P. 1
Format Evaluasi Diri Sekolah

Format Evaluasi Diri Sekolah

|Views: 633|Likes:
Published by Rudy Hilkya

More info:

Published by: Rudy Hilkya on May 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/04/2013

pdf

text

original

FORMAT EVALUASI DIRI SEKOLAH

NO I 1 STANDAR KRITERIA KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN PAGU KONDISI NYATA SEKOLAH KESIAPAN SIAP TIDAK

KTSP yang meliputi: Visi, Misi, tujuan, analisis SWOT, SKL, SI, KKM, Struktur Kurikulum, Silabus, RPP, Program Pengembangan Diri, dan Kalender Pendidikan Perangkat pembelajaran yang meliputi Prota, Promes, Daftar Nilai, Catatan Kepribadian Siswa Kegiatan ekstra kurikuler atau pengembangan diri.

Disyahkan oleh Komite dan Dinas Pendidikan 100% mata pelajaran dan disyahkan oleh kepala sekolah terisi lengkap Memenuhi semua kebutuhan minat siswa di bidang seni, olahraga, kesehatan, kepramukaan, KIR, jurnalistik. Semua guru dan semua mata pelajaran Sem I = 125 hari; Sem II = 123 hari

2

3

4 5

Buku pelajaran yang digunakan sebagai buku pegangan guru. Kesesuaian pelaksanaaan pembelajaran dengan jumlah hari belajar efektif dalam kalender pendidikan.

6 7 8

Waktu pelaksanaan pembelajaran kurikuler bagi seluruh Pagi hari, 40 jam/minggu a 40 siswa menit/jam Pembelajaran mata pelajaran muatan lokal Dilaksanakan 2 jam/minggu

Panggunaan media, alat peraga, dan/atau alat bantu lainnya Digunakan oleh semua guru dalam pembelajaran di kelas. pada semua mata pelajaran

BIN. Jadwal pelajaran sekolah Tertulis dan terpasang pada tempat yang mudah dibaca 14 15 Pelaksanaan program remedial dan/atau pengayaan oleh Semua guru dan semua mata guru pelajaran Pemanfaatan perpustakaan oleh siswa untuk menunjang kegiatan pembelajaran. pelajaran tertentu untuk meningkatkan efektivitas belajar. pelajaran Kesesuaian buku buku acuan yang digunakan guru dengan Sesuai untuk semua pelajaran yang digunakan siswa dalam pembelajaran. Penggunaan buku dan/atau bahan rujukan lain selain buku Sekurang-kurangnya dua buku pelajaran oleh guru tiap mata pelajaran Pelaksanaan penelitian tindakan kelas memperbaiki pembelajaran oleh guru (PTK) untuk Semua guru dan semua mata pelajaran pada setiap tahun 10 11 12 13 Pelaksanaan kegiatan pembelajaran di luar kelas pada mata IPA. Semua siswa memanfaatkan perpustakaan 16 .NO 9 STANDAR KRITERIA PAGU KONDISI NYATA SEKOLAH KESIAPAN SIAP TIDAK Ketersediaan buku pelajaran yang digunakan siswa dalam 1 buku/siswa untuk semua mata pembelajaran. Penjaskes. Seni Budaya. IPS. BIG. PKN.

di luar. 22 Pelayanan kesehatan untuk semua warga sekolah/sekolah Dilaksanakan secara teratur oleh tenaga profesional (dokter) 23 24 Pelaksanaan kegiatan keagamaan. 19 20 Pelaksanaan praktikum Komputer. komputer sekolah sesuai standar Terjadwal. dilaksanakan di lab. komputer sekolah sesuai standar Terjadwal. dan di ruang khusus/aula 18 Pelaksanaan praktikum IPA. dilaksanakan di lab. 21 Pelaksanaan praktik Kesenian. dilaksanakan di dalam. dilaksanakan di lab. Dilaksanakan secara terjadwal di tempat ibadah milik sekolah Terjadwal. Pelaksanaan praktek olah raga.NO 17 STANDAR KRITERIA PAGU KONDISI NYATA SEKOLAH KESIAPAN SIAP TIDAK Pelaksanaan praktek Pendidikan Agama. Pelaksanaan praktikum Bahasa Asing. Terjadwal Dilaksanakan di lapangan olah raga dengan fasilitas yang memadai . IPA sesuai standar Terjadwal.

setiap akhir semester Pelaksanaan analisis hasil ulangan harian. dan semua mata pelajaran Pelaksanaan evaluasi sumatif (ulangan umum/ akhir Terjadwal dan dilaksanakan semester). kepada siswa.NO 25 STANDAR KRITERIA PAGU KONDISI NYATA SEKOLAH KESIAPAN SIAP TIDAK Rata-rata kehadiran guru mengajar di Sekolah 90% atau lebih 26 Rata-rata kehadiran tenaga administrasi di Sekolah 90% atau lebih 27 Rata-rata kehadiran siswa di Sekolah 98% atau lebih 28 Teknik evaluasi yang digunakan guru Sesuai dengan tujuan dan karakteristik pembelajaran. Penyusunan soal-soal sumatif. kartu 31 32 33 . Dilakukan setiap selesai ulangan harian oleh semua guru pada semua matapelajaran Disusun sendiri oleh guru sesuai prosedur penyusunan soal yang benar (dilengkapi kisi-kisi. Dilaksanakan setiap KD 29 30 Pelaksanaan evaluasi formatif oleh guru Pengembalian hasil pekerjaan siswa yang telah dikoreksi Dilaksanakan oleh semua guru.

semua guru untuk semua matapelajaran Penggunaan hasil evaluasi belajar siswa untuk perbaikan Dilakukan oleh semua guru. dan pembelajaran. Dilakukan secara teratur pada buku khusus untuk masingmasing siswa 37 38 II 39 Penyampaian hasil dan/atau kemajuan belajar siswa kepada Dilakukan secara teratur orang tua/wali. kebutuhan sekolah Penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Disusun setiap tahun Sekolah (RAPBS) berdasarkan perencanaan jangka panjang dan/atau menengah. kunci jawaban) 34 35 36 Pelaporan hasil evaluasi belajar siswa oleh guru kepada Dilakukan setiap bulan oleh kepala sekolah/sekolah. Rata-rata ketuntasan belajar siswa untuk semua mata 75 persen pelajaran.NO STANDAR KRITERIA PAGU KONDISI NYATA SEKOLAH KESIAPAN SIAP TIDAK soal. semua mata pelajaran Pencatatan prestasi non-akademik siswa. 41 . ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN Rencana Strategis sekolah 40 Ada dan disusun sesuai prosedur yang benar dengan melibatkan semua pihak trekait Rencana pengembangan kompetensi dan kualifikasi tenaga Ada dan sesuai dengan guru dan tenaga non-guru.

NO 42 STANDAR KRITERIA PAGU KONDISI NYATA SEKOLAH KESIAPAN SIAP TIDAK Keterlibatan komite Sekolah dan/atau yayasan dalam Aktif menyusun RAPBS. Pertemuan pihak sekolah dengan orang tua. penataran. warga sekolah Kengikutsertaan guru dalam pelatihan. Keterlibat warga sekolah dalam pengambilan keputusan yang Semua warga sekolah terlibat terkait dengan pengembangan lembaga. Prioritas program pengembangan jangka panjang. warga sekolah Peraturan untuk memberikan sanksi kepada warga sekolah Ada dan diketahui oleh semua yang melanggar tata tertib. Dilaksanakan sesuai peraturan yang berlaku di sekolah diikuti semua guru setiap tahun ke Sekolah unggulan Rutin dan/atau berkala Rutin dan/atau berkala 43 44 45 46 47 48 Studi banding dalam rangka upaya peningkatan mutu. menengah. Pemberian penghargaan bagi guru berprestasi. secara aktif . 49 50 51 Pertemuan kepala Sekolah/Sekolah dengan guru. dan Semua guru aktif sejenisnya. Ada dan sesuai kondisi sekolah dan tahunan Peraturan untuk memberikan penghargaan bagi siswa Ada dan diketahui oleh semua berprestasi.

l. 55 56 57 Tindak lanjut dari supervisi internal Pencatatan dan pengarsipan surat masuk dan surat keluar. keluhan. Terprogram dan dilaksanakan oleh Kepala Sekolah dan guru senior Dilaksanakan berkala rutin dan/atau 54 Pelaksanaan evaluasi kemajuan pelaksanaan pembelajaran. Tersedia dan terisi dengan terib dan teratur 58 59 . a.NO 52 STANDAR KRITERIA PAGU KONDISI NYATA SEKOLAH KESIAPAN SIAP TIDAK Usaha memfasilitasi tenaga non-guru untuk mengembangkan Dilaksanakan melalui berbagai kinerja. dan sejenisnya (buku Tersedia dan terisi dengan tertib administrasi layanan bimbingan dan konseling).: studi lanjut. Terprogram Tertib dan teratur Buku penghubung. dan sejenisnya 53 Supervisi internal terhadap pelaksanaan pembelajaran. catatan kasus. kritik dan Tersedia dan terisi dengan terib saran dari orang tua dan masyarakat. penataran. dan teratur Daftar inventaris sarana dan prasarana. cara. pelatihan. masukan. dan teratur Catatan tentang pengaduan.

dan lengkap III 64 65 ORGANISASI KELEMBAGAAN Akta pendirian/kelembagaan. Tersedia dan terisi dengan terib dan teratur Tersedia dan terisi dengan terib dan teratur Tersedia dan terisi dengan terib. Masih berlaku Hubungan kelembagaan dengan komite Sekolah atau Baik.NO 60 61 62 63 STANDAR KRITERIA PAGU KONDISI NYATA SEKOLAH KESIAPAN SIAP TIDAK Buku administrasi keuangan. 68 . Kepala disusun dengan kewenangan yang jelas. 66 67 Kesesuaian bagan atau struktur organisasi Sekolah/Sekolah Sesuai dengan beban kerja dan kebutuhan. Bagan atau struktur organisasi sekolah Lengkap dan disertai uraian tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) pada masing-masing anggota organisasi. Buku Induk atau perangkat lain yang fungsinya sama. Buku administrasi ketenagaan. disusun dengan beban kerja dan kebutuhan. oleh Kepala Sekolah/Sekolah menetapkan pembagian kerja di ditetapkan Sekolah/Sekolah dan antara staf dengan kewenangan yang jelas. teratur. dan lengkap Buku administrasi kesiswaan atau perangkat lain yang Tersedia dan terisi dengan terib. fungsinya sama selain Buku Induk teratur. sehat dan intensif organisasi sejenis.

70 Kerja sama dengan lembaga pendidikan lain untuk Mencakup lembaga dalam satu mengembangkan Sekolah daerah dan di luar daerah. luas 72m2 dilengkapi furnitur dan koleksi bahan pustaka sesuai standar nasional 73 74 Jumlah ruang kelas 75 Perpustakaan sekolah . Kerja sama dengan lembaga mengembangkan Sekolah SARANA DAN PRASARANA 71 non-pendidikan untuk Melibatkan dalam satu daerah dan di luar daerah IV 72 Gedung sekolah Lahan Sekolah Milik sendiri dengan luas 4.5 m2 per siswa Milik sendiri dengan luas yang sesuai dengan standar nasional (misal 1380m2 untuk bangunan 2 lantai) Cukup untuk pembelajaran dengan jumlah siswa 35 per rombongan belajar Tersedia ruang khusus.NO 69 STANDAR KRITERIA PAGU KONDISI NYATA SEKOLAH KESIAPAN SIAP TIDAK Peraturan-peraturan khusus di luar aturan yang dibuat oleh Ada dan dipahami oleh semua pemerintah dan/atau yayasan dalam rangka meningkatkan warga sekolah efektivitas pembelajaran.

1:23 . KETENAGAAN Rasio jumlah guru dengan jumlah siswa. Jaringan internet. Sarana olah raga. Sarana peribadatan. Laboratorium bahasa standar Debet air mencukupi kebutuhan sekolah Daya mencukupi dengan tingkat keamanan sesuai standar Ada Instalasi internet yang tersambung jaringan di lab TIK dengan bandwidth yang mencukupi Tersedia untuk semua kegiatan OR sesuai standar Sarana olah raga standar Sarana kesenian standar 83 84 85 86 V 87 Lapangan olah raga sendiri. Jaringan listrik. Sarana pendidikan kesenian. Laboratorium IPA dengan luas 2. Laboratorium komputer dengan luas 63 m2 beserta furnitur dan perlengkapannya 78 79 80 81 82 Laboratorium Bahasa Instalasi air bersih. Jaringan telepon.4 m2/siswa dilengkapi dengan furnitur dan perlengkapannya sesuai standar nasional 77 Laboratorium Komputer.NO 76 STANDAR KRITERIA PAGU KONDISI NYATA SEKOLAH KESIAPAN SIAP TIDAK Laboratorium IPA.

Jumlah tenaga tata usaha yang sesuai dengan bidang keahliannya Tenaga khusus untuk melayani perpustakan. mengajar sesuai latar belakang pendidikan. Tenaga khusus untuk melayani praktikum di laboratorium.NO 88 STANDAR KRITERIA PAGU KONDISI NYATA SEKOLAH KESIAPAN SIAP TIDAK Kualifikasi guru. Sertifikasi guru 100% S1. Tenaga khusus untuk menjaga kebersihan. 100% guru bersertifikat pendidik 89 Latar belakang pendidikan dan/atau keahlian guru yang Sesuai dengan yang diajarkan. rutin dan 90 91 92 93 Memiliki kemampuan bidang administrasi sekolah dan TIK yang baik Guru BK yang berlatar pendidikan BK Ada untuk seluruh staf 60 Berijazah/sertifikat Pustakawan Satu orang tiap lab Jumlah yang cukup 94 95 96 97 . mengajar muatan lokal dan/atau pilihan Peningkatan efektivitas pembelajaran dengan cara Terprogram secara mengundang nara sumber dan/atau konsultan untuk berkala Setiap tahun memberikan presentasi dan/atau konsultasi Tenaga khusus untuk pelayanan ketatausahaan. Tenaga khusus untuk pelayanan bimbingan dan konseling. Dokumen pengangkatan staf.

Pelaksanaan APBS/M Pelaporan pengelolaan dan/atau pemerintah. Pengeluaran anggaran di luar gaji guru dan/atau pegawai.NO 98 99 STANDAR KRITERIA PAGU KONDISI NYATA SEKOLAH KESIAPAN SIAP TIDAK Tenaga khusus untuk menjaga keamanan sekolah. keuangan Sekolah kepada yayasan 105 106 107 108 Teralokasi secara memadai Teralokasi secara memadai Sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Subsidi silang kepada siswa yang kurang mampu. Dalam jumlah yang cukup dan bersertifikat dari kepolisian Diberikan secara adil dan diberikan secara teratur setiap tahun Memadai Tersedia dan memenuhi kebutuhan Tersedia untuk semua siswa yang memenihi syarat Seluruh siswa tidak mampu dan/atau berprestasi mendapatkan beasiswa VI 100 101 102 103 PEMBIAYAAN DAN PENDANAAN Jumlah dana yang mendukung kegiatan operasional Dana tambahan untuk mengembangkan program kegiatan Sekolah/Sekolah. Pemberian penghargaan bagi karyawan yang berprestasi. 109 Pelaporan pertanggungjawaban keuangan Sekolah/Sekolah setiap tahunnya . Rutin dan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku Disampaikan secara terbuka. Anggaran untuk kelebihan jam mengajar guru. Beasiswa bagi siswa berprestasi dan tidak mampu.

NO VII PESERTA DIDIK STANDAR KRITERIA PAGU KONDISI NYATA SEKOLAH KESIAPAN SIAP TIDAK 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 Proses penerimaan siswa baru Jumlah siswa yang mendaftar pada tahun terakhir Angka putus Sekolah (drop out) Siswa yang mengulang di Sekolah Tingkat kelulusan siswa Dilakukan secara adil dan terbuka Satu setengah kali atau lebih dari jumlah siswa yang diterima. Perbandingan jumlah siswa yang lulus pada tahun terakhir Sama dengan 85 persen dibandingkan dengan jumlah siswa pada saat diterima Jumlah lulusan pada tahun terakhir yang melanjutkan studi ke sekolah yang lebih tinggi 80% lebih dari 6. Nol persen. Rata-rata nilai ujian nasional di Sekolah Prestasi non-akademis siswa di berbagai bidang. dan/atau kreativitas Ada dan dilaksanakan dengan siswa baik Program Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) atau Ada dan dilaksanakan dengan organisasi kesiswaan baik Program layanan bimbingan dan konseling Ada dan sesuai kebutuhan siswa. bakat. nasional Program pengembangan minat. nol persen 100 persen Pengirimkan siswa pada berbagai perlombaan mapel (lomba Memperoleh juara pada tingkat mapel).0 122 .

kelompok ilmiah remaja. Terprpogram dan dilaksanakan dengan baik Terprpogram dan dilaksanakan dengan baik Terprpogram dan dilaksanakan dengan baik Terprpogram dan dilaksanakan dengan baik 129 Upaya membangun hubungan yang harmonis sesama warga Terprpogram dan dilaksanakan Sekolah/Sekolah.NO STANDAR KRITERIA PAGU KONDISI NYATA SEKOLAH KESIAPAN SIAP TIDAK VIII 123 IX 124 125 126 127 128 PERAN SERTA MASYARAKAT Keterlibatan orang tua siswa/Komite dalam menyusun Aktif perencanaan program Sekolah LINGKUNGAN DAN BUDAYA SEKOLAH Pelaksanakan program 5K (Keamanan. Pembiasaan disiplin berpakaian untuk siswa Penyelenggaraan kegiatan untuk meningkatkan pembiasaan belajar bagi warga Sekolah. Penerapan budaya yang menjadi ciri khas Sekolah. dan sejenisnya. dan Kekeluargaan). seperti kelompok belajar bahasa Inggris. dan sejenisnya. Keindahan. Penyelenggaraan kegiatan kelompok belajar bagi siswa. dengan baik 130 131 . Kebersihan. tukar informasi. dengan baik Upaya membangun hubungan yang baik antara sekolah Terprpogram dan dilaksanakan dengan alumni. Terlaksana dengan baik Ketertiban. dengan baik Upaya membangun hubungan yang harmonis dengan Terprpogram dan dilaksanakan masyarakat sekitar lingkungan Sekolah/Sekolah. seperti diskusi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->