi 16 juring) 5. Nah.web. sekarang telah terlihat bidang yang menyerupai dengan persegi panjang. Kemudian warnai atau arsir separuh bagian dari lingkaran tersebut. Setelah itu susunlah menjadi bentuk seperti di bawah ini: Ingat! ada satu bagian yang dipotong menjadi dua sama besar untuk bagian ujung kanan dan kiri. Namun. Dan tentunya kita sangat familiar dengan rumus luas persegi panjang. 4.id/uncategorized/menemukan-luas-lingkaran/ . Namun sebelumnya kita lihat persegi panjang di atas. Nah. Lalu dengan menggunakan busur. kalian bagi lingkaran tersebut menjadi 16 bagian yang sama (tiap bagian sudut pusatnya 22. Lalu.Menemukan Luas Lingkaran Uncategorized June 19th. Siapkan kertas karton dan gambar lingkaran dengan jari-jari r (terserah berapa saja). http://duritajam. panjangnya adalah ½ K (setengah keliling lingkaran) dan memiliki lebar adalah r (jari-jari lingkaran). Dengan cari ini pula kita mendapatkan nilai ∏ sekaligus mendapatkan rumus kelilingnya yaitu 2∏r (baca: 2 pi r). dengan cara melingkari figur lingkaran di bagian tepinya dengan seutas tali dan mengukur pajang tali tersebut dengan peggaris. kita juga pernah diajarin cara menemukan keliling lingkaran.

Buat persegi panjang dengan ukuran panjangnya sama dengan keliling lingkaran alas yaitu 44 cm dan ukuran lebarnya sama dengan tinggi kerucut yaitu 24 cm 3. rekat dengan lem sampai batas yang dilebihkan tadi. Gunting persegi panjang tadi dengan melebihkan sedikit untuk perekat 4. didapatkan garis pelukis kerucut 25 cm dan tinggi kerucut 24 cm 3. secara aljabar dapat dijelaskan Volume tabung : t Volume kerucut : t Volume kerucut = Volume tabung 3x Volume kerucut = Volume tabung . Terlihat tabung terisi penuh dan rata oleh beras Terbukti bahwa volume tabung = 3 x volume kerucut. Lebihkan sedikt sebagai tempat perekat. lebihkan sedikit untuk perekat dengan selimut tabung nantinya 2. yaitu . Sebagai alas kerucut. saat mengguntingnya lebihkan sedikit dari ukuran sebenarnya sebaga tempat perekat. Dengan menggunakan perhitungan sudut juring. Hubungkan kedua ujung persegi panjang tadi lalu rekat dengan lem sampai batas perekat yang dilebihkan tadi hungga membentuk sebuah tabung tanpa penutup 5. Dengan menggunakan jangka. kerucut dan tabung di atas meja pertunjukkan 2. spidol dan krayon jangka penggaris kaleng kecil Bahan : karton tebal lem dan selotip beras secukupnya Cara Pembuatan Media Jaring-jaring kerucut 1. Tutup tabung tadi dengan kedua lingkaran. Hubungkan kedua ujung juring dan rekat dengan menggunakan lem sampai pada batas perekat 6. Cara Kerja 1. Sediakan beras dan kaleng kecil. buat lingkaran dengan jari-jari 7 cm di atas karton tebal. Saat mengguntingnya. Buat dua buah lingkaran pada karton dengan ukuran diameternya 14 cm yang nantinya akan digunakan sebagai alas dan penutup tabung. 5. Jaring-jaring tabung 1. Buat lingkaran dengan jari-jari 25 cm. Isikan beras ke dalam kerucut dengan bantuan kaleng kecil hingga penuh dan rata. 2.menentukan luas volume kerucut dengan pendekatan volume tabung Alat dan Bahan Alat : gunting dan cutter pensil. jika sulit gunakan cutter sebagai pembantu. 3. sambungkan dengan lingkaran tadi dengan menggunakan lem 7. Masukkan beras yang ada dalam kerucut ke dalam tabung 4. tinggi 24 cm dan garis pelukisnya 25 cm. Gunting juring yang telah terbentuk pada lingkaran. Lakukan kerja pada poin 2-3 sebanyak tiga kali 5. Terbentuklah sebuah kerucut dengan ukuran diameter alas 14 cm. Dengan perhitungan phytagoras. (keliling alas/keliling lingkaran x360 derajat) maka didapatkan sudut juring lingkaran 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful