P. 1
HIDROKARBON

HIDROKARBON

|Views: 354|Likes:

More info:

Published by: Fazar Ikhwan Guntarra on May 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/17/2014

pdf

text

original

HIDROKARBON Dalam bidang kimia, hidrokarbon adalah sebuah senyawa yang terdiri dari unsur atom karbon (C) dan

atom hidrogen (H). Seluruh hidrokarbon memiliki rantai karbon dan atom-atom hidrogen yang berikatan dengan rantai tersebut. Istilah tersebut digunakan juga sebagai pengertian dari hidrokarbon alifatik. Sebagai contoh, metana (gas rawa) adalah hidrokarbon dengan satu atom karbon dan empat atom hidrogen: CH4. Etana adalah hidrokarbon (lebih terperinci, sebuah alkana) yang terdiri dari dua atom karbon bersatu dengan sebuah ikatan tunggal, masing-masing mengikat tiga atom karbon: C2H6. Propana memiliki tiga atom C (C3H8) dan seterusnya (CnH2·n+2).

Tipe-tipe hidrokarbon
Klasifikasi hidrokarbon yang dikelompokkan oleh tatanama organik adalah: 1. Hidrokarbon jenuh/tersaturasi (alkana) adalah hidrokarbon yang paling sederhana. Hidrokarbon ini seluruhnya terdiri dari ikatan tunggal dan terikat dengan hidrogen. Rumus umum untuk hidrokarbon tersaturasi adalah CnH2n+2.[1] Hidrokarbon jenuh merupakan komposisi utama pada bahan bakar fosil dan ditemukan dalam bentuk rantai lurus maupun bercabang. Hidrokarbon dengan rumus molekul sama tapi rumus strukturnya berbeda dinamakan isomer struktur.[2] 2. Hidrokarbon tak jenuh/tak tersaturasi adalah hidrokarbon yang memiliki satu atau lebih ikatan rangkap, baik rangkap dua maupun rangkap tiga. Hidrokarbon yang mempunyai ikatan rangkap dua disebut dengan alkena, dengan rumus umum CnH2n.[3] Hidrokarbon yang mempunyai ikatan rangkap tiga disebut alkuna, dengan rumus umum CnH2n-2.[4] 3. Sikloalkana adalah hidrokarbon yang mengandung satu atau lebih cincin karbon. Rumus umum untuk hidrokarbon jenuh dengan 1 cincin adalah CnH2n.[2] 4. Hidrokarbon aromatik, juga dikenal dengan arena, adalah hidrokarbon yang paling tidak mempunyai satu cincin aromatik. Hidrokarbon dapat berbentuk gas (contohnya metana dan propana), cairan (contohnya heksana dan benzena), lilin atau padatan dengan titik didih rendah (contohnya paraffin wax dan naftalena) atau polimer (contohnya polietilena, polipropilena dan polistirena).

Ciri-ciri umum
Karena struktur molekulnya berbeda, maka rumus empiris antara hidrokarbon pun juga berbeda: jumlah hidrokarbon yang diikat pada alkena dan alkuna pasti lebih sedikit karena atom karbonnya berikatan rangkap. Kemampuan hidrokarbon untuk berikatan dengan dirinya sendiri disebut dengan katenasi, dan menyebabkan hidrokarbon bisa membentuk senyawa-senyawa yang lebih kompleks, seperti sikloheksana atau arena seperti benzena. Kemampuan ini didapat karena karakteristik ikatan diantara atom karbon bersifat non-polar. Sesuai dengan teori ikatan valensi, atom karbon harus memenuhi aturan "4-hidrogen" yang menyatakan jumlah atom maksimum yang dapat berikatan dengan karbon, karena karbon mempunyai 4 elektron valensi. Dilihat dari elektron valensi ini, maka karbon mempunyai 4 elektron yang bisa membentuk ikatan kovalen atau ikatan dativ. Hidrokarbon bersifat hidrofobik dan termasuk dalam lipid. Beberapa hidrokarbon tersedia melimpah di tata surya. Danau berisi metana dan etana cair telah ditemukan pada Titan, satelit alam terbesar Saturnus, seperti dinyatakan oleh Misi CassiniHuygens.[5]

Heksana biasanya juga digunakan sebagai pelarut kimia dan termasuk dalam komposisi bensin. Butana sangat mudah dicairkan. Metana dan etana berbentuk gas dalam suhu ruangan dan tidak mudah dicairkan dengan tekanan begitu saja. dalam bentuk minyak maupun gas alam. dekana. Saat ini klorofluorokarbon tidak lagi digunakan karena memiliki efek buruk terhadap lapisan ozon. maka hidrokarbon yang berbentuk linear akan memiliki sifat viskositas dan titik didih lebih tinggi. Pembakaran hidrokarbon Saat ini. Penggunaan yang utama adalah sebagai sumber bahan bakar. sehingga lebih aman dan sering digunakan untuk pemantik rokok. Hidrokarbon dibakar dan panasnya digunakan untuk menguapkan air. termasuk dengan alkena dan beberapa sikloalkana merupakan komponen penting pada bensin.[6] Hidrokarbon dulu juga pernah digunakan untuk pembuatan klorofluorokarbon.[7] Energi hidrokarbon ini biasanya sering langsung digunakan sebagai pemanas di rumah-rumah. nonana. dan pelarut industri. Ciri-ciri umum dari hidrokarbon adalah menghasilkan uap. Dengan bertambahnya atom karbon. Pentana berbentuk cairan bening pada suhu ruangan. hidrokarbon merupakan sumber energi listrik dan panas utama dunia karena energi yang dihasilkannya ketika dibakar. dan oksigen diperlukan agar reaksi pembakaran dapat berlangsung. nafta. yang nanti uapnya disebarkan ke seluruh ruangan. Dalam bentuk padat. bahan bakar jet. dengan warna lebih gelap. Propana lebih mudah untuk dicairkan. heptana.Hidrokarbon sederhana dan variasinya Jumlah atom karbon 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Alkana(1 ikatan) Metana Etana Propana Butana Pentana Heksana Heptana Oktana Nonana Dekana Alkena(2 ikatan) Metena Etena (etilena) Propena (propilena) Butena (butilena) Pentena Heksena Heptena Oktena Nonena Dekena Alkuna (3 ikatan) Metuna Etuna (asetilena) Propuna (metilasetilena) Butuna Pentuna Heksuna Heptuna Oktuna Nonuna Dekuna Sikloalkana – – Siklopropana Siklobutana Siklopentana Sikloheksana Sikloheptana Siklooktana Siklononana Siklodekana Alkadiena – – Propadiena (alena) Butadiena Pentadiena (piperylene) Heksadiena Heptadiena Oktadiena Nonadiena Dekadiena Penggunaan Hidrokarbon adalah salah satu sumber energi paling penting di bumi. dan biasanya dijual di tabung-tabung dalam bentuk cair. biasanya digunakan di industri sebagai pelarut wax dan gemuk. zat yang digunakan sebagai propelan pada semprotan nyamuk. karbon dioksida. oktana. Heksana. Prinsip yang hampir sama digunakan di pembangkit-pembangkit listrik. hidrokarbon adalah salah satu komposisi pembentuk aspal. Berikut ini adalah contoh reaksi pembakaran metana: . dan panas selama pembakaran.

6 °C. dan padatan tergantung dari kondisi permukaan dan diagram fase dari campuran minyak Bumi tersebut.5 °C. MINYAK BUMI Minyak Bumi (bahasa Inggris: petroleum.6°. Minyak Bumi terdiri dari campuran kompleks dari berbagai hidrokarbon. atau kehijauan yang mudah terbakar. etana. dan berbagai macam studi lainnya. -43.CH4 + 2 O2 → 2 H2O + CO2 + Energi Jika udara miskin gas oksigen. berwarna coklat gelap. dijuluki juga sebagai emas hitam.[5] . minyak Bumi hanya berisi minyak mentah saja. dan gas lainnya. -127. hidrokarbon yang ringan seperti metana. Lokasi sumur-sumur minyak ini didapatkan setelah melalui proses studi geologi. berturutturut (-258. mulai dari pentana ke atas berbentuk padatan atau cairan. tetapi bervariasi dalam penampilan. tapi dalam penggunaan seharihari ternyata juga digunakan dalam bentuk hidrokarbon padat. komposisi. reaksi pembakaran propana: C3H8 + 5 O2 → 4 H2O + 3 CO2 + Energi CnH2n+2 + (3n+1)/2 O2 → (n+1) H2O + n CO2 + Energi Reaksi pembakaran hidrokarbon termasuk reaksi kimia eksotermik.[4] Pompa minyak Komposisi Jika dilihat kasar.5°. -42 °C. Meskipun begitu. analisis sedimen. maka akan terbentuk gas karbon monoksida (CO) dan air: 2 CH4 + 3 O2 → 2CO + 4H2O Contoh lainnya. propana. yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi. karakter dan struktur sumber. sedangkan karbon yang lebih tinggi.6 °C. dari bahasa Latin petrus – karang dan oleum – minyak). dan +31.[1][2] Setelah itu. cairan.[3] Minyak Bumi digunakan untuk memproduksi berbagai macam barang dan material yang dibutuhkan manusia. di sumber minyak di bawah tanah. dan -0. sebagian besar seri alkana. Pada kondisi temperatur dan tekanan standar. minyak Bumi akan diproses di tempat pengilangan minyak dan dipisah-pisahkan hasilnya berdasarkan titik didihnya sehingga menghasilkan berbagai macam bahan bakar. -88. proporsi gas.1° F). dan kemurniannya. mulai dari bensin dan minyak tanah sampai aspal dan berbagai reagen kimia yang dibutuhkan untuk membuat plastik dan obat-obatan. adalah cairan kental. Minyak Bumi diambil dari sumur minyak di pertambangan-pertambangan minyak. cair.9°. dan butana berbentuk gas yang mendidih pada -161.

Karena tekanan di permukaan Bumi lebih rendah daripada di bawah tanah.Sumur minyak sebagian besar menghasilkan minyak mentah.1% Ada 4 macam molekul hidrokarbon yang ada dalam minyak mentah. Jenis hidrokarbon yang terdapat pada minyak Bumi sebagian besar terdiri dari alkana. Bentuk fisik kondensat ini mirip dengan bensin.05 sampai 1.[5] Komposisi molekul berdasarkan berat Hidrokarbon Rata-rata Rentang Parafin 30% 15 sampai 60% Naptena 49% 30 sampai 60% Aromatik 15% 3 sampai 30% Aspaltena 6% sisa-sisa Kebanyakan minyak mentah di dunia merupakan non-konvensional.1 sampai 2% Oksigen 0. Tapi. ditambah dengan sebagian kecil elemen-elemen lainnya seperti nitrogen. heksana.5% Sulfur 0. Di permukaan. nikel. maka gas ini akan mengkondensasi sehingga berbentuk kondensat gas alam. beberapa gas akan keluar dalam bentuk campuran.[7] . kandungan maksimalnya bisa sampai 97% dari berat kotor dan paling minimal adalah 50%. Persentase relatif setiap molekul berbeda-beda tiap lokasi minyaknya. ditambah beberapa jenis logam seperti besi. oksigen dan sulfur. dan vanadium. seperti pentana. sehingga menggambarkan ciri-ciri dari setiap minyak. Sumur gas sebagian besar menghasilkan gas. tembaga. dan heptana dalam wujud gas.0% Logam < 0. dan terkadang ada juga kandungan gas alam di dalamnya. maka gas yang keluar kadang-kadang juga mengandung hidrokarbon yang lebih besar. karena suhu dan tekanan di bawah tanah lebih besar daripada suhu di permukaan. sikloalkana.05 sampai 6. dan berbagai macam jenis hidrokarbon aromatik. Persentase hidrokarbon ringan di dalam minyak mentah sangat bervariasi tergantung dari ladang minyak. Jumlah komposisi molekul sangatlah beragam dari minyak yang satu ke minyak yang lain tapi persentase proporsi dari elemen kimianya dapat dilihat di bawah ini:[6] Komposisi elemen berdasarkan berat Elemen Rentang persentase Karbon 83 sampai 87% Hidrogen 10 sampai 14% Nitrogen 0.

digunakan proses fluid catalytic cracking. bahan bakar jet. Dalam campuran itu. minyak Bumi telah menjadi sumber energi paling utama di dunia sejak pertengahan tahun 1950-an. Kanada dan Venezuela diperkirakan mempunyai 3. kemerahan.9 km3 per tahunnya. yang massa jenisnya lebih rendah sehingga berada di lapisan di bawah minyak. sekitar dua kali dari volume cadangan minyak konvensional dunia. Bitumen yang terdapat di Kanada memiliki karakteristik lengket. pengangkutan yang mudah. Pada sumur minyak biasanya ditemukan juga gas alam yang mempunyai massa jenis lebih ringan daripada minyak Bumi. diikuti dengan metode yang makin kompleks dan mahal untuk memproduksi minyak.[12] atau 595 km3 (3. terdapat juga air asin. bentuknya seperti minyak mentah dalam wujud tar. Karena minyak Bumi tyang tingkatannya berat mengandung karbon terlalu banyak dan hidrogen terlalu sedikit. yang biasanya merujuk pada bitumen mentah. Namun. atau bahkan kehijauan).[8] Venezuela juga mempunyai cadangan minyak dalam jumlah besar di pasir minyak Orinoco. maka proses yang biasanya dipakai adalah mengurangi karbon atau menambahkan hidrogen ke dalam molekulnya. pestisida. meskipun jumlah hidrokarbon yang terkandung lebih cair daripada di Kanada.[11] Minyak Bumi yang tingkatannya lebih ringan akan menghasilkan minyak dengan kualitas terbaik.74 triliun barrel) jika pasir minyak ikut dihitung. jika konsumsi dunia diasumsikan tidak bertambah. pelarut. pupuk. sehingga biasanya keluar terlebih dahulu dibandingkan minyak. maka tempat-tempat pengolahan minyak sekarang ini semakin meningkatkan pemrosesan minyak berat dan bitumen. atau 4. minyak Bumi masih bisa dipakai sampai 120 tahun lagi. dan sisa 16% lainnya yang tidak digunakan untuk produksi energi diubah menjadi material lainnya. diesel. keduanya merupakan sumber "energi primer" utama. dan elpiji. pandangan ini diragukan dalam lingkungan ilmiah. .2 triliun barrel) tanpa pasir minyak. seperti pada pasir minyak Athabasca di Kanada. Minyak Bumi biasanya berwarna hitam atau coklat gelap (meskipun warnanya juga bisa kekuningan. Dengan cadangan minyak yang ada sekarang. farmasi. Minyak yang terdapat dalam pasir minyak ini disebut dengan minyak tak konvensional untuk membedakannya dari minyak yang dapat diekstrak dengan metode tradisional biasa. sehingga sangat lengket dan berat dan harus dipanaskan terlebih dahulu agar larut dan bisa dialirkan. Cadangan minyak yang diketahui saat ini berkisar 190 km3 (1. yang berarti zat ini tidak berasal dari fosil tetapi berasal dari zat anorganik yang dihasilkan secara alami dalam perut Bumi. Minyak mentah juga dapat ditemukan dengan campuran dengan pasir dan minyak. yang di dalamnya termasuk dengan bensin. Jenis minyak ini disebut dengan minyak ekstra berat.[10] 84% dari volume hidrokarbon yang terkandung dalam minyak Bumi diubah menjadi bahan bakar.[13] Konsumsi minyak Bumi saat ini berkisar 84 juta barrel (13. tapi karena cadangan minyak ringan dan menengah semakin hari semakin sedikit.6 triliun barel (570×109 m3) bitumen dan minyak ekstra-berat ini. berwarna hitam.[9] Minyak Bumi sebagian besar digunakan untuk memproduksi bensin dan minyak bakar. Minyak Bumi juga digunakan sebagai bahan mentah dari banyak produk-produk kimia. Karena mempunyai kepadatan energi yang tinggi. Beberapa ilmuwan menyatakan bahwa minyak adalah zat abiotik. Untuk mengubah molekul yang panjang dan kompleks menjadi molekul yang lebih kecil dan sederhana.4×106 m3) per harinya. dan cadangan yang banyak. dan plastik.Penampakan fisik dari minyak Bumi sangatlah beragam tergantung dari komposisinya.

minyak tanah dan lilin. Senyawa hidrokarbon memiliki deret homolog. 3. makin kuat gaya antar molekul. 2. Hal ini berkaitan dengan panjang ikatan antar karbonkarbon. minyak tanah. makin tinggi titik didih. minyak berupa cair. Diketahui struktur berikut: Atom C primer adalah atom C bernomor …. Pernyataan berikut dapat dijadikan pembenaran adanya unsur hidrogen dalam hidrokarbon setelah dibakar adalah ….SOAL – SOAL 1. mengapa? Jelaskan. Dalam minyak terdapat ikatan rangkap tidak jenuh. isomer menghasilkan zat yang sama jika terbakar sempurna dalam oksigen 5. 3. 8 . Minyak dan lemak tergolong hidrokarbon. Manakah yang lebih mudah? Mengapa? Jelaskan. 1. makin sulit terbakar. 5. Deret pada senyawa hidrokarbon yang berbeda sebanyak gugus –CH2– dari senyawa sebelumnya. Pada suhu kamar. Urutan lebih mudah terbakar adalah LPG. sedangkan dalam lemak tidak memiliki ikatan rangkap tidak jenuh. 2. dan lilin. 4. JAWABAN 1. Adanya ikatan rangkap ini menimbulkan gaya antarmolekul kurang kuat sehingga minyakmudah mencair. Bandingkan kemudahan terbakar dari LPG. Apa yang dimaksud dengan deret homolog? Jelaskan. sedangkan lemak padat. 4. Makin panjang rantai karbon.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->