Resep Cupcake Enak

POSTED BY MONRAPHITA ⋅ JUNE 2, 2011 ⋅ 2 COMMENTS

Cupcakes! Kue-kue imut yang cantik dan manis adalah kue kesukaan gue semenjak gue kecil. Dulu kalau ada yang ulang tahun, biasanya pada bawa cupcakes buat dibagi-bagiin ke temen. Guru sekolah Minggu gue waktu gue SD, seorang mahasiswi, juga rajin banget bikinin kami cupcakes buat jadi oleh-oleh setelah sekolah Minggu. Intinya, I grew up munching cupcakes which is probably one of the reasons I have one hell of a sweet tooth now Sampai sekarang, di Indonesia gue belum nemu cupcakes (yang dijual) yang rasanya American, yang bener-bener enak kayak di US. Bahkan, cupcake yang dijual di mall kelas atas dengan harga 20ribu ++ per cupcake memiliki rasa yang biasa-biasa aja, manis doanglah. Oleh karena itu kalau bener-bener pengen cupcake, mending gue bikin dengan mengacu pada resep luar negeri biar cita rasanya juga cita rasa Amerika yang amat gue rindukan. Mungkin pecinta Star World cem gue tau TV seri DC Cupcakes, sebuah reality show tentang bisnis kakak beradik yaitu toko cupcake laris manis yang bernama Georgetown Cupcake. Karena penasaran seenak apa cupcakenya sampe orang ngantri lama begitu, gue mencari-cari resepnya dan menemukannya!

Cupcake Vanilla dengan Frosting Vanilla (Frosting=Krim)
Resep ini gue ambil dari Brown Eyed Baker. Ceritanya, sang penulis habis nyobain Georgetown Cupcake dan Baked and Wired, dua bakery teranyar di kawasan Washington DC, Amerika Serikat. Terinspirasi dari wisata kulinernya, dia membagikan resep cupcake yang cukup basic atau mendasar yaitu cupcake vanilla dengan krim vanilla. Ini bisa dimodif sesuai kreativitas, entah ditambah cocoa, kopi, pisang, minuman keras, ekstrak buah, potongan-potongan Beng-Beng, meses, kismis, maple syrup, wortel, peanut butter..pokoknya silahkan berkreasi!

dan kuning telur. 2. Posisikan rak oven di tengah oven. Lapisi tempat panggangan cupcake/muffin dengan kertas cupcake (bisa dibeli di supermarket atau toko bahan kue) 2. tusuk dengan tusuk gigi dan lihat tusuk giginya bersih atau ada adonan. Campur dengan kecepatan Medium- .bagi yang emang boleh dan pengen citarasa yang oke. Bagi adonan secara rata di panggangan cupcake.. dan vanilla. Mix dengan kecepatan Medium sampai halus dan menyerupai satin selama sekitar 30 detik. telur. 3. Begitu semua gulanya udah masuk. Panggang sampai permukaan atas cupcake pucat keemasan (selama 20-24 menit). mix butter selama 5 menit dengan berhenti sekali-sekali untuk mencampurkan sisa-sisa butter yang menempel di sisi wadah. Panaskan oven ke 180 C. gula. Gunakan mixer dengan laju medium-high. silahkan pakai bahan spesial ini Cara Bikin Kuenya: 1. Bahan Buttercream Frosting 1 cup (8 ons) butter tawar pada suhu ruangan 320 gram gula halus 1 sdm ekstrak vanilla Cara Bikin Buttercream Frosting: 1. pada suhu ruangan 117 mL sour cream 1 telur berukuran besar .ekstrak vanilla itu menjanjikan citarasa yang lebih kaya. dan garam dalam wadah mixer. Dinginkan di suhu ruangan sebelum diberi krim/frosting. sebotol kecil harganya sekitar 24ribu rupiah.Bahan-Bahan Cupcake Vanilla: 192 gram tepung terigu all purpose 201 gram gula putih biasa (kayak Gulaku gitu loh) 1½ sdt (6 gram) baking powder ½ sdt (3 gram) garam 8 sdm butter tawar (atau 1 batang). Campur tepung. Kurangi kecepatan mixer jadi Low dan tambahkan sedikit demi sedikit gula halus. sour cream. di Indonesia gue udah ketemu ekstrak vanilla yang diproduksi Java Spices. atur kecepatan mixer jadi Medium-High dan tambahkan ekstrak vanilla. baking powder. pada suhu ruangan 2 kuning telur berukuran besar . Tambahkan butter. Jangan lupa adonan yang nempel di sisi-sisi wadah disendok dengan spatula karet. Campur dengan tangan bersih sampai tidak ada kantung-kantung yang timbul dari tepung. Untuk memeriksa cupcake sudah jadi atau belum.sayangnya ekstrak vanilla itu mengandung alkohol 40% jadi gak semua bisa mengonsumsi.. pada suhu ruangan 1½ sdt ekstrak vanilla –> yang disarankan di resep ini adalah ekstrak vanilla bukan kristal vanilli yang lebih umum kita jumpai di supermarket Indonesia (dan lebih murah)..

Alat decor untuk ngeluarin krim secara cantik dan estetik. atau supermarket besar seperti Carrefour (kadang lengkap. Kalau mau tetep pake itu. tablespoon. Itu untuk di Jakarta sih. tergantung sikon). keluarkan dan normalkan suhu sampai suhu ruangan dan campur dulu krimnya sebelom dipakai. Ingredients (toko bahan kue di Kebon Jeruk). Alat versi plastik dan versi terjangkaunya pernah gue temukan di supermarket Hero. krimnya masukin plastik kiloan terus salah satu sudutnya digunting (kecil atau sedang. teaspoon. kalau untuk di daerah.High sampai rata dan krim menjadi ringan dan fluffy selama kurang lebih 2 menit. mungkin bisa bagi-bagi info via comments hehe . kadang gak lengkap. dan lainnya bisa dicari di supermarket gourmet kelas atas seperti Kem Chicks. Sebenernya kalau mau simpel banget. Untuk bahan impor yang agak sulit didapatkan di supermarket biasa seperti: cream cheese. dan Ranch Market. Kalau mau dipake lagi. dan lainnya yang tidak begitu umum di dapur Indonesia. sour cream. Jangan lupa krim yang nempel di sisi-sisi wadah ikut di-mix juga. tidak terlalu besar sehingga lubang terlalu besar dan krim tidak keluar secara terkendali) Untuk variasi resep silahkan buka post yang saya rekomendasikan: Top 10 List: Favorite Cupcake Recipes Bake at 350 Cake Journal –> lebih menyorot teknik menghias kue dengan apik dan cantik My Baking Addiction –> berisi resep-resep dan teknik-teknik dasar dan substitusi yang kreatif dan bikin penasaran Kebanyakan resep internasional dari Amerika Serikut memakai satuan US seperti cup. bisa dengan bantuan alat penakar cup dan spoon yang bisa dibeli di supermarket besar seperti Carrefour atau bisa juga di Ace Hardware. Buttercreamnya jadi deh! Bisa dimasukin ke alat pencetan krim buat menghias cupcake atau dioles secara langsung biar cupcake simpel dan minimalis Sisa creamnya bisa disimpan dalam wadah tertutup seperti Lock and Lock dan ditaruh di dalam lemari es. jujur saya kurang tahu.

S.com/2011/06/02/resep-cupcake-enak/ . Di Atau. bisa lihat konversi di link berikut:    Cup to Gram Conversions Commonly Used Measurements & Equivalents Conversions: U. Standard to Metric Link : http://monicantik. kalau keukeuh dengan satuan ukur yang biasa digunakan.wordpress.Contoh alat penakar ukuran Cup (kiri) dan Spoon (kanan).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful