RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANAK TUNARUNGU KELAS VII SMPLBB-IPA Makalah untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah

Peningkatan Kompetensi Mengajar

Di Susun Oleh : RISKI PRISMALIA 1335091733

PENDIDIKAN LUAR BIASA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA 2012

1.1.2 1.3 1.1 1. Kompetensi Dasar Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari C.5 2.B : IPA : VII/1 : 2 X 40 menit (1 kali Pertemuan) A. Afektif 2.5 Menjelaskan makna pengukuran Menyebutkan nama alat yang digunakan dalam pengukuran panjang Menjelaskan cara pengukuran menggunakan tangan Menjelaskan cara penggunaan mistar Membedakan benda panjang dan pendek 1.4 1.1 1.2 Proses 1. Indikator 1.1.1 Produk 1.2.2.2.4 1.2 1.1.3 1. Mendemonstrasikan penggunaan mistar. Mendemonstrasikan cara pengukuran menggunakan tangan. Standar Kompetensi Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan B.1 menunjukan sikap ketelitian ketika melakukan pengukuran panjang dengan menggunakan tangan Mendemonstarikan apa yang dimaksud dengan pengukuran. Menunjukkan benda panjang dan benda pendek pada power point .1.2.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Alokasi Waktu : SMPLB . Kognitif 1.2. menjawab pertanyaan guru mengenai alat yang digunakan dalam pengukuran panjang.

menunjukan sikap tenang ketika guru menyimpulkan materi yang telah . Produk 1.4 diajarkan.5 Siswa mampu membedakan benda panjang dan pendek dengan melihat hasil pengukuran panjang benda tersebut dengan benar 1. 1.2Proses 1.1 Siswa mampu menjelaskan makna pengukuran setelah mendengarkan penjelasan dari guru dan diskusi kelas dengan tepat 1. Tujuan Pembelajaran 1.1. mengukur panjang benda menggunakan mistar D.2 Siswa mampu menyebutkan nama alat yang digunakan dalam pengukuran panjang setelah melakukan diskusi dengan benar 1. Kognitif 1.3 menunjukan rasa percaya diri ketika melaporkan perbedaan antara hasil pengukuran panjang dengan menggunakan tangan dengan pengukuran panjang dengan menggunakan mistar.3 Siswa mampu melakukan pengukuran panjang dengan menggunakan tangan setelah mendengarkan penjelasan dari guru dengan benar dan teliti 1.1.2.4 Siswa mampu menjelaskan cara penggunaan mistar setelah diskusi dan mendengarkan penjelasan dari guru dengan benar 1.1.2 menunjukan sikap ketelitian ketika melakukan pengukuran panjang dengan menggunakan mistar 2.1.2. Psikomotor 3. 3. 1.2.2.3 Siswa mampu mendemonstrasikan pengukuran menggunakan tangan dengan tangan setelah mendengar penjelasan dari guru dengan baik.1.2. 2.1. mengukur panjang benda menggunakan tangan 3.1 Siswa mampu mendemonstarikan apa yang dimaksud dengan pengukuran setelah mendengar penjelasan dari guru dengan benar.1.2 Siswa mampu menjawab pertanyaan guru mengenai alat yang digunakan dalam pengukuran panjangsetelah berdiskusi dan mendengarkan penjelasan dari guru dengan tepat.

Siswa dapat mengukur panjang benda menggunakan mistar setelah berdiskusi dengan benar.1 Perilaku Berkarakter 2.2.2 Siswa menunjukan rasa percaya diri ketika melaporkan hasil pengukuran sedangkan murid lainnya memperhatikan dan mengapresiasi pendapat temannya dengan sikap santun. 1. 2.1. 2.2 Siswa mampu menunjukan sikap ketelitian ketika melakukan pengukuran panjang menggunakan mistar sehingga hasil pengukuran tersebut memiliki tingkat kesalahan yang rendah setelah mendengarkan penjelasan dari guru.1.2.5 Siswa mampu menunjukkan benda panjang dan benda pendek pada power point setelah penjelasan dari guru dan diskusi dengan tepat.1.3 Siswa mampu menunjukkan sikap percaya diri ketika melaporkan perbedaan antara hasil pengukuran panjang menggunakan tangan dengan pengukuran panjang menggunakan mistar sehingga murid yang lain dapat memahami hasil dari laporan tersebut. Psikomotor 3.2 Keterampilan Sosial.2.2 Siswa dapat mengukur panjang benda menggunakan tangan setelah berdiskusi dengan benar.1 3.1 Setelah mendengarkan penjelasan dari guru murid dapat menjawab pertanyaan dari guru mengenai pengukuran menggunakan bahasa yang lugas serta santun. 2. 3. Afektif 2.1. . 2.1 Siswa mampu menunjukan sikap ketelitian ketika melakukan pengukuran panjang menggunakan tangan sehingga hasil pengukuran tersebut memiliki tingkat kesalahan yang rendah setelah mendengarkan penjelasan dari guru.4 Siswa mampu mendemonstrasikan pengukuran menggunakan mistar dengan tangan setelah mendengar penjelasan dari guru dengan baik.2. 2.1.1. 2.

Metode: metode ceramah. Media Pembelajaran 1. penugasan. Alat ukur panjang F. Pengukuran 3. Panjang pendek 4. Materi Pembelajaran 2.E. Mistar 2. Power Point . tanya jawab G. Model Pembelajaran: Model Pembelajaran Langsung. Model/Metode Pembelajaran 1. kontruktivistik 2. praktek.

Kegiatan inti (60 menit) 4. Kegiatan awal (5 menit) 2. guru menjelaskan kepada murid mengenai apa yang dimaksud dengan mistar melalui power point 8. Mengkondisikan kelas (doa dan absensi). apabila murid belum bisa maka guru menunjukkan cara mengukur menggunakan mistar melalui power point 10. guru meminta kepada murid untuk mengukur panjang buku pelajaran menggunakan mistar 17. guru meminta murid untuk menyebutkan alat-alat yang digunakan untuk mengukur panjang 15. Mempersiapkan materi pelajaran dan media pembelajaran yang akan digunakan. guru menampilkan alat ukur yang sudah baku melalui ppt 16. Pemeriksaan ABD 3. guru menugaskan kepada murid untuk mengukur panjang meja menggunakan tangan 5. apabila murid belum bisa maka guru menunjukkan cara mengukur menggunakan tangan melalui power point 6. guru menugaskan kepada murid untuk mengukur panjang meja menggunakan mistar 9. 4. guru meminta kepada murid untuk menuliskan hasil pengukuran yang telah dilakukan 11. 4. murid berdiskusi mengapa hasil pengukuran menggunakan tangan memiliki hasil yang berbeda antar siswa 13. guru meminta kepada murid untuk menuliskan hasil pengukuran 7. guru menjelaskan kepada murid terdapat alat ukur yang telah baku 14. Motivasi dan apersepsi. . guru meminta kepada murid untuk membandingkan hasil pengukuran mereka dengan teman sebangku mereka 12. guru meminta kepada siswa untuk membandingkan hasil pengukuran meja menggunakan mistar dengan hasil pengukuran buku menggunakan mistar 1.I Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1.

Kegiatan akhir (15 menit) 1. dan konsep panjang dan pendek melalui J Sumber Belajar • • K Penilaian Teknik Penilaian • • • • • diskusi dan ppt Kurikulum KTSP untuk Anak Tunarungu kelas VII SMPLB B Buku Paket Ilmu Pengetahuan Alam kelas VII Tes lisan Tes perbuatan Lembar observasi keterampilan psikomotorik Lembar observasi perilaku berkarakter Lembar observasi keterampilan sosial Nama siswa: Kelas Lampiran I : A. guru menampilkan gambar benda-benda panjang dan gambar benda-benda pendek pada power point 20. Instrumen Tes tertulis 1. 2. Merangkum pelajaran mengenai pengertian pengukuran.18. Jelaskan pengertian pengukuran ! Sebutkan alat-alat yang digunakan untuk mengukur ! : . macam-macam alat ukur panjang. guru menjelaskan konsep panjang dan pendek 19. cara mengukur menggunakan mistar. guru melakukan tanya jawab dan diskusi mengenai pengertian pengukuran 5. Anak menyebutkan benda yang panjang dan yang pendek yang ada di power point 21.

kemudian dilanjutkan kembali mulai dari titik akhir jari kelingking (kanan) atau ibu jari (kiri). kemudian lihat posisi ujung lain benda tersebut dan baca skala mistar yang berimpit dengan ujung lain benda. 3. Pengukuran adalah membandingkan suatu besaran yang diukur dengan alat ukur.3. 4. dan begitu seterusnya sampai seluruh bagian yang ingin diukur telah terukur menggunakan tangan. Impitkan skala nol pada mistar dengan salah satu ujung benda yang akan diukur. Jelaskan cara pengukuran menggunakan tangan ! Jelaskan cara pengukuran menggunakan mistar ! B. Mistar. . Impitkan ujung suatu benda dengan ujung ibu jari (apabila menggunakan tangan kanan) atau ujung kelingking (apabila menggunakan tangan kiri) dengan posisi tangan direnggangkan. 4. Jangka Sorong. dll. 2. Rol meteran. Kunci Jawaban 1.

Lampiran II : Tes Perbuatan : Melakukan pengukuran panjang No Materi Respon Penilaian Sering melakukan Terkadang masih Tidak kesalahan 1 2 Alat Ukur Menyebutkan alat ukur panjang Melakukan pengukuran menggunakan jengkal Melakukan pengukuran menggunakan mistar Menyimpulkan mengapa hasil pengukuran berbeda Menjelaskan pengukuran Membedakan panjang dan pendek terdapat kesalahan melakukan kesalahan Panjang Pengukuran dengan 3 Tangan Pengukuran dengan 4 Mistar Pengertian Pengukuran 5 6 Pengukuran PanjangPendek .

Siswa mampu menunjukkan sikap percaya diri ketika melaporkan perbedaan antara hasil pengukuran panjang menggunakan tangan dengan pengukuran panjang menggunakan mistar sehingga murid yang lain dapat memahami hasil dari laporan tersebut . Nilai 1 : Tidak dapat Mengerjakan Nilai : skor perolehan X 100 : skor maksimum Lampiran III : Lembar Pengamatan perilaku berkarakter No 1 Aspek yang diamati 1 Siswa mampu menunjukan sikap ketelitian ketika melakukan tersebut pengukuran sehingga memiliki panjang hasil tingkat menggunakan pengukuran tangan 2 Skala penilaian 3 4 Jumlah kesalahan yang rendah setelah mendengarkan 2 penjelasan dari guru. Siswa mampu menunjukan sikap ketelitian ketika melakukan tersebut pengukuran sehingga memiliki panjang hasil tingkat menggunakan pengukuran mistar kesalahan yang rendah setelah mendengarkan 3 penjelasan dari guru.Tabel hasil pengukuran untuk item no 2 dan 3: Nama benda yang diukur Menggunakan jengkal Panjang (cm) Menggunakan mistar Panjang (cm) Keterangan : a. Nilai 2 : Dapat Mengerjakan dengan Bantuan c. Nilai 3 : Dapat Mengerjakan b.

2: 1. Jika murid tidak mau melakukan pengukuran Jika murid bergurau sama temannya ketika melakukan pengukuran Jika murid melakukan kesalahan ketika mengukur tetapi mengukur dengan sikap tenang Jika murid duduk tenang mengukur dengan benar Kriteria pengamatan perilaku berkarakter untuk item no 3: 1. Jika murid melaporkan hasil pengukuran namun belum percaya diri dan masih salah 3. 4. Jika murid tidak mau melaporkan hasil pengukuran 2. Jika murid melaporkan hasil pengukuran dengan tepat dan percaya diri . Jika murid melaporkan hasil pengukuran dengan percaya diri namun jawabannya belum tepat 4. 2. 3.Catatan: Kriteria pengamatan perilaku berkarakter untuk item no 1.

Nilai 1 = Jika siswa tampak tak acuh mendengar penjelaskan materi 2. Nilai 3 = Jika siswa merespon materi yang diberikan guru 4. Nilai 4 = Jika siswa serius merespon penjelasan materi dari guru 2 Skala penilaian 3 4 Jumlah .Lampiran IV : Lembar Pengamatan Keterampilan Sosial No 1 Aspek yang diamati 1 Setelah mendengarkan penjelasan dari guru murid dapat menjawab pertanyaan dari guru mengenai pengukuran menggunakan bahasa 2 yang lugas serta santun. Siswa menunjukan rasa percaya diri ketika melaporkan hasil pengukuran sedangkan murid lainnya memperhatikan dan mengapresiasi pendapat temannya dengan sikap santun. Kriteria pengamatan ketrampilan sosial : 1. Nilai 2 = Jika siswa tidak merespon ketika guru menjelaskan materi 3.

namun tidak dapat menyimpulkan hasil Jika mengukur tanpa bantuan dan dapat menyimpulkan hasil pengukuran dengan baik Skala penilaian 2 3 4 Jumlah .Lampiran V : Lembar Observasi keterampilan Psikomotorik No 1 2 Aspek yang diamati 1 Siswa Siswa dapat dapat mengukur mengukur panjang panjang benda benda menggunakan tangan. Kriteria penilaian untuk item no 1: 1 Jika mengukur dengan cara yang salah 1 2 3 Jika mengukur dengan bantuan Jika mengukur tanpa bantuan. menggunakan mistar.