P. 1
STRATEGI PEMASARAN

STRATEGI PEMASARAN

|Views: 234|Likes:
Published by Ipul Bror

More info:

Published by: Ipul Bror on May 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/16/2014

pdf

text

original

STRATEGI PEMASARAN PENGERTIAN MARKETING Berbagai definisi marketing telah dikemukakan oleh para pakar.

walaupun semua definisi tersebut ada manfaatnya untuk memehami marketing, akan tetapi gambaran yang diberikan definisi-definisi ada kalanya kurang lengkap. Oleh karena itu, dalam uraian ini disarankan definisi marketing yang berakar pada logika sifat dan perilaku manusia, sebagai berikut: Marketing adalah kegiatan manusia yang diarahkan pada usaha memuaskan keinginan dan kebutuhan melalui proses pertukaran(Radiosunu.1983). Berawal dari pemasaran adalah kebutuhan dan keinginan manusia. Manusia membutuhkan makan, udara, air, pakaian dan perumahan untuk dapat melangsungkan hidupnya. Setelah kebutuhan-kebutuhan pokok ini dipenuhi, manusia menginginkan rekreasi, pendidikan, dan jasa. Adanya kebutuhan dan keinginan manusia, menimbulkan konsep produk, yaitu sesuatu yang dianggap mampu memuaskan kebutuhan dan keinginan seseorang. Konsep produk tidak terbatas pada obyek fisik. Sifat terpenting dari produk adalah kemampuannya untuk memuaskan seseorang pemakai. Jadi pada hakekatnya produk hanyalah alat untuk memecahkan suatu masalah, yaitu masalah untuk memenuhi kebutuhan. Karena itu, segala sesuatu yang dapat memuaskan kebutuhan seseorang, dapat dinamakan produk. Dengan demikian, manusia, tempat, organisasi, dan gagasan dapat disebut produk. Seorang penyanyi atau pelawak dapat memuaskan kebutuhan orang akan hiburan. Tempat-tempat seperti Kaliurang,Parangtritis ,Sarangan, Tretes dan sebagainya dapat memenuhi kebutuhan orang akan rekreasi. Organisasi-organisasi mahasiswa, olahraga, tempat ibadah, dan sebagainya dapat memenuhi kebutuhan orang akan lingkungan pergaulan yang mempunyai kepentingan yang sama. Gagasan atau pendapat yang sesuai, dapat pula memenuhi kebutuhan sehingga mendorong orang untuk mendukungnya. Aktivitas dalam pemasaran tampak apabila manusia memutuskan salah satu alternatif guna memuaskan kebutuhan dan keinginannya dengan cara tertentu, yang disebut pertukaran. Pertukaran merupakan salah satu cara mendapatkan produk guna memenuhi kebutuhan. Pada dasarnya, ada empat cara guna memenuhi kebutuhan:

1. menghasilkan sendiri (berburu, menangkap ikan, bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan pangan) 2. paksaan (mencuri, merampas, meminta dengan ancaman) 3. minta 4. pertukaran Syarat yang diperlukan agar pertukaran dapat terjadi ialah: 1. harus terdapat dua pihak 2. masing-masing pihak harus memiliki sesuatu yang bernilai bagi pihak yang lain 3. masing-masing pihak mampu berkomunikasi dan menyerah terimakan barang 4. masing-masing pihak bebas untuk menerima atau menolak penawaran Pertukaran baru terjadi apabila syarat-syarat tersebut diatas dipenuhi. Apakah pertukaran sungguh-sungguh terjadi, itu tergantung dari apakah dapat ditemukan syarat pertukaran yang memuaskan kedua belah pihak. Konsep pertukaran menimbulkan konsep pasar.Pasar adalah gelanggang untuk pertukaran potensial. Pasar terdiri dari manusia yang: a. b. c. mempunyai kebutuhan yang harus dipenuhi mempunyai daya beli mempunyai kesediaan untuk menggunakan daya belinya guna memenuhi

kebutuhannya Besar kecilnya pasar tergantung dari jumlah orang yang berminat terhadap barang yang ditawarkan, dan mempunyai kesediaan untuk menggunakan daya belinya. Manajemen pemasaran adalah suatu aktivitas yang meliputi penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dijadikan sasaran, dengan maksud untuk memcapai “objective” organisasi pemasaran.Tanggungjawab manajemen pemasaran tidaklah hanya menawarkan barang yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pasarnya, dan menggunakan penetapan harga yang effektif, komunikasi dan distribusi untuk memberi informasi, mempengaruhi dan melayani pasarnya. Tetapi lebih luas dari itu, tugas manajemen pemasaran ialah mengatur tingkat, saat (timing), dan sifat permintaan dengan cara yang dapat membantu organisasi mencapai tujuannya. Jadi dengan singkat dapat dikatakan bahwa manajemen pemasaran adalah demand management(Radiosunu,1983)

pendapatan siap konsumsi dan lain-lain. saluran distribusi. hendaknya dipertimbangkan perkembangan teknologi potensial yang ditentukan dari sumber daya yang terlibat dalam industri swasta atau pemerintah. Pengangguran menurut daerah geografis. hambatan pada periklanan . atau harga. Perencanaan pasar yang baik akan mempersiapkan wirausahawan terhadap adanya perubahan tersebut dan memberikan cara persiapan terhadap perubahan permintaan yang memerlukan tindakan tertentu pada produk/jasa. Selama berbagai tahap dari daur hidup.Analisa Lingkungan Usaha Secara umum. kesehatan. Masalah hukum Banyak masalah hukum yang semestinya diketahui calon wirausaha untuk memulai usaha baru.Penting juga diketahui tentang hidup potensial dari produk/jasa tertentu. semuanya mungkin mempunyai dampak dalam perencanaan pasar dari kewirausahaan. Permintaan . dampak ledakan penduduk atau pertumbuhan para manula dalam komposisi penduduk. nutrisi. Informasi ini akan membantu keputusan pengembangan produk bagi wirausahawan. harga atau promosi. Keberadaan pasar yang berubah dengan cepat karena perkembangan teknologi akan menuntut wirausaha untuk membuat keputusan pemasaran jangka pendek secara hati-hati maupun bersiap-siap dengan rencana kontingensi bagi perubahan teknologi tertentu yang mungkin mempengaruhi produk atau jasanya. Akan tetapi. Wirausahawan hendaknya bersiap-siap dengan adanya perubahan peraturan hukum dari pemerintah yang mungkin akan mempengaruhi produk/jasa. perubahan sikap seperti Cintailah Produk Buatan Dalam Negeri.Wirasusahawan harus mempertimbangkan perubahan dalam GNP ( pendapatan nasional bruto). penurunan. atau stabilisasi mungkin bisa terjadi. pertumbuhan permintaan. strategi promosi. dalam rencana pemasaran wirausaha hendaknya menyadari perubahan pada bidang-bidang berikut ini: Perekonomian . contohnya. lingkungan eksternal dianggap tidak bisa dikendalikan oleh wirauasaha. KebudayaanEvaluasi perubahan kebudayaan mungkin mempertimbangkan pergaseran pada populasi menurut demografi. Teknologi Kemajuan teknologi sulit diperdiksi. saluran distribusi.Sebagian besar produk mengikuti daur hidup. kecenderungan dalam keselamatan kerja. tuntutan upah minimum. Akan tetapi.

Metode untuk memperkirakan bahan baku cukup sulit untuk meramalkan kekurangan bahan mentah. akan tetapi kesadaran akan resiko dapat menyelamatkan wirausahawan dalam mempertahankan usahanya dan memungkinkan mereka mendisversifikasi usahanya atau sebelum mengalami kerugian yang cukup besar. Pemasok . dan lain-lain mempunyai dampak . Wirausahawan harus bersiap-siap dengan ancaman tersebut dan hendaknya membuat rencana pemasaran dan strategi paling efektif dalam lingkungan persaingan. Bahan mentah . dan lain-lain. Manajemen . Ide yang cukup baik bagi wirausahawan untuk membentuk hubungan erat dengan pemasok dan peka terhadap ancaman kesulitan bahan mentah. kualitas. wirausahawan mempunyai kendali yang kecil atas keputusan. Mungkin sangat sulit mendapatkan sumber alternatif yang mapan.media (larangan minumam keras.Pemasok yang digunakan umumnya didasarkan pada sejumlah faktor seperti harga. Pada beberapa kasus.rencana finansial hendaknya menguraikan kebutuhan finansial dari usaha baru tersebut. dimana bahan mentah langka atau hanya ada beberapa pemasok bahan mentah atau suku cadang tertentu. Sering terjadi usaha pemula berakhir karena kekurangan bahan baku. Sumber daya finansial . Persaingan . ketersediaan para ahli tertentu mungkin tidak bisa dikendalikan (misalnya kelangkaan tipe manajer teknis). dan lain-lain) dan peraturan keamanan produk yang mempengaruhi produk dan kemasan adalah contoh yang bisa mempengaruhi program pemasaran. bantuan manajemen.Pada umumnya wirausahawan sering menghadapi ancaman potensial dari perusahaan yang lebih besar. Wira usahawan harus membangun tim manajemen efektif dan memberikan tanggung jawab kepada mereka untuk mengimplementasikan rencana pemasaran. waktu penyerahan.Sangat penting bagi suatu organisasi untuk memberikan tanggung jawab implementasi perencanaan. Karena harga pasokan . Pada beberapa kasus. Bila terdapat kelangkaan bahan mentah. Faktor internal merupakan variabel dimana wirauasahawan mempunyai suatu kendali atas variabel tersebut. iklan rokok. wirausahawan harus membuat perencanaan sumber alternatif dari bahan mentah tersebut. waktu penyerahan.

Arti penting dari tiap variabel tersebut berbeda tergantung pada industri. Dalam unsur produk/jasa terdapat variabel lain yang harus dipertimbangkan dalam rencana pemasaran. maupun sejumlah faktor lingkungan. Tujuan atau sasaran tersebut berisi pernyataan yang melibatkan manajemen dan program pemasaran pada arah yang terbatas. bisa memusatkan diri pada kualitas produk (bahan yang lebih bermutu). Pada contoh terakhir. harga yang lebih tinggi. sifat pasar. pengembangan produk . Produk atau jasa Jenis kegian ini dalam bauran pemasaran sepenuhnya menguraikan sifat usaha wirausaha karena mungkin terdapat hanya produk/jasa tunggal pada tahap awal usaha baru. saluran unik. Keempat unsur utama dalam bauran pemasaran mengandung sejumlah variabel lainnya. Sasaran dan tujuan . sementara perusahaan lainnya memilih menyediakan jaminan kualitas dengan harga tinggi.pada banyak keputusan pemasaran. dan promosi. yang mungkin mempengaruhi keempat unsur pembauran pemasaran. penting untuk diketahui faktor-faktor tersebut karena mungkin termasuka dalam rencana pemasaran. Suatu kasus dalam bidang jasa. cap. Sasaran atau tujuan tersebut mudah mengalami perubahan oleh wirausahawan dan dianggap bisa dikendalikan. penting sekali memasukkan faktor-faktor tersebut dalam rencana pemasaran. saluran distribusi bahkan lebih bersifat langsung. misi perusahaan. alternatif promosi yang berbeda.Setiap usaha baru hendaknya menetapkan tujuan dan sasaran yang akan menuntun perusahaan melalui pembuatan keputusan jangka panjang. distribusi. harus difahami bahwa tujuan dan sasaran adalah garis pedoman jangka panjang dan perubahan secara konstan akan menunjukan ketidakstabilan dan ketidakamanan bagian manajemen. Perusahaan lain akan mendapati bahwa tujuan atau misi mereka adalah menyediakan nilai terbaik dengan harga terjangkau. seperti kemasan. Akan tetapi. penentuan harga. Bauran Pemasaran Dalam Bisnis Menurut Masykur Wiratmo (1996) mengatakann bahwa bauran pemasaran merupakan interaksi empat variabel utama dalam sistem pemasaran:produk/jasa. dan ukuran perusahaan. Wirausahawan pada pasar lebih teknis mendapati bahwa saluran distribusi pada pemakaian akhir lebih langsung dibandingkan wirausahawan pada pasar konsumen.

pedagang grosir. pengangkutan. dan disain produk (termasuk bentuk dan warna). saluran bersifat langsung tetapi tidak termasuk lokasi atau tempat penjualan yang banyak. dan laba. Disamping itu. Lokasi tergantung pada pasar geografis yang dicari . keputusan penentuan harga. jumlah. saluran distribusi dapat membantu wirausahawan dalam peramalan. Karena sebagian besar wirausahawan mungkin tidak mempunyai akses pada wiraniaga besar. wirausahawan biasanya mempunyai peluang kecil untuk menetapkan harga yang jauh dari pesaingnya. Jenis saluran mancerminkan panjangnya saluran. Produk yang memerlukan distribusi sangat intensif akan diikutkan sejumlah anggota saluran yang besar. yaitu tempat yang nyaman untuk membeli dan ketika barang dibutuhkan. Distribusi . serta pengembangan produk. Ventura jasa baru berbeda dari usaha produk baru. umumnya sulit untuk memisahkan jasa dari penyedia jasa. Produk spesifik membutuhkan anggota saluran yang sedikit. Perwakilan tersebut tidak menjual produk dari pesaing. Produk/jasa berkualitas baik mungkin ditetapkan pada harga tinggi untuk mempertahankan citranya. dan bekerja berdasar komisi dan merupakan penggenti efektif dari wiraniaga. Ketika sulit membedakan suatu produk. Jenis usaha bentuk jasa. Penganbilan keputusan yang paling sulit bagi suatu usaha baru adalah memutuskan harga yang tepat untuk produk/jasa. perantara. Jasa bersifat tidak berwujud. Jumlah dari tiap anggota saluran (yaitu jumlah perwakilan. dan lokasi anggota saluran distribusi. Tiap-tiap unsur tersebut bisa membirikan cara untuk membedakan produk/jasa dari persaingan . dan tidak tahan lama. dan strategi pasar.tipe saluran. Penentuan harga. Penentuan biaya tergantung pada permintaan produk karena kemampuan untuk membeli bahan dalam jumlah besar akan mengurangi biaya. Pergantian harga dapat mencerminkan citra produk/jasa yang berbeda.Kegiatan ini memberikan tempat pada pelanggan. saluran distribusi atau perantara merupakan faktor penting karena ia mencarminkan harga. tidak bisa dipisahkan. akan sangat berguna menyewa perwakilan perusahaan untuk menjual produk. diskon.Banyak variabel dalam unsur distribusi bauran pemasaran yaitu . bisa diubah. Karena jasa bukan benda fisik yang bisa disentuh atau dirasakan. eceran) merupakan fungsi dari produk. perencanaan.baru. promosi dan citra produk. Bagi wirausahawan. faktor lain harus dipertimbangkan seperti biaya.

Rencana pemasaran adalah kerangka pedoman tindakan yang diambil setiap hari. Rencana pemasaran harus menegaskan tiap-tiap unsur bauran pemasaran maupun sejumlah besar faktor dalam tiap-tiap unsur.wirausahawan. Sistem Pemasaran ( Sumber.1 . wirausahawan harus mempunyai dasar yang kuat untuk memberikan pengarahan bagi keputusan pemasaran sehari-hari.Masykur Wiratmo. Meskipun fleksibilitas itu penting. mereka . Lingkungan Eksternal Lingkungan Eksternal Perekonomian Perekonomian Kebudayaan Kebudayaan Teknologi Teknologi Permintaan Hukum Permintaan Bahan mentah Hukum Persaingan Bahan baku Persaingan Pemasok wiraswatawan wiraswatawan Keputusan Bauran Pemasaran Keputusan Bauran Pemasaran Keputusan Keputusan Perencanaan Perencaan Pasar Strategi Stratigi Pemasaran Pemasaran Diarahkan kepada Pelanggan Keputusan Keputusan membeli dari Membeli dari Pelanggan Lingkungan Internal Sasaran Sumber dan tujuan daya finansial Manajemen Pemasok Sasaran dan tujuan Manajemen umpan balik Gambar 10.1995) Batasan Rencana Pemasaran Perencanaan pemasaran harus dirancang sebaik mungkin untuk memberikan tiga jenis informasi dasar. Ketika wirausahawan tidak meluangkan waktu yang tepat untuk mengembangkan rencana pemasaran atau berpikir bahwa “hal ini membuang-buang waktu saja”. Kita telah ada dimana? Kemana kita akan pergi (dalam jangka pendek)?Bagimana kita akan kesana? Perencanaan pemasaran hendaknya difahami oleh manajemen sebagai pedoman penerapan pembuatan keputusan pemasaran dan tidak hanya sebagai dokumen tak berarti saja.

hal yang perlu diperhatikan adalah.Rencana pemasaran sebaiknya spesifik.Rencana pemasaran seharusnya berdasarkan pada fakta dan asumsi yang valid c.yaitu.Rencana pemasaran hendaknya memberikan kesinambungan sehingga tiap rencana pemasaran tahunan yang dibuat berdasarkan untuk memenuhi tujuan dan sasaran.Rencana pemasaran sebaiknya singkat dan simpel h.Rencana pemasaran seharusnya memberikan strategi untuk memenuhi tujuan dan sasaran atau misi perusahaan b. Kesuksesan program bergantung pada fleksibilitas g.memudahkan kriteria kinerja yang akan dimonitor.Mendefinisikan segmen pasar dan atau peluang serta ancaman dalam perencanaan .alokasi semua peralatan. a.sebaiknya dibuat langkah demi langkah.Rencana pemasaran sebaiknya memungkinkan penggunaan sumber daya yang ada . f. Pembuatan rencana pemasaran agar supaya tidak mengalami masalah-masalah diakhir kegiatan atau pada waktu proses berlangsung. a. -Memperoleh informasi yang diperlukan -Kendala waktu -Koordinasi proses perencanaan Karakteristik Rencana Pemasaran dan Langkah-langkahnya Perencanaan pemasaran hendaknya dilakukan sedemikian rupa sehingga persyaratan tertentu terpenui.sumber daya finansial dan sumber daya manusia.Mendefinisikan situasi bisnis b.Organisasi yang tepat harus dijelaskan untuk mengimplementasikan rencana pemasaran e.adapun langkah-langkahnya sebagai berikut. d.biasanya akan menafsirkan secara salah arti rencana pemasaran dan apa yang bisa dicapai dan apa yang tidak. Penting juga dalam menetapkan mekanisme pengawasan dalam rencana pemasaran bila terjadi perubahan.Ada beberapa kriteria penting yang harus ada pemasaran yang efektif .

ukuran.oleh karena itu diperlukan suatu strategi agar supaya dapat memasarkan produk tersebut.Mendefinisikan kekuatan dan kelemahan pengusaha d. Semua jenis produk yang dipasarkan oleh perusahaan disebut produk bauran.produk dijual lewat saluran dan distribusi yang sama.yaitu satu jenis produk yang terdapat dalam jajaran produk dan dibedakan berdasakan harga.antara lain. Stratergi pemasaran produk bauran agar supaya supaya berhasil. karena dipasar telah terdapat bermacam macam produk.Monitoring kemajuan usaha pemasaran Strategi Pemasaran Produk Bauran Perencanaan pemasaran produk bauran oleh suatu perusahaan akan diputuskan tentang produk apa yang akan dipasarkan. ada beberapa strategi yang dapat dilakukan.Perencanaan penganggaran pemasaran h.Perencanaan tanggungjawab dan implementasinya g. . penampilan atau atribut lainnya.Masing-masing jajaran produk yang dipasarkan terdiri dari produk item.Penetapan tujuan dan sasaran pasar e.karena mempunyai fungsi yang sama.Ukuran panjang.yaitu semua jenis barang dalam produk bauran b Ukuran lebarnya.Konsentrasi.pemanfaatan.produk dijual pada kelompok pembeli yang sama.kapasitas produk atau cara penyaluran. Produk semacam ini adalah terdiri dari seluruh produk yang dipasarkan.yaitu jumlah produk menurut itemnya yang ditawarkan dari tiap-tiap produk e. Menurut uraian diatas maka susunan produk bauran yang dipasarkan dapat dilihat dari beberapa dimensi.c.Mendefinikan strategi pemasaran dan usaha yang akan dilakukan f. a.yaitu seberapa jauh hubungannya produk satu dengan yang lainnya terhadap pemenuhan kebutuhan.Yang dimaksud product line adalah sekelompok produk yang mempunyai hubungan satu sama lain.yaitu jumlah produk yang dimiliki perusahaan c Ukuran dalamnya.

a. PRODUK ITEM Produk sebagai alat pemuas kebutuhan manusia sangat beraneka ragam. Contoh Honda disamping membuat mobil. f. perbaikan bungkusnya. Perbaikan posisi produk. perubahan dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas produk dengan cara desain ulang. Prinsipnya konsumen membeli produk untuk dapat memuaskandirinya. Differensi produk dan segementasi pasar digunakan untuk mendukung pelaksanaan strategi segmentasi pasar dimana masing-masing segmentasi pasar mempunyai perbedaan kebutuhan. Perluasan produk bauran . oleh karena kompleknya maka dalam penggolongannya itu dibagi tiga tingkatan: a. c. juga membuat kendaraan roda dua (motor). Misalnya perusahaan B menambah produk dalam jajaran produk makanan . Perubahan produk yang ada. Trading Down yaitu perusahaan menambahkan produk yang prestise harganya lebih mahal dengan harapan dapat dibeli oleh konsumen. tidak sekedar hanya membeli sekumpulan atribut fisik . pengusaha dapat mengadakan perluasan produk dengan cara menambah jajaran produk yang ada atau menambah jumlah item dalam jajaran produk.mininuman dan produk yang lain. sehingga produk merupakan konsep yang sangat komplek. baik yang ada kaitannya maupun yang tidak. d.serta meningkatkan manfaat yang baru. penyempitan dapat dilakukan dengan cara mengadakan pengurangan sederetan produk yang ada . dan penggunaan bahan baru. Penyempitan jajaran produk. dengan maksud untuk menciptakan citra yang lebih baik atas produknya ditengah-tengah produk saingannya. e. Produk Inti adalah produk yang benar-benar dinginkan konsumen yang akan dibeli. Trading Up dan Trading Down disini perusahaan menambahkan produk yang harganya lebih mahal kedalam jajaran produk dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan produk yang harganya murah. keinginan selera dan yang lainnya. b.

Untuk memudahkan konsumen menemukan produk yang diinginkan . Produk Tambahan ini merupakan pemberian service atau pelayanan purna jual. istilah.gaya. Harga yang ditawarkan itu juga meliputi mutu. a. merk. lambang (tanda) atau kombinasi dari semuanya yang dimaksudkan. kemasan. tetapi menginginkan manfaat dari produk itu. gaya. Berdasarkan penjelasan di atas produk dapat dibedakan dengan produk lainnya karena adanya perbedaanperbedaan : • • • MERK Untuk memasarkan suatu produk diperlukan merk produk yang membedakan suatu produk dengan produk yang lainnya.saja. tidak hanya menginginkan bentuk fisiknya saja. penampilan. Untuk pemberian merk . 2. merk dari kemasan. Sesuatu yang berwujud akan memiliki sifat.Untuk mengidentifikasi guna memudahkan penanganan produk . dan Lifeboy. . kemasan tertentu. Produk inti ini merupakan jawaban dari pertanyaan apakah sesungguhnya yang dibeli oleh konsumen b. Merk Kelompok merk yang digunakan untuk beberapa jenis barang Sifat utama produk yang bersangkutan Merk.Untuk dasar differensiasi harga b. c. Merk Individual merk yang hanya digunakan untuk satu macam produk. gaya.Penggolongan Merk Dagang Pada dasarnya merk dagang dapat dibedakan atas empat macam yaitu : 1. kredit dan garansi. warna yang menyertainya Harga dan pelayanan yang menyertainya. Produk Formal ini merupakan bungkusan atau pengemasan dari produk inti yang dikenal oleh pembeli.Untuk melindungi keutuhan produk dari kemungkinan ditiru pesaing . Produk tambahan ini menambah kepercayaan konsumen terhadap suatu produk. contoh unilever memproduksi sabun merk Lux. Merk yang berupa nama.

merk dagang perusahaan dengan nama merk masing-masing produk yang dihasilkan. . 4. c. kebocoran dan kehilangan. misalnya kemasan untuk keperluan kecantikan biasanya kemasannya sangat menarik. Merk dagang yang dikombinasikan dengan nama setiap produk. sehingga mempunyai daya tarik tersendiri bagi konsumen. rasa. Mempunyai citra dan aspek tertentu.3. Kemasan hendaknya memberikan aspek deskriptif yaitu : menggambarkan merk. Contoh sepatu merk A untuk wanita. Harus mudah dibedakan. baik membawanya maupun penyimpanannya. sepatu merk B untuk pria. campuran atau kombinasi diantaranya. 1. sehingga memberi kesan barang yang mahal. Mudah diucapkan. Merk kelompk sendiri Untuk Semua Produk merk ini berbeda untuk tiap-tiap kelompok produk yang dihasilkan perusahaan. Dasar Pemilihan Merk Pemilihan merk hendaknya mempertimbangkan hal-hal sebagi berikut . Contoh: Honda (sepeda motor) dengan nama Honda Astrea Star dan Honda Astrea Prima. c. Memberi gambaran tentang manfaat produk 2. sehingga memudahkan konsumen. kemasan tidak hanya digunakan untuk pelindung terhadap produk tetapi juga digunakan untuk meningkatkan citra produk. Menunjukkan mutu produk 3. Kemasan dan Label Pengemasan merupakan kegiatan untuk merancang dan memperoleh wadah dan pembungkus untuk suatu produk. e. oleh karena itu kemasan yang digunakan harus memenuhi syarat sebagai berikut : a. b. Ukuran kemasan harus sesuai dengan kehendak konsumen d. dikenal dan diingat 4. Harus praktis dan ekonomis. kualitas. Harus dapat melindungi produk terhadap kerusakan.

Mempromosikan produk melalui grafirannya yang menarik. misalnya 100% cotton. dimana dibuat 3).Label yang menyebutkan tanggal batas pemakaian produk b) Label yang menginforamsikan harga barang yang bersangkutan standar c) Label yang memberikan informasi derajat kualitas atau ukuran barang yang bersangkutan seperti S. L. M. c. apa isinya 5). d. Menjelaskan tingakt mutu.Label Label adalah bagian dari kemasan dan merupakan inforamsi tercetak yang melekat pada kemasan produk. b. f) Label yang memberi inforamsi kepada konsumennya cara pemakaian produk. siapa yang membuatnya 2). Macam-macam Label a). d) Label yang meniforamsikan persentase dari bahan yang penting. cara menggunakannya. a.Fungsi label adalah sebagai berikut . Menerangkan tentang produk 1).dan sebagainya. kapan dibuat 4). Mengidentifikasikan produk atau merk. . misalnya susu bendera selalu memuat formulanya. formulanya dan lain sebagainya. e) Label yang menunjukkan merk produk yang brsangkutan.halal.

tidak tampak dan tak terpisahkan dengan orangnya sangat bervariasi tidak dapat disimpan.Tujuan Penetapan Harga Tujuan penetapan harga adalah : . seperti operasi jantung. karena waktu memproduksi dan mengkonsumsi bersamaan. Karakteristik produk jasa adalah sebagai berikut. Berdasarkan motif dari produsen. jasa dapat dibedakan : jasa untuk kebutuhan pribadi. jasa barbir. Berdasarkan perlu tidaknya kehadiran pemakai. seperti perbaikan mobil. seperti : jasa transportasi. dan jasa yang tidak perllu kehadiran pemakainya. 1. dan jasa untuk kebutuhan usaha. Berdasarkan motif pemakai. jasa yang terikat pada alat. jasa salon dll. Harga merupakan satu-satunya unsur bauran produk yang merupakan penyumbang pemasukan atau pendapatan tertinggi bagi perusahaan. jasa dibedakan: jasa yang terikat pada manusia. psikologi. Harga juga merupakan unsur bauran pemasaran yang fleksibel artinya dapat diubahubah sesuai dengan kebutuhan. Klasifikai Jasa: Berdasarkan sifat keterikatan dari jasa. 2. Harga adalah jumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari produk dan pelayanan yang maksimal. jasa dibedakan menjadi: jasa untuk mencari laba dan jasa nonprofit.Produk Jasa Produk jasa merupakan suatu aktivitas yang dapat ditawarkan yang tidak memiliki ujud ataupun mengahsilkan suatu pemilikan yang nyata. dokter dll. seperti akuntan. jasa dibedakan menjadi dua yaitu jasa yang memerlukan kehadiran pemakai. HARGA 1. Pengertian Tentang Harga Agar sukses memasarkan barang atau produk setiap perusahaan harus menetapkan harga secara tepat dan kompetitif.

Penetapan harga beban puncak. b. Sistem biaya ini digunakan untuk menentukan harga minimum yang dapat dikuasai. Sistem ini digunakan dalam situasi di mana biaya tetap itu mendominasi. Cost Plus Princing Methode Menurut methode ini harga jual ditentukan sama dengan jumlah biaya perunit barang ditambah sejumlah laba tertentu yang diinginkan. Memperoleh Manfaat bukan Laba Manfaat bukan laba adalah untuk memperbaiki dan mempertahankan market share stabilitas harga pesaingnya. HARGA JUAL = BIAYA LOKAL=MARGIN b. perkapalan dan sebagainya.a.Penetapan Harga Rate Of Retun Penetapan harga untuk mencapai tingkat pengembalian investasi. .Penetepan Harga Break Even point penetapan harga barang dengan menggunakan harga tertentu dengan harapan untuk dapat mengembalikan dana yang tertanam dalam investasi. Beberapa methode penetapan harga jual tersebut adalah sebagai berikut: a. 3. kepuasan konsumen dan mencapai target pengembalian investasi. RUMUS BEP = BT 1 − BV c. Memperoleh Laba Perusahaan yang menetapkan harga produk tertentu dengan keyakinan akan memperoleh laba atau keuntungan yang memuaskan.Penetapan hara Biaya Variabel Penetapan ini didasarkan pada suatu ide bahwa biaya total tidak selalu harus ditutup untuk menjalankan kegiatan bisnis yang menguntungakn. misalnya perusahaan penerbangan. e. d. Metode Penetapan Harga Jual Produk Banyak perusahaan menggunakan prosedur penetapan harga yang paling mudah penagturannya dan harga memerlukan asumsi yang sangat terbatas tentang permintaan.

sehingga mengancam keberadaan perusahaan.Dalam methode ini perusahaan dapat menaikkan harga diatas biaya rata-rata selama periode permintaan tinggi dan mengurangkan pada biaya variabel diluar periode yang sama. . 1)Bertahan Hidup Oleh karena persediaan menumpuk akibat persaingan. . harga tinggi identik dengan produk yang bermutu. Harga lebih rendah dari pesaing dengan produk kurang bermutu atau sebaliknya. 2. 3. Mempunyai kualitas Produk Tujuannya untuk mengahsilkan produk bermutu. -Memilih methode penentuan harga -Memilih harga yang tepat. Menetapkan tujuan penetapan harga Ada lima kemungkinan tujuan yang ingin dicapai berhubungan dengan penetapan harga produk yang dihasilkan yaitu . barang yang mempunyai elastisa tinggi biasanya diberi harga yang lebih rendah dari barang yang inelastisitas. Tujuan ini dapat tercapai melalui kebijaksanaan harga yang mampu mengahsilkan laba yang tinggi. Jumlah yang diminta akan menentukan penetapan harga. . melalui analisa permintaan dan analisa harga pokok/perolehan.Memperkirakan biaya/harga pokok. sehingga harga dapat dipatok tinggi. Merebut Pangsa pasar pesaing. Memaksimalisasi laba jangaka pendek. 1. Ada beberapa tahapan dalam penetapan harga yaitu : a. Keputusan untuk memilih harga akhir hendaknya menggunakan pertimbangan sebagai berikut . -Menganalisis perubahan hara peasaing. maka perusahaan menjualnya dengan harga murah. harga pesaing merupakan petunjuk berharga diantara harga tertinggi dan terendah.Memperkirakan permintaan.

Saluran distribusi adalah saluran yang digunakan oleh perusahaan untuk menyalurkan produknya sampai ke tangan konsumen pada saat yang diinginkan dan dibutuhkan. Produsen 3.4. Secara Fisik saluran distribusi dapat dibedakan. SALURAN DISTRIBUSI 1. saluran distribusi yang langsung dari produsen kepada konsumen. sehingga beban biaya semakin tinggi dan besar. Beban biaya distribusi yang semakin besar berakibat harga-harga menjadi lebih mahal sehingga kurang kompetitif.Macam-macam Saluran Distribusi Ada beberapa macam saluran distribusi yang terdapat dalam dunia bisnis diantaranya : a. Pengertian Setelah barang dibuat dan siap untuk dipasarkan tahap berikutnya adalah memilih saluran distruibusi Perusahaan harus memilih saluran distribusi yang tepat. 5.Saluran distribusi tidak langsung. Konsisten dengan kebijakan harga keseluruhan 6. . Produsen Pedagang besar Pengecer Konsumen Pengecer Konsumen. 2. tetapi beban biaya lebih kecil sehingga harga bisa ditekan. 2. Dapat diterima oleh agen atau perantara. saluran distribusi yang hanya menggunnakan satu perantara.Saluran distribusi langsung. karena saluran distribusi yang terlalu panjang berakibat semakin banyaknya mata rantai yang terlibat. Harga yang dipilih hendaknya secara psikologis memberikan kepercayaan kepada konsumen. 1. Kebijaksanaan saluran distribusi adalah suatu bentuk dari kebijaksanaan bauran pemasaran. misalnya melalui pengecer. sebaliknya saluran distribusi yang sangat pendek bisa menjadi kurang efektifnya penyampaian produk tersebut.Saluran distribusi semi langsung. Saluran distribusi yang menggunakan dua atau lebih banyak perantara kepada konsumen.

Sifat paarnya (konsumen atau produsennya). Jumlah pembeli setiap kali pesan c.b. Nilai barang per unitnya b. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dan perlu dipertimbangkan dalam pemilihan saluran distribusi antara lain yaitu . Karakteristik barang atau produk Sifat barang yang demikian sebagai dasar pertimbanan dan penentuan untuk memilih saluran distribusi adalah: a. Produk musiman atau tidak Karakteristik perusahaan jika lebih baik menggunakan saluran distribusi panjang Karakteristik pasar atau konsumen. Perusahaan hanya menunjuk satu perantara atau penyalur dalam daerah tertentu. Distribusi Internal. ini lebih cocok untuk menyalurkan barang produksi keperluan shopping maupun produk baru. Distribusi ini yang lebih cocok untuk barang konsumsi atau konvinien dan barang-barang standar lainnya. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Saluran Distribusi. produk pelayanan purna jual dan lain sebagainya. Keawetan barangnya d. Distribusi Eksklusif. . Karakteristik pasar ini meliputi : a. terutama pengecer agar mudah mendekati konsumen sehingga konsumen lebih puas. 2. Saluran distribusi ini digunakan untuk barang-barang ekskluisf atau special. Saluran distribusi yang banyak menggunakan penyalur. 1. Perusahaan hanya memilih perantara dalam suatu daerah tertentu. 3.Berdasarkan banyaknya penyalur. Berapa besar dan beratnya c. c. Distribusi Selektif. Jumlah pembeli potensial b. Produk yang berteknologi tinggi atau rendah e. saluran distribusi dibedakan. 2. Karakteristik Perantara. 1. Konsentrasi pasar secara geografis pasar d.

Saluran yang dipakai b. Agen akan menerima komisi atas jasa yang dilakukannya. 2. Unit usaha yang kegiatannya membeli barang dan menjualnya kepada konsumen akhir. Kekuatan permodalan perantara c. 3. tetapi tidak mempunyai hak untuk memiliki barang yang diperdagangkan.Karakteristik perantara ini meliputi : a. Karakteristik persaingan yang dihadapi. a.Perantara Keputusan saluran distribusi akan menyangkut keputusan tentang lembaga-lembaga yang akan terlibat dalam penyampaian barang dari produsen kepada konsumen. tetapi tidak mendapatkan konsumen akhir. Perantara Pedagang Perantara pedagang ini dibedakan lagi menjadi : a. Pedagang yang membeli dan menyalurkan barang dagangannya dalam jumlah yang sangat besar kepada pedagang lain. Pelayanan yang diberikan b. Karakteristik ini meliputi : a. Agen pabrik . Penggolongan Perantara Secara garis besarnya perantara dapat digolongkan menjadi : 1. Pengecer. Lembagalembaga ini adalah perantara yang dimaksud dengan perantara adalah lembaga atau individu yang menjalankan kegiatan khusus dibidang distribusi. Sikap perantara terhadap kebijaksanaan terhadap produsen 3. Agen juga dikelompokkan menjadi: a. b. Kegiatan pemasaran yang dilakukan pesaing. Perantara Agen Agen adalah perantara yang melakukan kegiatan atau distribusi barang. Pedagang Besar.

Pengelolaan Saluran Distribusi Fisik Distribusi fisik adalah kegiatan untuk memindahkan barang dari suatu tempat ketempat yang lain dalam rangka menunjang kegiatan penjualan. Penentuan lokasi dan sistem penyimpanan. penagihan keluhan-keluhan konsumen dan lain sebagainya. Sistem penyimpanan dengan menggunakan gudang sendiri atau gudang umum b. Agen Penjualan c. 1. Penempatan gudang secara memusat 2. PROMOSI Pengertian Suatu produk betatapun baiknya jika tidak diiformasikan kepada konsumen menjadikan produk itu tidak dikenal dan tidak dipahami sehingga kerja perusahan itu akan . c. Pengelolaan saluran distribusi fisik meliputi : a. Makelar 4. Agen pembelian d. e. pemberian kredit. Penentuan prosedur pemesanan antara lain prosedur pembuatan faktur. d. f. Penentuan sistem pengawasan persediaan. Penentuan sistem penanganan barang Sistem penanganan barang ini akan menyangkut penanganan pada saat pengangkutan maupun pemasarannya. Keberhasilan kegiatan distribusi akan menunjang keberhasilan organisasi distribusi khususnya dan pengembangan pada umumnya. Pemilihan variabel-variabel bauran pemasaran yang akan tergantung kepada beberapa faktor. Ada dua hal yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan lokasi dan sistem penyimpanan ini antaranya.Pemilihan methode pengangkutan dan transportsi.b. Sistem pengawasan ini bertujuan untuk menekan seminimum mungkin jumlah investasi persediaan dan pengawasan ini cara yang digunakan antara lain menggunakan methode EOQ.

Promosi adalah komunikasi yang persuasif. Memberitahukan persepsi produk yang dibutuhkan kepada pelanggan. Membantu memperoleh saluran distribusi yang tersedia untuk menjualkan hasil produk yang telah dikeluarkan. membujuk dan meyakinkan untuk mengarahkan pada tingkatan pertukaran dalam pemasaran. Mensatabilkan volume penjualan dari waktu ke waktu. terhadap konsumen agar mau melakukan pertukaran. g. d. personal selling. Menanamkan citra yang baik yang telah dihasilkan. c. Memberikan informasi kepida pihak lain terutama konsumen mengenai hasil yang telah dikeluarkan oleh perusahaan yang sebaiknya diketahui oleh pihak lain terutama konsumen. promosi penjualan dan peblisitas. oleh karena itu perusahaan harus mengiformasikan produk ciptaanya kepada konsumen dan berusaha untuk dimengerti dan dikenal dengan usaha yang maksimal mungkin untuk mempengaruhi dan membujuk konsumen agar mau membeli serta mengerti apa yang telah diciptakan oleh perusahaan tersebut. mengajak. Tujuan Promosi Tujuan promosi adalah untuk : a. Promosi dapat dilakukan melalui metode periklanan. Berdasarkan tujuan tersebut maka sasaran yang hendak dicapai dengan promosi yang maksimal mungkin adalah sebagai berikut : a. Usaha untuk menginformasikan produk tersebut dilakukan dengan usaha yang disebut dengan promosi. h. Memperkenalkan dan memberikan pemahaman tentang produk kepada pihak lain terutama konsumen. Mengimbangi kelemahan unsur bauran pemasaran yang lain. i. Membujuk pelanggan untuk memilih dan membeli produk yang dihasilkan. .sia-sia. Mendorong untuk memilih dan membeli suatu produk yang dihasilkan. f. b. Kegiatan promosi yang dilakukan dengan perencanaan yang baik akan memberikan kontribusi yang maksimal bagi peningkatan penjualan dan market share yang telah ada sebelumnya bagi perusahaan atau organisasi. e. Kegiatan komunikasi pemasaran yang lain selain promosi misalnya riset pemasaran.

berdasarkan tujuan dan kegunaannya Iklan dapat dibedakan sebagai berikut: Tujuan dan fungsi periklanan Memberikan informasi dalam rangka memperkenalkan produk baru kepada Membujuk dan mempengaruhi pembeli potensial untuk membeli Menciptakan kesan atau image bahwa produk yang dipromosikan itu Jenis periklanan konsumen atau pasar agar terjadi pertukaran mempunyai manfaat dan kelebihan yang utama dibanding dengan yang lain. Kegiatan periklanan adalah suatu alat untuk membuka komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli. sehingga keinginan mereka dapat dipenuhi dengan cara yang lebih efektif dan efisien. promosi penjualan dan publisitas (humas). Secara garis besarnya promosi dapat dilakukan dalam empat cara yaitu : periklanan. Terhadap produsen agar menggunakan dalam proses produksi secara kontinyu. 3. promosi penjualan. Periklanan Periklanan merupakan pesan yang dilaksanakan oleh perusahaan melalui mass media. majalah. b. adalah: a. media elektronik baik TV atau Radio.b. Terhadap penjual agar mau melakuakn pembelian dan menjual kembali pada para pemakai akhir. a. c. 1. Media yang sering digunakan adalah surat kabar. Periklanan dapat dibedakan berdasarkan berbagai jenis pengelompokan diantaranya . 2. kegiatan periklanan merupakan kegiatan menyebar luaskan pesan atau informasi kepada masyarakat. penjualan orang. billboard dan lain sebagainya. Adanya komunikasi dua arah ini menciptakan terjadinya pertukaran yang saling menguntungkan antara perusahaan itu sendiri dengan konsumen yang potensial. personal salling. ataupun publisitas yang direncanakan untuk mencapai pasar sasaran dengan nama Promosional Mix. Cara Promosi Ada berbagi macam cara yang dilakukan untuk melakasanakan promosi. c. a. Kombinasi strategi yang paling baik dilakukan dalam promosi dari variabel-variabel periklanan.

Iklan ini dilakukan berulang-ulang sehingga memberikan gambaran dan kesan lebih mendalam pada konsumen. Periklanan ini berskala lokal atau perdaerah yang biasa dilakukan oleh pengecer. . sehingga tercipta pembelian jangka panjang. i. Perusahaan harus dapat memilih media digunakan. perusahaan berusaha menciptakan Good Will. Pervasive mess. Prin Advertising Elctronic Advertising Direc mill Transit advertising Berdasarkan jenis media periklanan ini dapat dibedakan Berdasarkan sifat advertensi Public presentation. iii. iv. Iklan ini diperuntukan bagi umum yang Iklan dapat dibedakan dalam bentuk: dimasukkan unsur motivasi umum sehingga mudah untuk dimengerti oleh khalayak ramai atau masyarakat umum ii. 3. Impersonality.. Periklanan ini dimaksudkan agar perusahaan image yang baik dimata konsumen. Periklanan yang menginformasikan adanya produksi suatu barang atau jasa oleh suatu perusahaan. Periklanan yang ditujukan kepada perorangan saja. Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam memilih jenis media yang Sifat latihan yang dituju konsumen. Periklanan ini meliputi jangkauan yang sangat luas atau menasionalkan dan menciptakan permintaan atas produk yang telah dihasilkan dengan menggunakan media yang berskala nasional.produk advertising . Jenis media yang digunakan adalah sebagai berikut: yang paling efisien untuk mengiklankan produknya . Disamping itu. . Local Advertising . a. Berdasarkan Media yang digunakan c.Institusional Advertising. Periklanan ini memberikan kesempatan kepada perusahaan menampilkan hasil produknya dengan tujuan untuk mendapatkan kesan yang mendalam dari konsumen atau masyarakat.National Advertising. dan distributor daerah b. Amplified ex pressive mess.

3.b. b. Pembeli merasa wajib secara pribadi atau mewakili organisasi dilokasi dengan pembeli atau konsumen perseorangan untuk mendengarkan pembicaraan atau penjelasan dari penjual dan pembeli lainnya yang mempunyai kebutuhan lebih besar untuk memperlihatkan dan menanggapinya. Dalam pemilihan media hendaklah diperhitungkan faktor biaya dan waktu yang tepat. Keakraban . Pesan. Mencari pembeli dan menjalin hubungan baik . Personal Selling Personal selling adalah interaksi antara individu yang saling bertemu muka dengan tujuan untuk menimbulkan penjualan. Biaya. Personal Selling mempunyai ciri-ciri sebagai beikut: 1. Dapat terjadi interaktif yang lebih aktif antara petugas yang ada Respon. Berhadapan langsung secara pribadi. maksudnya yaitu melibatkan hubungan yang hidup secara langsung dan interaktif antara dua orang atau lebih dimana setiap pihak dapat melihat dan merasakan dari dekat kebutuhan dan kontribusi yang diberikan dengan ciri-ciri masing-masing pihak untuk segera melakukan penyesuaian. d. Tiap pesan yang akan disampaikan sangatlah berbeda dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan pemasang iklan yang diinginkan. dengan mereka Prospecting. Sifat produk. 2. dan dalam jenis pemberitahuan atau informasi data yang akan disampaikan. karena tenaga-tenaga penjualan dapat langsung mengetahui minat dan antusiasnya (perilaku) konsumen dan sekaligus dapat mengetahui reaksi yang timbul secara langsung dari konsumen sehingga dapat mengadakan dan memberikan reaksi timbal balik dengan segera. Aktifitas yang ada dipersonal selling adalah 1. Dalam kegiatan personal selling ini lebih fleksibel dibandingkan dengan metode yang lainnya. Media yang paling baik digunakan oleh perusahaan adalah yang sesuai dengan karakteristik produk yang dihasilkan dan konsumen yang dituju sehingga tidak akan sia-sia sangatlah efektif. c.

rumah dan lain sebagainya. Memberikan informasi yang baik mengenai Selling. Menjual dan memperagakan produk barang atau jasa Servicing. Menentukan pelanggan yang potensial. produk yang didesain sesuai dengan permintaan atau kebutuhan konsumen seperti pakaian dan sepeda. . Pembelian yang bersifat sekali-kali. Pentingnya personal selling Seringkali media iklan tidak cukup untuk dapat menarik pembeli atau konsumen yang potensial sehingga diperlukan unsur bauran pemasaran yang lain untuk membantu dan meningkatkan keyakinan pembeli atau konsumen terhadap produk barang atau jasa yang telah dikeluarkan oleh perusahaan. Produk yang hanya sekali-kali Produk yang bermutu tinggi perunitnya. banyaknya tentang konsumen potensial. Peragaan . 4. dengan pembeli (konsumen) produk dari perusahaan yang mereka bawakan. Personal selling dapat menyampaikan cara penjualan yang efektif sehingga menimbulakan tingkat kepercayaan yang tinggi dari konsumen terhadap barang yang ditawarkan. Targeting. Mengunpulkan informasi sebanyakAllocating. 5. 3. menjual dan menginformasikan produk-produk barang atau jasa yang bernilai jual tinggi seperti mobil. Personal selling dibutuhkan untuk dibutuhkan perlu bantuan personal selling dan penjualannya. 7. 6. 3.2. Menciptakan kepercayaan. konsumen. 5. Mengalokasikan dan menjadwalkan waktu perjanjian Communication. Untuk produk barang atau jasa yang belum sangat dikenal luas oleh konsumen perlu sekali diadakan peragaan atau demo tentang produk barang atau jasa tersebut sehingga lebih dikenal dan diterima dengan baik. 6. 4. Memberikan pelayanan yang memuaskan kepada Informasi Gathering. dengan seksama dan jelas kepada konsumen. Personal selling sangatlah dibutuhkan dalam usahanya: 1.

Berita yang memuat hasi konferensi pers perusahaan c. Promosi . Promosi penjualan Alat kegiatan promosi selain periklanan. Berita editorial Berdasarkan objek publisitas dapat dibedakan: a. Publisitas kelembagaan yaitu publisitas tentang organisasi pada umumnya d. pameran. Artikel b. Jenis-jenis publisitas Berdasarkan jenis yang dimuat dalam media publisitas dibedakan: a. personal selling dan publisitas adalah Sales Promotion atau sales penjualan yang dilakukan dengan peragaan. pertunjukan. cara ini juga lebih efektif karena penyampaiannya dilakukan secara rinci dan mendetail sehingga merupakan suatu berita yang baru dan menarik. TV atau pertunjukan yang digelar tanpa dibiayai oleh sponsor. d. Publisitas produk yaitu publisitas yang memberikan informasi tentang produk dan pemanfaatannya b. Cara ini sangat baik karena publisitas dapat menjangkau oleh periklanan dan personal selling. Editor dapat menggunakan semuanya. Kendali publisitas berada pada tangan editor b. Publisitas lebih dipercaya karena relatif verbal. Ciri-ciri yang dimiliki publisitas adalah: a. Publisitas adalah rangsangan terhadap permintaan suatu produk barang atau jasa dari organisasi dengan meminta untuk menyusun berita yan menarik tentang produk barang atau jasa dari organisasi tersebut pada media publisitas separti radio. Penjualan dengan cara menukarkan barang diganti dengan produk yang lain memerlukan methode personal selling.7. demontrasi dan berbagai macam usaha penjualan yang bersifat tidak rutin. sebagian atau menolak sama sekali hasil konferensi pers perusahaan sebagai sumber publisitas c. Publisitas Penjualan dengan tukar tambah. Produk yang dipublisitaskan terbantu oleh permintaannya 2. 1. c.

mempertahankan kontrak dengan pelanggan mengenai produk baru menjual lebih banyak kepada pelanggan lama dan mendidik pelanggan. Meningkatkan permintaan dari para pemakai industri atau konsumen akhir 2. Promosi penjualan ini digunakan untuk memperoleh keuntungan baru. 4. Meningkatkan kinerja perantara pemasaran. tujuan yang ingin dicapai dalam pengelompokan ini adalah: 1. Pemberian kupon barang Pemberian undian Pemberian Zakat. grosir.penjualan dapat dikatakan sebagai semua bentuk intensif untuk mencapai penjualannya dengan cara sebagai berikut: 1. Sales Force Promotion. Promosi penjualan yang bertujuan untuk memotivasi pedagang. Promosiini bertujuan untuk memotivasi armada penjualan 4. 2. 3. 3. Trade Promotion. 3. dan importir. Bisnis Promotion. . Mendukung dan mengkoordinasikan kegiatan selling dan iklan Jenis promosi penjualan Promosi penjualan yang dilakukan oleh produsen dapat dikelompokkan. Pemberian contoh barang. pengecer. Promosi penjualan yang bertujuan mendorong konsumen untuk membeli. eksportir. 2. Tujuan Promosi penjualan 1. Customer Promotion.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->