P. 1
Ptk Pai Penerapan Metode Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Kerjasama Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii

Ptk Pai Penerapan Metode Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Kerjasama Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii

|Views: 238|Likes:
Published by Rusydi_Alatif_5876

More info:

Published by: Rusydi_Alatif_5876 on May 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/09/2015

pdf

text

original

PTK PAI PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII

-A MTs NEGERI JABUNG TALUN BLITAR PADA MATERI AL-QUR’AN HADITS
BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Dalarn rneningkatkan rnutu pendidikan yang sesuai cita-cita bangsa indonesia yakni rnewujudkan kesejah teraan umurn dan mencerdaskan kehidupan bargsa adalah sangat diharapkan pada lembaga-lembaga pendidikan di Indonesia. Untuk mencapai rnutu pendidikan yang benar-benar berkualitas maka diperlukan adanya metode belajar mengajar, dan belajar mengajar merupakan keseluruhan prosedur yang harus diternpuh oleh guru dan siswa, yang memungkink. dalam memberikan kesempatan kepada guru dan siswa untuk melakukan kegiatan belajar mengajar dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Metode apa yang dipilih dan digunakan, pada hakckatnya bergantung pada kemampuan guru sendri dengan ditandai oleb tingkat pengetahuan, keterampilan dan sikap pengalaman, serta bertalian dengan ruang lingkup proses belajar mengajar umumnnya dan strategi belajar nengajar khususnya (Muhaimin dkk, 1998:3). Di dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, khususnya mata pelajaran AlQur’an Hadits seorang pendidik dituntut untuk rnenggunakan metode dalarn menyampaikan mata pelajaran yang akan disajikan agar siswa merasa tertarik dengan mata pelajaran tersebut. Dan setiap penggunaan metode sangatlah mcrnbantu pendidik untuk rnempermudah tugasnya dalam menyampaikan mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Sebagian besar kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Al-Qur-an Hadits selama ini terkesan monoton yang akan menimbulkan tingkat kebosanan bagi siswa dan berimbas pada hasil belajar siswa yang kurang maksirnal. Ini dikarenakan kurang keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan. Out put dan lembaga pendidikan yang masih tergolong rendah saat ini salah satunya adalah akibat dan kurangnya motivasi siswa untuk belajar yang dikarenakan kurang efektilnya netode pembelajaran yang digunakan. Adapun salah satu usaha untuk menciptakan kondisi yang efektif dan kondusif adaiah dengan adanya kreativitas dan guru dalam mernilih dan menentukan .uatu metode pembelajaran. Dalam upaya menignkatkan kegiatan belajar mengajar yang efektif seorang guru di samping menguasai metode yang digunakan juga harus bisa menguasai teknik pengelolaan kelas, penguasaan materi pembelajaran, penguasaan media pembelajaran dan beberapa aspek yang dapat menunjang tercapainya kegiatan pembelajaran yang efektif dan kondusif.

Hal ini tentunya dengan penggunaan metode yang bisa menjembatani tujuan yang ingin dicapai tersebut. perlu sekiranya memperhatikan aspek-aspek yang dapat menjadikan kegiatan pembelajaran yang dilakukan lebih menarik bagi siswa. maka perlu diupayakan pengembangan metode pembelajaran dengan memperhatikan tingkat keaktifan dan kreativitas siswa. meningkatkan kreativitas siswa. maka metode Cooperative Learning sangat mendukung siswa agar dapat mengerjakan tugas dan guru dengan pasangan kelompoknya yang mana masing-masing anggota mempunyai rasa tanggung jawab yang diberikan oleh guru. Metode Cooperative Learning ini dapat dikatakan hampir sama dengan metode kelompok. Siswa yang lebih pintar akan lebih mendominasi kelas. suasana seperti ini dirasa sangat tidak efektif dalarn proses belajar menga jar dengan metode cooperative learning. maka peneliti ingin melakukan penelitian lebih lanjut tentang “PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-A MTs NEGERI JABUNG TALUN BLITAR PADA MATERI AL-QUR’AN HADITS Salah satu metode yang peneliti gunakan yaitu metode Cooperative Learning atau yang lebih dikenal dengan metode gotong royong. Dan dengan penerapan metode ini diharapkan dapat memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam meningkatkan kemampuan dan sikap gotong royong siswa. Terkait dengan hal itu. Dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits selain menjadikan lebih menarik. B. namun dalam aplikasi pengelompokannya tidak ada pengklasifikasian antara siswa yang pandai dan yang kurang mampu. Dari apa yang telah dipaparkan tersebut maka dalam upaya mencapai kegiatan pembelajaran yang Iebih baik.Adapun upaya untuk dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa serta terciptanya kualitas pembelajaran yang lebih baik dari siswa. karena hal tersebut akan menimbulkan suasana persaingan dan pengisolasian siswa. Penggunaan metode ini sangat membantu siswa untuk meningkatkan minat belajarnya dalam mempelajani mata pelajaran Al-Qur’an Hadits serta menanamkan sikap gotong royong dalam kehidupan mereka. Rumusan Masalah Berdasarkan uraian tentang metode Cooperative Learning tersebut. (Anita Lie: 27) Alasan penting penggunaan metode Cooperative Learning yaitu untuk lebih menyiapkan siswa dengan keterampilan-keterampilan baru untuk bisa berpartisipasi dalam dunia yang berubah dan berkembang pesat. perlu juga diperhatikan beberapa aspek seperti bagaimana metode yang digunakan dapat menjadikan siswa lebih aktif kreatif efektif dan prestasinya dalam kegiatan pembelajaran lebih baik. sedangkan siswa yang kurang mampu akan merasa terkucilkan atau terisolasi dari temantemannya yang pintar. dan dapat memberikan hasil belajar siswa lebih baik. Untuk menarik minat belajar siswa dalam membangun pribadi yang bergotong royong. penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut: .

maka setiap siswa akan lebih mudah dalam belaJar dan menyelesaikan tugas yang diberikan oleb guru serta mempermudah komunikasi dan interaksi antar sesama siswa. E. meemberikan wacana dalam pemilihan metode untuk menngkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Memberikan alternatif bagi guru datam menilai tingkat keaktifan dan kreativitas siswa dalam proses belajar mengajar. 2. b. Oleh karena itu dengan diterapkannya metode Cooperative Learning ini. Manfaat Penelitian Dalam penelitian ini ada beberapa manfaat yang dapat diambil. Mengetahui apakah dengan penerapan metode Coorperative Learning dapat nieningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VIII-A Negeni Jabung Talun Blitar pada mata pelajaran AlQur’an Hadits. Membantu sekolah dalam pelaksanaan kurikulum dan kegiatan belajar mengajar yang lebib baik. maka tujuan dan nenelitian yang dilakukan ini adalah sebagai berikut : 1. 2. Mengetahui bagaimana penerapan metode Coopertive Learning dalam rneningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-A MTs Negeri Jabung Talun Blitar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits C. Membantu memudahkan siswa dalam memahami dan penguasaan terhadap materi pelajaran AlQur’an Haddits. Lembaga a. 2. Apabila metode ini diterapkan dalam proses belajar mengajar di kelas. Mengetahui apakah dengan penerapan metode Cooperative Learning dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa VIII-A MTs Negeri Jabung Talun Blitar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. D. . b. Tujuan Penelitian Berdasarkan beberpa permasalahan tersebut. Masukan terhadap sekolah untuk dijadikan pertimbangan dalam penggunaan metode untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar agar dapat berjalan efektif. 3. Hipotesis Tindakan Metode Cooperative Learning ini menjelaskan tentang bentuk kerjasama dalam kegiatan belajar antara siswa yang satu dengan yang lainnya dalam satu kelas untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru mata pelajaran. Guru a. Siswa a. antara lain: 1.1. siswa juga akan merasa lebih senang dan tidak merasa bosan dengan materi pelajaran yang akan mereka pelajari. Mengetahui bagaimana penerapan metode Cooperative Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa VIII-AMTs Negeri Jabung Talun Blitar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits.

Peneliti a Memberikan wacana tentang ilmu pengetahuan dalam pemilihan metode pernbelajaran yang efektifdan efisien. b. 4.b. . Motivasi untuk lebih banyak belajar dalam mengetahui materi Al-Qur’an Hadits dan wawasan di dalam dunia pendidikan. Menumbuhkan semangat belajar siswa agar memberikan hasil belajar yang lebib baik dengan ikut berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Tujuan Penelitian Berdasrkan pada dua permasalahan diatas maka peneliti bertujuan untuk :  Mengetahui apakah metode Tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar siswa . sehingga dengan adanya metode tersebut semua peserta didik dapat memahami mata pelajaran dengan baik dan sempurna. akhlak mulia serta keterampilan yang di perlukan dirinya. masyarakat. kecerdasan. untuk itu seorang guru harus pandai-pandai memilih atau menggunakan metode yang sesuai atau yang cocok untuk digunakan dalam mengajar. maka ada dua permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu :  Apakah penggunaan metode Tanya jawab bisa meningkatkan hasil belajar siswa-siswi di kelas VII MTsN Tambakberas Jombang  Bagaimana penerapan metode Tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar siswasiswi di kelas VII MTsN Tambakberas Jombnag C. keagamaan. Berdasarkan uraian diatas maka penulis mengadakan penelitian tentang "Implementasi Strrategi Belajar Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Semangat Sisiwa Dalam Mata Pelajaran Al-Qutan Hadits Di Kelas VII H MTsN Tambak Beras Jombang” B. Latar Belakang Masalah Pendidikan adalah merupakan upaya sadar dan terencana untuk menunjukkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual. sehingga tujuan dari pendidikan aqidah akhlak dapat tercapai semaksimal mungkin. baik didalam kelas maupun diluar kelas dan juga sangat diperlukan bagi seorang pendidik untuk selalu mengawasi peserta didik di luar lingkungan sekolah bukan hanya didalam lingkungan saja. bangsa dan Negara. Rmusan Masalah Berdasarkan latar belakang diatas. pengendalian diri. sehingga dapat mencapai hasil belajar yang diinginkan. Setiap pendidik atau pengajar harus mengerti dengan jelas tentang tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.PTK PAI IMPLEMENTASI STRATEGI BELAJAR TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT SISWA DALAM MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS DI KELAS VII H MTsN BAB I PENDAHULUAN A. Adapun metode merupakan usaha yang sistematis dan pragmatis untuk mencapai tujuan pendidikan dengan melalui berbagai aktifitas. kepribadian.

Diantara kegunaan atau manfaatnya adalah :  Siswa Dengan metode Tanya jawab siswa akan lebih mudah memahami pelajaran  Guru Penggunaan metode Tanya jawab akan dapat mempermudah para guru dalam mengajarkan materi Aqidah akhlak  Lembaga Penggunaan metode ini akan dapat menjadi dasar bagi lembaga sekoalh dalam menentukan kurikulum pembelajaran yang lebih baik  Peneliti Supaya dari hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan pengetahuan yang nantinya dapat digunakan pada saat benar-benar menjadi pendidik . Hipotesis Tindakan  Dengan penerapan metode Tanya jawab sebagai cara untuk meningkatkan hasil belajae siswa-siswi kelas VII MTsN Tamabakberas Jombang  Dengan penerapan metode Tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar atau pembelajaran aqidah akhlak siswa-siswi kealas VII MTsN Tambakberas Jombang E. Mengetahui bagaimana metode Tanya jawab diterapkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dengan baik D. Manfaat Penelitian Hasil penelitian tindakan kelas ini diharapkan memberikan masukan dalam upaya meningkatkan hasil belajar materi Aqidah akhlak kelas VII MTsN Tambakberas Jombang.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->