DESKRIPSI PROGRAM PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BIDANG STUDI KEAHLIAN PROGRAM STUDI KEAHLIAN KOMPETENSI KEAHLIAN KODE

KOMPETENSI KEAHLIAN : TEKNOLOGI DAN REKAYASA : TEKNIK OTOMOTIF : TEKNIK KENDARAAN RINGAN : 020

1.

Definisi Teknik kendaraan ringan adalah kompetensi keahlian bidang teknik otomotif yang menekankan keahlian pada bidang penguasaan jasa perbaikan kendaraan ringan. Kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pekerjaan jasa perawatan dan perbaikan di dunia usaha/industri.

2.

Tujuan Tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam: a.Perawatan dan perbaikan motor otomotif b.Perawatan dan perbaikan sistem pemindah tenaga otomotif c. Perawatan dan perbaikan chasis otomotif d. Perawatan dan perbaikan sistem kelistrikan otomotif. e. Perawatan dan perbaikan sistem pengkondisi udara otomotif.

1

3.

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) 1) Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja 2) Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya 3) Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya 4) Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial 5) Menghargai keberagaman agama, bangsa, sosial ekonomi dalam lingkup global 6) Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif 7) Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan 8) Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri 9) Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik 10) Menunjukkan kemampuan kompleks 11) Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial 12) Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab 13) Berpartisipasi Indonesia 14) Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya 15) Mengapresiasi karya seni dan budaya 16) Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik menganalisis dan memecahkan masalah suku, ras, dan golongan

a. Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan (SMK/MAK)

2

Standar Kompetensi Lulusan Kelompok Mata Pelajaran 1) Agama dan Akhlak Mulia −Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja −Menghargai keberagaman agama.17) Menjaga kesehatan dan keamanan diri. ras. serta kebersihan lingkungan 18) Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun 19) Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat 20) Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain 21) Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis 22) Menunjukkan keterampilan menyimak. ketahanan dan kebugaran jasmani dalam kehidupan sesuai dengan tuntunan agama 3 . bangsa. dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris 23) Menguasai kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya. b. membaca. dan budaya dalam tatanan global −Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial −Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat −Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain −Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun melalui berbagai cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi yang mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan −Menjaga kebersihan. menulis. golongan sosial ekonomi. kebugaran jasmani. kesehatan. suku.

perbuatan. dan budaya dalam tatanan global −Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan jawab −Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya −Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun melalui berbagai cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi −Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku. ketahanan. dan pekerjaannya −Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri −Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis −Berkarya secara kreatif. suku. ras. hukum dan perundangan −Menghargai keberagaman agama. baik individual maupun kelompok −Menjaga kesehatan. berbangsa. bangsa. dan kebugaran jasmani −Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk meningkatkan ketaqwaan dan memperkuat kepribadian −Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat −Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain −Menunjukkan apresiasi terhadap karya estetika. dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia −Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial. golongan bertanggung sosial ekonomi.−Memanfaatkan lingkungan sebagai makhluk ciptaan Tuhan secara bertanggung jawab 2) Kewarganegaraan dan Kepribadian −Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat. 4 .

dan Kesehatan 5 bertanggung . membaca. dan inovatif −Menunjukkan kemampuan berpikir logis.3) Ilmu Pengetahuan dan Teknologi −Membangun dan menerapkan informasi. 4) Estetika −Memanfaatkan lingkungan untuk kegiatan apresiasi dan kreasi seni −Menunjukkan apresiasi terhadap karya seni −Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis karya seni −Menghasilkan karya kreatif. kreatif. baik individual maupun kelompok. dan inovatif secara mandiri −Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri −Menunjukkan sikap kompetitif. menulis. Olah Raga. kritis. sportif. dan etos kerja untuk mendapatkan hasil yang terbaik dalam bidang iptek −Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks −Menunjukkan kemampuan menganalisis fenomena alam dan sosial sesuai dengan kekhasan daerah masing-masing −Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan jawab −Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun melalui berbagai cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi −Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis −Menunjukkan keterampilan menyimak. 5) Jasmani. dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris −Menguasai kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya. kreatif. pengetahuan. dan teknologi secara logis. kritis.

proyeksi. pandangan dan potongan Memahami simbol-simbol kelistrikan untuk dapat menginterpretasikan pada pembacaan gambar kelistrikan otomotif (wiring diagram) Mampu menginterpretasikan gambar teknik dan rangkaian (wiring diagram) 6 .Menjelaskan konsep refrigerasi sebagai dasar pemahaman pada 2) - Menggambar Teknik Otomotif Memahami dan dapat mengaplikasaikan standar menggambar teknik Mampu menggambar perspektif. ketahanan. dan kebugaran jasmani −Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik dalam bidang pendidikan jasmani.−Menjaga kesehatan. Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran Produktif 1) - Dasar Mesin Dan Konversi Energi Memahami ilmu statika dan tegangan sebagai dasar dalam aplikasi pekerjaan jasa servis perbaikan otomotif Memahami proses pengecoran Memahami proses pembentukan Memahami proses pemesinan Memahami konsep motor bakar Memahami konsep motor listrik Memahami konsep generator listrik dengan konsep penggerak mula Memahami konsep pompa fluida dengan berbagai aplikasinya sebagai dasar operasional komponen dan unit sistem pada ootomotif. ketahanan. c. olah raga. dan kebugaran jasmani −Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan potensi lokal untuk menunjang kesehatan. dan kesehatan. - Memahami konsep kompresor dan dapat aplikasi pengkondisi udara otomotif .

dan perbaikan kompresor udara dan komponen-komponennya sesuai standar operasional prosedur dan K3 untuk memenuhi tuntutan pekerjaan mekanik otomotif. .Menggunakan alat ukur untuk aplikasi perawatan alat berat . menggunakan alat-alat ukur mekanik. memasang (overhaul ) dan kalibrasi sistem injeksi bahan bakar diesel 7) Perbaikan Casis dan Pemindah Tenaga 7 . .Menguasai kompetensi di bidang pemeliharaan/servis. memasang (overhaul ) dan memperbaiki sistem pendingin dengan komponennya sesuai standar operasional prosedur untuk memenuhi tuntutan dunia kerja. 5) 6) Pengelasan Mampu mengelas sesuai dengan prosedur pengelasan Mampu melakukan prosedur pematrian Mampu melakukan prosedur pemotongan dengan panas Mampu melakukan prosedur pemanasan Perbaikan Motor Otomotif .Menguasai kompetensi di bidang pemeliharaan/servis. alat-alat ukur elektrik/elektronik sesuai standar operasional prosedur untuk memenuhi tuntutan pekerjaan mekanik 4) Hidrolik dan kompresor .Menggunakan Peralatan dan perlengkapan di tempat kerja dan mampu menerapkan prosedur keselamatan serta kesehatan kerja .3) Kerja Bangku .Menguasai kompetensi di bidang pemeliharaan /servis sistem bahan bakar bensin .Menguasai kompetensi di bidang pemeliharaan/servis.Menguasai kompetensi di bidang pemeliharaan/servis. alat-alat ukur pneumatik.Menguasai kompetensi di bidang pemeliharaan/servis. membongkar. dan perbaikan sistem hidraulik sesuai standar operasional prosedur dan K3 untuk memenuhi tuntutan pekerjaan mekanik otomotif. membongkar.

sistem.Mampu memperbaiki kerusakan ringan pada rangkaian/ sistem kelistrikan.Menguasai kompetensi di bidang pemeliharaan/servis. memasang (overhaul ) dan memperbaiki unit kopling dan komponenkomponen sistem pengoperasian sesuai standar operasional prosedur untuk memenuhi tuntutan dunia kerja. memasang Memperbaiki poros penggerak roda.Menguasai kompetensi pememilharaan transmisi baik manual maupun otomatis. membongkar. membongkar. 8) Kelistrikan Otomotif . pengaman dan kelengkapan tambahan sesuai prosedur tanpa merusak sistem kelistrikan lain. . unit final drive/gardan.Menguasai kompetensi pemeliharaan baterai .Mampu melakukan servis/pemeliharaan sistem AC dan komponennya .Menguasai kompetensi sistim starter dan pengisian 9) Sistem Pengkondisi Udara Otomotip (A/C) Memahami prinsip kerja sistem A/C dan komponennya . roda dan ban. . sistem kemudi rem. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar 8 . .Menguasai kompetensi pemeliharaan memperbaiki dan menguji sistem pengapian sesuai spesifikasi manual.. sesuai standar operasional prosedur dengan memperhatikan perisip keselamatan kerja dan kesehatan.Menguasai kompetensi di bidang pemeliharaan/servis. . sistem suspensi sesuai standar operasional prosedur dengan memperhatikan perisip keselamatan kerja dan kesehatan. d.Mampu memeriksa dan mengganti/mengisi refrigerant sesuai prosedur dan spesifikasi pabrik dan faktor keamanan serta kesehatan kerja.

Memahami proses-proses dasar pembentukan logam 2.5 5.1 4.3 3.2 3. Menggunakan peralatan dan perlengkapan di tempat kerja 5.3 9 . DASAR KOMPETENSI KEJURUAN STANDAR KOMPETENSI 1. Menjelaskan proses-proses mesin konversi energi 3. Menggunakan peralatan dan perlengkapan perbaikan Menggunakan fastener 2.3 3.3 KOMPETENSI DASAR Menjelaskan dasar ilmu statika dan tegangan Menerangkan komponen/elemen mesin Menerangkan material dan kemampuan proses Menjelaskan proses pengecoran Menjelaskan proses pembentukan Menjelaskan proses pemesinan Menjelaskan konsep motor bakar Menjelaskan konsep motor listrik Menjelaskan konsep generator listrik Menjelaskan konsep pompa fluida Menjelaskan konsep kompresor Menjelaskan konsep refrigerasi Menjelaskan standar menggambar teknik Menggambar perspektif. pandangan dan potongan Menjelaskan simbol-simbol kelistrikan Membaca wiring diagram Menginterpretasikan gambar teknik dan rangkaian Merawat peralatan dan perlengkapan perbaikan di tempat kerja. proyeksi. Memahami dasar-dasar mesin 1. Menginterpretasikan gambar teknik 4.2 4.4 3.1 5.2 2.4 4.1 1.A.6 4.5 3.1 2.2 5.1 3.3 4.2 1.

2 Melaksanakan prosedur K3 7. KOMPETENSI DASAR 6.2 6.STANDAR KOMPETENSI 6.6 Melakukan pengangkatan benda kerja secara manual.4 Mengontrol kontaminasi 7. 10 .5 Mendemonstrasikan pemadaman kebakaran 7.5 Mengidentifikasi alat-alat ukur Menggunakan alat-alat ukur mekanik Menggunakan alat-alat ukur pneumatik Menggunakan alat-alat ukur elektrik/elektronik Merawat alat-alat ukur Menggunakan alat-alat ukur (measuring tools) 7.1 Mendeskripsikan keselamatan dan keselamatan. 7.7 Menerapkan pekerjaan sesuai dengan SOP.3 6.4 6. Menerapkan prosedur 7.3 Mengidentifikasi aspek-aspek keamanan kerja 7. kesehatan kerja kesehatan kerja (K3) dan lingkungan tempat kerja 7.1 6.

2 5.2 5.B. KOMPETENSI DASAR Mengidentifikasi sistem hidraulik Memasang sistem hidraulik Menguji sistem hidraulik Memeliharan sistem hidraulik Memelihara kompresor udara dan komponen-komponennya Memperbaiki kompresor udara dan komponen-komponennya Melaksanakan prosedur pengelasan Melaksanakan prosedur pematrian Melaksanakan prosedur pemotongan dengan panas Melaksanakan prosedur pemanasan Memelihara/servis sistem pendingin dan komponennya Memperbaiki sistem pendingin dan komponennya Melakukan overhaul sistem pendingin dan komponennya Memelihara komponen sistem bahan bakar bensin Memperbaiki komponen sistem bahan bakar bensin Memelihara/servis sistem dan komponen injeksi bahan bakar diesel Memperbaiki komponen injeksi bahan bakar diesel Mengkalibrasi pompa injeksi Melaksanakan prosedur pengelasan. Memelihara/servis sistem bahan bakar bensin 4. Melakukan overhaul sistem pendingin dan komponen– komponennya 3. Memperbaiki sistem injeksi bahan bakar diesel 5. pematrian.1 3. KOMPETENSI KEJURUAN STANDAR KOMPETENSI 1.4 3.1 2.5 1.4 1. Memperbaiki sistem hidrolik dan kompresor udara 1. pemotongan dengan panas dan pemanasan 2.6 2.1 4.1 1.2 3.2 2.2 1.3 11 .1 5.3 1.3 2.3 4.

4 Mengidentifikasi komponen-komponen engine Memelihara/servis engine dan komponenkomponennya (engine tune up) Melaksanaan pemeliharaan/servis komponen Menggunakan pelumas/cairan pembersih Memelihara/servis unit kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasian Memperbaiki sistem kopling dan komponennya Mengoverhaul sistem kopling dan komponennya Mengidentifikasi transmisi manual dan komponen-komponennya Mengidentifikasi transmisi otomatis dan komponen-komponennya Memelihara transmisi manual dan komponen-komponennya Memelihara transmisi otomatis dan komponen-komponennya Mengidentifikasi unit final drive.1 Memelihara/servis poros penggerak roda/drive shaft dan komponenkomponennya 10. Memelihara unit final drive/gardan 9.3 8.2 Memperbaiki poros penggerak roda/drive shaft dan komponen-komponennya 12 .1 9. belakang dan Four Wheel drive Memelihara unit final drive penggerak roda depan Memelihara unit final drive penggerak roda belakang Memelihara unit final drive penggerak empat roda Memeliharaan/servis engine dan komponen-komponennya 7.2 9.3 6.3 9.4 9. Memperbaiki unit kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasian 7.2 6.1 7.2 8.3 8.1 6. Memelihara transmisi 8. KOMPETENSI DASAR 6. Memperbaiki poros penggerak roda 10.2 7.STANDAR KOMPETENSI 6.1 8. penggerak roda depan.4 10.

Memperbaiki sistem rem 12.3 Memperbaiki berbagai jenis sistem kemudi 14.3 Melakukan overhaul sistem rem 13.2 Memeriksa kondisi sistem/komponen kemudi 13. Memelihara baterai 15.1 Memelihara sistem rem dan komponennya 12.5 Memasang ulang ban 11.6 Membalans roda dan ban 12.3 Memasang ulang roda 11.STANDAR KOMPETENSI 11. Memperbaiki sistem kemudi 13.2 Memperbaiki baterai 15.1 Mengidentifikasi konstrusksi roda dan ban serta sistem pemasangan 11.1 Menguji baterai 15.3 Memperbaiki sistem suspensi dan komponen-komponennya 15.2 Memeriksa roda 11.4 Menjumper baterai 13 .2 Merawat sistem suspensi dan komponenkomponennya 14. Memperbaiki roda dan ban KOMPETENSI DASAR 11. Memperbaiki sistem suspensi 14.1 Memeriksa sistem suspensi dan komponen-komponenya 14.2 Memperbaiki sistem rem dan komponennya 12.4 Memeriksa ban 11.3 Merawat baterai 15.1 Mengidentifikasi berbagai jenis sistem kemudi 13.

1 Mengidentifikasi sistem AC dan komponennya 19.2 Memperbaiki sistem pengapian dan komponennya 18.3 Memperbaiki sistem starter dan komponen-komponennya 18.2 Mengidentifikasi sistem pengisian 18.7 Memasang perlengkapan kelistrikan tambahan 17.3 Memperbaiki sistem pengaman kelistrikan dan komponennya 16.1 ringan pada rangkaian/ sistem kelistrikan.4 Memperbaiki sistem pengisian dan komponen-komponennya dan pengisian 19.5 Menguji sistem kelistrikan dan penerangan 16.1 Mengidentifikasi sistem pengapian dan komponennya 17. Memperbaiki sistim starter 18.4 Memasang sistem penerangan dan wiring kelistrikan 16.1 Mengidentifikasi sistem starter 18. Memelihara/servis sistem AC (Air Conditioner) 19. Memperbaiki kerusakan KOMPETENSI DASAR Mengidentifikasi kesalahan sistem/komponen kelistrikan dan pengaman Memasang sistem pengaman kelistrikan 16. pengaman dan kelengkapan tambahan 16.6 Memperbaiki wiring kelistrikan dan penerangan 16. Memperbaiki sistem pengapian 17.2 16.STANDAR KOMPETENSI 16.2 Melakukan servis sistem AC dan komponennya 14 .

Memperbaiki roda dan ban 12. Memperbaiki sistem rem 15 . Memelihara transmisi 9. kesehatan kerja dan lingkungan tempat kerja 2 3 Menggambar Teknik Otomotif Kerja Bangku B. Memeliharaan/servis engine dan komponenkomponen-nya 6 Perbaikan Motor Otomotif 7 Perbaikan Casis dan Pemindah Tenaga 7. Memperbaiki sistem injeksi bahan bakar diesel 6. Memperbaiki sistem hidrolik dan kompresor udara 2.Memahami dasar-dasar mesin 2. pemotongan dengan panas dan pemanasan 3.Menggunakan alat-alat ukur (measuring tools) 7. Melaksanakan prosedur pengelasan.4.Menerapkan prosedur keselamatan.Memahami proses-proses dasar pembentukan Logam 3. DASAR KOMPETENSI KEJURUAN No. 1 Mata pelajaran Dasar Mesin Dan Konversi Energi Standar Kompetensi 1. Deskripsi Mata Pelajaran (Produktif) A.Menjelaskan proses-proses mesin konversi energi 4.Menggunakan peralatan dan perlengkapan di tempat kerja 6. Memperbaiki poros penggerak roda 11. KOMPETENSI KEJURUAN 4 5 Hidrolik dan kompresor Pengelasan 1. Memelihara unit final drive/gardan 10. pematrian. Memperbaiki unit kopling dan komponenkomponen sistem pengoperasian 8. Melakukan overhaul sistem pendingin dan komponen– komponennya 4.Menginterpretasikan gambar teknik 5. Memelihara/servis sistem bahan bakar bensin 5.

Memelihara baterai 16. pengaman dan kelengkapan tambahan 18. Memperbaiki sistim starter dan pengisian 9 Sistem Pengkondisi Udara 19. Memperbaiki kerusakan ringan pada rangkaian/ sistem kelistrikan. Memperbaiki sistem suspensi 8 Kelistrikan Otomotif 15.13. Memperbaiki sistem pengapian 17. Memelihara/servis sistem AC (Air Conditioner) Otomotip (A/C) 16 . Memperbaiki sistem kemudi 14.

1 3.2.5.1.3 2.8 3.7 2.2 2.2.4 2.2.6 2.1 Energi 3.1.2. Olahraga dan Kesehatan Seni Budaya 192 192 192 192 128 DURASI WAKTU (JAM) Kelistrikan Otomotif Sistem Pengkondisi Udara Otomotip (A/C) 17 .1 3.1 2.6 Kerja Bangku Kompetensi Kejuruan Hidrolik dan kompresor Pengelasan Perbaikan Motor Otomotif Perbaikan Pemindah Tenaga Casis dan 48 72 232 408 232 52 Menggambar Teknik Produktif Dasar Kompetensi Kejuruan Dasar Mesin Dan Konversi 114 114 114 Adaptif Bahasa Inggris Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Fisika Kimia Ilmu Pengetahuan Sosial KKPI Kewirausahaan 440 516 192 276 192 128 202 192 Normatif Pendidikan Agama Pendidikan Kewarganegaraan Bahasa Indonesia Pendidikan Jasmani. 2.3 3.2 2. Struktur Kurikulum KOMPONEN A.3 2.2 3.3 3.1 2.1. 2.4 3. Mata Pelajaran 1.2.2 Otomotif 3.2. 3.5 3.2 3.5 2.4 2.5 2.

Pengembangan Diri Jumlah 192 192 4612 18 . Muatan Lokal C.B.

0 9 2 K 1 0 0 .K .0 8 2 K 0 0 0 .0 6 2 K 0 0 0 .0 5 2 K 1 0 0 .0 4 2 K 0 0 0 .K .K .0 6 2 K 1 0 0 .K .K .0 4 2 K 0 0 0 .K .K .0 6 2 K 0 0 0 .D K .0 7 2 K 1 0 0 .0 5 2 K 0 0 0 .K .0 8 2 K 1 0 0 .K .D K .K .K .0 2 2 K 1 0 0 .K .0 7 2 K 0 0 0 .0 3 2 K 1 0 0 .D K .0 0 2 K 1 0 0 .K .K .D K .K .K .0 2 2 K 0 0 0 .0 3 2 K 0 0 0 .0 5 2 K 0 0 0 .D K .0 4 2 K 1 0 0 .K .D K . Diagram Pencapaian Kompetensi Diagram ini menunjukan tahapan atau tata urutan kompetensi yang diajarkan dan dilatihkan kepada peserta didik dalam kurun waktu yang dibutuhkan serta kemungkinan multi exit-multi entry yang dapat diterapkan 0 0 .K .D K .6.K .0 1 2 K 0 0 0 .0 1 2 K 0 0 0 .0 3 2 K 0 1 .0 2 2 K 0 0 0 .0 7 2 K 0 0 0 .0 9 2 K 0 0 0 .0 1 2 K 1 0 0 .

 Sistem gaya 2 dimensi: . meliputi kualifikasi. Tegangan normal. Diagram benda bebas.  Konsep gaya. Materi Pokok Pembelajaran A. Dalam melaksanakan pekerjaan yang bersangkutan memiliki kemampuan untuk perawatan dan perbaikan yang berkaitan dengan Kendaraan Ringan. Konsep tegangan. • Dapat diberi tanggungjawab terhadap hasil kerja orang lain.7. Ruang Lingkup Pekerjaan Deskripsi Cakupan Pekerjaan : Pekerjaan yang dapat ditangani / dilakukan oleh tamatan pendidikan dan pelatihan ini mencakup pekerjaan perawatan dan perbaikan kendaraan ringan meliputi Engine /Motor. 1 Mata pelajaran Dasar mesin dan Pembentukan Logam 1. Standar Kompetensi Memahami dasar mesin dasarMateri Pokok  Pengantar ilmu mekanika.  Besaran skalar dan besaran vektor. Kondisi keseimbangan. Pemindah Tenaga. Sifat teknis material logam. forging.  2. Tegangan geser. • Bertanggungjawab secara memadai terhadap kuantitas dan mutu hasil kerja.Momen dan kopel  Gaya resultante       Isolasi sistem mekanika.  Hukum Newton. • Terhadap kegiatan sesuai arahan dengan otonomi terbatas. Kemampuan proses Proses pembuatan cetakan pasir Macam-macam material yang dapat dikerjakan dengan cetakan pasir Langkah-langkah pengecoran dengan cetakan pasir Berbagai teknik pengecoran khusus Material yang diperlukan cetakan khusus. pembuatan pipa. Kemampuan proses Sifat teknis material bukan logam.  Perlakuan panas pada logam ferro Proses pembentukan panas seperti: rolling.  Sistem satuan. ekstrusi. DASAR KOMPETENSI KEJURUAN No.Komponen gaya 2 dimensi . Casis. Kelistrikan dan Control Elektronik Otomotif Diskripsi Jabatan : Dalam melaksanakan pekerjaan untuk Teknisi Kenderaan ringan yang bersangkutan mampu bekerja sendiri atau bekerja dalam kelompok kerja dibawah koordinasi orang lain. Kemampuan proses Sifat teknis material bukan logam. • Dibawah pengawasan tidak langsung dan pemeriksaan mutu. Memahami prosesproses dasar pembentukan logam             1 . 8.

 Efisiensi. pengguntingan. ekstrusi dan penumbukan peluru 2 Konversi Energi 3. 3 Menggambar Teknik Otomotif 4.  Simbol-simbol. pelengkungan.  Siklus kerja motor bensin 2 langkah dan 4 langkah.  Pemahaman prosedur dan kebijakan tentang gambar teknik di industri. kondensasi.  Prosedur Pemeriksaan/servis keausan dan kerusakan peralatan bengkel otomotip. uap dan gas).  Fungsi setiap bagiannya. kode-kode dan penampilan diagram/ gambar.  Efisiensi mesin konversi energi  Fungsi dan klasifikasi pompa  Jenis-jenis pompa  Kerugian dan efisiensi pompa. Menggunakan peralatan dan perlengkapan di tempat kerja Prosedur penggunaan per-alatan dan perlengkapan Bengkel Otomotip  Pengunaan peralatan dan perlengkapanbengkel Otomotip  Prosedur pemeliharaan peralatan danperlengkapan Bengkel otomotip. Teknik penanganan secara manual yang • 2 .  Perhitungan daya pompa  Fungsi dan klasifikasi kompresor  Jenis-jenis kompresor  Kerugian dan efisiensi pada kompresor  Perhitungan daya kompresor  Mesin refrijerasi.  Efisiensi.  Prosedur Pemeliharaan peralatan dan perlengkapan perlengkapan Bengkel otomoti. penarikan dan pemutaran panas.  Diagram siklus kerja motor 2 langkah dan 4 langkah.   Pengklasifkasian peralatan dan perlengkapan bengkel otomotif sesuai manual  Rrosedur pemeliharaan/servis peralatan Bengkel Otomatipdan. penekanan.  Konstruksi dan instalasi turbin uap. ekspansi dan evaporasi  Mekanisme torak engkol.  Prinsip kerja mesin refrijerasi.pembuatan tabung.  Konstruksi dan instalasi turbin gas.  Proses pembentukan dingin seperti : Penarikan.  Konversi energi pada pompa. Menjelaskan prosesproses mesin konversi energi  Hukum kekekalan massa dan energi  Perhitungan kekekalan energi dan massa. motor bakar torak dan sistem refrigerasi.  Siklus pendingin kompresi. perlengkapan bengkel otomotip  Prosedur perawatan/servis perlengkapan bengkel otomotif. proses pembentukan berenergi tinggi. Menginterpretasikan gambar teknik 4 Kerja Bangku 5.  komponen utama mesin pendingin. kompresor. turbin (air. hobb.  Prosedur Perbaiakan/mengantian peralatan.  Pemahaman informasi gambar teknik  Pembacaan gambar teknik.

benar dan aman.  Jenis cairan hidraulik dan penggunaannya  Prosedur pengukuran dan pengujian Desain dan sketsa diagram sirkulasi sistem hidraulik  Prosedur pengukuran dan pengujian  Prinsip-prinsip kerja kompresor udara  Konstruksi dan kerja kompresor udara yang sesuai dengan penggu-naannya  Prosedur pemeliharaan/ servis. perbaikan dan pengujian  7 Pengelasan 2. Melaksanakan prosedur pengelasan. Menerapkan prosedur keselamatan.Asitilen )  Penggunaan peralatan dan perlengkapan yang sesuai  Prosedur pematrian  Penggunaan peralatan dan perlengkapan. bahan dan perlengkapan kebersihan  Pemeliharan alat-alat kebersihan dan perlengkapannya  Prosedur dan metode kebersihan • Jenis-jenis alat pemadam kebakaran • Penempatan alat pemadam kebakaran • Prosedur pengopersian alat pemadam kebakaran  Prosedur pelindungan mesin  Prosedur alarm/peringatan  Prosedur penanganan gawat darurat  Pelayanan gawat darurat yang professional  Undang-undang K3 3 .  Penggunaan pakaian pengaman   Teknik pengangkatan/ pemindahan secara manual. Menggunakan alat-alat ukur (measuring tools)  Jenis . KOMPETENSI KEJURUAN 6 Hidrolik kompresor dan 1. dan fungsi alat ukur mekanik. kesehatan kerja dan lingkungan tempat kerja  5 Pengukuran (measurement) 7.  Perawatan alat ukur mekanik B. pemotongan dengan panas dan pemanasan  Prosedur pengelasan (Oxy. Undangundang K3 Pengenalan bahaya pada area kerja dan tindakan pengontrolan yang tepat. 6.  Pengukuran berbagai jenis dimensi dengan alat ukur mekanik  Teknik perawatan Alat Ukur.  Prosedur pemotongan dengan panas  Penggunaan peralatan dan perlengkapan Prosedur pemanasan  Penggunaan peralatan pemanas  Pemilihan alat-alat. pematrian. Memperbaiki sistem hidrolik dan kompresor udara  Prinsip kerja sistem/komponen hydraulik. • Teknik pemindahan dan pengangkatan material sesuai dengan standar tempat kerja.  Prinsip –prinsip operiasi sistem hydraulik.

peraturan dan prosedur/ kebijakan perusahaan.  Pererbaikan komponen-komponen sistem pendinginan    Peralatan dan alat penguji overhaul sistem pendinginan Prosedur overhaul komponen sistem pendinginan Data spesifikasi pabrik 4. 9 Perbaikan Casis dan Pemindah Tenaga 7. memeriksa . Melakukan overhaul sistem pendingin dan komponen– komponennya        Prosedur keamanan tempat kerja  Prosedur P3K dan CardioPulmonary-Resusciation ( CPR ) Prinsip kerja sistem pen-dinginan mesin.  Data spesifikasi pabrik    Langkah kerja pemeliharaan/servis unit kopling berdasarkan SOP. Memperbaiki sistem injeksi bahan bakar diesel  Prinsip kerja sistem bahan bakar bensin  Komponen/sistem bahan bakar bensin yang perlu dipelihara/diservis. Prosedur melepas dan me-masang sistem pendingin dan komponennya. Memeliharaan/servis engine dan komponenkomponen-nya  Prinsip kerja engine.  Konstruksidan dan cara kerja komponenkomponen sistem injeksi bahan bakar diesel  Prosedur pemeliharaan/ servis sistem dan komponen injeksi bahan bakar diesel yang sesuai dengan SOP.  Jenis.memperbaiki dan memasang komponen  4 . K3.  Data-data spesifikasi pabrik. 6..8 Perbaikan Otomotif Motor 3.  Data spesifikasi pabrik. Data spesifikasi pabrik Prosedur pemeliharaan /servis sistem pendingin dan komponennya. K3. Jenis dan konstruksi sistem pendinginan Bagian-bagian sistem pendingin dan komponennya yang perlu dipelihara/ diservis.  Melepas dan me-masang sistem pendingin dan komponennya  Standar prosedur kesela-matan kerja dalam perbaikan sistem pendingan  Prosedur pemeriksaan komponenkomponen sistem pendinginan dalam menentukan kerusakan/gangguan  Indentifikasi kerusakan dan penggantian/ perbaikan komponen yang rusak. fungsi dan prinsip kerja sistem injeksi bahan bakar diesel.  Prosedur perbaikan komponen – komponen sistem pendinginan.  Komponen-komponen engine yang perlu diperiksa/diservis. Memperbaiki unit kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasian Prosedur pemeriksaan kinerja unit kopling untuk Identifikasi kerusakan  Prosedur melepas. UU dan prosedur/ kebijakan perusahaan. Memelihara/servis sistem bahan bakar bensin 5.  Langkah kerja pemeli-haraan/servis engine Prinsip kerja kopling Unit kopling dan komponenkomponen sistem pengope-rasian yang perlu dipelihara/ di servis.

 Prosedur pemeriksaan sistem kemudi tanpa menyebabkan kerusakan. jenis dan kontruksi sistem rem. 13.  Data spesifikasi pabrik  Langkah kerja perakitan dan pemasangan berbagai jenis sistem rem dan komponennya sesuai SOP.  Peraturan kelaikan jalan berhubungan pada ban dan pelek. Memperbaiki sistem rem  Prinsip kerja.  Identifikasi kerusakan dan metoda perbaik-an. peraturan dan pro-sedur/kebijakan perusahaan. K3. Memperbaiki sistem kemudi  Kontruksi dan Prinsip kerja mekanis dan sistem power steering.   Tipe ban dalam dan ban luar beserta konstruksinya. 5 . sebagian atau tidak dapat diperbaiki).  Pengukuran dan spesifikasi toleransi. peraturan dan prosedur/ kebijakan perusahaan.  Prosedur pemeriksaan ban untuk menentukan kemampuan perbaikan (keseluruh-an.  Prinsip kerja poros peng-gerak roda 9. kontruksi dan prinsip kerja transmisi manual .  Prosedur pemeliharaan/servis bagian-bagian transmisi manual  Pembacaan data spesifikasi pabrik.  Peralatan tangan dan khusus overhaul kopling  Prosedur overhaul kopling dan perlengkapannya  Spesifikasi pabrik 8. Memperbaiki roda dan ban 12. dan penggantian ban. unit kopling dan sistem pengoperasiannya Penyetelan kopling. Memelihara unit final drive/gardan   Komponen poros penggerak roda/drive shaft yang perlu diperbaiki/ diganti  Data spesifikasi pabrik Langkah kerja pemelihara-an/servis poros penggerak roda/ drive shift dan komponennya sesuai 10. Memperbaiki poros penggerak roda Konstruksi dan prinsip kerja poros penggerak.  Pemeliharaan/ servis transmisi manual berdasarkan SOP.  Jenis dan tujuan pemeliharaan. K3.  Prosedur pembong-karan. Memelihara transmisi  Jenis.  Prosedur perakitan dan pemasangan berbagai jenis sistem rem komponenkomponennya.  Teknik pemeliharaan berbagai jenis rem. perbaikan.  Prosedur pemeriksaan dan ban dalam dan ban luar jenis biasa dan tubeles  Prosedur perbaikan ban dalam dan ban luar 11.

 Prosedur pengukuran dan pengujian kelistrikan.       Prosedur pengukuran dan pengujian kelistrikan.  Prosedur pengujian. 10 Kelistrikan Otomotif 15. Konstruksi dan prinsip kerja sistem suspensi. 14.  Jenis dan konstruksi baterai. • Peralatan dan perlengkapan pelepasan dan penggantian baterai.  Pengetahuan tentang pe-nanganan air aki dan cairan asam berdasarkan peraturan pemerintah tentang hal ter-sebut.     Jenis dan konstruksi kabel jamper Rangkaian seri dan paralel Pemasangan/penyambungan kabel jamper Prosedur pemasangan rangkaian baterai pada bantuan start.  Jenis kerusakan sistem kelistrikan dan metoda perbaikannya.  Analisa kerusakan komponen sistem peng-apian  Prosedur perbaikan sistem pengapian. Memelihara baterai  Pemasangan rangkaian baterai pada bantuan start. pengaman dan kelengkapan tambahan  Prinsip kerja dan konstruksi sistem kelistrikan otomotif.  Prosedur pemeliharaan/ servis baterai  Prosedur pengoperasian alat dan perlengkapan perawatan/servis dan pengisian baterair  Prosedur pengisian baterai / Bateray Charging. Wiring diagram sistem penerangan otomotif Prinsip kerja sistem penerangan Konstruksi dan komponen sistem penerangan dan wiring kelistrikan. Memperbaiki kerusakan ringan pada rangkaian/ sistem kelistrikan. pengujian dan menentu-kan kondisi sistem/ komponen suspensi. 16.  Fungsi dan prinsip kerja baterai. Metode pemeriksaaan sesuai dengan spesifikasi pabrik.   Standar prosedur keselamatan kerja.  Perawatan/servis Baterai  Pengisian baterai. Memperbaiki sistem suspensi  Jenis. Jenis kerusakan sistem kelistrikan dan metoda perbaikannya. Memperbaiki sistem pengapian Konstruksi dan prinsip kerja sistem pengapian.  Peralatan dan perlengkapan pengujian baterai. 6 .  pemeriksaan. baterai. Prosedur pemasangan sistem penerangan dan wiring kelistrikan. 17.  Standar prosedur keselamatan kerja.  Prosedur pelepasan baterai  Prosedur penggantian baetrai  Pelepasan dan penggantian baterai.

Memperbaiki sistim starter dan pengisian  Prinsip kerja sistem starter dan sistem pengisian  Komponen-komponen sistem starter dan pengisian serta fungsinya. Memelihara/servis sistem AC (Air Conditioner) Konstruksi dan prinsip kerja sistem AC / Air Conditioners.  7 ..  Langkah kerja perbaikan sistem starter dan pengisian dan komponen-komponennya. 11 Sistem Pengkondisi Udara Otomotip (A/C) 19.  pengujian sistem/komponen sistem starter dan pengisian  mengidentifikasi kesalahan/kerusakan pada sistem starter dan pengisian  Prosedur perbaikan sistem starter dan sistem pengisian  Komponen-komponen sistem starter dan pengisian serta fungsinya. Prosedur pengujian sistem penerangan dan sistem kelistrikan  Identifikasi kerusakan dan metoda perbaikan     Wiring diagram perlengkapan tambahan Prinsip kerja macam-macam sistem kelistrikan tambahan Identifikasi kerusakan dan metoda perbaikan Wiring diagram sistem kelistrikan tambahan 18.  Data-data spesifikasi pabrik.  Prosedur pemerilahaan sistem AC.

8 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful