Jenis Batuan

Nama Batuan

Macam Batuan

Gambar

Granit

Keterangan Granit kebanyakan besar, keras dan kuat, Kepadatan rata-rata granit adalah 2,75 gr/cm³ dengan jangkauan antara 1,74 dan 2,80. Kata granit berasal dari bahasa Latingranum. (yang sering dijadikan hiasan rumah).

Batuan beku korok Profir Diarit

Batuan Beku

Profir Diarit adalah batuan yang dapat menjadi batuani induk (“Host Rocks”), mineralisasi logam dasar dan logam mulia yang terbentuk bersama urat kuarsa, tersebar dan mengisi rekahan /retakan dengan ubahan hidrotermal propilit, argilit, pilik dan potassik. Ditemukannya mineral petunjuk epidot, diopsid aktinolit, berasosiasi dengan magnetit memberi gambaran kearah dugaan bahwa telah terjadi proses pyrometasomatisma yang menghasilkan mineralisasi skarn. Obsidian terbentuk dari larva permukaan yang mendingin dengan cepat. Ciri- ciri utama batu ini adalah warna hitam seperti kaca tidak ada kristal.

Obsidian

Batuan ekstrusif

Batuan ini mengandung sedikit Kalsium (soda) plagioklas feldspar, mineral berwarna terang, dan hornblende berwarna hitam. batuan diorite tidak mengandung mineral kuarsa atau sangat sedikit. Diorite Batuan Plutonik/ batuan intrusif

plagioklas. piroksin dan magnetit. Ca. Batuan ini mengandung sedikit Kalsium (soda) plagioklas feldspar. berwarna gelap. Banyak basalt mengandung fenokris olivin. batuan diorite tidak mengandung mineral kuarsa atau sangat sedikit. dengan atau tanpa olivin. berbutir kristal halus. Digunakan untuk konstruksi bangunan arsitektur dan sering mengandung bijih besi.Jenis Batuan Nama Batuan Macam Batuan Gambar Gabro Batuan Plutonik/ batuan intrusif Keterangan Warna gelap dengan tekstur ekigranular. dan juga tidak seperti gabbro. tidak mengandung kalsit plagioklas. Tidak seperti granit. diorite mempunyai warna yang lebih terang dan mengandung soda. Diorite adalah batuan beku plutonik. plagioklas dan piroksin. Basalt Batuan Beku Batuan Ekstrusif Andesit Suatu jenis batuan beku vulkanik dengan komposisi antara dan tekstur spesifik yang umumnya ditemukan pada lingkungan subduksi tektonik di wilayah perbatasan lautan seperti di pantai barat Amerika Selatan atau daerah-daerah dengan aktivitas vulkanik yang tinggi seperti Indonesia. Nama andesit berasal dari nama Pegunungan Andes. mineral berwarna terang. K-feldspar < 10 %. felspatoid < 10 %. dan mengandung SiO2 kurang dari 53 %berat. dan hornblende berwarna hitam. yaitu batuan antara granite dan gabbro. Apabila Dasit . kuarsa (SiO2) <10%. beragam dari faneritik hingga porfiritik. berkomposisi plagioklas. Felspar plagioklas 2/3 bagian.

bergelembung.Jenis Batuan Nama Batuan Macam Batuan Gambar Keterangan batuan diorite ini dihasilkan dari letusan gunung api maka akan terjadi pendinginan menjadi lava andesite. Mineral penyusunnya hampir mirip dengan diorit atau andesit. hitam. sementara palgioklasnya secara berangsur berubah ke asam. ringandan terapung di air. berlapis tipis. Sienit Batuan Intrusif Granodiorite Batuan beku dengan ciri-ciri agak asam. tetapi ditambah kuarsa dan alkali felspar. Batu Serpih . Batu Apung Batuan Ekstrusif Warna abu-abu. coklat dengan tekstur berbutir halus. Sienit adalah batuan beku dalam sangat asam. Kandungan mineral: 63% dan kuarsa 35%. Batuan Beku batu apung terbentuk dari pendinginan magma yang mengandung gelembung gas. Ciri-ciri utama batu apung adalah warna ke abuabuan berpori-pori. dimana alkali felspar lebih banyak daripada plagioklas. Mudah pecah pada bidang perlapisan.

Gipsum . Riolit bisa digunakan sebagai bahan baku beton ringan. Batuan Beku Batuan Ekstrusif Riolit Konglomerat Batuan Sedimen Sedimen klastik Gipsum tersusun atas mineral gipsum (CaSO4. Fe2O3 dan masih banyak lagi mineral penyusun lainnya Riolit terbentuk dari pembekuan magma di dalam kerak bumi yang lazimnya dari letupan gunung berapi. saringan/filter. dan mineral penyusun lainya. MnO. bahan pembawa (media) dan campuran makanan ternak. batuan ini terbentuk karena kandungan uap air yang ada menguap. dan lain-lain. Tekstur dari batuan ini juga berupa kristalin. kuarsa.MnO.H2O). granit. Namun sebenarnya sifat asid batuan ini bergantung kepada kandungan silika di dalamnya. plesteran. bahan penggosok. hanya saja fragmen yang menyusun batuan ini umumnya bulat atau agak membulat. Riolit di anggap berasid apabila kandungan silikanya melebihi 66%. memiliki ukuran butir 2-256 milimeter dan terdiri atas sejenis atau campuran rijang. magnesium oksida. Pada batuan ini terdapat lubanglubang gas yang terisi oleh mineral sekundernya pada batuan ini terdapat mineral silikat. Al2O3. isolator temperatur tinggi/rendah. yang terbentuk daripada pembekuan magma di luar permukaan bumi.Jenis Batuan Nama Batuan Macam Batuan Gambar Terahit Keterangan batuan trakhit mempunyai warna batuan abu-abu putih kehijauan dan mempunyai sifat batuan asam (felsik) dengan mineral penyusunnya silikat. Riolit adalah bersifat asid dan bes. Riolit sering ditemukan berupa lava. isolasi bangunan. Sama seperti dengan Saltstone.

Lempung mengandung leburan silika dan/atau aluminium yang halus. feldspar atau pecahan dari batuan. Batuan Sedimen Kristal garam Sedimen khemis Batu Pasir Sedimen klastik Sandstone atau batu pasir terbentuk dari sementasi dari butiranbutiran pasir yang terbawa oleh aliran sungai. misalnya basalt. Lempung terbentuk dari proses pelapukan batuan silika oleh asam karbonat dan sebagian dihasilkan dari aktivitas panas bumi. oksigen. Komposisi batuannya bervariasi.Jenis Batuan Nama Batuan Macam Batuan Gambar Batu Lempung Sedimen Klastik Keterangan Batu lempung: kata umum untuk partikel mineral berkerangka dasar silikat yang berdiameter kurang dari 4 mikrometer. dan ombak dan akhirnya terakumulasi pada suatu tempat. angin. serta sedikit klorit dan bijih besi. dan Graywacke. Tekstur dari batuan ini berbentuk kristalin. Ukuran butiran dari batu pasir ini 1/16 hingga 2 milimeter. dan aluminum adalah unsur yang paling banyak menyusun kerak bumi. silikon. Lempung membentuk gumpalan keras saat kering dan lengket apabila basah terkena air. Arkose. Saltstone terdiri dari mineral halite (NaCl) yang terbentuk karena adanya penguapan yang biasanya terjadi pada air laut. yaitu Quartz Sandstone. Batu pasir umumnya digolongkan menjadi tiga kriteria. tersusun terutama dari kuarsa. riolit. . sabak. Unsurunsur ini.

Komposisinya berupa humus dan karbon. Batu gamping dapat terbentuk baik karena hasil dari proses organisme atau karena proses anorganik. selain itu fragmen juga dapat berasal dari hasil longsoran yang mengalami litifikasi.Jenis Batuan Nama Batuan Macam Batuan Gambar Batu Breksi Sedimen klastik Batu bara (coal) Batuan Sedimen Batu gamping terumbu Keterangan Breksi memiliki butiran-butiran yang bersifat coarse yang terbentuk dari sementasi fragmen-fragmen yang bersifat kasar dengan ukuran 2 hingga 256 milimeter. Teksturnya bervariasi antara rapat. kuarsit. dan tebal. Coal atau batu bara adalah batuan sedimen yang terbentuk dari kompaksi material yang berasal dari tumbuhan. Fragmen-fragmen ini bersifat runcing dan menyudut. kristalin atau oolit. berlapis. baik berupa akar. dan lain-lain. afanitis. Komposisi dari breksi terdiri dari sejenis atau campuran dari rijang. Warna biasanya coklat kehitaman dan pecahannya bersifat prismatik. Batu Gamping terumbu terbentuk karena aktivitas dari coral atau terumbu pada perairan yang hangat dan dangkal Sedimen organik Batu gamping Sedimen klastik/ Sedimen organik Limestone atau batu gamping adalah batuan sedimen yang memiliki komposisi mineral utama dari kalsit (CaCO3). kuarsa. Teksturnya amorf. berbutir kasar. granit. batang. maupun daun. . Fragmen-fragmen dari Breksi biasanya merupakan fragmen yang terkumpul pada bagian dasar lereng yang mengalami sedimentasi. batu gamping.

Marmer atau batu pualam mempunyai permukaan yang mengkilap dengan garis-garis warna lembut melintang banyak digunakan batu hiasan karena indah dipandang. batuan ini terbentuk pada saat batuan sediment atau batuan beku yang terpendam pada tempat yang dalam mengalami tekanan dan temperatur yang tinggi.Jenis Batuan Nama Batuan Macam Batuan Gambar Marmer Keterangan Marmer adalah batu gamping yang berubah karena tekanan dan suhu tinggi di dalam kerak bumi. Pada batuan ini terbentuk goresan goresan yang tersusun dari mineral mineral seperti hornblende yang tidak terdapat pada batuan batuan sediment. abu-abu kehijauan. . Hampir dari semua jejak jejak asli batuan ( termasuk kandungan fosil) dan bentuk bentuk struktur lapisan ( seperti layering dan ripple marks) menjadi hilang akibat dari mineral-mineral mengalami proses migrasi dan rekristalisasi. Berwarna abu-abu. Gneiss typical dari jenis batuan metamorf. Phyllite Batuan Metamorf Kuarsit Sedimen klastik/ Sedimen organ Batu kuarsa berasal dari batu pasir yang berubah karena suhu dan tekanan yang tingi.

Hampir dari semua jejak jejak asli batuan ( termasuk kandungan fosil) dan bentuk bentuk struktur lapisan ( seperti layering dan ripple marks) menjadi hilang akibat dari mineral-mineral mengalami proses migrasi dan rekristalisasi. Pada batuan ini terbentuk goresan goresan yang tersusun dari mineral mineral seperti hornblende yang tidak terdapat pada batuan batuan sediment Berwarna abu-abu.Jenis Batuan Nama Batuan Macam Batuan Gambar Keterangan typical dari jenis batuan metamorf. hijau. batuan ini terbentuk pada saat batuan sediment atau batuan beku yang terpendam pada tempat yang dalam mengalami tekanan dan temperatur yang tinggi. hitam. Schist Batuan Metamorf Sedimen klastik/ Sedimen organ Batu sabak . Teksturnya. Digunakan untuk papan tulis maupun trotoar dan atap. merah. berbutir yang sangat halus.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful