P. 1
Sejarah Singkat PT

Sejarah Singkat PT

|Views: 1,021|Likes:
Published by Muhammad Sayuti

More info:

Published by: Muhammad Sayuti on May 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/22/2013

pdf

text

original

Sejarah Singkat PT. Sinar Sosro PT.

Sinar Sosro didirikan pada tanggal 17 Juli 1974 yang berpusat di Cakung, Bekasi, Jawa Barat yang dulu dikenal dengan Wilayah Ujung Menteng dan secara bersamaan mendirikan pabrik-pabriknya yang berdiri disetiap provinsi- provinsi di Indonesia. Pada saat didirikan, perusahaan ini diberi nama Sorso adalah penggalan dari nama Sosrodjojo. Sebagai pendiri bisnis Sosro adalah Bapak Sosrodjojo (alm) disebut sebagai Generasi pertama, beliau mengawali usaha Teh Wangi pada tahun 1940 di kota Slawi – Jawa Tengah dengan merek Cap Botol. Setelah Bapak Sosrodjojo meninggal dunia maka PT. Sinar Sosro dilanjutkan

oleh generai kedua, yaitu : 1. Soemarsono Sosrodjojo (alm) 2. Soegiharto Sosrodjojo 3. Soetjipto Sosrodjojo 4. Soejanto Sosrodjojo Keluarga Sosodjojo melakukan promosi terhadap produknya pada tahun1965 dengan produk teh melati cap botol mulai diperkenalkan di Jakarta dengan strategi promosi “CICIP RASA” dengan beberapa tahap, yaitu:

Tahap I: 1. Mendatangi tempat-tempat keramaian 2. Memutar lagu untuk menarik perhatian 3. Membagikan kepada penonton Teh Melati secara cuma-cuma 4. Mendemonstrasikan cara seduh Teh Melati 5. Hasilnya dicicipi langsung oleh penonton

Tahap II: 1. Teh diseduh dahulu di kantor dan dimasukkan ke panci. 2. Produk dibawa dengan kendaraan menuju ke tempat keramaian Tahap III: 1. Teh yang telah diseduh dimasukkan ke dalam botol-botol bekas limun/kecap yang sudah dibersihkan 2. Produk dibawa ke tempat keramaian untuk kegiatan Cicip Rasa. Pada tahap ke pertama mengalami beberapa kendala seperti membutuhkan waktu lama, penonton tidak sabar dan meninggalkan arena demo dan tahap kedua juga mengalami kendala selama perjalanan, air teh dalam panci banyak yang tumpah karena kondisi jalan rusak. Setelah bertahun-tahun melakukan strategi promosi “Cicip Rasa”, pada tahun1969 timbul gagasan untuk menjual teh

Medan (Sumatera Utara) 2. Jakarta (KPW – Jakarta) 2. Palembang (Sumatera Selatan) 10. Palembang (KPW – Sumatera Bagian Selatan & Bangka. Mojokerto (Jawa Timur) Sedangkan untuk Kantor Penjualan Wilayah. Sinar Sosro kini telah memiliki Kantor Pabrik. Pekan Baru (KPW – Sumatera Barat & Kep. teh celup sosro. PT. Riau) 10.siap minum dalam kemasan botol “Ready to Drink Tea” dengan merek Teh Botol. . antara lain : 1. happy jus. fruit tea. Makasar (KPW – Kalimatan & Sulawesi) Dengan adanya Kantor Penjualan Wilayah. Cibitung (Jawa Barat) 9. Bandung (KPW – Jawa Barat Selatan) 4. PT. PT. tebs. Ungaran (Jawa Tengah) 7. Cirebon (KPW – Jawa Barat Utara) 5. Sinar Sosro memiliki 10 (Sepuluh) Kantor Pabrik dan 11 (Sebelas) Kantor Penjualan Wilayah untuk setiap provinsinya. yang berawal dari teh siap minum dalam kemasan botol. Belitung) 11. Denpasar (KPW – Bali & Nusra) 8. Gianyar (Bali) 8. antara lain : 1. Jakarta (Cakung) 4. Sinar Sosro berkembang keseluruh Wilayah Indonesia. sampai produk minuman air mineral yaitu prima. green-t. Baru pada awal tahun 1970 usaha menjual Teh Siap Minum dalam kemasan botol ini dimulai dengan usaha home industri. Pandeglang (Jawa Barat) 3. Tambun (Bekasi) 5. PT Sinar Sosro menggunakan mesin berteknologi canggih dari Jerman dan merupakan pabrik Teh Siap Minum PERTAMA di Indonesia dan PERTAMA di dunia. Surabaya (KPW – Jawa Timur) 7. Medan (KPW – Sumatera Utara & NAD) 9. Sinar Sosro merupakan perusahaan swasta yang bergerak di bidang industri minuman. maka produk-produk PT. Semarang (KPW – Jawa Tengah) 6. Banten (KPW – Banten) 3. freso.

dengan demikian akan terlihat pula adanya pembagian wewenang dan tanggung jawab yang jelas serta pembagian tugas masing-masing bagian atau karyawan yang berhubungan dengan usaha . Tanpa Pemanis buatan ( Produk yang bersih dan berkualitas maka aman untuk dikonsumsi) Untuk menghadapi era globalisasi Sosro sudah siap berekspansi ke pasar internasional. Meningkatkan kualitas produk yang akan di jual kepada konsumen. Mendorong partisipasi dunia usaha maupun partisipasi masyarakat dalam produksi. Sturuktur Organisasi Pembagian wewenang dan tanggung jawab di dalam suatu kelompok usaha ditunjukan oleh sebuah struktur organisasi. Misi Instansi 1. Filosofi tersebut adalah “NIAT BAIK” Niat Baik ini mempunyai arti bahwa setiap produk yang dihasilkan adalah produk yang “Tidak Membahayakan Kesehatan” dan proses produksinya “Ramah Lingkungan”. Tanpa Bahan Pengawet 3. Tidak membahayakan kesehatan dapat dijabarkan kembali bahwa produk Sosro : 1. Visi dan Misi Instansi Visi Instansi Kita tidak akan pernah mampu membangun sebuah kastil di mana pun juga. Meningkatkan kinerja dan profesionalisme mitra kerja yang didukung dengan perencanaan dan pengawasan yang konsisten. karena produk-produknya memenuhi kualitas internasional. keluarga Sosro memiliki satu filosofi yang mulia dan selalu diterapkan pada setiap aktivitas bisnisnya. apabila kita tidak mampu membangunnya dalam pikiran kita. Struktur organisasi yang baik dan jelas dalam suatu perusahaan akan menggambarkan suatu sistem dan mekanisme kerja yang jelas dan baik. Australia dan Wilayah Timur Tengah sebagai tujuan ekspor produk sosro. Tanpa Zat Pewarna 2. 3.Sejak generasi pertama. Dan dengan mempersiapkan jaringan internasional seperti negara-negara ASEAN. 2.

mengatur kelancaran kegiatan ketenagakerjaan. Sinar Sosro Pabrik Palembang Unit-unit Kerja Sebagai perusahaan yang menjunjung tinggi rasa tanggung jawab dan sebagai wujud dari keinginan untuk mencapai tujuan sebagai perusahaan besar maka PT. Sinar Sosro Pabrik Palembang berikut ini. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat struktur organisasi PT. General Manager (GM) 5. PT. . Adapun tugas dari setiap unit kerja ini berdasarkan struktur organisasi yang telah dibuat. Direktur Operasional 2.pencapaian tujuan yang diinginkan perusahaan dapat dicapai. Sumber. Deputy Wakil Direktur Operasional 4. yaitu sebagai berikut : 1. hubungan industrial serta menyelesaikan masalah yang timbul. Wakil Direktur Operasional 3. Departemen Personal General Affair (PGA) Departemen ini adalah bagian yang mengelola kegiatan Kepersonalia dan General Affair. Sinar Sosro Pabrik Palembang membagi tugas pada setiap unit-unit kerja yang ada sesuai dengan jabatannya masing-masing dengan tujuan agar mencapai kerja sama yang baik antar unit-unit kerja.

kelengkapan perusahaan.Departemen Quality Control (QC) Departement ini adalah bagian yang memastikan bahwa pelaksanaan operasi produksi senantiasa memenuhi spesifikasi dan standar mutu yang telah ditentukan dalam unit yang dibawahi atau tanggung jawabnya dan bertanggung jawab atas teknik dan kegiatan operasional yang digunakan untuk memenuhi persyaratan mutu. mengelola dana. operasionalisasi Perusahaan secara menyeluruh yang tujuannya adalah menunjang Petugas Pembelian Petugas Pembelian adalah bagian yang melakukan pembelian barang. Muat PB/PI dan pencatatan Administrasi Surat Jalannya. pelaporan keuangan. Sekretaris Sekretaris adalah bagian yang mendukung kelancaran pelaksanaan semua tugas yang menjadi tanggung jawab General Manager termasuk memelihara hubungan / komunikasi baik internal maupun eksternal dan bertanggung jawab atas kerahasiaan data perusahaan yang ada didepartemennya. Gudang PB/PI Gudang PB/PI adalah bagian gudang yang mengurusi semua keluar masuk barang Peti Botol dan Peti Isi (PB/PI) mulai dari Bongkar PB/PI. pemeliharaan / perawatan mesin secara efektif dan efisien serta kelancaran suplai air dan listrik guna tercapainya target produksi yang ditetapkan. Departement Accounting dan Finance Departement ini adalah bagian yang Mengkoordinasikan dan melaksanakan seluruh kegiatan Keuangan. Departemen Produksi dan Maintenance Departement ini adalah bagian yang memastikan pelaksanaan operasional produksi. surat menyurat baik internal maupun eksternal.barang yang berhubungan untuk keperluan. .

Sinar Sosro. Sinar Sosro Palembang : Gambar.. Sinar Sosro Palembang. Berikut ini adalah diagram konteks Produksi Teh Sosro oleh PT. Diagram konteks dibuat untuk menggambarkan sumber serta tujuan data yang akan di proses atau dengan kata lain diagram konteks digunakan untuk menggambarkan sistem secara umum dari keseluruhan sistem yang ada. Blockchart Sistem Pengolahan Data Stock Produk Teh Sosro Pada PT. Sinar Sosro .Sistem yang sedang berjalan Diagram Konteks Sistem Pengolahan Data Stock Produk Teh Sosro Pada PT. Diagram Konteks Sistem Pengolahan Data Stock Produk Teh Sosro Pada PT.

Gambar Blockchart Sistem Pengolahan Data Stock Produk Teh Sosro Pada PT. Sinar Sosro .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->