Dalil Stewart dan Bukti

15 Juni 2010 asimtot Tinggalkan komentar Go to comments

CD adalah garis sebarang yang membagi AB menjadi AD dan BD. Panjang CD dapat dicari dengan menggunakan rumus Stewart. yaitu

Rumus stewart ini penting untuk dihafal. Karena akan sangat memudahkan kita untuk mencari panjang garis yang membagi di dalam sebuah segitiga. Untuk mencari garis tinggi, garis bagi maupun garis berat, bisa menggunakan rumus stewart tersebut.

Bukti untuk rumus atau dalil stewart :

Proyeksi CD pada AB adalah DE. Perhatikan segitiga BDC. Menurut dalil proyeksi pada segitiga tumpul. Berlaku :

Menurut dalil proyeksi pada segitiga lancip. Dan persamaan 2) kita kalikan BD Kita lakukan penjumlahan pada kedua bentuk di atas.…1) Perhatika segitiga ADC. Berlaku : …2) Dari persamaan 1) dan 2) kita peroleh …1) …2) Persamaan 1) kita kalikan AD. Diperoleh Lakukan penyederhanaan. Dan diperoleh bentuk .

Dalil steward ini akan sangat berguna. disarankan untuk dihafal. Jadi. Dalil stewart ini akan mudah dihafal jika kita memperhatikan segitiganya.Terbukti. . Perhatikan bahwa sisi yang dicari kuadrat dikalikan sisi yang sebagai alas sama dengan sisi miring kanan kuadrat dikalikan alas di depannya kemudian ditambah sisi miring kiri kuadrat dikalikan alas di depannya kemudian dikurangi dengan perkalian panjang-panjang bagian pada alas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful