BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Inovasi adalah kata yang trendi, tetapi lebih dari hype.

Hal ini telah menjadi populer untuk link berbagai bentuk "inovasi" untuk setiap atribut perusahaan. Tapi sampai sekarang, perusahaan belum peduli banyak tentang inovasi mereka berkomunikasi proses. Cepat atau lambat cukup banyak orang akan tahu tentang inovasi. Ketika itu terjadi, hanya mengulang kata akan tampak sederhanaminded. Orang-orang akan perlu argumen. PR perlu untuk membangun keterampilan nyata dalam menjual organisasi inovatif keterampilan. inovatif akan perlu untuk membuat Inovasi Komunikasi. Komunikasi produk baru atau inovasi teknologi harus berlangsung strategis di pasar yang dinamis. Hal ini penting untuk menghubungkan proses inovasi dengan upaya komunikasi, menyajikan fakta-fakta biasanya kompleks dalam kelompok-cara yang berorientasi sasaran, dan mempertimbangkan mengikuti seluruh-papan--up efek. Jika aspek ini diabaikan, inovasi biasanya menerima penerimaan sedikit atau menghadapi perlawanan tak terhitung, sering mengakibatkan kegagalan mereka. Kami mendampingi klien kami selama proses perubahan, peka mereka untuk kebutuhan komunikatif dan membantu mereka memanfaatkan sepenuhnya potensi strategis komunikasi inovasi.

1

Setiap ide/gagasan pernah menjadi inovasi 4. atau barang yang dianggap baru oleh seseorang. Komunikasi adalah alat untuk menyampaikan pesan-pesan inovasi dari sumber kepada penerima. Hal-hal yang berkitan dengan inovasi 1. Setiap inovasi perlu disebarluaskan dan di adopsi 5. Untuk mengubah sikap dan perilaku penerima secara personal 2. kebaruan inovasi diukur secar subjektif menurut pandangan induvidu yang menerimanya.BAB II PEMBAHASAN A. 3. diartikan sebagai “Penemuan” penemuan yang mempunyai makna penemuan sesuatu yang telah ada sebelumnya. Inovasi adalah berasal dari kata innovation yang berarti “Pembaruhan” atau “Perubahan” (secara) baru. komunikasi dimaksud untuk memperkenalkan suatu inovasi kepada khalayak yang banyak dan tersebar luas. inovasi adalah gagasan. Jadi. “Konsep” baru dalam ide yang inovatif tidak harus baru. Dalam hal ini. maka saluran komunikasi yang lebih tepat.ide-ide baru.tindakan. Pengertian Komunikasi Inovasi 1. Komunikasi Inovasi adalah Presas penyampaian pesan-pesan inovasi berupa gagasa.tindakan/teknologi dari sumber kepada penerima dalam suatu sistem sosia/social change (perubahan perilaku dalam masyarakat). Inovasi yang tidak cocok lagi seseorang maupun social bias mendatangkan bahaya dan tidak ekonomis 2 . Dianggap baru oleh seorang tetapi bbagi orang lain tidak 3. Tidak menjadi persoalan benar-benar baru/tidak 2. Jika suatu ide dianggap baru adalah inovasi untuk orang itu. cepat dan efisien adalah media massa. B.

perubahan tingkah laku (menerima atau menolak) D. media massa d. Inovasi yang memiliki komponen ide dan objek (fisik) diadopsi dengan keputusan (nyata) C. 3. baik verbal maupun non verbal. metode. Message adalah inovasi (gagasan. social. 2. 3 . Komunikasi dan Difusi 1. perubahan sikap. metode. ilmuan. Inovasi yang tidak punya wujud fisik misalnya ideology (adopsi keputusan simbolis) 8. merembes/meresap artinya masuk kedalam. Komunikasi a. hanya mengkaji pesan-pesan beruupa gagasan-gagasan/ide. pemuka b. mengkaji semua bentuk pesan. Difusi a. Sender adalah penemu. b. Komunikasi inovasi dalam perspektif pembangunan Komunikasi dalam arti sempit adalah usaha yang teroganisisr untuk mmenggunkan proses komunikasi dan media dalam meningkatkan taraf social dan ekonomi. yang secara umum berlangsung dalam Negara sebagai berkembang. Reicever adalah anggota system social e. Semua inovasi memiliki komponen ide. Unsure-unsur difusi a. 1. alat) c.6. Channel adalah interpersonal. agen pembantu. Effect adalah pengetahuan. Teori-teori praktek komunikasi untuk menunjukkan permasalahn pengembangan dan modernisasi. tetapi banyak 7.

2. agar dapat memahami. Membuka pemahaman b. Strategi yang menekankan perlunya sosialisasi pembangunan melalui berbagai media strategis. Segala upaya. 3. mulai dari proses perencanaan. 1. ppelaksanaan. Komunikasi pembanguna merupakan didplin ilmu dan pratikum komunikasi dalam konteks Negara-negara yang sedang berkembang. Pengerian komunikasi pembangunan a. Psikologi Pendekatan psikologi internasionall Hagen (1962) yang kuat relevansinya dengan peranan komunikasi dalam pembangunan adalah pendekatan analisis yang lebih mendalam pada masalah aspek komunikais. Membuka wawasan berfikir c. Menambah pengalaman 3. menerima dan berpartisipasi dalam pembangunan. Bertujuan untuk meningkatkan pembangunan manusia yang berarti mmenghapuskan kemiskinan. 4 . Perspektif komunikasi pembangunan a. cara-cara teknik penyampaian gagasan dan keterampilan pembangunan yang berasal dari pihak yang memprakarsai pembangunan kepada mmasyarakat yang menjadi sasaran. b. Aspek komunikasi pembangunan Hal-hal utama yang dilakukan: a. 2. dan evaluasi pembangunan. Dalam arti luas komunikasi pembangunan adalah komunitas yang meilbatkan peran dan fungsi komunikasi sebagai suatu aktifitas pertukaran pesan secara timbale balik di anatara masyarakat dan pemerintah. Terutama komunikasi untik perubahan social yang terencana. pengangguran dan ketikadilan.

d. Difusi komunikasi dalam komunikasi pembangunan medium tertentu adalah yang dipakai. Pemasaran adalah suatu strategi komunikasi yang sifatnya langsung dan terasa luar biasa. Media yang dipakai adalah komunikator mengelompokkan kegiatan yang disekitar b. Sebagai proses penyebaran informasi kepadamsyarakat 2. Sebagai proses pendidikan dan keterampilan masyarakat 3. 5.b. c. Sebagai proses pperubahann perilaku 4. Pertisipasi adalah prinsisp-prinsip penting dalam mengorganisir kegiatan adalah kkerjasam komunitas dan pertumbuhan pribadi. Ilmu kimunikasi Kajian Schianm (1976) tentang komunikasi dalam pembangunan nasional menjelaskan peran media massa: 1. Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengambil bagian secara aktif 4. Sebagai proses rekayasa social 4. intruksional umumnya menggunakan pendidikan. Social kemasyarkatan 1. Memberikan informasi tentang pembangunan 3. paling mudah. Menyampaikan informasi tentang pembangunan 2. Strategi komunikasi pembangunan a. popular tapimkurang efektif. Desaian mental. Memdidik tenaga kerja yang diperlukan pembangunan c. Fokusnya pada pembelajaran indidvidu sebagai sasaran yang funda- 5 .

hal-hal yang baru tersebut dikenal sebagai inovasi (zulkarnain nasution). Tidak mennjadi persoalan benar-benar baru atau tidak 2. Sifat yang komunikatif (communikatif) 7. Mudah atau tidaknya diamati (observability) b. Difusi komunikasi Komunikasi secara luas dalam mengubahmasyarakatmelalui penyebaran ide-ide baru. Kesesuain/kecocokan 2. Ekstrinsik 1. Kesederhanaan dan kerumitan (simplicity) and (complexity) 8. Keeutungan 3.a. Setiap inovassi berubah seiring dengan berlalunya waktu 6 social. Setiap idea tau gagasan pernah menjadi inovasi 4. Karakter inovasi a. Dapat dibagi (disiblity) 9. Ketika komunikasi inovasi baru disebarkan dan diadopsi/ditolak anggota system perubahan social maka terjadi perubahan . 6. Kandungan nilai-nilai (volume loading) yang melekat padanya 6. b. Dianggap baru oleh seseorang tapi bagi orang lain tidak 3. Instrinsik 1. Berlangsungnyasuatuperubahan social: ide-ide yang baru. Mudah atau tidak untuk dicoba (teriablity) 10. Proses tersebarnya suatu inovasi kedalam suatu system social melalui saluran komunikasi selama periode waktu tertentu. difusi juga merupakan suatu jenis perubahan social yaitu pproses terjadinya perubahan sturktur dan fungus dalam suatu system social. Dalam kaitannya denagn system social. Status keilmiahan(secintifik status of innovation) 5. Bersifat komunikatif 4.

pemuka pendapat. sikap dan keterampilan (menerima atau menolak) terhadap inovasi. sumber (source) adalah sumber penemu inofasi seperti para peneliti. dan pihak lainnya. Sebuah inovasi memiliki komponen ide. Dalam komunikasi inovasi: a. Kontribusi Teori-Teori Komunikasi Dalam Komunikasi Inovasi Teori efek komunikasi: 1. b. saluran (channel) adalah alat atau media dalam menyebar luaskan media (media massa atau media interpersina). agen pembaharu.5. akibat (efek) adalah berupa perubahan prilaku seseorang baik aspek pengetahuan. d. Model Laswell Defenisis komunikasi menurut Harold laswell adlah komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelasakn siapa? Mengatakan apa Kepada Siapa? Dan akibat atau hasil apa? Why? Say What? In wich Channel? To Whom? With What Effect. pesan (massage) c. tetapi banyak inovasi yang tidak mempunya wujud fisik misalnya ideology (adopsi keputusan simbiolis) 6. ilmuan. e. 2. penerima ( recever ) adalah anggota system social. Inovasi yang memiliki komponen ide dan objek (fisik) diadopsi dengan keputusan tindakan (nyata) E. Teori uses and gratification 7 .

system media. maka penting juga bagi masyarakat. Agenda setting a. maka media akan mempengaruhi khalayak untuk menganggapnya penting. berasumsi bahwa jika media member i tekanan pada suatu peristiwa. Tori spiral of silence 8 . pemikiran terpenting dari ini adalah masyarakat modern. kondisi struktur masyarakat untuk kondisi/system pelayanan media. c. dan system social saling berhubungan satu sama lainnya. Bahwa penggunaan media massa memainkan peran aktif untuk memilih dan menggunakan media tersebut. dan lain-lain. Apa yang dianggap penting bagi bagi media maka akan dianggap penting oleh masyarakat. Jika media memberikan tekananpada suatu peristiwa. e. 5. audience menjdai tergantung pada media massa sebagai sumber informasi. b. 3. asumsi teori ini bahwa sifat dan bentuk pengaruh media massa pada khalayak pada media. Di perkenalkan oleh MCcombs dan DL shaw (1972). media massa dianggap sebagai system informasi yang memiliki peran penting dalam proses memelihara. Teori ini pertama kali ditemukan oleh Herbert Blumer dan Elihu Kazt (1974) b. De Fleur b. c. c. Teori dependensi efek komunikasi massa a. teori dasar agenda setting: 1. 2. Penggunaan media massa mencari sumber media yang baik didalam usaha memenuhi kebutuhan. jadi apa yang dianggpa penting media.a. d. dikembangkan oleh Sandra Ball-Rokechdan dan Melvin L. dalam hal ini audience. 4. maka media itu akan mempengaruhi khalayak untuk menganggapanya penting.

8. mengasumsikan bahwa pesan informasi dipersiapkan oleh media dan didistribusikan secara sistematis dalam skkla yang luas. donohew dan tipton (1973) menjelaskan tentang pencariaan. Teori onformasi seeking a. Information gaps a. dikemukakan Elizabeth Noelle-Nevinan(1976). 6.a. dan pemrosesan informasi disebut memiliki akar dari pemikiran psikologi social tentang sikap. salah satu asumsi utamanya adalah bahwa orang cenderung untuk menghindari informasi yang tidak sesuai dengan image of realitynya karena unformasi itu bias saja membahayakan. 7. perkaitan dengan pertanyaan bagaimana terbentuknya pendapat umum. Dalam msayrakat prinsip S-R. Sehingga secara serempak pesan tersebut dapat diterima oleh sejumlah besar individu itu kan merespon informasi itu. terbentuknya pendapat umum ditentukan oleh suatu proses dan persepsi individu tentang penndapatnya dalam hubungannya dengan pendapat orangorang lain dalam masyarakat. diasumsikan bahwa pendapat pribadi sangat bergantung pada apa yang di pikirkan oleh orang lain. b. seorang penerima (receiver) 3. pengindraan. Tori stimulus respons a. c. b. atau bagaimana persepsi yang mengenai pendapat/pandangn orang lain di sekitarnya. efek (respon) b. yang terus sebagian besar dilakukan oleh media massa. 9 meningkat yang . Elemelem utama teori ini menurut McQuail (1996) 1. pemikiran ini terbentuk oleh arus informasi. pesan (stimulus) 2.

