Penemuan Fakta Fakta Lebih Lanjut Walaupaun jarang terjadi, kadang auditor mempelajari bahwa setelah laporan keuangan

yang telah diaudit diterbitkan, bahwa laporan keuangan mengandung salah sajiyang material. Ketika penemuan fakta-fakta lwbih lanjut ini terjadi, auditor berkewajiban untuk memastikan bahwa para pemakai yang mengandalkan laporan keuangan diberi tahu mengenai salah saji tersebut. Jika auditor menemukan bahwa laporan ternyata menyesatkan setelah diterbitkan, tindakan yang harus ditempuh adalah meminta klien untuk segera menerbitkan laporan keuangan yang telah direvisi yang mencantumkan alasa mengenai revisi tersebut.

Jawaban soal 24-27 a. Kewajiban kontijen adalah kewajiban di masa mendatang kepada pihak luar untuk jumlah yang tidak diketahui dari aktivitas yang telah terjadi. b. situasi: Prosedur audit yang digunakan untuk mempelajari setiap

Prosedur berikut dapat diapilasikan untuk ketiga item : •

Diskusikan keberadaan dan sifat dari kewajiban kontijensi dengan pihak manajemen dan dapatkan representasi tertulis Lakukan peninjauan atas rapat yang dilakukan dewan direksi dan pemegang saham untuk indikasi adanya tuntutan hukum atau kontijensi lainnya Menganalisa beban yang ada selama proses audit dan lakukan review atas faktur-faktur dan laporan penasehat hukum untuk indikasi kewajiban kontijensi Dapatkan surat-surat dari seluruh pengacara utama yang memberikan jasa hukum untuk klien mengenai status tuntutan hukum dan kewajiban kontijen lainnya

Berikut ini prosedur tambahan untuk masing-masing item • Tuntutan hukum : tidak ada prosedur tambahan

Juga. dan jika terdapat transaksi antar perusahaan. harus ditampilkan sebagai catatan kaki atau sebagai nota ke Saldo Laba dan Saham Biasa di neraca. maka perusahaan dapat mengestimasikan untuk pembayaran ganti rugi sebesar $ 40. tetapi indikasi dari tindakan yang dilakukan. Sifat dari ayat jurnal penyesuaian atau pengungkapan masing item: atas masing- 1.000 . mengingat keputusan pengadilan.000. Tuntutan hukum itu harus dijelaskan dengan catatan kaki pada neraca.• Dividen saham biasa:  Konfirmasi rincian transaksi saham  Review catatan untuk jurnal entri yang tidak biasa • Jaminan pembayaran bunga : Diskusikan. sesuai jumlah pada putusan pengadilan pertama. khususnya transaksi dengan pihak yang barkaitan dengan manajemen termasuk informasi yang terdapat pada surat representasi  Mereview laporan keuangan afiliasi. ajukan pertanyaan langsung pada manajemen afiliasi. Pembagian dividen akan menyebabkan penurunan laba ditahan dan peningkatan modal saham. Deklarasi dividen tersebut tidak menciptakan kewajiban yang mempengaruhi kekayaan bersih agregat . 2. kewajiban lancar akan disesuaikan segera setelah keputusan atas kerusakan tercapai. jika diperlukan bisa dilakukan pemeriksaan terhadap catatan afiliasi c. laba ditahan dapat dibatasi sebesar $ 40. Mengingat keputusan pengadilan. . dan bahwa pengiriman tersebut kemudian akan dibuat. Tidak ada entri yang diperlukan.

pencatatan di debit harus dimasukkan sebagai aset lainnya. Pembayaran Bunga untuk Perusahaan Newart $ 3. Marco Corporation mungkin tidak memiliki hak terhadap Perusahaan Newart sampai semua pembayaran bunga lunas dan obligasi jatuh tempo. kewajiban bunga $ 3. catatan kaki harus dibuat pada neraca yang menyatakan bahwa Marco Corporation memiliki kontinjensi atas pembayaran bunga masa depan obligasi Perusahaan Newart sebesar $ 60. dapat tercermin dalam catatan akun Marco Corporation dengan entri berikut:.750 dan fakta-fakta mengenai $ 3.000. Jika pembayaran dengan Newart tidak pasti.3. .Newart Obligasi $ 3.750. atau jika karena alasan lain tampaknya yakin bahwa pembayaran akan dilakukan oleh Newart pada tanggal 15 Januari entri tidak harus dilakukan oleh Marco. Jika bunga telah dibayar pada saat audit selesai.750 untuk periode 1 Juni sampai 1 Desember 2007. Dalam hal ini catatan kaki mengungkapkan kewajiban kontinjensi dari $ 63.750. Utang Bunga Masih harus dibayar .750 harus disertakan dengan laporan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful