P. 1
DILUENT

DILUENT

|Views: 370|Likes:
Published by FRedy Refido

More info:

Published by: FRedy Refido on May 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/31/2015

pdf

text

original

DILUENT Sifat Umum dan Penampilan Fungsi Sifat-sifat Umum Dengan tidak melihat dengan apa mekanisme

pengisi diluent secara fisika dan kimia berfungsi,alat ini harus memenuhi kriteria penampilan dalam bentuk dosis yang terakhir. Seharusnya mereka : -Harus tidak bereaksi dengan bahan obat dan tidak memiliki dampak pad fungsi bahan-bahan eksipien -Harus tidak dicampurkan dengan bahan aktif maupun menyebabkan penghancuran produk -Harus tidak melakukann aktifitas farmasi dan fisiologis -Harus memiliki sifat fisika dan kimia yang stabil dan tetap dan dari kelompok ke kelompok ( tepatnya antara penyedia ) -Harus tidak melakukan pemisahan butiran atau bubuk diman tempat bergabungnya, dan harus bisa digiling agar bisa cocok dengan penyaluran ukuran partikel dari bahan obat yang aktif. -Harus tidak menghasilkan pertumbuhan mikrobiologi dalam bentuk dosis maupun muatan mikrobiologi -Harus tidak berwarna Pengelompokan Diluen Secara kimia, diluen atau pengisi berkadar padat yang modern dikategorikan menjadi dua : 1.Karbohidrat dan eksipien karbohidrat yang dimodifikasi 2.Bahan anorganik ( Istilah Diluen dan Pengisi digunakan untuk hal yang sama dalam artikel ini ) Pada proses pembentukan butiran yang lembab, bahan-bahan karbohidrat seperti gula, zat tepung,selulosa berfungsi sebagai pengikat. Dimana kalau tidak digunakan dalam sistem pengompresan langsung, zat-zat ini merupakan pembawa diluen. Eksipien anorganik, bila digunakan dalam sistem ini juga, bukanlah pengikat dalam istilah biasa yaitu agen pelekat tapi

Selulosa Microcrystalline adalah selulosa yang tidak berserat dimana dinding sel serat tumbuhannya dalam bentuk pecahanpecahan. hanya bentuk fisik yang berubah dari serat ke bentuk partikel. Oleh karena itu mereka berfungsi sebgai pembawa dan oleh karena itu akan lebih banyak diluen. Jika disediakan dengan pengerimg spray. glukosa. tapi penampilannya sebagai pengikat dan pengisi membenarkan harga itu. kurang kemampuan pengenceran Gula dan Gula Alkohol Laktosa Struktur kimia laktosa. Laktosa dapat larut dan mudah dibutirkan dan sering digunakan sebagai eksipien / bahan utama formulasi tablet atau kapsul obat yang daya serap airnya rendah. dapat juga dilihat. Analissis kimia menunjukan polysakarida yang mengandung banyak molekuler yang bergabubg dengan bahan lainnya. Selulosa Bubuk Dalam butiran lembab Keuntungannya : Beberapa derajat kelicinan yang tak dapat dipisahkan untuk memperkecil kekuatan ejeksi ( pengeluaran ). kurang mampu mengompress. tidak mahal Kerugiannya : kurang mengalir. menghasilkan glukosa D dan galaktosa D.tablet yang keras dan menyerap bahan-bahan yang mengandung lemak dan minyak.Diluen yang lemah memiliki fungsi yang tidak menmyatu diasmping sebuah pengikat kering dan cocok dengan kebanyakan bahan eksipien lainnya dan bahan-bahn aktif lainnya. kurang perekat antara partikel.Eksipien anorganik ini menyebabkan bubuk. kadang-kadang disebut laktosa hidro ) atau anhidro ( dapat dilihat pada tabel ). itu sama dengan selulosa alami. disakarida yang mengandung susu yaitu 4-O-B-D galactopyranosyl-Dglucopyranose. dalam hidrolisis. Dalma kondisi ini. Kerugian yang utama adalah harga. Karbohidarat Selulosa Selulosa Mikcocrystalline ( MCC ) adalah material yang secara luas digunakan sebagai pengisi tablet yang mengompress secara langsung. Ini terdiri dari satu molekul ( monoghidrat. Laktosa tidaklah mahal dan palinmg banyak digunakan untuk pengisi kapsul dan tablet. Secara kimia . .secara umum pengompress.

Dektrosa Kristalline yang murni memilki daya pengompresan yang rendah dan sering digunakan dalam bentuk yang dimodifikasi ( lihat dextrates dibawah) dengan kemampuan mengompress dan tingkat cair yang tinggi. Rasa manisnya 40-50 % sukrosa dan ketika dikunyah terasa lembut dimulut.tablet-tablet keras tidak dapat dibentuk dengan diluen ini dalam formulasi pengompressan secara langsung. penulis mengatakan bahwa sukrosa digunakan dalam formulasi komponen yang mampu menyerap air. Sebagai akibatnya. Manitol berwarna putih. bentuk dari glukosa D dan bahan komersial yang tersedia dalam bentuk monohidrat atau bentuk tak mengandung air yang stabil dalm suhu ruang. tablet sering larut dalam pengikisan dari pada penghancuran. Denagn rasa manis 75 % sukrosa. Bagaimanapun.Dalam keadaan mampu menyerap air. Diluen-berbahan dasar sukrosa Sukrosa adalah disakarida dektrosa ( -D-glukosa ) dan levulosa ( B-D-fruktosa ) diperoleh dari rotan tebu atau bit gula dari warna putih menjadi bahan kristaline yang tidak warna yang dapat larut dalam air.Tergabung dalam 2-20 % butiran lembab seperti sirup pekat ( tabel % ). karena kristal tidak mudah dipecah selama pemadatan. bubuk kristal dengan daya serap air -15 g/ 100 ml air. Ini juga menghasilkan sensasi dingin yang ringan di mulut karena memiliki panas negatif dari larutan. tablet-tablet ini menunjukan penghancuran yang tidak bagus maupun penghancuran yang bagus. Mengenai keuntungan harga dextrose secara luas digunakan untuk . laktosa tidak digunakan dalam pengompresan tablet secara langsung tanpa dimodifikasi.Karena laktosa rendah kemampuan mengalirnya dan pengompresannya dalam bentuk umum ( mengandung air. Mendes and Roy ( 43 ) menggambarkan sukrosa sebagai penyedia sebagian besar rasa manis dalam tablet. dektrosa sama seperti manitol dan sorbitol digunakan sebagai diluent pengompress secara langsung untuk tablet yang dapat dikunyah. sebelum pengikatan. Bahkan dengan menggunakan partikel kecil yang berbentuk pecahan yang tidak mencukupi pentabletan yang memiliki kemampuan mengalir. berbenruk kristal). Diluen-berbahan dasar dektrosa Dektrosa adalah anomerik B. Tanpa proses ini. Ketika digunakan cara ini. Manitol Manitol secara alami terjadi ketika gula alkohol dihasilkan melalui pereduksian glukosa dengan listrik atau melalui hidrogenasi katalitik. secara normal perasa mulut sedikit ketika tabletnya keras.

digantikan oleh eksipien/ bahan-bahan pengompressan secara langsung yang lebih baru yang dibahas sekarang ini. Bagaimanapun.laktosa kering. Berkaitan dengan pengisi yang berdosis bahan padat yang tidak penting. . sekarang penggunaan praktis sebuah tablet dan kapsul diluen dibatasi. Duvallet al ( 56 ) membandingkan penampilan dektrosa berkualitas makanan ( berbentuk mengandung air ) dengan laktosa kering semburan dalam pengompresan tablet secara langsung. Mereka mempelajari tablet yang terbuat dengan dektrosa yang mengandung air dan dengan kombinasi dextrose yang mengandung air dengan diluen lain termasuk dextrose tak mengandung air. Sodium Klorida Sodium Klorida dapat secara langsung dikompress.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->