b. sebagai pemberi pemecahan persoalan. Agen pembaru = agen perubahan a.9. b. massa cendrung apriori(beranggapan sebelum mengetahui keadaan sebenarnya) dan opini massa cenderung sinis. Fungsi utama agen pembaru adalah a. 3. Teori konstruksi social /media massa a. tahap pembentukan konstruksi 4. menggerakkan masyarakat untuk mau melakukan perubahan. dari konten konstruksi social media massa. sebagai katalisator. bias juga atau tenaga sukarela. agen pembaru tidak selalu orang pemerintah. Agen pembaru Agen pembaru adalah pekerja professional yang berusaha mempengaruhi atau mengarahkan keputusan inovasi orang lain supaya mau mengikuti dengan apa yang diinginkan oleh lembaga pembaharuan dimana dia bekerja. orang swasta 10 . tahap sebaran konstruks 3. menjadi mata rantau penghubung antara dua system social atau lebih. tahap konfirmasi f. System social dalam komunikasi inovasi 1. Sebagi contoh: penyuluhan peertanian lapangan adalah mata rantai yang menghubungkan dinas pertanian dengan para petani. proseske lahiran konstruksi social media massa melalui tahap-tahap berikut: 1. realitas yang terkonstruksi juga membentuk opini massa. tahap yang menyiapkanm materi konstruk 2. 2. b.

legitimator c. simulator 2. a. sebagai penghubung (linker) dengan sumber-sumber yang diperlukan untuk memecahkan masalah yang dihadapi. 4. peranan dalam keputusan inovasi kolektif 1. lebih berorientasi pada klien c. 6. mendiagnisis masalah 3. kerja sama dengan opinion leader/tokoh masyarakat d. merencanakan tindakan pembaruan 5. mendorong atau menciptakan inovasi untuk berubaha pada diri klienn 4. Di dalam proses ini pengambilan keputusan. membangkitkan kebutuhan untuk perubahan 2. memelihara program pembaruan b. d. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembaru.c. 5. kreadibilitas agen pembaru dimata klien. peranan dalam keputusan inovasi opsional 1. Peran agen pembaru dalam penyebaran inovasi ada tiga peran: a. peranan dalam keputusan inovasi otoritas pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak inovasi dalam organisasi formal. Opinion leader 11 . sebagai pembantu proses perubahan: membantu dalam proses pemecahan masalah dan penyebaran inovasi. gencarnya usaha promosi b. inisiator 3.

lebih tinggi pengenalan medianya. c. e. model tunjuk diri Model tunjuk diri yaitu bertanya kepada beberapa warga masyarakat apakah yangn bersangkutan merupakan sumber informasi d. model jenjang informan Model jenjang informan yaitu bertanya kepada beberapa warga masyarakat tentang siapa yang dianggap tokoh/pemimpin didalam masyarakat pada umumnya. pengamatan langsung Model pengamatan langsung yaitu pengamatan langsunt tentang siapasiapa yang dapat dipandang/dinilai sebagai tokoh/pemimpin di masyarakat. Menurut Rogers karakteristik pemuka pendapat yang membedakan dengan yang lainnya: a. Cara atau model menentukan dan Mardikanto: a. lebih tinggi pendidikan formulanya dibandingkan dengan masyarakat ini. b. menelesuri pemuka pendapat menurut anggota 12 . siapa pemimpin/sumber informasi yang bias di hubungi. lebih kosmopolit (mempunyai wawasan dan pengetahuan yang luas).Opinion leader adalah orang yang mempunyai keunggulan di masyarakat kebanyakan. maka sepantasnya jika mempunyai karakteristik yang membedakan dirinya dengan yang lain. partisipasi sosialnya lebih besar f. lebih tinggi status social ekonominya b. lebih inovatif dalam menerima dan mengadopsii de baru d. c. model sosiometri Model sosiometri yaitu cara bertanya kepada beberapa warga masyarakat . 7.

Dalam hal ini.ide-ide baru. komunikasi dimaksud untuk memperkenalkan suatu inovasi kepada khalayak yang banyak dan tersebar luas. cepat dan efisien adalah media massa. Inovasi adalah berasal dari kata innovation yang berarti “Pembaruhan” atau “Perubahan” (secara) baru. 13 . inovasi adalah gagasan.tindakan.BAB III PENUTUP A. “Konsep” baru dalam ide yang inovatif tidak harus baru. Jadi.tindakan/teknologi dari sumber kepada penerima dalam suatu sistem sosia/social change (perubahan perilaku dalam masyarakat). Untuk mengubah sikap dan perilaku penerima secara personal. Kesimpulan Komunikasi adalah alat untuk menyampaikan pesan-pesan inovasi dari sumber kepada penerima. atau barang yang dianggap baru oleh seseorang. Jika suatu ide dianggap baru adalah inovasi untuk orang itu. maka saluran komunikasi yang lebih tepat. Komunikasi Inovasi adalah Presas penyampaian pesan-pesan inovasi berupa gagasa. diartikan sebagai “Penemuan” penemuan yang mempunyai makna penemuan sesuatu yang telah ada sebelumnya. kebaruan inovasi diukur secar subjektif menurut pandangan induvidu yang menerimanya.