P. 1
Gatekeeper

Gatekeeper

|Views: 111|Likes:
Published by Ilham Haji Prabowo

More info:

Published by: Ilham Haji Prabowo on May 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/11/2012

pdf

text

original

Gatekeeper Gatekeeper adalah sebuah entitas H.

323 pada jaringan yang menyediakan layangan seperti address translation dan network access control untuk H.323 terminals, gateways, dan MCUs. Gatekeeper juga dapat menyediakan beberapa layanan lain seperti manajemen bandwith, accounting dan masih banyak lagi. Gatekeeper secara logis terpisah dari endpoint H.323 seperti terminal dan gateway. Mereka adalah opsional pada jaringan H.323. Tetapi jika sebuah gatekeeper hadir, endpoint harus menggunakan layanan yang diberikan. Gatekeeper Zona dan Subnets

Zona A adalah kumpulan node H.323 seperti gateway, terminal, dan MCUs terdaftar dengan gatekeeper. Hanya ada satu gatekeeper aktif per zona. Zona ini dapat overlay subnet dan satu gatekeeper dapat mengatur gateway dalam satu atau beberapa subnet.

Fungsi Gatekeeper

Standar H.323 mendefinisikan wajib dan opsional fungsi gatekeeper: Wajib Gatekeeper Fungsi

1. Address Translation - Menerjemahkan H.323 ID (seperti gwy1@domain.com) dan E.164 nomor (nomor telepon standar) ke alamat IP endpoint.

2. Admission Control - Kontrol titik akhir masuk ke dalam jaringan H.323. Untuk mencapai hal ini, penjaga gerbang menggunakan ini:

2. H.225 Registration, Admission, and Status (RAS) messages 3. Admission Request (ARQ)

4. Admission Confirm (ACF) 5. Admission Reject (ARJ)

Bandwidth Control-Terdiri dari pengelolaan kebutuhan bandwidth titik akhir. Untuk mencapai hal ini, penjaga gerbang ini menggunakan H.225 RAS pesan:

# Bandwidth Request (BRQ) # Bandwidth Confirm (BCF) # Bandwidth Reject (BRJ)

Zona-Manajemen Para gatekeeper menyediakan manajemen zona untuk semua endpoint terdaftar di zona itu, misalnya, kontrol dari proses pendaftaran titik akhir.

Fungsi Opsional Gatekeeper

# Call Authorization - Dengan pilihan ini, gatekeeper dapat membatasi akses ke terminal tertentu atau gateway dan / atau memiliki waktu-of-hari kebijakan membatasi akses.

# Call Management - Dengan pilihan ini, penjaga gerbang menangani informasi panggilan aktif dan menggunakannya untuk menunjukkan titik akhir sibuk atau mengarahkan panggilan.

# Bandwidth Management - Dengan pilihan ini, gatekeeper dapat menolak masuk ketika bandwidth yang dibutuhkan tidak tersedia.

# Call Control Signaling - Dengan pilihan ini, gatekeeper dapat rute panggilan-sinyal pesan antara endpoint H.323 dengan penggunaan model Gatekeeper-Routed Call Signaling (GKRCS). Atau, memungkinkan endpoint untuk mengirim panggilan H.225call signaling langsung satu sama lain.

H.323 Protocol Suite

H.323 protocol suite dibagi menjadi tiga bidang utama kontrol:

# RAS (H.225) sinyal # Call Control / Call Setup (H.225) # Media Control and Transport (H.245) signaling

Sumber http://www.cisco.com/en/US/tech/tk1077/technologies_tech_note09186a00800c5e0d.shtml#gatekeeperdef

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->