Sinopsis

Tari Kebyok Anting-anting ini merupakan tari kreasi baru. Berdasar dari arti bahasanya, Kebyok merupakan sebutan alat pemukul kasur. Adapun kebyok yang digunakan dalam tarian ini berupa rumbai-rumbai semacam pom-pom yang biasanya digunakan oleh cheerleaders. Pom-pom ini terbuat dari rafia yang disisir sampai halus. Sedangkan makna dari anting-anting adalah mengayunkan. Jadi tari Kebyok anting-anting dapat diartikan sebagai tarian kegembiraan dan keceriaan anak-anak dalam memainkan pom-pom. Tarian ini ditarikan oleh empat siswa SD Muhammadiyah Kadisoka. Mereka menampilkan gerakan-gerakan dalam mengayunkan/ bermain pom-pom yang seirama dengan musik yang mengiringinya. Dengan kepolosan dan tingkah polah mereka yang kenes dapat menghibur siapa saja yang melihatnya. Keceriaan dan kekompakan mereka dapat kita lihat dalam Tari Kebyok Anting-Anting. Selamat menyaksikan... Penari : Nasatra Vanya Tatia Kamal, Amalia Putri Solikhati, Zulfa Aisyah Subhiyah, Dhia Camelia Ramadhani Zain. Pelatih : Oktaviana Maya Dewi. Supervisor : Mustamin Amir, S.Pd.

Latar Belakang
1

Tarian ini dipilih karena sesuai dengan usia anak-anak yang masih senang bermain. Gerakangerakan dalam tarian ini sederhana dan khas anak-anak sehingga memudahkan mereka dalam mengingat setiap gerakan dalam tarian ini. Kebyok yang digunakan dalam tarian ini berupa rumbai-rumbai semacam pom-pom yang biasanya digunakan oleh cheerleaders untuk memberi semangat pemain basket. Dalam pementasan kali ini. mengungkapkan perasaan. dan tari kreasi baru. Menurut jenisnya. tari digolongkan menjadi tari rakyat. Tari rakyat yaitu tarian yang diciptakan oleh satu masyarakat ditempat yang berbedabeda. 2 . Selain itu mereka menggunakan properti pompom yang dapat mereka buat sendiri. Sintren. Sedangkan Tari kreasi baru adalah tari-tari klasik yang dikembangkan sesuai dengan perkembangan jaman dan diberi nafas Indonesia baru. tari klasik. Sedangkan makna dari anting-anting adalah mengayunkan. Contohnya Tari Kupu-Kupu. antara usia 9-12 tahun. lengger. yaitu. Kebyok merupakan sebutan alat pemukul kasur. Contoh tari kreasi baru adalah karya-karya dari Bagong Kusudiarjo dari padepokan Bagong Kusudiarjo dan Untung Muljono dari sanggar Kembang Sore dari Yogyakarta. Bunyibunyian yang disebut musik pengiring tari mengatur gerakan penari dan memperkuat maksud yang ingin disampaikan. lawung alit. Tari ini merupakan tari daerah kreasi baru. srimpi. Tari Roro Ngigel. Contoh tari klasik adalah bedaya. Tari ini biasanya hidup di lingkungan keraton. Keceriaan mereka dapat tersalurkan dalam gerakan-gerakan yang ritmis dan dinamis. Tari klasik adalah tari yang mengalami kristalisasi keindahan yang tinggi dan sudah ada sejak jaman feodal. dll. lawung ageng. Tari Merak. Berdasar dari arti bahasanya. Salah satu contoh kreasi baru yang lain adalah Tari Kebyok Anting-Anting. dan pikiran. tayub. maksud.Tari adalah gerak tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan. Pom-pom ini terbuat dari rafia yang disisir sampai halus. Contoh dari tarian rakyat ini antara lain.

Nama Tari Tarian yang akan dipentaskan bernama “Tari Kebyok Anting-Anting” Durasi Pementasan Pementasan tari Kebyok Anting. Misalnya. Tujuan dan Manfaat Adapun tujuan dan manfaat dari tarian ini antara lain untuk melestarikan permainanpermainan tradisional yang saat ini sudah dianggap kuno tapi sebenarnya mengandung nilai budaya dan filosofis yang tinggi. S. Selain itu memberi ajaran yang kreatif. Zulfa Aisyah Subhiyah. Selain itu juga gerakan-gerakan dalam tarian juga menuntut kekompakan anak-anak. Dengan didampingi Oktaviana Maya Dewi sebagai pelatih dan Pak Mustamin Amir. Amalia Putri Solikhati. dalam membuat pom-pom mendidik mereka agar mempunyai kreativitas dan jiwa seni. TARI KEBYOK ANTING-ANTING 3 . mengajarkan mereka untuk bersosialisasi sehingga diharapkan anak nanti juga menerapkan teposeliro.Anting ini berdurasi 5 menit. tenggang rasa dengan sesamanya sehingga kedepannya nanti mereka dapat menjadi generasi penerus bangsa yang berakhlak baik.Pd selaku Kepala Sekolah. Jadi dengan tari kebyok anting-anting ini diharapkan dapat memupuk jiwa seni juga menumbuhkan kreativitas dalam diri anak didik dari hal yang ringan sesuai dengan usianya. Pelaku Siswa kelas 3 SD Muhammadiyah Kadisoka: Nasatra Vanya Tatia Kamal. dan edukatif. Dhia Camelia Ramadhani Zain. beradab dan berjiwa seni tinggi.

Penari : Nasatra Vanya Tatia Kamal Amalia Putri Solikhati Zulfa Aisyah Shubiyah Dhia Camelia Ramadhani Zain SD MUHAMMADIYAH KADISOKA KALASAN SLEMAN Jl. Jambu Kadisoka Purwomartani Kalasan Sleman 4 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful