Harian Pagi RADAR BOGOR

SEJARAH RADAR BOGOR VISI, MISI, DAN TUJUAN RADAR BOGOR STRUKTUR ORGANISASI HARIAN PAGI RADAR BOGOR STRUKTUR BIRO PEMASARAN RADAR BOGOR SISTEM DISTRIBUSI HARIAN RADAR BOGOR TARGET PEMASARAN STRATEGI PEMASARAN

Pada saat itu. dan Cianjur. Sampai saat ini Harian Pagi RADAR BOGOR mampu mempertahankan pendapatan oplahnya sekitar 56.SEJARAH RADAR BOGOR Harian Pagi RADAR BOGOR terbit dengan edisi perdana pada tanggal 2 November 1998. terbukti telah dapat meningkatkan oplah surat kabar ini. Dalam tiga bulan pertama sejak terbitan perdana Harian Pagi RADAR BOGOR hanya mencapai oplah 3. termasuk kualitas sumber daya manusianya. Dalam perkembangannya. Ketujuh wartawan tersebut di koordinir oleh wartawan senior dari Harian Umum Jawa Post Express. Dengan usaha-usaha yang dilakukan oleh Harian Pagi RADAR BOGOR tersebut.000 sampai 5. Harian Pagi RADAR BOGOR hanya memiliki tujuh orang wartawan yang relatif sangat junior dan belum berpengalaman. Depok. yaitu Sukabumi. dan terbit setiap hari. sehingga untuk memperluas jaringan pendistribusiannya Harian Pagi Radar Bogor membuka Agen penyalur atau Biro di tiga wilayah.000 eksemplar.000 eksemplar perhari.000 eksemplar. Harian Pagi RADAR BOGOR terus berusaha untuk meningkatkan kualitas berita-beritanya. Setelah memasuki bulan keempat jumlah oplah RADAR BOGOR meningkat menjadi 7000 sampai 10. . Jumlah halaman sebanyak 12 halaman.

faktual. khususnya masyarakat Bogor. dan terpercaya kepada masyarakat. . • Misi Sebagai kontrol terhadap kinerja aparat pemerintah dan juga untuk memberikan berita yang aktual dan terpercaya kepada institusi dan masyarakat • Tujuan Memberikan informasi dan berita setiap hari yang aktual. MISI. DAN TUJUAN RADAR BOGOR • Visi Memberikan informasi yang sedetail dan sebenar mungkin dengan fakta yang sebenarnya kepada masyarakat.VISI.

STRUKTUR ORGANISASI HARIAN PAGI RADAR BOGOR .

Struktur Biro Pemasaran RADAR BOGOR Kepala Biro Sekretaris Bagian Pemasaran Bagian Iklan Reporter .

Sistem Distribusi Harian Pagi RADAR BOGOR Sistem distribusi RADAR BOGOR menggunakan sistem two level marketing. Proses Two Level Marketing Penerbit Agen Retailer Konsumen .

00 sampai jam 5. antara jam 5. baik agen eceran. Gadog. karena konsep awalnya juga surat kabar harian berita lokal. Jargon yang dimilki “Jangan Ngaku Orang Bogor Sebelum Baca RADAR BOGOR” Konsep penjualan juga memakai berlangganan untuk mempertahankan eksistensi surat kabar RADAR BOGOR. Cileungsi dan Citereup dan masih banyak lagi selain di kota lain Karateristik yang dimiliki RADAR BOGOR adalah 80% berita lokal dan 20% berita nasional. Target penjualan di setiap tahunnya tidak terlalu spektakuler. Cibinong. Sentul. pelanggan pasaran koran. Jumlah biro pemasaran ada 40 biro meliputi biro pemasaran di Kabupaten Leuwiliang.TARGET PEMASARAN Target pemasaran Harian Pagi RADAR BOGOR yaitu menaikkan tingkat oplah. . RADAR BOGOR mendapat julukkan dari biro sebagai “Kompasnya Bogor”. Pemerintah pun sudah berlangganan surat kabar RADAR BOGOR. Targetnya Warga Bogor yang kerja di Jakarta. Caranya dengan mengantarkan surat kabar sebelum mereka berangkat kerja ke Jakarta.30 pagi mereka sudah menerima dan membaca RADAR BOGOR.

nyatanya untuk para wisatawan atau masyarakat non Bogor --contohnya orang Jakarta--. contoh kasus lainnya. Masalah isi tulisan atau tata letak koran bisa menjadi kebutuhan nomor empat.Surat Kabar RADAR BOGOR dirasa kurang bergengsi. . Tujuan dibuatnya biro adalah untuk membantu tugas pemasaran pusat dan memaksimalkan penjualan RADAR BOGOR. Namun. Bogor.STRATEGI PEMASARAN RADAR BOGOR membuat biro di beberapa wilayah di Kabupaten Bogor dan sekitarnya. Tetapi setelah dibuatnya biro ternyata dirasa kurang efektif dalam penjualan dan pengetahuan kondisi pasar. Sedangkan redaksi dituntu untuk membuat tulisan serta layout yang baik dan menjual. kawasan ini merupakan kawasan pariwisata yang menjadi potensi penjualan terbesar. kebutuhan membaca mereka kurang. Contoh kasus. kebutuhan nomor satu mereka hanya membeli koran jika diri mereka atau kerabatnya muncul di surat kabar. Di sini salah satu faktornya adalah beda tempat beda kebudayaan atau kebutuhan. seperti di Leuwiliang. di kawasan Puncak.

000 eksemplar menjadi 95. Oplah penjualan bisa naik dua kali lipat dari 56. Justru dengan adanya event-event ini membantu RADAR BOGOR dalam menaikkan oplah penjualan. seperti tulisannya dibuat lebih baik dan menjual.000 eksemplar . Ini menjadi sebuah acuan untuk menaikkan mutu surat kabar RADAR BOGOR.STRATEGI PEMASARAN Redaksi RADAR BOGOR dituntut untuk meningkatkan mutu. Selain itu juga RADAR BOGOR mengadakan event seminar jurnalistik untuk umum atau event-event tertentu seperti pemilihan walikota. seminggu sekali ada talk show dengan beberapa dinas pemerintah Bogor yang disiarkan oleh RRI di lantai 5 gedung Graha Pena. layout yang menarik agar hotelhotel dan tempat penginapan tidak malu atau ragu untuk mendisplay surat kabar RADAR BOGOR.