STUDI KELAYAKAN BISNIS

MULADI WIBOWO

Fakultas Ekonomi UNIBA Surakarta
Phone:0817250514 E‐mail:muladiwib@yahoo.com Muladi‐wibowo.blogspot.com

BAB. I. PENGANTAR STUDI KELAYAKAN BISNIS
Pengertian SKB • Penelitian yang mendalam terhadap suatu ide bisnis tentang layak atau tidaknya ide tersebut untuk dilaksanakan • Ide bisnis : memiliki macam-macam bentuk

Tujuan
Tujuan penyusunan studi kelayakan • Create new business • Create old things new way • Pelengkap proposal dalam ijin usaha • Pelengkap proposal kredit bank

Objek SKB • Pendirian • Pengembangan • Merger/akuisisi .

Analis Studi Kelayakan • Orang yang melaksanakan pekerjaan studi kelayakan bisnis • Analis bisa perorangan atau tim .

Alat Analisis SK • Teknik yang terdapat dalam berbagai disiplin ilmu yang digunakan untuk memecahkan masalah. • Metode judgement • Metode kausal • Metode rasio • dll .

Aspek teknis produksi dan teknologis c.MODEL SKB Tidak ada model yang baku : Secara umum meliputi beberapa aspek a. Aspek keuangan Tingkat kerumitan . Aspek legal dan perizinan e. Aspek lingkungan f. kompleksitas bergantung pada objek kajian studi itu sendiri . Aspek manajemen d. Aspek pasar dan pemasaran b. kedalaman.

MODEL SKB Bentuk studi kelayakan ditentukan sesuai tujuan dan kepentingan untuk apa studi itu dibuat Dalam banyak kasus. Mendirikan sekolah. PT dll) - . untuk SKB. sudah ada panduan atau sistematika yang diminta ( misal konsep SKB mendirikan BANK / BPR.

Mengurangai resiko kegagalan proyek .SKB akan memberikan laporan yang lebih komprehensif ( ada dasar evaluasinya ) .MENGAPA PERLU SKB • Beberapa proyek sering gagal ditengah jalan • Kredit macet • Kegagalan investasi SKB : .

bank. kreditor Kurang dari 1 th Relatif kecil . Pemerintah Bisa lebih dari 1 tahun Relatif besar ( bisa sda 1 m) Dari internal Merencanakan kegiatan dimasa yang akan datang Manajemen. LSM.BEDA SKB DAN RENCANA BISNIS Faktor Jenis data Sumber data SKB Data estimasi Data eksternal RB Berdasarkan data empiris perusahaan Data internal Penyusun / analis Tujuan User Waktu pembuatan Biaya Dari eksternal ( konsultan) Menilai kelayakan gagasan bisnis Investor.

3.Aspek dalam SKB 1. Aspek-aspek dalam studi kelayakan adalah bidang kajian dalam studi kelayakan tentang keadaan obyek tertentu dari fungsi-fungsi bisnis (marketing. . management/SDM. untuk studi kelayakan tentang pendirian perguruan tinggi. Pelaksanaan studi dan penelitian atas fungsi-fungsi tersebut terkadang disesuaikan dengan kebutuhan dari analisis ataupun stakeholder.hukum. pihak diknas tidak menentukan/mensyaratkan analisis terhadap aspek lingkungan. Untuk beberapa kasus ada aspek-aspek yang tidak di kaji atau di masukan dalam studi kelayakan dengan pertimbangan urgensinya.II. lingkungan. Misalnya. 2. operasi. dan keuangan).

baik pabrikasi(manufacturing). aspek ekonomi dan keuangan(keuangan) . perdagangan (trading).II. Aspek primer.Aspek dalam SKB Berdasarkan disiplin ilmu dasarnya 1. aspek hukum. aspek teknis dan teknologis (produksi/operasi). Aspek primer ini ada dalam semua sector usaha. yang merupakan aspek utama dalam penyusunan studi kelayakan. Aspek primer terdiri atas: • • • • • aspek pasar dan pemasaran ( marketing). aspek management dan organisasi(DSM). maupun jasa(servise).

Aspek sosial biasanya dipersyaratkan untuk pembangunan sarana dan prasarana pabrik yang didanai pemerintah ataupun donatur internasional. pembangunan pabrik pengolahan (pabrik tropika. misalnya aspek analisis mengenai dampak lingkungan. seperti proyek pembangunan perumahan (real estate). plywoods.II. Pada umumnya aspek ini dipersyaratkan dalam studi kelayakan yang obyeknya menyangkut sumber daya alam. kertas.Aspek dalam SKB Berdasarkan disiplin ilmu dasarnya 2. adalah aspek pelengkap yang disusun berdasarkan permintaan instansi/lembaga yang terkait dengan obyek studi. Aspek sekunder. . dan sebagainya).

promotion.Aspek Pasar dan Pemasaran – Kajian yang di bahas dalam sapek ini bersumber dari disiplin ilmu pemasaran. price. Konsep dan teori yang di gunakan untuk menelaah dan mengalisis kondisi yang menjadi obyek studi dalam aspek ini diambil dari marketing. kegiatan pemasaran meliputi product. place. Sebagaimana dalam konsep marketing mix (8P bauran pemasaran sinergis). process. positioning. and people. – . physical evidence.

sedangkan tujuan pemasarn dalam ilmu marketing adalah untuk mengendalikan pasar di waktu yang akan datang (market driven). .Aspek Pasar dan Pemasaran 7-an: untuk mengetahui keadaan obyek di masa lalu dan saat ini.

Aspek Pasar dan Pemasaran – – – – – – – – Permintaan Penawaran Proyeksi permintaan dan penawaran Proyeksi penjualan Produk (barang/jasa) Analisis pesaing Segmentasi pasar Pemasaran dan implementasi strategi .

dan sebagainya. Riset ini dapat dilakukan melalui tes produk. Materi ini dapat dipelajari baik pada mata kuliah/buku-buku statistick maupun operasional research. Analisis SWOT (kekuatan.peluang dan ancaman) untuk mengkaji posisi usaha dan persaingan. Riset pemasaran (marketing research) yang bertujuan utuk mengetahui apakah produk yang akan ditawarkan diminati calon konsumen.kelemahan. – – . Materi ini dapat dipelajari dan diperdalampada mata kuliah management strategi . tes pasar.Aspek Pasar dan Pemasaran – Alat-alat bantu analisis yang di gunakan : Analisis lest square untuk membuat proyeksi tingkat permintaan dan penawaran produk dari obyek yang di kaji.

content analysis. – – . dan sebagainya ) Data penawaran bersumber dari kuantitas produk sajenis baik yang di tawarkan perusahaan lain melalui perindustrian keagen dan distributor maupun jumlah produksi yang dihasilkan calon perusahaan pesaing. teknik observasi langsung.Aspek Pasar dan Pemasaran A. – Data yang diperlukan dalam mendukung analisis Obyek studi kelayakan pendirian usaha baru: Data permintaan dapat diperoleh secara langsung dari sumbernya. Data pesaing dapat diperoleh dari survei langsung ataupun dari data primer yang diperole dari instansi terkait. metode proyektif. yaitu calon konsumen(teknik questionair.

diperlukan juga data penjualan industri.Aspek Pasar dan Pemasaran Data yang diperlukan dalam mendukung analisis B. Obyek studi kelayakan pengembangan dan akuisisi: Data permintaaan dapat diperoleh dari data empiris (historis) penjualan sbuah perusahaan atas produk yang dikembangakan selain itu. .

Aspek teknis dan teknologis Operasi/produk dalam fungsi bisnis merupakan bagian yang sangat vital karena hampir 50% lebih kegiatan bisnis tersita di sini. Proses menghasilkan produk (barang/jasa) yang di awali dari pemilihan material dan berlanjut ke proses produksi sampai menghasilkan output berupa barang/jasa .

dan mengevaluasi produk yang akan dihasilkan obyek studi. pemilihan perangkat teknogi. kriteria dan spesifikasi kualitas. mesin dan peralatan yang akan digunakan. serta layout pabrik/ruang ). pemilihan dan penentuan lokasi pabrik/tempat usaha.Aspek teknis dan teknologis 7-an: Untuk mengetahui. pemilihan dan penggunaan material (bahan baku). proses produksi. o o . Untuk menghasilkan produk diperlukan langkahlangkah pra operasional seperti desain. memahami.

Aspek teknis dan teknologis Desain produk Spesifikasi bahan baku dan produk Proses produksi Lokasi perusahaan(pabrik) Layout pabrik Peralatan dan mesin yang digunakan Layout mesin Quality control .

Aspek managemen dan organisasi Aspek ini berkaitan dengan aspek sebelumnya. Setelah mempelajari proses produksi dari A sampai Z. analisis sudah mempunyai gambaran tentang bentuk organisasi dan struktur yang dibutuhkan organisasi tersebut . lalu mendistribuskan produknya dengan menggunakan strategi yang di tentukan.

.Aspek managemen dan organisasi 7-an: untuk mengkaji penentuan bentuk dan struktur yang tepat berdasarkan kebutuhan dalam organisasi.

Aspek managemen dan organisasi Struktur organisasi perusahaan Job analysis Job description Kualifikasi tenaga kerja Proses rekrutmen Sistem pengembangan dan kompensasi .

untuk organisasi dengan struktur yang sederana dan bagan organ berbentuk datar(flat) lebih baik memilih badan hukum perseroan. Struktur organisai yang complicated dan bagan organ berbentuk fungsional cenderung berbadan hukum perseroan terbatas. Sebaliknya.Aspek hukum dan legalitas Bentuk dan struktur organisasi yang dibahas dan dianalisis pada aspek sebelumnya dapat mempengaruhi legalitas perusahaan. Ini berhubungan dengan rentang manajemen dan sistem pendelegasian. .

Aspek hukum dan legalitas 7-an: mencari bentuk badan hukum yang tepat untuk organisasi yang akan didirikan/ dikembangkan agar perusahaan dapat bergerak secara efisien dan efektif dalam mencapai tujuanya. .

Aspek hukum dan legalitas Bentuk badan hukum perusahaan Prosedur perizinan/legalitas Lembaga/departemen/instansi yang terkait dengan perusahaan Rencana anggaran dasar perusahaan .

laba/rugi.Aspek ekonomi dan keuangan Aspek ekonomi dan keuangan membahas tentang kebutuhan modal dan investasi yang diperlukan dalam pendirian/pengembangan usaha yang direncanakan. . dan menganalisisnya untuk menentukan kelayakan usaha tersebut.dan cash flow). kemudian merangkumnya dalam bentuk laporan keuangan(neraca.

Aspek ekonomi dan keuangan 7-an: untuk mengevaluasi keseluruhan pembahasan tiap-tiap aspek yang membutuhkan dana dan modal kerja kedalam analisis investasi yang ditinjau dari. return on investment (tingkat pengembalian investasi). rate of return (tingkat pengembalian). waktu pengembalian modal (payback pariod). dan net present value (nilai sekarang bersih) .

Aspek ekonomi dan keuangan Perkiraan modal kerja Perkiraan biaya investasi Perkiraan harga pokok produksi Perkiraan laba/rugi Perkiraan neraca Sumber pembiayaan Analisis investasi dan kelayakan .

.Aspek ekonomi dan keuangan 7-an: untuk mengetahui keadaan obyek di masa lalu dan saat ini. sedangkan tujuan pemasarn dalam ilmu marketing adalah untuk mengendalikan pasar di waktu yang akan datang (market driven).

.Aspek ekonomi dan keuangan 7-an: untuk mengetahui keadaan obyek di masa lalu dan saat ini. sedangkan tujuan pemasarn dalam ilmu marketing adalah untuk mengendalikan pasar di waktu yang akan datang (market driven).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful