Ringkasan kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail

A. Kisah Nabi Ibrahim AS
Ibrahim yang lahir tahun 1861 SM adalah seorang nabi besar. Ketika masih remaja, Ibrahim sudah mulai mengajarkan kepada kerabat dan teman-temannya, untuk hanya menyembah kepada Allah swt. Akan tetapi, mereka menolak dan tetap melanjutkanuntuk menyembah berbagai macam berhala. Ibrahim tetap bertahan pada pendiriannya. Namun, orang-orang itu termasuk ayahnya sendiri, membantahnya. Nabi Ibrahim tidak ingin bertengkar dengan mereka sehingga ia meninggalkanrumah menuju ke Suriah. Di tempat itu, ia juga menyampaikan pesan-pesan Allah swt. Pada suatu malam, Nabi Ibrahim a.s. bermimpi bahwa ia sedang mengorbankan anaknya, Ismail. Mimpi itu adalah perintah Tuhannya. Ismail saat itu beranjak remaja. Akan tetapi, karena mimpi itu perintah Allah swt., Ibrahim harus menceritakan kepada anaknya. Ketika Nabi Ibrahim a.s. mencari Tuhan, ia bertemu dengan bintang, bulan, dan matahari. Kemudian, Nabi Ibrahim a.s membuat keputusan Tuhan itu bukan bintang yang berkelip, bukan pula bulan yang bersinar, dan bukan pula matahari yang bercahaya panas. Tuhan adalah yang menciptakan bintang, bulan, matahari dan menciptakan segalanya. Tuhan adalah Allah swt. Dia tidak tampak, tetapi ada dan harus disembah. Tuhan bukan yang tampak dan bukan berhala. Padahal, ayah Nabi Ibrahim a.s. yang bernama Azar suka membuat patung. Ketika Nabi Ibrahim a.s. diangkat menjadi nabi dan rasul, ia mengajak umatnya menyembah Allah swt. Dan melarang menyembah berhala. Berhala tidak dapatbergerak sendiri karena berhala dibuat oleh manusia. Allah swt. Menciptakan segalanya termasuk manusia. Umat Nabi Ibrahim a.s. tidak mau mengikuti Nabi Ibrahim a.s. Mereka mencaci dan menentang ajarannya. Akhirnya, Nabi Ibrahim a.s. mencari cara untuk membuktikan bahwa wjaran Allah swt. Adalah benar. Dengan kemampuannya, ia menghancurkan berhala dengan kapak. Semua berhala dihancurkan, kecuali yang terbesar. Kapak itu kemudian ditancapkan di leher berhala yang paling besar. Setelah semua berhala hancur, keesokan harinya terjadi situasi yang gempar

s.. ditanya Raja Namrud tentang siapa yang menghancurkan berhala. Raja Namrud marah dan berkata.s. orang-orang seperti raja Namrud dan balatentaranya akan mendapat siksa yang lebih pedih di akhirat. menyuruh Raja Namrud untuk bertanya kepada berhala yang paling besar dan berkalung kapak.s.”teriak pasukan yang gagah dan sombong itu. .. “Suruh Tuhanmu dan tentaranya melawan aku dan pasukanku!” teriak raja Namrud pongah. Bukankah berhala itu batu?” Nabi Ibrahim a. Beribu-ribu nyamuk langsung menyerang raja Namrud dan pasukannya. Nabi Ibrahim bersabda bahwa setelah menerima azab yang yang pedih di dunia. Bagaimana mungkin berhala yang besar dapat menghancurkan yang kecil-kecil. Akhirnya tubuh orang yang mengaku bisa melawan Tuhan itu menggelepar-gelepar dan mati. Dijawab demikian. Beliau takut azab Allah akan segera turun di Babilonia. Raja yang sangat berkuasa itu ternyata tak bisa melawan seekor nyamuk. mendadak tampak awan hitam menggantuna di langit. Raja Namrud segera menyiapkan bala tentaranya. “Waaauuw…aduh…panaaas. mengapa engkau sembah?” Raja Namrud sangat marah mendengar penjelasan Nabi Ibrahim a. Namrud berusaha lari menyelamatkan diri. Batu tidak dapat bergerak sendiri. Nabi Ibrahim a. Tubuh mereka jadi lemah tak bertenaga dan akhirnya semua bergelimpang mati. menjawab. Nabi Ibrahim a. “Engkau tahu bahwa berhala adalah batu. Kepalanya serasa mau pecah. aku mau menantang Tuhanmu! Buktikan Dia bisa berperang melawanku!” Nabi Ibrahim amat terkejut mendengar permintaan raja Namrud.” teriak raja Namrud kesakitan. Sekujur tubuhnya terasa sakit. Nabi Ibrahim dan pengikutnya bersyukur karena dihindarkan Allah dariserangan rombongan nyamuk maut. Sekarang ia baru menyadari kekuasaan Tuhan sembahan Nabi Ibrahim. Raja Namrud yang berada di tengah pasukannya jadi sangat panic.luar biasa. Seketika.s. Hai Ibrahim. dituduh sebagai pelakunya sehingga dipanggil Raja Namrud. “Waauww… aduuhh..Seekor nymuk yang paling besar mengejarraja Namrud dan masuk ke hidungnya lalu menggigit lubang hidung raja itu. Ia segera memutar otak mencari jalan untuk mengalahkan Nabi Ibrahim a.s. Nabi Ibrahim a.s.

Maka Nabi Ibrahim menghadp Raja untuk membuktikan apa yang didengarnya tentang Raja itu. Nabi Ibrahim meninggalkan Babilonia dan pergi ke Palestina. orang yang menyetukan Allah. matahari terbit dari ufuk timur. Atas perintah Allah. aku pasti tersesat. Beliau mengatakan bahwa matahri itu bukan tuhan. memberi cahaya bagi kehidupan di atas bumi ini!” Lagi-lagi para penduduk mengangguk-angguk menyetujui. Sekali lagi Nabi Ibrahim berpura-pura kagum dan bersabda. Dalam perjalanan. Nabi Ibrahim bersabda. Nabi Ibrahim berhenti lagi di negeri Chazan. Akhirnya Nabi Ibrahim menjelaskan kepada para penduduk bahwa bintang.” Mendengar itu. “Ternyata tuhan saya meninggalkan saya dalam gelap. Saya tidak akan menjadi orang yang syirik.” Sesudah bulan mulai terbit.bulan dan matahri sebenarnya adalah benda-benda ciptaan Allah SWT. Saya tidak suka kepada tuhan yang suka berpindahpindah seperti itu. Nabi Ibrahim bersabda .” Esoknya harinya. Nabi Ibrahim singgah di sebuah sumber air yang berada di suatu lembah yang subur. Nabi Ibrahim bersabda lagi dengan tegas. Raja sangat tertarik kepada pemuda yang tinggi akhlaknya dan baik budi pekertinya itu.”Itulah tuhanku!” Para penduduk yang mendengar sabda beliau sangat senang karena tamunya mempunyai kepercayaan yang sama dengan mereka. makhluk ciptaan Allah yang sederhana! Bagaimanabila Allah memperlihatkan kekuasaan-Nya yang lebih besar? Atas perintah Allah SWT. dan Nabi Ibrahim bersabda lagi. “Kalau tuhan yang itu tidak menerangi bumi lagi. Nabi bersabda lagi. Nabi Ibrahim purapura memperhatikan bintang-bintang yang berkelap-kelip di angkasa dan berkata. Raja Chazan terkenal baik budi dan adil.”Saya hanya menyem bah Allah yang menciptakan langit dan bumi.Orang-orang beriman itu telah pula menjadi saksi bahwa raj Namrud dan pasukannya yang gagah perkasa musnah hanya karena nyamuk. Yang menyembahnya adalah termasuk orang-orang yang sesat. Kemudian bulan itu pun tenggelam juga. Tapi waktu bintang-bintang itu mulai tenggelam. beberapa penduduk mengerti dan segera menjadi orang yang beriman serta mengakui Nabi Ibrahim sebagai Rasulnya. Setelah itu Nabi Ibrahim melanjutkan perjalanannya menuju Palestina. Di sana penduduknya memuja bintang-bintang. “Itulah tuhanku! Sinarnya sangat terang. Akhirnya matahari tenggelam di sore hari. “Itulah tuhanku!” sekali lagi beliau berpura-pura. Maka hanya Allah semata yang wajib disembah. Setelah menanyakan riwayat Nabi .

Nabi Ibrahim a. nabi Ibrahim pergi ke Palestina ditemani istrinya Sarah. memindahkan Hajar dengan bayinya ketengah padang pasir di Mekah.s. dengan Hajar. kesejahteraan yang mereka nikmati merupakan berkah dari Allah. meninggalkan keduanya ditempat yang kering karena harus kembali ke Palestina. Allah memudahkan usaha hamba-Nya yang beriman dan banyak berdoa itu. . Sehingga nabi Ibrahim menjadi kaya raya dan pemurah. Sampailah beliau di negeri dekat Mesir.Ibrahim akhirnya Raja menikahkan beliau dengan putrinya yang cantik jelita yang bernama Sarah.s.s. Beliau mengingatkan agar kaumnya banyak bersyukur dan beramal lebih banyak. Allah Yang Maha Pengasih akhirnya memberikan keturunan kepada Sarah meskipun usianya sudah amat tua yaitu bernama Ishaq. Ditempat yang suci dan terpencil. Setelah tinggal beberapa hari lamanya. dekat bangunan suci yang kemudian dikenal sebagai Ka’bah. Dalam perjalanan. Oleh karena itu. Nabi Ibrahim sudah puluhan tahun menikah dengan Sarah. B. Atas perintah dari Allah SWT. Nabi Ibrahim a. kerena kehausan. Nabi Ibrahim melanjutkan perjalanan dengan membawa Sarah. tidak henti-hentinya berdoa memohon keselamatan bagi istri dan putra yang ditinggalkannya. Ismail menangis terus-menerus. Maka berangkatlah mereka bertiga menuju Palestina. Sebelum melepas kepergian mereka. Nabi Ibrahim menyetujui saran dari Sarah. nabi Ibrahim a. air susu ibunya untuk Ismail juga habis karena kurangnya makanan. sang Raja memberikan soerang wanita dari kalangan istana bernama Hajar. tetapi belum dikaruniai anak (keturunan). Sarah meminta Nabi Ibrahim untuk menikahi Hajar. Setelah berdakwah di Babilonia. Setelah menikah dengan Hajar.s. Nabi Ibrahim dan Sarah melanjutkan perjalanannya kembali.s. Kisah Nabi Ismail AS Nabi Ismail a. Ismail dan ibunya mendapat cobaan dari Allah. Setelah menikah dan tinggal di istana beberapa saat lamanya. Bekal makanan yang mereka bawa habis. pelayan mereka yang setia dan sholeh. Raja negeri itu memerintahkan agar nabi Ibrahim dan Sarah menghadap. adalah putra nabi Ibrahim a. maka Nabi Ibrahim mempunyai keturunan (anak) yang mulia yang bernama Ismail. Nabi Ibrahim bekerja dengan giat dibantu oleh Sarah dan pembantu mereka yang setia bernama Hajar.

Nabi Ibrahim dan Ismail lalu melempari iblis. atas pertolongan Allah SWT melalui malaikat Jibril. Waktu Nabi Ibrahim sedang berada di Mekah bersama Hajar dan Ismail. Pelan-pelan Ismail direbahkan tubuhnya oleh Ayahnya. Beliau bermimpi menyembelih anak kesayangannya Ismail. tetapi tidak diketemukan air setetespun. Pada saat Hajar kelelahan. Tempat mereka melempari iblis dikenal dengan nama Jumrah Ula. setelah beberapa ratus meter Nabi Ibrahim dan Ismail bertemu dengan iblis kembali. yaitu Mina. Kemudian Ayah dan anak itu pergi ke sebuah bukit untuk melaksanakan perintah mimipi itu. Air Zamzam itu segera diberikan kepada Ismail dan diminum untuk dirinya sendiri. barangkali ada air yang bisa diminum. Ismail yang masih kecil menyatakan pendapatnya bahwa ayahnya sebagai hamba Allah yang terpilih dan menyuruh ayahnya untuk melaksanakan perintah Allah sesuai dengan mimpi.”Hai Ibrahim! . tiba-tiba didekat kaki Ismail muncul air yang bening. Tetapi sangkaannya itu hanya bayangan. beliau bermimipi aneh. tiba-tiba terdengar panggilan Allah. Tetapi usaha itu sia-sia. “Zamzam” artinya berkumpullah. kemudian berlari ke Bukit Marwa. Nabi Ibrahim dan Ismail memepercepat langkah mereka. Nabi Ibrahim sangat lega. Waktu hendak mengerakkan pisau. tempat yang dulu sunyi dan hanya dihuni oleh Hajar dan Ismail. ternyata Ismail rela dikorbankan atas perintah Allah. Hajar kebingungan dan berlari ke Bukit Safa. Tempat yang berbukit-bukit itu jaraknya 7 km dari Mekah. Kemudian Nabi Ibrahim menyampaikan mimpinya itu kepada Ismail. Mata air Zamzam menjadi sumber air bagi seluruh masyarakat mekah. kerana dia melihat ada bayangan iar melimpah.Karena peristiwa tersebut. Hajar berlarilari sampai 7 kali dari Bukit Safa ke Bukit Marwa. Di perjalanan Nabi Ibrahim bertemu dengan iblis yang mencegah Nabi Ibrahim untuk mengikuti perintah Allah. Di luar dugaan. lalu mereka akan melaksanakan perintah Allah sesuai dengan mimpi. Iblis itu lari ketakutan. tetapi mereka di ganggu oleh iblis kembali. Tempat ini lalu dikenal dengan Jumrah Wustha. kini menjadi daerah yang sangat ramai. dan tempat ini dikenal dengan JumrahAqabah. Nabi Ibrahim dan Ismail melempari iblis itu dengan batu. Kemudian Nabi Ibrahim dan Ismail melempari iblis dengan batu. Ia segera mengumpullkan air itu sambil berkata. dan iblis lari ketakutan. Kemudian Ayah dan anak itu melanjutkan perjalanan. Nabi Ibrahim dan Ismail lalu berhenti di suatu tempat. yang lari ketakutan.

Engkau telah membenarkan mimpi itu…ini memang ujian yang nyata. Allah berfirman dalam Surah al-Baqarah Ayat 144 yang artinya. mengutarakan kepada Ismail bahwa beliau deberi tugas oleh Allah untuk membangun Ka’bah.” Karena ayat ini. Nabi Ibrahim tinggal menirunya saja. Setelah Nabi Ismail a. Perbuatan Nabi Ibrahim ini menjadikan contoh kurban dari seluruh umat Islam di dunia sampai sekarang. Tunjukkanlah kami berdua cara-cara dan tempat-tempat ibadah haji haji kami serta terimalah tobat kami. kemudian menyuruh Ismail mencarikan batu untuk pijakan. domba itu disembelih untuk kurban. Ka’bah merupakan tempat tujuan untuk menunaikan ibadah haji. . Kedua benda ini hanya simbol untuk menunjukkantitik persatuan seluruh muslim. berserulah Nabi Ibrahim a. terimalah amal kami dan jadikanlah kami berdua oreang-orang yang tunduk patuh kepada-Mu.s.” Nabi Ibrahim kaget mendengar pernyataan Allah itu. bukan di leher Ismail. Ka’bah adalah tempat suci pertama yang dibangun untuk arah menyembah satu Tuhan. Dan ternyata pisaunya menempel di leher seekor domba besar. lebih dari 25% penduduk dunia menghadap Ka’bah ketika mereka salat. “Ya Allah Tuhan kami. kaum muslimin melakukan tawaf mengelilingi Ka’bah. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima Tobat lagi Maha Penyayang. dan di mana saja kamu berada maka palingkanlah wajahmu ke arahnya. menginjak usia dewasa. Nabi Ibrahim a.s. Nabi Ibrahim bersyukur kepada Allah telah melewati ujian yang maha berat.s. Ismail menyambut perintah itu dan sanggup membantu ayahnya untuk membangun Baitullah. “Maka palingkanlah wajahmu kea rah Masjidil Haram.” Sampai sekarang. Dengan perintah Allah. Nabi Ibrahim a. Setelah tembok agak tinggi dan tangan Nabi Ibrahim tidak dapat menjangkaunya. Ka’bah dibangun oleh Nabi Ibrahim dan Ismail berbentuk kubus dibuat dari batu-batu. Ketika selesai tugas mendirikan Ka’bah tersebut..s. Ka’bah maupun Batu Hitam bukanlah suatu objek atau benda untuk disembah. yakni Allah SWT. Dan Kami tebus anakmu dengan seekor domba besar. Batu bekas pijakan Nabi Ibrahim sampai sekarang dinamakan Maqam Ibrahim (tempat berdirinya Ibrahim). dan ismail tidak kesulitan membuat Ka’bah karena gambarnya diberikan oleh Allah SWT diperlihatkan di langit.

Tugas Agama Ringkasan Cerita Nabi Ibrahim as dan Nabi Ismail as Nama: Muhammad Rifki Setiawan Kelas : IV-B SD Mekarjaya 12 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful