LAPORAN PENDAHULUAN KEPERAWATAN KELUARGA PERTEMUAN VI : SABTU, 31 DESEMBER 2011

I. Pengkajian Pada pertemuan V, Kamis 29 Desember 2011 perawat telah menjelaskan pada keluarga Bapak I khususnya ibu M mengenai obat tradisional untuk gastritis dan mengenai teknik relaksasi nafas dalam untuk mengurangi nyeri pada penderita gastritis. Keluarga Bapak I mengatakan salah satu jenis obat tradisional untuk penderita gastritis adalah kunyit. Keluarga mampu mendemonstrasikan cara membuat obat tradisional penyakit gastritis. Keluarga bapak I juga mengatakan relaksasi napas dalam adalah menghirup udara melalui hidung dan mengeluarkannya melalui mulut secara perlahanlahan, tujuannya yaitu untuk menghilangkan atau mengurangi nyeri dan keluarga mampu mendemonstrasikan teknik relaksasi nafas dalam secara benar. Sesuai dengan hasil evaluasi, maka pada pertemuan yang ke enam ini perawat akan melanjutkan intervensi untuk mencegah kambuhnya gastritis yaitu memodifikasi lingkungan yang sesuai untuk penderita gastritis dan

menjelaskan fasilitas kesehatan yang dapat dikunjungi serta mengoptimalkan kembali TUK I,II,III.

II. Rencana Keperawatan a. Diagnosa Keperawatan .

Gangguan rasa nyaman (nyeri) pada keluarga Bapak I terutama ibu M berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga merawat anggota keluarga dengan gastritis. b. Tujuan Umum Setelah dilakukan 3 kali kunjungan nyeri pada keluarga Bapak I terutama Ibu M dapat teratasi.

diskusi dan tanya jawab : leaflet : Sabtu/ 31 Desember 2011 : 45 menit . Kriteria Evaluasi 1. 3. IV. Menyebutkan lingkungan yang sesuai untuk penderita gastritis 2. Kriteria Struktur  Tersedianya tempat pertemuan. Topik : Penkes memodifikasi lingkungan pada penderita gastritis dan manfaat kunjungan fasilitas kesehatan. Metode 3. d.  Keluarga berpartisipasi dan memberikan tanggapan. 2. Menyebutkan fasilitas kesehatan yang dapat dikunjungi.  Keluarga dapat menyebutkan fasilitas kesehatan yang dapat dikunjungi.c. Tujuan Khusus Setelah 1 x 45 menit keluarga Bapak I khususnya Ibu M mampu 1. Hari 5. Kriteria Hasil  Keluarga dapat menyebutkan lingkungan yang sesuai untuk penderita gastritis. 2. Media 4.  Tersedianya media selama interaksi. Kriteria Proses  Keluarga mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Waktu : Ceramah. Rancangan Kegiatan 1.  Adanya kontrak waktu selama 45 menit.

45 Fase Terminasi    Membuat kesimpulan hasil pertemuan. Membuat kontrak waktu dan topik pertemuan selanjutnya. 15. 15. Strategi Pelaksanaan No 1. Alokasi Waktu 15. Memberi pujian atas kemampuan keluarga menyebutkan didiskusikan.05 – 15. Memberi pujian atas pertanyaan yang diajukan keluarga.V. Meminta keluarga untuk menyebutkan kembali materi yang telah disampaikan.05 Fase Orientasi    2.35 – 15. kembali materi yang telah pada keluarga untuk .35       Mengucapkan salam Memvalidasi perasaan dan keadaan keluarga Membuat kontrak waktu dan topik Kegiatan Fase Kerja Mendiskusikan dengan keluarga tentang lingkungan yang sesuai pada penderita gastritis.00 – 15. Menjelaskan fasilitas kesehatan yang dapat dikunjungi Memberi kesempatan bertanya. 3. Mengucapkan salam.