SISTEM PENCERNAAN DAN PENYERAPAN MAKANAN PADA MANUSIA

Anda mencari informasi Sistem Pencernaan Pada Manusia? nah disini Tourworldinfo Community akan sedikit memberikan penjelasan mengenai berbagai macam Sistem Pencernaan Pada Manusia, Contoh Sistem Pencernaan Pada Manusia. Apa yang dimaksud dengan Sistem Pencernaan Pada Manusia dan apa saja yang berupa Sistem Pencernaan Pada Manusia? Well, kita lihat penjelasannya disini. Tubuh manusia terdiri dari bagian-bagian susunan yang sangat kompleks. Salah satu yang susunan yang cukup kompleks adalah Sistem Pencernaan Pada Manusia. Sistem ini berfungsi untuk menerima asupan makanan untuk kemudian dicerna dan pada akhirnya akan dibuang lagi melalui dubur berupa sisa prosesnya. Sari dari asupan itu sendiri akan diserap oleh tubuh. Sistem Pencernaan Pada Manusia berdasarkan urutannya yaitu asupan akan diproses mulai dari Kelenjar Ludah, Parotis, Submandibularis (bawah rahang), Sublingualis (bawah lidah), Rongga Mulut, Amandel, Lidah, Esofagus, Pankreas, lalu ke Lambung. Setelah itu akan berlanjut lagi ke Saluran Pankreas, Hati, Kantung Empedu, Duodenum, Saluran Empedu, Kolon, Kolon Transversum, Kolon Ascenden, Kolon Descenden, Ileum, Sekum, Appendiks, Rektum, dan yang terakhir akan dibuang melalui Anus. Bagi yang ingin mengetahui penjelasan tentang Sistem Pencernaan Pada Manusia secara lengkap yuks kita lihat penjabarannya dibawah ini :

Gambar Sistem Pencernaan Pada Manusia

A. Organ-Organ Pencernaan Proses pencernaan merupakan suatu proses yang melibatkan organ-organ pencernaan dan kelenjar-kelenjar pencernaan. Antara proses dan organ-organ serta kelenjarnya merupakan kesatuan sistem pencernaan. Sistem pencernaan berfungsi memecah bahanbahan makanan menjadi sari-sari makanan yang siap diserap dalam tubuh. Berdasarkan prosesnya, pencernaan makanan dapat dibedakan menjadi dua macam seperti berikut : 1. Proses mekanis, yaitu pengunyahan oleh gigi dengan dibantu lidah serta peremasan yang terjadi di lambung. 2. Proses kimiawi, yaitu pelarutan dan pemecahan makanan oleh enzim-enzim pencernaan dengan mengubah makanan yang bermolekul besar menjadi molekul yang berukuran kecil. Makanan mengalami proses pencernaan sejak makanan berada di dalam mulut hingga proses pengeluaran sisa-sisa makanan hasil pencernaan. Adapun proses pencernaan makanan meliputi hal-hal berikut : 1. Ingesti: pemasukan makanan ke dalam tubuh melalui mulut. 2. Mastikasi: proses mengunyah makanan oleh gigi. 3. Deglutisi: proses menelan makanan di kerongkongan. 4. Digesti: pengubahan makanan menjadi molekul yang lebih sederhana dengan bantuan enzim, terdapat di lambung. 5. Absorpsi: proses penyerapan, terjadi di usus halus. 6. Defekasi: pengeluaran sisa makanan yang sudah tidak berguna untuk tubuh melalui anus. Saat melakukan proses-proses pencernaan tersebut diperlukan serangkaian alat-alat pencernaan sebagai berikut: 1. Mulut Makanan pertama kali masuk ke dalam tubuh melalui mulut. Makanan ini mulai dicerna secara mekanis dan kimiawi. Di dalam mulut seperti Gambar 6.1, terdapat beberapa alat yang berperan dalam proses pencernaan yaitu gigi, lidah, dan kelenjar ludah (glandula salivales).

A. Gigi

Pada manusia, gigi berfungsi sebagai alat pencernaan mekanis. Di sini, gigi membantu memecah makanan menjadi potongan-potongan yang lebih kecil. Hal ini akan membantu enzim-enzim pencernaan agar dapat mencerna makanan lebih efisien dan cepat. Selama pertumbuhan dan perkembangan, gigi manusia mengalami perubahan, mulai dari gigi susu dan gigi tetap (permanen). Gigi pertama pada bayi dimulai saat usia 6 bulan. Gigi pertama ini disebut gigi susu (dens lakteus). Pada anak berusia 6 tahun, gigi berjumlah 20, dengan susunan sebagai berikut : 1) Gigi seri (dens insisivus), berjumlah 8 buah, berfungsi memotong makanan. 2) Gigi taring (dens caninus), berjumlah 4 buah, berfungsi merobek makanan. 3) Gigi geraham kecil (dens premolare), berjumlah 8 buah, berfungsi mengunyah makanan. Struktur luar gigi terdiri atas bagian-bagian berikut: 1) Mahkota gigi (corona) merupakan bagian yang tampak dari luar. 2) Akar gigi (radix) merupakan bagian gigi yang tertanam di dalam rahang. 3) Leher gigi (colum) merupakan bagian yang terlindung oleh gusi. Adapun penampang gigi dapat diperlihatkan bagianbagiannya sebagai berikut: 1) Email (glazur atau enamel) merupakan bagian terluar gigi. Email merupakan struktur terkeras dari tubuh, mengandung 97% kalsium dan 3% bahan organik. 2) Tulang gigi (dentin), berada di sebelah dalam email, tersusun atas zat dentin. 3) Sumsum gigi (pulpa), merupakan bagian yang paling dalam. Di pulpa terdapat kapiler, arteri, vena, dan saraf. 4) Semen merupakan pelapis bagian dentin yang masuk ke rahang.

B. Lidah

Lidah dalam sistem pencernaan berfungsi untuk membantu mencampur dan menelan makanan, mempertahankan makanan agar berada di antara gigi-gigi atas dan bawah saat makanan dikunyah serta sebagai alat perasa makanan. Lidah dapat berfungsi sebagai alat perasa makanan karena mengandung banyak reseptor pengecap atau perasa. Lidah tersusun atas otot lurik dan permukaannya dilapisi dengan lapisan epitelium yang banyak mengandung kelenjar lendir (mukosa). C. Kelenjar ludah Terdapat tiga pasang kelenjar ludah di dalam rongga mulut, yaitu glandula parotis, glandula submaksilaris, dan glandula sublingualis atau glandula submandibularis. Amati gambar 6.4 agar Anda mengenali letak ketiga kelenjar ludah tersebut. Air ludah berperan penting dalam proses perubahan zat makanan secara kimiawi yang terjadi di dalam mulut. Setelah makanan dilumatkan secara mekanis oleh gigi, air ludah berperan secara kimiawi dalam proses membasahi dan membuat makanan menjadi lembek agar mudah ditelan. Ludah terdiri atas air (99%) dan enzim amilase. Enzim ini menguraikan pati dalam makanan menjadi gula sederhana (glukosa dan maltosa). Makanan yang telah dilumatkan dengan dikunyah dan dilunakkan di dalam mulut oleh air liur disebut bolus. Bolus ini diteruskan ke sistem pencernaan selanjutnya. 2. Kerongkongan (Esofagus) Kerongkongan merupakan saluran panjang (± 25 cm) yang tipis sebagai jalan bolus dari mulut menuju ke lambung. Fungsi kerongkongan ini sebagai jalan bolus dari mulut menuju lambung. Bagian dalam kerongkongan senantiasa basah oleh cairan yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar yang terdapat pada dinding kerongkongan untuk menjaga agar bolus menjadi basah dan licin. Keadaan ini akan mempermudah bolus bergerak melalui kerongkongan menuju ke lambung. Bergeraknya bolus dari mulut Ke lambung melalui kerongkongan disebabkan adanya gerak peristaltik pada otot dinding kerongkongan. Gerak peristaltik dapat terjadi karena adanya kontraksi otot secara bergantian pada lapisan otot yang tersusun secara memanjang dan melingkar. Proses gerak bolus di dalam kerongkongan menuju lambung

epiglotis yang seperti gelambir mengendur sehingga udara masuk ke paru-paru. makanan dikunyah dan ditelan masuk ke dalam kerongkongan. Sewaktu makanan bergerak menuju kerongkongan. Ketika makan. terletak di bawah sekat rongga badan. epiglotis akan menutup sehingga makanan tidak masuk trakea dan paru-paru tetapi makanan tetap masuk ke kerongkongan. merupakan bagian yang berbatasan dengan esofagus.Sebelum seseorang mulai makan. Sementara itu. Sementara itu. dan lipase. Apabila otototot ini berkontraksi. langit-langit lunak beserta jaringan mirip gelambir di bagian belakang mulut (uvula) terangkat ke atas dan menutup saluran hidung. Sementara itu. meremas. Di kerongkongan. Getah ini dihasilkan oleh kelenjar yang terletak pada dinding lambung di bawah fundus. b. yang berbatasan dengan usus halus. Lambung Lambung merupakan saluran pencernaan yang berbentuk seperti kantung. Otot-otot lambung ini dapat berkontraksi seperti halnya otot-otot kerongkongan. Bagian bawah disebut pilorus. yang sebagian besar terdiri atas air. Anda dapat mengetahui bahwa lambung terdiri atas tiga bagian sebagai berikut: a. dan mencampur bolus-bolus tersebut menjadi kimus (chyme). Getah lambung juga mengandung HCl/asam lambung dan enzim-enzim pencernaan seperti renin. pepsinogen. Dengan mengamati Gambar 6. dan dapat beregenerasi bila cidera. Asam lambung memiliki beberapa fungsi berikut: . Getah lambung mengandung bermacam-macam zat kimia. Bagian atas disebut kardiak. 3. otot-otot tersebut menekan. Getah lambung ini dapat dihasilkan akibat rangsangan bolus saat masuk ke lambung. pencernaan secara kimiawi dibantu oleh getah lambung. merupakan bagian badan atau tengah lambung. c.Daerah perbatasan antara lambung dan kerongkongan terdapat otot sfinkter kardiak yang secara refleks akan terbuka bila ada bolus masuk.5. bagian belakang mulut (atas) terbuka sebagai jalannya udara dari hidung. sedangkan bagian dalam dinding lambung menghasilkan lendir yang berfungsi melindungi dinding lambung dari abrasi asam lambung. Bagian tengah disebut fundus. di bagian pilorus terdapat otot yang disebut sfinkter pilorus. sewaktu makanan bergerak ke arah tutup trakea.

lipase berfungsi mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol. Menetralkan sifat alkali bolus yang datang dari rongga mulut. Selanjutnya. Kimus yang berasal dari lambung mengandung molekulmolekul pati yang telah dicernakan di mulut dan lambung. dan semua molekul lemak dicerna menjadi molekul .a. kimus akan masuk ke usus halus melalui suatu sfinkter pilorus yang berukuran kecil. semua molekul pati dicernakan lebih sempurna menjadi molekul-molekul glukosa. b. 4. c. sehingga dapat membunuh kuman yang ikut masuk ke lambung bersama bolus. maka kimus didorong masuk ke usus halus sedikit demi sedikit. Merangsang sekresi getah usus. Mengasamkan lambung (pH turun 1–3). panjangnya ± 7 m. Usus halus Usus halus merupakan saluran berkelok-kelok yang panjangnya sekitar 6–8 meter. panjangnya ± 1 m. Enzim renin dalam getah lambung berfungsi mengendapkan kasein atau protein susu dari air susu. Sementara itu molekul-molekul protein dicerna menjadi molekul-molekul asam amino. Sementara itu. Pepsin ini berfungsi memecah molekul-molekul protein menjadi molekulmolekul peptida. molekul-molekul protein yang telah dicernakan di lambung. molekul-molekul lemak yang belum dicernakan serta zat-zat lain. Mengaktifkan beberapa enzim yang terdapat dalam getah lambung. Lakukan eksperimen berikut untuk mengetahui pengaruh lipatan terhadap proses penyerapan. Selama di usus halus. f. c. jejunum (usus kosong). misalnya pepsinogen diubah menjadi pepsin. Mengubah kelarutan garam mineral. panjangnya ± 25 cm. Apabila otot-otot ini berkontraksi. d. Mengatur membuka dan menutupnya katup antara lambung dan usus dua belas jari. Lambung dalam suasana asam dapat merangsang pepsinogen menjadi pepsin. Usus halus terbagi menjadi tiga bagian seperti berikut: a. Enzim ini aktif memecah protein dalam bolus menjadi proteosa dan pepton yang mempunyai ukuran molekul lebih kecil. e. ileum (usus penyerapan). lebar 25 mm dengan banyak lipatan yang disebut vili atau jonjot-jonjot usus. duodenum (usus 12 jari). Vili ini berfungsi memperluas permukaan usus halus yang berpengaruh terhadap proses penyerapan makanan. b.

Dalam sistem pencernaan. Perhatikan Gambar 6. berguna sebagai pelarut utama. Cairan ini dihasilkan oleh hati.9. 86% berupa air. . Pencernaan makanan yang terjadi di usus halus lebih banyak bersifat kimiawi. hati berfungsi sebagai pembentuk empedu. cairan empedu berfungsi menetralkan asam klorida dalam kimus. Hati merupakan kelenjar pencernaan terbesar dalam tubuh yang beratnya ± 2 kg. Cairan empedu tersusun atas bahan-bahan berikut. Dalam proses pencernaan ini. dan merangsang gerak peristaltik usus. Cairan Empedu Cairan empedu berwarna kuning kehijauan. Getah pencernaan yang berperan di usus halus ini berupa cairan empedu. Hati. pankreas. menghentikan aktivitas pepsin pada protein. Getah ini bercampur dengan kimus di dalam usus halus. dan kelenjar-kelenjar yang terdapat di dalam dinding usus halus mampu menghasilkan getah pencernaan. mengandung natrium karbonat yang mengakibatkan empedu bersifat alkali. 3) Garam empedu. mengandung mucin dan garam empedu yang berperan dalam pencernaan makanan. Selain itu. Selain itu.gliserol dan asam lemak. berguna untuk membasahi dan melicinkan duodenum agar tidak terjadi iritasi pada dinding usus. tempat penimbunan zat-zat makanan dari darah dan penyerapan unsur besi dari darah yang telah rusak. pembentukan fibrinogen dan heparin untuk disalurkan ke peredaran darah serta pengaturan suhu tubuh. hati juga berfungsi membentuk darah pada janin atau pada keadaan darurat. Empedu mengalir dari hati melalui saluran empedu dan masuk ke usus halus. empedu berperan dalam proses pencernaan lemak. B. 1) Air. dan tidak mengandung enzim. Garam empedu juga berfungsi menurunkan tegangan permukaan lemak dan air (mengemulsikan lemak). Getah Pankreas Getah pankreas dihasilkan di dalam organ pankreas. 2) Mucin. dan getah usus. getah pankreas. A. Akan tetapi. lemak harus bereaksi dengan empedu terlebih dahulu. Berbagai macam enzim diperlukan untuk membantu proses pencernaan kimiawi ini. yaitu sebelum lemak dicernakan.

berfungsi membantu mempercepat proses pemecahan peptida menjadi asam amino. 3) Laktase. Getah pankreas ini dari pankreas mengalir melalui saluran pankreas masuk ke usus halus. 2) Maltase. 1) Sukrase. asam amino. Getah usus mengandung enzim-enzim seperti berikut. Penyerapan Fe++ terjadi di duodenum dan jejunum. Proses penyerapan di usus halus ini dilakukan oleh villi . 4) Enzim peptidase. yaitu lipase yang membantu dalam pemecahan lemak. tripsin membantu dalam pemecahan protein. Vitamin-vitamin yang larut dalam lemak. Sepanjang usus halus sangat efisien dalam penyerapan Na+. berfungsi membantu mempercepat proses pemecahan laktosa menjadi glukosa dan galaktosa. C. Hormon ini dikeluarkan oleh sel-sel berbentuk pulaupulau yang disebut pulau-pulau langerhans. HCO3 –. Penyerapan mineral sangat beragam berkaitan dengan sifat kimia tiap-tiap mineral dan perbedaan struktur bagianbagian usus. Insulin ini berfungsi menjaga gula darah agar tetap normal dan mencegah diabetes melitus. Selain itu vitamin dan mineral juga diserap. dan amilase membantu dalam pemecahan pati. Dalam pankreas terdapat tiga macam enzim. berfungsi membantu mempercepat proses pemecahan sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa. Getah Usus Pada dinding usus halus banyak terdapat kelenjar yang mampu menghasilkan getah usus. asam lemak. sedangkan vitamin yang larut dalam air penyerapannya dilakukan oleh jonjot usus. tetapi tidak untuk Cl –. dan gliserol hasil pencernaan terakhir di usus halus mulai diabsorpsi atau diserap melalui dinding usus halus terutama di bagian jejunum dan ileum.Pankreas ini berperan sebagai kelenjar eksokrin yang menghasilkan getah pankreas ke dalam saluran pencernaan dan sebagai kelenjar endokrin yang menghasilkan hormon insulin. Ion K+ penyerapannya terbatas di jejunum. dan ion-ion bivalen. berfungsi membantu mempercepat proses pemecahan maltosa menjadi dua molekul glukosa. Monosakarida. penyerapannya bersama dengan pelarutnya.

Defekasi diawali dengan terjadinya penggelembungan bagian rektum akibat suatu rangsang yang disebut refleks gastrokolik. Usus besar Usus besar atau kolon memiliki panjang ± 1 meter dan terdiri atas kolon ascendens. Di dalam villi ini terdapat pembuluh darah. yaitu kolon ascendens. yaitu ke dalam pembuluh kil (limfa). dan sel goblet. 5. kolon transversum. yang mampu membentuk vitamin K dan B12. emulsi lemak menuju vena sedangkan garam empedu masuk ke dalam darah menuju hati dan dibentuk lagi menjadi empedu. Di antara intestinum tenue (usus halus) dan intestinum crassum (usus besar) terdapat sekum (usus buntu). Zat-zat sisa ini masih mengandung banyak air dan garam mineral yang diperlukan oleh tubuh. asam lemak dilepaskan. Emulsi lemak bersama gliserol diserap ke dalam villi. Air dan garam mineral kemudian diabsorpsi kembali oleh dinding kolon. Lemak yang terbentuk masuk ke tengah villi. Zat-zat sisa berada dalam usus besar selama 1 sampai 4 hari.(jonjot-jonjot usus). sedangkan asam lemak bereaksi terlebih dahulu dengan garam empedu membentuk emulsi lemak. Zat-zat sisa di dalam usus besar ini didorong ke bagian belakang dengan gerakan peristaltik. Selanjutnya di dalam villi. zat-zat sisa ini terdorong sedikit demi sedikit ke saluran akhir dari pencernaan yaitu rektum dan akhirnya keluar dengan proses defekasi melewati anus. Di sini asam amino dan glukosa diserap dan diangkut oleh darah menuju hati melalui sistem vena porta hepatikus. Pada ujung sekum terdapat tonjolan kecil yang disebut appendiks (umbai cacing) yang berisi massa sel darah putih yang berperan dalam imunitas. Kemudian akibat adanya aktivitas kontraksi rektum dan otot . kemudian asam lemak mengikat gliserin dan membentuk lemak kembali. Melalui pembuluh kil. Bahan-bahan yang tidak dapat diserap di usus halus akan didorong menuju usus besar (kolon). Selanjutnya dengan gerakan peristaltik. pembuluh kil (limfa). dan kolon descendens. Pada saat itu terjadi proses pembusukan terhadap zat-zat sisa dengan dibantu bakteri Escherichia coli.

bukan asal masuk ke dalam tubuh saja. Minum es memang segar tapi air itu akan membekukan makanan berminyak yang kita santap. Bayangin aja beberapa hari tanpa minum atau makan sama sekali. Kebiasaan Umum yang Salah dalam Mengkonsumsi Minuman/Makanan Makan dan minum merupakan kegiatan yang sangat penting bagi manusia dan semua makhluk hidup umumnya. karena merupakan salah satu salah satu cara untuk memperoleh unsur-unsur yang diperlukan tubuh seperti karbohidrat. Kenapa begitu?!! Karena ini berhubungan dengan serangan jantung. Biasanya serangan jantung mulai terasa pada tangan sebelah kiri. lemak. pasti tubuh jadi lemas lunglai.! Lebih baik meniru kebiasaan orang China atau Jepang. . tetapi malah mendatangkan penyakit. minum air hangat sewaktu/sesudah makan. Jika sudah begini bisa-bisa bukan unsur hara yang terserap oleh tubuh. Jadi wajar jika dikategorikan ke dalam kebutuhan primer. Tanda-tanda lainnya adalah rasa capai/lelah dan berkeringat. Karena air panas akan mencairkan segala makanan berlemak sehingga mudah diserap tubuh. Jadi waspadalah. banyak sekali kebiasaan yang salah dalam mengkonsumsi minuman/makanan tetapi umum dilakukan termasuk saya sendiri dan ternyata akibatnya fatal. Minum es setelah makan Bagi penggemar es berhati-hatilah. Jika lemak berkumpul maka akan mengakibatkan kegemukan dan tentu saja menyumbat pembuluh darah.sfinkter yang berhubungan mengakibatkan terjadinya defekasi. Di dalam usus besar ini semua proses pencernaan telah selesai dengan sempurna. vitamin. Lemak itu akan terbentuk dalam usus dan akan mengakibatkan menyempitnya saluran-saluran pencernaan kita. Lalu merambat sedikit-demi sedikit ke bagian atas dada. Biasanya orang yang terlalu gemuk akan mudah diserang berbagai penyakit. Namun memasukkan makanan dan minuman. protein. Mungkin pada awalnya tidak begitu terasa. mineral dan lain-lain. Wah ribet yah!! Ternyata. ini kebiasaan salah dan berakibat fatal. terutama makanan berlemak. Apa sih kebiasaan itu? Berikut ini saya rangkumkan artikel-artikel yang saya dapat dari milis dan hasil searching di internet 1. terutama penyakit jantung.

sebaiknya teh digantikan air jeruk sebagai peneman makan. Ternyata mengkonsumsi air terlalu banyak tepat sebelum makan memang membuat kita kehilangan nafsu makan karena lambung menjadi penuh Pantesan saya jadi malas makan arena sudah kenyang duluan hehe. dan kacang-kacangan. zat ini bisa menyebabkan pengurangan daya serap besi. sayur-mayur. apalagi di daerah Jawa. Rachmad Soegih. Kalau memang mau menghindari teh dan mendapatkan banyak zat besi. “Makan nasi pecel dengan jeruk memperbesar penyerapan zat besi bila dibandingkan dengan minum es teh”. Padahal ini termasuk kebiasaan yang harus dihindari. ahli gizi dari RS Cipto Mangunkusumo. Tanin bisa mempengaruhi penyerapan zat besi dari makanan terutama yang masuk kategori heme non-iron. Minum teh/kopi setelah makan Ini kebiasaan yang umum sekali di masyarakat kita. Sama halnya dengan teh. polifenol. Jadi kalau bisa mulai sekarang. hindari minum teh setelah makan. bahkan kabarnya bisa menyebabkan anemia. Tetapi pengurangannya lebih kecil dibandingkan teh yaitu sekitar 39%. Minum air putih sebelum makan Nah. albumin. Teh yang diminum paling tidak sejam sebelum atau setelah makan akan mengurangi daya serap sel darah terhadap zat besi sebesar 64 %. kalau ini kebiasaan buruk saya nih. Lebih baik berikan jeda sekitar 2 jam setelah makan. sebaiknya jangan mengkonsumsinya setelah makan. Saya sendiri sering memesan teh hangat/teh botol setelah makan. Kenapa? Teh mengandung zat yang disebut tanin. Jakarta.Jika anda memang penggemar berat es. zat tanin itu sendiri memang menghambat produksi hemoglobin. Minum air sesaat sebelum makan akan membuat proses penyerapan makanan oleh enzim menjadi lebih sulit. teh juga mengandung kafein. dan vitamin. “Bila kita makan menu standar plus segelas teh. padahal ternyata gak baik lho. Karena air yang diminum butuh waktu 30 menit mengalir dari lambung . Selain mengandung tanin. minum kopi setelah makan juga dapat mengurangi daya serap zat besi. zat besi yang diserap hanya setengah dari yang semestinya” Menurut Dr. misalnya padi-padian. Setiap habis makan di warung atau rumah makan biasanya disuguhi teh. selalu minum air putih dulu sebelum makan. 2. 3. baru minum es. Karena vitamin C ternyata memperbesar penyerapan zat besi oleh tubuh. Lebih baik beri waktu beberapa lama sampai makanan yang dikonsumsi sebelumnya (nasi dan teman-temannya) tercerna dulu dengan baik.

mungkin menimbulkan gangguan pencernaan atau diare. jika bercampur dengan asam lambung bisa memasuki tenggorokan dan terhirup ke dalam paru-paru yang dikhawatirkan risiko menderita pneumonia. Minum air putih memang sehat dan sangat dianjurkan. Jika parah. Walaupun hanya air. 4. Susu secara signifikan dapat mempengaruhi penyerapan obat dalam tubuh manusia terutama . tetapi harus diperhatikan kapan waktu yang tepat untuk meminumnya. Para peneliti juga menyebutkan bahwa protein kasein yang terdapat pada susu dapat menurunkan sejumlah komponen yang terdapat pada teh.menuju usus. sejumlah besar kasein akan menggumpalkan dan presipitat dalam tubuh manusia. tapi kalau dikonsumsi berbarengan atau berdekatan dengan makanan lain yang saya sebutkan barusan. namun selanjutnya para peneliti yang berasal dari Charite Hospital. Minum susu berdekatan dengan mengkonsumsi jeruk/jus. Jadi teh jangan dicampur ama susu ya!!! Minum susu dengan obat-obatan Beberapa orang suka minum susu untuk membantu menelan obat. 1 jam sebelum makan siang 2-3 gelas. Menambahkan jus dan minuman asam lain dalam susu juga tidak bagus. justru malah dapat mengurangi khasiat dari susu itu sendiri. juga tidak cocok untuk makan buah-buahan asam lainnya. University of Berlin menyebutkan bahwa susu dapat menghambat efek perlindungan yang dimiliki oleh teh dalam menghambat terjadinya penyakit jantung. yang akan mempengaruhi pencernaan dan penyerapan susu dalam tubuh manusia. belum sempat air menuju usus sudah ditambah dengan makanan yang membuat enzim lebih sulit bekerja. selama periode ini. sebaiknya diminum : 1-3 gelas saat bangun tidur pada pagi hari.6. menimbulkan pemadatan. yang sulit untuk pencernaan dan penyerapan. Sehingga jika minum sesaat sebelum makan. 1 jam sebelum makan malam. Minum susu itu bagus dan menyehatkan. minum air bisa dilakukan satu jam sebelum waktu tidur. Padahal ini salah. Terlebih lagi. Karena 80% protein dalam susu adalah kasein. Minum air sesaat sebelum tidur juga harus dihindari karena bisa mencegah terjadinya aliran balik. Jika memang sangat haus. yaitu catechin. Minum susu dicampur teh Teh dapat meningkatkan aliran darah dan kemampuan dari arteri untuk berelaksasi. atau obat-obatan. Jadi sebaiknya makan jeruk lebih dari satu jam sebelum atau sesudah makan. Ketika pH susu lebih rendah dari 4. teh. karena akan mengganti sebagian cairan yang hilang selama kita tidur 2-3 gelas. Kenapa sih bisa begitu? Minum susu dan jeruk atau jus Jika protein dalam susu bertemu dengan asam dalam jeruk. yang memiliki kemampuan melawan penyakit jantung.

pankreas akan bekerja berat untuk mengolah nasi dan protein yang ada dalam lauk pauk dan memerlukan waktu berjam-jam. Kebayang gak sih gimana beratnya kerja pankreas kita. belajar. Makan buah setelah makan Selama ini buah-buahan lazimnya dikonsumsi setelah makan. makanan yang kaya karbohidrat seperti nasi. Yang ada malah perut menjadi dingin dan kembung. seperti sekolah. maka buah yang sudah berada di dalam perut akan mengalami antrian yang panjang untuk diproses sehingga menjadi busuk. ya mana mungkinlah. akan membuat perut menjadi kembung karena dipenuhi dengan udara. jika buah dimakan setelah makan nasi. 5. sudah disuruh mencerna buah. sehingga kalsium. Oleh karena itu. dan bahan bentuk larut air. sehingga mempengaruhi pelepasan dan penyerapan keampuhan obat. sebagai hidangan pencuci mulut. Karena sifat buah yang tak bisa bertahan lama. C. padahal ini bukan kebiasaan yang baik. Sedangkan buah merupakan bahan makanan yang mengandung fruktosa sehingga dapat pula menimbulkan peningkatan kadar insulin. supaya apa yang kita konsumsi tidak terbuang percuma atau malah jadi sumber penyakit. jangan minum susu satu jam sebelum atau setelah Anda minum obat. dan bermain. dan Kesehatan 1. Kenapa demikian? Kita tahu bahwa buah banyak mengandung gas. tubuhmu memerlukan makanan bergizi. bukannya terserap tetapi malah jadi busuk.antibiotik. Agar makanan yang bergizi dapat diserap oleh tubuhmu dengan baik. Alat Pencernaan Manusia Mengapa kita perlu makan? Tubuh kita memerlukan makanan untuk pertumbuhan dan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. akan merangsang pankreas untuk memproduksi insulin. makan buah sesudah makan. Dan sebaiknya minumlah obat dengan menggunakan air hangat biasa. Alat Pencernaan Manusia. Belum selesai mencerna nasi beserta teman-temannya. Menurut artikel yang saya baca di internet. alat pencernaanmu harus dalam keadaan . Dalam melakukan kegiatan sehari-hari. jika kita langsung makan buah setelah makan. Jika makan nasi lebih dulu. Susu mudah membentuk penutup pada permukaan obat. magnesium dan zat mineral lainnya dalam susu akan memiliki reaksi kimia dengan obat. Sehingga. Jadi sebaiknya makan buah 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan supaya semua makanan yang masuk bisa terserap dengan baik. Makanan. Ayo mulai sekarang terapkan kebiasaan makan dan minum yang benar.

Gigi manusia terdiri atas gigi seri. Pencernaan secara mekanik' Pencernaan mekanik terjadi di rongga mulut.sehat. Pada gambar tersebut kamu dapat mengamati susunan alat pencernaan makanan pada manusia. yaitu penghancuran makanan oleh gigi yang dibantu lidah. 2) Gigi taring berbentuk lancip dan runcing. kemudian diserap oleh tubuhmu. Untuk lebih jelasnya. lambung. A. dan gigi geraham. Dalam rongga mulut juga ada enzim yang membantu pencernaan yaitu enzim amilase. 1) Gigi seri berbentuk pahat berfungsi untuk mencengkeram dan memotong makanan. Bagian-bagian gigi dapat dilihat Gambar 1. 3) Gigi geraham berbentuk rata bergerigi. a. Rongga Mulut Proses pencernaan pertama kali terjadi di dalam rongga mulut. Pencernaan secara kimiawi ' Pencernaan kimiawi terjadi di dalam rongga mulut. gigi taring. berfungsi untuk menusuk dan mengoyak makanan. . kerongkongan. b. Proses pencernaan terdiri atas pencernaan secara mekanik dan pencernaan secara kimiawi. usus besar. pelajarilah alat-alat pencernaan manusia serta hubungannya dengan makanan dan kesehatan berikut ini. Di dalam rongga mulut. Tahukah kamu alat-alat pencernaan yang ada di dalam tubuhmu? Perhatikan Gambar 1.Proses pencernaan makanan dalam tubuh kita terjadi di dalam alat pencernaan. dan lambung dengan bantuan enzim.9. usus halus.8. dan anus. usus. Enzim adalah suatu zat kimia yang membantu proses pencernaan. dibantu oleh lidah. Di dalam alat pencernaan itulah zat-zat makanan diolah terlebih dahulu. makanan dikunyah dan dihancurkan oleh gigi. Alat pencernaan pada manusia terdiri atas rongga mulut. berfungsi untuk mengunyah makanan.

asam. Enzim tersebut dihasilkan oleh kelenjar ludah.11. Bagian paling luar mahkota gigi dilapisi oleh email. Perhatikan Gambar 1. 4 gigi taring. Dengan adanya lidah. Perhatikan Gambar 1.10. yaitu mahkota gigi.Kerongkongan Setelah dicerna di dalam mulut. Enzimnya disebut amilase. B. Pada anak-anak. dan pahit. gigi berjumlah 20 buah yang terdiri atas 8 gigi seri. lamakelamaan akan terasa manis? Di dalam mulut terdapat enzim untuk membantu pencernaan. Lidah juga membantu pencernaan makanan di dalam mulut. Gerakan otot . asin. Makanan didorong oleh otot kerongkongan menuju lambung. dan 20 gigi geraham.Gigi terdiri atas tiga bagian. Di dalam pulpa terdapat banyak pembuluh darah dan saraf. Bagian akar gigi tertanam dalam tulang rahang yang ditutupi oleh gusi. leher gigi. dan 8 gigi geraham. makanan akan masuk ke dalam kerongkongan. Masingmasing 8 gigi seri. kita dapat mengecap rasa manis. Enzim amilase berfungsi untuk mengubah zat tepung (amilum) menjadi zat gula. Jumlah gigi anak-anak dan gigi orang dewasa berbeda. Di bagian dalam mahkota gigi terdapat tulang gigi dan pulpa. Gigi orang dewasa berjumlah 32. 4 gigi taring. Lidah berfungsi dalam membantu proses menelan dan pencampuran makanan dalam mulut. dan akar gigi. Mengapa ketika kamu mengunyah nasi.

sedangkan kerongkongan merupakan saluran makanan. sebaiknya kamu jangan berbicara ketika sedang makan. saluran pernapasan terbuka. terdapat dua saluran. Ketika kamu bernapas. Pepsin berperan mengubah protein menjadi pepton. Gerak peristaltik inilah yang menyebabkan makanan terdorong hingga masuk ke lambung. Kemudian. Hal tersebut menyebabkan makanan akan tercampur dan teraduk dengan enzim serta asam klorida. makanan masuk ke lambung. C. katup akan terbuka. Asam klorida dihasilkan oleh dinding lambung. Kedua saluran ini dipisahkan oleh sebuah katup. Jika kamu berbicara ketika makan. Secara bertahap. kamu dapat tersedak. Jika kamu sedang makan. yaitu batang tenggorok dan kerongkongan. otot-otot dinding lambung berkontraksi. Di dalam lambung terdapat asam klorida yang menyebabkan lambung menjadi asam.ini disebut gerak peristaltik. Lambung Perhatikan Gambar 1.12. makanan yang telah mengalami pencernaan akan bergerak sedikit demi sedikit ke dalam usus halus. Asam klorida berfungsi untuk membunuh kuman penyakit dan mengaktifkan pepsin. makanan dicerna secara kimiawi dengan bantuan enzim yang disebut pepsin. Usus Halus . Di dalam lambung. Ketika proses pencernaan terjadi di lambung. makanan akan menjadi berbentuk bubur. Di pangkal leher. Apabila makanan masuk ke tenggorokan. Batang tenggorok merupakan saluran pernapasan. katup akan menutup. Oleh karena itu. Dari kerongkongan. D.

Dari Gambar 1. yaitu usus dua belas jari.14. Vili inilah yang dapat menyerap sari-sari makanan. Usus kosong memiliki dinding yang dapat menghasilkan getah pencernaan. E. Usus Besar Setelah melewati usus halus. dan enzim lipase. dan usus besar turun. sisa makanan dikeluarkan melalui anus dalam bentuk tinja (feses).Usus halus merupakan tempat pencernaan dan penyerapan nutrisi. terjadi pencernaan makanan dengan bantuan getah pankreas. Di dalam usus dua belas jari. enzim tripsin. Usus penyerapan adalah tempat penyerapan sari-sari makanan.3 . yaitu pencernaan secara kimiawi dan proses penyerapan sari makanan. Pembusukan ini dibantu oleh bakteri Escherichia coli. Air dan garam mineral dari sisa makanan tersebut. Di dalam usus kosong terjadi pula proses pencernaan secara kimiawi. Sari makanan adalah makanan yang telah dicerna secara sempurna. Di dalam usus besar. usus besar melintang. Vili banyak mengandung pembuluh darah. sisa makanan mengalami pembusukan. seperti enzim amilase. sisa makanan masuk ke usus besar. Usus halus terbagi menjadi 3 bagian. dan usus penyerap. Getah pankreas mengandung enzim-enzim. akan diserap oleh usus kembali. dapatkah kamu menunjukkan bagian kelenjar pankreas? Usus kosong terdapat di antara usus dua belas jari dan usus penyerapan. Usus besar terbagi atas usus besar naik. Perhatikan Gambar 1. Di dalam usus halus terdapat dua proses pencernaan. Berlatih 1. Ayo. usus kosong. Di dalam usus penyerapan terdapat bagian yang di sebut vili. Getah pankreas dihasilkan oleh kelenjar pankreas. Setelah itu.13.

Apakah fungsi alat pencernaan pada gambar berikut? 2. Agar makanan yang kamu makan dapat diserap dengan baik.Kerjakanlah soal-soal berikut di buku latihanmu. Makanan yang Mudah Dicerna dan Tidak Mudah Dicerna Kamu telah mempelajari alat-alat pencernaan. Adapun makanan yang sulit dicerna biasanya berasal dari tumbuh-tumbuhan yang banyak mengandung serat (selulosa). makanan harus dipotong-potong atau dikunyah. Namun. Ada makanan yang mudah dicerna dan ada makanan yang tidak mudah dicerna oleh tubuh. Coba kamu sebutkan makanan lain yang mengandung serat yang sering kamu temukan di rumahmu. makanan yang berserat banyak menyerap air di dalam tubuh sehingga membantu proses pencernaan. Makanan dipotongpotong dengan cara dikunyah oleh gigi dan dibantu oleh lidah supaya hancur. di antaranya nasi dan roti. Makanan yang mudah dicerna oleh tubuh. Ketika kamu makan. .15. Perhatikan Gambar 1. makanan yang masuk ke tubuhmu akan mengalami proses pencernaan. Gambar tersebut merupakan contoh makanan yang banyak mengandung serat.

kue.. Makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung semua zat gizi. Perhatikan Gambar 1. Kerjakan 1. roti. buatlah kliping atau daftar makanan yang mudah dicerna dan tidak mudah dicerna. A. Catat dalam buku latihanmu. di antaranya karbohidrat. jagung. Sumber makanan yang mengandung karbohidrat. B. di antaranya nasi. Karbohidrat Karbohidrat diperlukan tubuh sebagai sumber tenaga dalam melakukan kegiatan. dan air. Selain itu. kemudian diskusikan hasilnya di depan kelas. mineral. Untuk lebih jelasnya. dan bermain. Zat-zat gizi tersebut dibutuhkan tubuh untuk memperoleh energi. Kemudian.16. protein. 3. vitamin. dan kentang. akan dijelaskan sebagai berikut. ubi. Kegiatan yang dilakukan. pergi ke sekolah. misalnya belajar.1 Bentuklah kelompok bersama temanmu. Makanan yang kamu makan sebaiknya mengandung gizi. Asupan gizi yang baik tidak akan terpenuhi tanpa makanan yang sehat. Zat-zat makanan yang diperlukan tubuh. Protein . lemak. Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mengapa kamu perlu makan? Makanan diperlukan tubuh manusia untuk pertumbuhan dan melakukan kegiatan sehingga tubuh tetap sehat.Ayo. zat gizi digunakan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan sel-sel tubuh serta memelihara kesehatan.

tubuhmu bertambah tinggi dan besar. Contoh lemak hewani adalah daging.19. Contoh lemak nabati adalah kelapa. kacang tanah. Sebagai contoh. Penderita kwashiorkor akan terhambat pertumbuhannya.Protein merupakan zat makanan yang berfungsi untuk membangun tubuh dan memperbaiki jaringan dan sel yang rusak. telur. Adapun lemak nabati adalah lemak yang bearasal dari tumbuh-tumbuhan. Jika tubuhmu kekurangan protein akan menderita penyakit kwashiorkor (perhatikan Gambar 1. Lemak ada 2 macam. keju. Perhatikan Gambar 1. Perhatikan Gambar 1. kulit bersisik. Lemak hewani adalah lemak yang dihasilkan hewan. dan rambutnya kusam. kurus. . Coba sebutkan olehmu contoh makanan lain yang mengandung lemak. Hal itu terjadi karena kamu mengonsumsi zat makanan yang mengandung protein. C. Gambar tersebut menunjukkan contoh makanan yang mengandung protein. minyak ikan. yaitu lemak hewani dan lemak nabati. Lemak Lemak berfungsi sebagai sumber tenaga atau energi dan sebagai cadangan makanan.8). dan margarin.17. dan mentega.

fosfor. Fosfor terdapat dalam susu dan kuning telur. Selain itu. Kekurangan iodin dapat pula menyebabkan terhambatnya pertumbuhan dan cacat mental. dan kacang-kacangan. Bahan makanan yang banyak mengandung zat besi adalah daging. Vitamin Vitamin merupakan zat makanan yang berguna untuk melancarkan semua proses yang terjadi di dalam tubuh. tubuh kita akan mengalami anemia (kekurangan darah). 4) Iodin berfungsi mencegah penyakit gondok. 1) Kalsium berfungsi sebagai pembentuk tulang dan gigi. E. yaitu vitamin A. di antaranya kalsium. Jika kekurangan zat besi. Bahan makanan apa saja yang mengandung vitamin? Untuk mengetahuinya. Vitamin dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit. kalsium membantu dalam pembekuan darah jika tubuh mengalami luka. besi. Beberapa macam mineral yang diperlukan oleh tubuh. air minum. sedangkan vitamin A. Jika kekurangan fosfor dapat menyebabkan radang gusi dan kerusakan gigi. dan K. dan iodin. Fungsi mineral bagi tubuh adalah untuk melancarkan semua proses yang terjadi di dalam tubuh. 3) Fosfor berfungsi menjaga kesehatan serta kekuatan gigi dan gusi. dan roti. E. D. perhatikan tabel berikut. 2) Zat besi berfungsi sebagai pengikat oksigen di dalam darah. E. B. roti. ikan.Air . Bahan makanan yang banyak mengandung kalsium adalah susu. Vitamin ini bermacam-macam. F. dan ikan laut. D. kuning telur. Vitamin B dan C larut di dalam air. Kebanyakan vitamin tidak dapat dibuat di dalam tubuh. C. Penyakit yang disebabkan kekurangan vitamin disebut avitaminosis. Mineral Mineral diperlukan tubuh dalam jumlah yang sedikit.D. dan K larut dalam lemak. Iodin terdapat dalam garam dapur beriodin.

sudah lewat batas kedaluwarsa. Oleh karena itu. dan air. mineral. Susu adalah jenis makanan dengan zat gizi lengkap. yaitu: a. Zatzat tersebut di antaranya adalah karbohidrat. seperti proses pencernaan dan peredaran darah. susu disebut pelengkap (lima sempurna). d. dan pisang). b. yang dijual di sekolah atau sekitar rumahmu. dan kentang). alat pencernaanmu yang lain pun dapat terserang penyakit jika makananmu tidak bersih atau higienis. buah-buahan (misalnya apel. c. protein. b. telur). Makanan yang Berbahaya bagi Kesehatan Kamu tentu pernah membeli kue atau makanan dan minuman. Empat sehat terdiri atas empat macam makanan. 5. Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Makanan bergizi adalah makanan yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh. Pernahkah kamu mendengar slogan ”empat sehat lima sempurna”? Empat sehat lima sempurna adalah makanan dengan gizi yang lengkap dan seimbang. Selain lambung. makanan pokok (misalnya beras. c. Lima sempurna adalah pelengkap dari empat makanan tersebut. vitamin. Sehat dan bersihkah makanan yang kamu beli tersebut? Makanan yang tidak bersih dapat mengakibatkan sakit perut atau lambung. Air berfungsi memperlancar metabolisme. lemak. sayuran (misalnya bayam dan kangkung). berubah warna. sudah ditumbuhi jamur dan dihinggapi lalat. lauk pauk (misalnya ikan. Ciri-ciri makanan yang tidak baik untuk dikonsumsiadalah: a.Air merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh. . pepaya. 4. daging. d. sudah membusuk.

f. Dalam jumlah kecil beberapa mineral dibutuhkan tubuh untuk menjaga agar organ tubuh berfungsi . Peranan Mineral Dalam Metabolisme Mineral merupakan kebutuhan tubuh manusia yang mempunyai peranan penting dalam pemeliharaan fungsi tubuh. pemeliharaan keseimbangan asam-basa.e. makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya. makanan disimpan dalam wadah seperti kaleng yang sudah berkarat. Untuk lebih jelasnya.21 berikut ini. dan g. A. Mineral digolongkan atas mineral makro dan mineral mikro. seperti untuk pengaturan kerja enzim-enzim. makanan yang sudah dicemari hewan. membantu pembentukan ikatan yang memerlukan mineral seperti pembentukan haemoglobin. Mineral makro adalah mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah lebih dari 100 mg sehari. perhatikan Gambar 1. sedangkan mineral mikro dibutuhkan tubuh kurang dari 100 mg sehari.

dan antioksidan. iodin. selenium. vanadium. Membantu sistem kekebalan tubuh (seng. Di antaranya berfungsi sebagai koenzim. mineral dibutuhkan dalam jumlah kecil (traceelement) dan diserap dari makanan dalam bentuk senyawa organik yang aman bagi tubuh salah satunya adalah Iodium. molybdenum. Makanan Sumber Iodium Laut merupakan sumber utama yodium. fosfor. Dalam kimia dinyatakan dengan simbol I+. Beberapa mineral berperan dalam : a. magnesium. copper. Membentuk darah (besi. dan seng. Iodium merupakan salah satu mineral yang diperhitungkan jumlahnya untuk memenuhi asupan gizi dalam tubuh. silikon. kalsium) c. Menjaga otot jantung g. air dan tanah mengandug banyak yodium sehingga tanaman yang tumbuh didaerah pantai mengandung cukup banyak yodium. Di daerah pantai. Pada kebutuhan sehari‐hari. tembaga). mangan. kromium. Senyawa yang termasuk mineral mayor dan mineral minor. Seperti halnya vitamin. udang.secara normal. dan kerang serta ganggang laut merupakan sumber yodium yang baik. kalium. B. Mineral minor : boron. natrium. Mineral mayor : kalsium. b. kelompok mineral ini dibedakan menjadi mineral mayor dan mineral minor. yaitu : a. kobalt. fluorida. Menjaga penyerapan kalsium oleh tulang (magnesium) h. besi. Semakin jauh tanaman itu dari pantai semakin sedikit . Membentuk tulang (kalsium) d. Berdasarkan tingkat asupannya. selenium) b. klorida. mineral dibutuhkan tubuh untuk mendukung fungsi metabolisme. Mempertahankan kadar gula darah (boron) e. dan sulfur. Oleh karena itu makanan laut berupaikan. Membantu sistem darah (kalium. Menjaga fungsi tiroid (yodium) f.

1. Salah satu cara penanggulanan yodium adalah melalui fortifikasi garam dapur dengan yodium. Metabolisme iodium ternyata diperngaruhi oleh status zat-zat gizi ini. Defisiensi energi-protein menghambat metabolisme iodium melalui pengaruh defisiensi energi-protein pada sistem endokrin yaitu terhadap berat kelenjar. Hipertiroidi dapat menurunkan pelepasan hormon tiroid (T4 dan T3) sehingga konsentrasi hormon tirod dalam serum menurun dan menstimulasi tirotropin (TSH). IIH). Pengaruh zat gizi lain terhadap Iodium Di Indonesia. C. Kekurangan Iodium Pengertian tentang Iodine Deficiensi Disorder (IDD) atau Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY) adalah sekumpulan gejala akibat tubuh sesorang kekurang yodium secara terus menerus dalam jangka waktu lama.pula kandungan yodiumnya. Akibat GAKY yang lazim dikenal masyarakat adalah munculnya kelenjar tiroid atau gondok. Kelebihan Yodium Konsumsi iodium yang sangat tinggi dan berkembang akan mengakibatkan munculnya ancaman hipertiroidi (induced iodine hyperthyroidi. D. zat gizi besi. sehingga banyak iodium tidak terombak dan hanya menumpuk. . 2. vitamin A dan zat gizi mikro lainnya. yang dapat bermanifestasi pembesaran kelenjar tiroid. remaja mempunyai risiko tinggi terhadap defisiensi energi-protein. Akibat Kelebihan dan kekurangan Iodium Kekurangan dan kelebihan Iodium dapat sama-sama mengakibatkan penyakit gondok. Bila kekurangan berlanjut. dengan menurunnya hormon tiroid akan membuat aktivitas metabolisme iodium menurun. sel kelenjar tiroid membesar dalam usaha meningkatkan pengambilan yodium oleh kelenjar tersebut. Penyakit gondok adalah penyakit yang disebabkan pembesaran kelenjar tiroid. Munculnya gondok disebabkan konsentrasi hormon tiroid menurun dan hormon perangsang tiroid/TSH meningkat agar kelenjar tiroid mampu menyerap banyak yodium.

defisiensi Vitamin A dan anemia. Membran sel mempunyai kemampuan khas mentransport yodida secara aktif ke bagian dalam folikel. Pada kelenjar normal. Anemia zat gizi besi (AGB) menurunkan konsentrasi tiroksin dalam plasma. penanggulangan defisiensi gizi besi dilaporkan meningkatkan efikasi iodium. Akan tetapi bila kelenjar thyroid menjadi aktif sepenuhnya. E. Di samping itu. Mikronutrien lain seperti vitamin A.struktur histologi. Defisiensi Fe diduga berperan dalam metabolisme iodium dalam sel tiroid dan defisiensi Fe juga menurunkan efikasi profilaksis iodium. pompa yodida dapat memekatkan ion yodida sekitar 40 kali konsentrasi yodida dalam darah. Zat gizi besi (Fe) berkaitan dengan iodium. GAKI dilaporkan berkaitan dengan defisiensi protein-energi. dan tirosin merupakan substrat utama yang berikatan dengan yodium untuk membentuk hormon thyroid dimana hormon ini dibentuk dalam molekul tiroglobulin. Defisiensi selenium merupakan bagian tak terpisahkan pada enzim glutation peroksidase (GSH-Px) yang berpengaruh pada deiodinasi T4 menjadi T3. namun beberapa penelitian menunjukkan korelasi antara kedua mineral tersebut.21).(20. selenium (Se) dan zinc (Zn) berpengaruh terhadap sintesa hormon tiroid. Setiap molekul tiroglobulin mengandung 140 asam amino tirosin. Hal ini dinamakan pompa yodida atau iodine trapping. rasio konsentrasi dapat meningkat sampai beberapa kali lipat. Walaupun mekanisme molekuler peran Fe dengan iodium belum begitu jelas. Suplementasi vitamin A dilaporkan meningkatkan efikasi iodium. dan fungsi kelenjar tiroid walaupun dalam jangka waktu yang cukup lama. Metabolisme Iodium dalam Tubuh Tahap pertama pembentukan hormon thyroid adalah pemindahan yodida dari cairan ekstrasel ke sel kelenjar thyroid dan kemudian ke folikel. Pembentukan dan sekresi tiroglobulin sebagai bahan dasar hormon thyroid dilakukan oleh sel-sel thyroid. Sintesa hormon tiroid membutuhkan kehadiran Fe dan katalisa enzim tiroperoksiadse (TPO). Oksidase ion yodida adalah langkah penting dalam pembentukan hormon thyroid yaitu perubahan ion yodida menjadi bentuk yodium teroksidasi yang kemudian mampu berikatan .

Zat gizi yang terkandung dalam makanan tersebut berbeda-beda antara makanan yang satu dengan yang lainnya. hormon thyroid sering disimpan dalam folikel selama beberapa bulan. Oleh karena itu. Yodium yang telah dioksidasi dalam bentuk molekul akan terikat langsung tetapi perlahan-lahan dengan asam amino tirosin. Setelah sintesis hormon thyroid berlangsung. dengan rata-rata datu molekul triyodotironin untuk setiap tiga sampai empat molekul tiroglobulin dan sekitar 18 molekul tiroksin untuk setiap satu molekul triyodotironin. dan satu molekul diyodotironin bergabung dengan satu molekul monoyodotironin membentuk triyodotironin (T3). maupun toksit (racun). Berbagai zat tersebut dapat berupa enzim. setiap molekul tiroglobulin mengandung 5 sampai 6 molekul tiroksin. Stadium akhir dari yodinasi tirosin adalah pembentukan dua hormon thyroid yang penting yaitu tiroksin dan triyodotironin. Dua molekul diyodotironin bergabung membentuk tiroksin (T4). walaupun sintesis hormon thyroid berhenti seluruhnya. maupun jumlah dari masing-masing zat gizi. Zat gizi merupakan unsur yang terkandung dalam makanan yang memberikan manfaat bagi kesehatan manusia. tetapi bila yodium yang btelah teroksidasi disertai dengan sistem enzim peroksidasi. efek defisiensi mungkin tidak ditemukan selama berbulan-bulan. . Proses oksidasi ini dipermudah oleh enzim peroksidase dan hidrogen peroksida yang menyertainya. maka proses ini dapat terjadi dalam beberapa detik atau menit. gizi.langsung dengan asam amino tirosin. Ternyata jumlah total yang disimpan cukup untuk mensuplai tubuh dengan kebutuhan normal akan hormon thyroid selama satu sampai tiga bulan. Masing-masing bahan makanan yang dikonsumsi memiliki kandungan gizi yang berbeda. Pengikatan yodium dengan molekul tiroglobulin dinamai organifikasi tiroglobulin. ZAT-ZAT GIZI YANG DIBUTUHKAN TUBUH Makanan yang dikonsumsi oleh manusia mengandung berbagai unsur. Perbedaan tersebut dapat berupa jenis zat gizi yang terkandung dalam makanan. Dalam bentuk ini. Unsur tersebut ada yang bermanfaat dan ada pula yang tidak membawa manfaat bagi kesehatan manusia. Tirosin mula-mula dioksidasi menjadi monoyodotironin dan diyodotironin.

jagung. Masing-masing zat gizi tidak dapat berdiri sendiri dalam membangun tubuh dan menjalankan proses metabolisme. . Bahan pangan yang berfungsi sebagai sumber energi antara lain : nasi. telur dan sebagainya merupakan sumber protein. namun bisa saja hanya terdapat dalam jumlah yang sangat sedikit pada makanan yang lainnya. A. berdasarkan jumlah yang dibutuhkan tubuh dan berdasarkan sumbernya: 1. Selain itu jumlah zat gizi tertentu terdapat dalam jumlah yang banyak pada salah satu jenis makanan. Jika kekurangan mengkonsumsi zat gizi ini maka pertumbuhan dan perkembangan manusia akan terhambat. maka manusia tidak boleh tergantung pada satu jenis pangan saja. Untuk satu jenis zat gizi tertentu. Zat gizi dikelompokkan berdasarkan beberapa hal. namun bisa saja tidak terdapat sama sekali pada makanan yang lainnya. margarine dan mentega merupakan sumber lemak. B. Zat-zat gizi tersebut merupakan penghasil energi yang dapat dimanfaatkan untuk gerak dan aktifitas fisik serta aktifitas metabolisme di dalam tubuh. yaitu berdasarkan fungsi. ikan. namun bisa dimungkinkan zat gizi tersebut tidak terdapat pada bahan pangan yang lain. Namun penyumbang energi terbesar dari ketiga unsur zat gizi tersebut adalah lemak. Ketiga zat gizi ini memberikan sumbangan energi bagi tubuh. Selain itu zat gizi ini juga berfungsi untuk menggantikan sel-sel tubuh yang rusak dan mempertahankan fungsi organ tubuh. Namun zat gizi tersebut memiliki berbagai fungsi yang berbeda. Berdasarkan fungsi Setiap zat gizi memiliki fungsi yang spesifik. mungkin saja banyak terkandung pada satu jenis makanan.Zat gizi untuk pertumbuhan dan mempertahankan jaringan tubuh Zat gizi ini memiliki fungsi sebgai pembentuk sel-sel pada jaringan tubuh manusia.Satu janis zat gizi tertentu kemungkinan terkadung/ terdapat pada jenis bahan pangan. daging. Oleh karena itu agar tubuh tidak kekurangan salah satu zat gizi. lemak dan protein. Zat gizi sebagai sumber energi Sebagai sumber energi zat gizi bermanfaat untuk menggerakkan tubuh dan proses metabolisme di dalam tubuh. talas merupakan sumber karbohidrat. Zat gizi yang tergolong kepada zat yang berfungsi memberikan energi adalah karbohidrat . tapi harus mengkonsumsi makanan yang beragamjenisnya.

Zat gizi mikro Zat gizi mikro adalah zat gizi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil atau sedikit tapi ada dalam makanan. Zat gizi mikro menggunakan satuan mg untuk sebagian besar mineral dan vitamin. yaitu nabati dan hewani. . 2. untuk itu proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh perlu di atur dengan baik. Zat gizi yang termasuk kelompok zat gizi makro adalah karbohidrat. Zat gizi yang berfungsi untuk mengatur proses metabolisme di dalam tubuh adalah mineral. 3. Berdasarkan jumlah Berdasarkan jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh zat gizi terbagai atas dua. lemak. dengan hasil akhir pembentukan CO2. yaitu: a. Namun zat gizi yang memiliki sumber dominan dalam proses pertumbuhan adalah protein. Zat gizi yang termasuk kelompok zat gizi mikro adalah mineral dan vitamin. Zat gizi sebagai pengatur/ regulasi proses di dalam tubuh Proses metabolisme di dalam tubuh perlu pengaturan agar terjadi keseimbangan. lemak. Namun yang memiliki fungsi utama sebagia zat pengatur adalah mineral dan vitamin. b. lemak dan protein. C. vitamin air dan protein. Interelasi Metabolisme Interelasi Metabolisme Adalah proses metabolisme Karbohidrat. ——— karbohidrat menghasilkan glukosa. Berdasarkan Sumber Berdasarkan sumbernya zat gizi terbagi dua. Tubuh perlu keseimbangan. Protein yang pada mulanya berproses sendiri-sendiri. Zat gizi makro Zat gizi Makro adalah zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah besar dengan satuan gram. mineral dan vitamin. Untuk itu diperlukan sejumlah zat gizi untuk mengatur berlangsungnya metabolisme di dalam tubuh.Zat gizi yang termasuk dalam kelompok ini adalah protein. Lemak menghasilkan gliserol dan asam lemak serta protein menghasilkan asam amino—— tetapi pada akhirnya akan terjadi interelasi (saling berinteraksi pada suatu siklus yang dinamakan siklus kreb) antar metabolisme zat gizi.

H2O dan NH3 dengan sejumlah energi potensial dalam bentuk Fosfat Berenergi Tinggi (ATP) termasuk energi yang dihasilkannya. Enzim. hormon dan antibody . serta adanya media air. Sedangkan anabolisme merupakan rangkaian reaksi reduksi alamia didalam sel dari melekul kecil yang membutuhkan energi untuk membentuk melekul besar. Proses dan hasil dari interelasi metabolisme terutama energi potensial adalah proses terjadinya metabolisme energi yang bersumber dari melekul Karbohidrat. ADP + Energi + Fosfat a’ ATP Bila sel atau tubuh memerlukan energi akan terjadi penguraian ATP menjadi ADP lagi yang menghasilkan energi untuk dipergunakan berbagai kegiatan ATP a’ ADP + Fosfat + Energi Fungsi Energi dari Penguraian ATP adalah Untuk sel – Membentuk melekul baru (misal. terjadi didalam mitokondria (komponen dalam sel) dan akan menghasilkan sejumlah energi : • • • Pada penguraian 1gram glukosa(Karbohidrat) menjadi CO2. Nukleotida berenergi rendah menerima energi ADP (Adenosin Difosfat) ditambah dengan gugus fosfat ADP akan menjadi ATP (denosin Trifosfat) yang berenergi tinggi sebagai penyedia energi. Terjadi karena adanya katalisator yaitu enzim (melekul protein). H2O dan NH3 akan menghasilkan energi sebesar 4 Kkal Metabolisme itu sendiri adalah seluruh rangkaian reaksi biokimia yang terjadi di dalam sel tubuh membentuk melekul besar (anabolisme) maupun kecil (katabolisme). H2O akan menghasilkan energi sebesar 4 Kkal Pada penguraian 1gram asam lemak (lemak) menjadi CO2. terjadi dalam mitokandria kemudian diterima oleh nukleotida dengan gugus fosfat berenergi rendah sampai berenergi tinggi. Lemak dan Protein. berfungsi secara cepat karena adanya : ko enzim yaitu beberapa vitamin B Complek dan kofaktor yaitu beberapa mineral. Lemak dan Protein) dimana terjadi oksidasi alamia didalam sel yang menguraikan melekul besar menjadi melekul kecil dan menghasilkan energi. Reaksi Anabolisme dan katabolisme berlangsung secara cepat. ATP yang dihasilkan dari interelasi metabolisme merupakan bahan penyedia energi tubuh. Dimana katabolisme merupakan rangkaian reaksi-reaksi (Karbohidrat. H2O akan menghasilkan energi sebesar 9 Kkal Pada penguraian 1gram asam amino (protein) menjadi CO2.

Misalnya Proses metabolisme dalam sel.9 Kkal / kg BB / jam = ( 21. Aktifitas Fisik ( AF) dan Pengaruh termis dari makanan (thermic effect of food = TEF).6 x BB kg ) + ( 1.– – – Mengganti struktur sel yang rusak Mengeluarkan dan memasukan zat-zat dari dan kedalam sel Membentuk melekul cadangan energi Untuk perngerakan otot – – aktif maunpun istirahat diperintah otak maupun tidak diperintah otak Dan untuk Keperluan sel : Proses pencernaan. Inilah yang disebut dengan Penentuan Energi (kalori) Total.8 x TB cm ) – ( 4. Penentuan Energi (Kalori) Total PERTAMA: Aktifitas saat tubuh istirahat Basal (Basal Energy Expenditure= BEE). Seluruh Energi yang digunakan tubuh ini adalah Penjumlahan dari BEE +AF + TEF. Sekresi enzim dan hormon.7 x U.8 x U.thn ) Atau dengan cara cepat BEE pria = 1 kkal /kg BB/Jam = ( 24 Kkal / kg BB / hari ) BEE wanita = 0. Denyut jantung. Aktifitas saat tubuh istirahat Basal (Basal Energy Expenditure= BEE ).7 x BB kg ) + ( 5 x TB cm ) – ( 6. menyerapan.thn ) BEE Wanita = 655 + ( 9. Rumus yang digunakan untuk menghitung BEE adalah Saat istirahat (istirahat tampa aktifitas fisik) tetapi atau dengan menggunakan perhitungan untuk BEE sebagai berikut : Rumus Du Bois BEE pria = 66 + (13. Aktifitas ini nyaris tidak dapat dikontrol oleh otak.6 Kkal / kg BB / hari ) Bisa juga cara cepat dengan menghitung BEE Laki-laki = 30 kkal x kg BB BEE Perempuan = 25 kkal x kg BB Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai BEE diantaranya : . Gerakan peristaltik usus. dan mengangkut zat gizi penghasilan energi hingga masuk kedalam sel Atau secara keseluruhan Energi (Kalori) yang dihasilkan dari penguraian ATP akan digunakan untuk . Tonus otot dll. Pernapasan.

BEE naik 13 % Tidur : Selama tidur tenang BEE turun 10 % Aktifitas Hormon : Pada kondisi stress. lalu meningkat lagi pada masa REMAJA. Pada hipertiroidi. Karena menu makanan merupakan gabungan protein. lalu karbohidrat. seperti mengetik. karbohidrat dan lemak. Aktifitas SEDANG berupa aktifitas-aktifitas orang yang setara dengan orang yang berjalan cepat diselingi dengan lari-lari kecil. dll. Masa otot pria lebih besar dari wanita. maka nilai TEF adalah 10 % dari ( BEE + AF ) . selanjutnya pada usia dewasa BEE pria lebih tinggi 10 % dari wanita. Untuk menghitung energi aktifitas fisik sebaiknya dicatat jamnya. setiap kenaikan suhu 1 oC. Pada saat mengkonsumsi makanan terjadi proses pencernaan dan penyerapan. Terjadi peningkatan BEE dan aktifitas fisik atau terjadi peningkatan penggunaan Energi disebut Thermic Effect of Food = TEF. BEE meningkat 75 – 100 %. SDA bekerja mulai dari TEF tertinggi kemudian yang terendah. Pada hipotiroidi BEE menurun 30 – 40 % Dan faktor-faktor lainnya adalah : Starvasi dan kurang energi protein kronis BEE menurun 15 – 20 %. Aktifitas RINGAN bila menggunakan otot tangan dengan lebih kuat seperti menyeterika atau dengan menggunakan otot tangan dan kaki dengan santai. saat terjadi peningkatan hormon katabolik. KETIGA : Pengaruh termis dari makanan ( thermic effect of food = TEF). terjadi kenikan BEE. Misalnya 5 jam sangat ringan. kemudian lemak. Sedangkan Aktifitas BERAT berupa Aktifitas orang yang setara dengan orang yang berlari dengan kecepatan 12-14 km /jam. Pada faktor Genetik BEE bisa naik bisa turun KEDUA : Aktifitas Fisik ( AF) dibagi dalam tiga aktifitas.Umur : BEE / kg BB yang tertinggi adalah pada masa BAYI lalu menurun pada masa ANAK. Kehamilan BEE naik 15 – 25 %. Aktifitas SANGAT RINGAN bila dilakukan sambil duduk dengan sedikit menggunakan otot tangan. Pada keadaan normal penggunaan energi untuk aktifitas OTAK dan SISTEM SARAF PUSAT adalah 20 % BEE. Aktifitas ini dikontrol oleh otak. Selanjutnya BEE menurun 2 % untuk setiap tambahan umur 10 tahun setelah usia 21 tahun Jenis Kelamin : BEE anak wanita dan pria hingga umur 10 tahun adalah sama. tubuh berusaha mempertahankan suhu tubuh dengan cara meningkatkan BEE. Aktifitas sangat ringan dan ringan menggunakan energi sebesar 30 – 50 % dari BEE. Nilai TEF untuk protein adalah tertinggi 30 %. Nilai TEF biasa disebut juga dengan Specifik Dinamik Action= SDA. 6 jam ringan. Aktifitas sedang 50 – 75 % dari BEE. 2 jam sedang dan 1 jam berat. mengangkut zat gizi penghasil energi hingga mencapai sel-sel tubuh. Dan Aktifitas berat (kerja berat) menggunakan energi 75 % dari BEE. menyiangi sayuran. BEE meningkat. Pada keadaan demam. Suhu tubuh dan Lingkungan : Pada saat udara dingin atau tubuh kehilangan kulit karena luka bakar. terjadi peningkatan sekresi hormon tiroksin oleh kelenjar gondok.

Anti Body akan menurun. aktifitas sehari-harinya dikategorikan sedang (50%). BB=60 kg dan TB=160 cm.8 x U. Kelebihan dan kekurangan energi akan mengakibatkan gangguan gizi dan kesehatan. Gangguan kesehatan akan sering muncul diantaranya : penyakit jantung koroner. tubuh dalam kondisi ENERGI SEIMBANG. . Keseimbangan Energi Keseimbangan energi terjadi karena asupan energi dari makanan sama banyak dengan penggunaanya. harus berada dalam keseimbangan energi. Perlemakan hati. Bila asupan energi dari makanan lebih sedikit penggunaanya.5 Kkal Seluruh Energi yang digunakan tubuh ini yaitu Penjumlahan dari BEE +AF + TEF. Lemak (asam trigliserida) berkurang.5 Kkal Maka total keseluruhan penggunaan energi ( Total Energi Expenditure = TEE ) adalah penjumlahan dari : = BEE + AF + TEF TEE = 1450 + 725 + 217. Dalam keadaan kelebihan energi yang tersimpan.Contoh perhitungan energi untuk pa’ Rahmat yang berumur 30 tahun. Gangguan Kesehatan kemungkinan muncul adalah Sintesa berbagai protein tergganggu. Protein berkurang. serta tersimpan dalam bentuk asam lemak trigliserida dengan daya tampung tak terbatas (bermakna) yaitu Rongga perut dan jaringan dibawah kulit. Gangguan pernapasan. maka tubuh dalam kondisi KEKURANGAN ENERGI. BB akan bertambah 10%-20% diatas normal (Over weight dan Obesitas). Gangguan sendi tulang tungkai. DM Dan berbagai gangguan hormonal. Disini glikogen (hati dan otot) berkurang. dan selanjutnya energi ini akan tersimpan dalam dalam bentuk glikogen hati (maks. Daya tahan tubuh menurun dan mudah terkena infeksi.5 = 2392. maka tubuh dalam kondisi KELEBIHAN ENERGI. Bila asupan energi dari makanan melebihi penggunaanya. 300 mg). BEE (Cara Du Bois) BEE pria = 66 + (13.thn ) = 1450 kkal Cara cepat : BEE pria = 1 kkal /kg BB/Jam = ( 24 Kkal / kg BB / hari ) =1440 kkal Aktifitas Fisik sedang ( 50 % ) = 50 % x 1450 Kkal = 725 Kkal TEF = 10 % x (BEE + AF ) = 10 % x (1450+725) = 217. 600 mg) dan glikogen otot (maks.7 x BB kg ) + ( 5 x TB cm ) – ( 6. Hiptertensi.

kamu mendengar bahkan mengucapkan kata 'sosialisasi'.SOSIALISASI Setiap kali memasuki lingkungan yang baru. kamu harus mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan itu. Sebenarnya apakah maksud dari sosialisasi itu? 1. apa yang akan terjadi? Mampukah kamu bergaul dengan lingkungan itu? Nah. Apabila kamu tidak mau mempelajarinya. mari kita simak bagaimana mempelajari lingkungan yang akan kita masuki tersebut. Seringkali dalam kehidupan sehari-hari. Pengertian Sosialisasi .

dan menyesuaikan diri dengan individuindividu lain yang hidup dalam masyarakat sekitarnya. proses sosialisasi membuat seseorang menjadi tahu dan memahami bagaimana harus bersikap dan bertingkah laku di lingkungan masyarakatnya.Secara sederhana. Child Sosialisasi adalah segenap proses yang menuntut individu mengembangkan potensi tingkah laku aktualnya yang diyakini kebenarannya dan telah menjadi kebiasaan serta sesuai dengan standar dari kelompoknya. norma. Lambat laun nilai dan norma yang ada dapat diserap menjadi bagian dari kepribadian individu serta kelompok. Sebagai makhluk pribadi. dan pola-pola perilaku individu ataupun kelompok. 2. Tujuan Sosialisasi . manusia tercipta sebagai makhluk pribadi sekaligus juga sebagai makhluk sosial. Dalam memenuhi kebutuhannya tersebut manusia tidak dapat hidup sendiri. mari kita simak beberapa definisi yang dikemukakan oleh para ahli berikut ini. Seperti telah diulas dalam bab-bab terdahulu. agar ia dapat berperan dan berfungsi dalam kelompoknya. mengenal. Koentjaraningrat Sosialisasi adalah seluruh proses di mana seorang individu sejak masa kanak-kanak sampai dewasa. kamu akan dikenalkan dengan sosialisasi yang berfungsi sebagai sarana pembentukan kepribadian. Jadi. A. manusia berjuang untuk memenuhi kebutuhannya untuk bertahan hidup. Manusia memerlukan orang lain untuk mencapai tujuannya. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai apa itu sosialisasi. Dalam pergaulan tersebut dipelajari berbagai nilai. seseorang akan mengetahui dan dapat menjalankan hak-hak serta kewajibannya berdasarkan peranan-peranan yang dimilikinya. Itulah sebabnya.Charlotte Buhler Sosialisasi adalah proses yang membantu individu-individu belajar dan menyesuaikan diri terhadap bagaimana cara hidup dan bagaimana cara berpikir kelompoknya. berkembang. Irvin L. berhubungan. manusia berinteraksi dengan manusia lainnya sebagai makhluk sosial. D. B. Peter L. melalui proses ini juga. sosialisasi dapat disamakan dengan bergaul. Berger Sosialisasi adalah proses di mana seorang anak belajar menjadi seorang anggota yang berpartisipasi dalam masyarakat. C. sehingga terjadi pembentukan sikap untuk berperilaku sesuai dengan tuntutan atau perilaku masyarakatnya. Dari pengertian yang dikemukakan para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa sosialisasi merupakan suatu proses belajar seorang anggota masyarakat untuk mengenal dan menghayati norma-norma serta nilai-nilai masyarakat tempat ia menjadi anggota. Dalam bab ini.

and Society from The Standpoint of Social Behaviorist (1972) berpendapat bahwa sosialisasi yang dilalui seseorang dapat diklasifikasikan melalui tahap-tahap berikut ini. yaitu keluarga. Tahapan-Tahapan Sosialisasi Penyesuaian diri terjadi secara berangsur-angsur.Setiap proses sosial pasti memiliki tujuan. A. Mengembangkan kemampuan seseorang untuk berkomunikasi secara efektif dan efisien. Dengan melakukan komunikasi. 3. . A. Selain itu juga dapat mengetahui dan memahami hal-hal buruk yang sebaiknya dihindari dan tidak dilakukan. Artinya. Self. Berikut ini akan diuraikan beberapa tujuan sosialisasi. berbagai informasi mengenai masyarakat akan diperoleh untuk kelangsungan hidup seseorang sebagai anggota masyarakat. George Herbert Mead dalam bukunya yang berjudul Mind. Memberi keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan seseorang untuk melangsungkan kehidupannya kelak di tengah-tengah masyarakat di mana dia akan menjadi salah satu anggotanya. Dalam tahap ini. Tahap Persiapan (Preparatory Stage) Tahap ini dialami sejak manusia dilahirkan. saat seorang anak mempersiapkan diri untuk mengenal dunia sosialnya. Mengembangkan kemampuan seseorang mengendalikan fungsi-fungsi organik melalui latihan-latihan mawas diri yang tepat. Demikian juga sosialisasi. D. serta mengembangkan kemampuannya untuk membaca. seiring dengan perluasan dan pertumbuhan pengetahuan serta penerimaan individu terhadap nilai dan norma yang terdapat dalam lingkungan masyarakat. Menanamkan kepada seseorang nilai-nilai dan kepercayaan pokok yang ada pada masyarakat. C. individu sebagai calon anggota masyarakat dipersiapkan dengan dibekali nilai-nilai dan norma-norma yang menjadi pedoman bergaul dalam masyarakat oleh lingkungan yang terdekat. Pada tahap ini juga anak mulai melakukan kegiatan meniru meski tidak sempurna. B. menulis. dan bercerita. Dengan melandaskan pemikirannya pada Teori Peran Sosial. dengan sosialisasi seseorang akan dapat memahami hal-hal yang baik dan dianjurkan dalam masyarakat untuk dilakukan.

Tahap Penerimaan Norma Kolektif (Generalizing Stage) Pada tahap ini seseorang telah dianggap dewasa. Dengan kata lain. B. sehingga memungkinkan adanya kemampuan bermain secara bersama-sama. Tahap Siap Bertindak (Game Stage) Peniruan yang dilakukan sudah mulai berkurang dan digantikan peran yang secara langsung dimainkan sendiri dengan penuh kesadaran. dan sebagainya. 4. dia dapat bertenggang rasa tidak hanya dengan orang-orang yang berinteraksi dengannya. yaitu faktor intrinsik dan ekstrinsik. Manusia dengan perkembangan diri pada tahap ini telah menjadi warga masyarakat dalam arti sepenuhnya. Kesadaran bahwa dunia sosial manusia berisikan orangorang yang jumlahnya banyak telah juga mulai terbentuk. Anak mulai menyadari tentang apa yang dilakukan oleh seorang ibu dan apa yang diharapkan seorang ibu dari dirinya. Tahap Meniru (Play Stage) Tahap ini ditandai dengan semakin sempurnanya seorang anak menirukan peran-peran yang dilakukan oleh orang dewasa. Dengan kata lain.Lingkungan yang memengaruhi termasuk individu yang berperan dalam tahapan ini relatif sangat terbatas. Pada tahap ini individu mulai berhubungan dengan temanteman sebaya di luar rumah. tetapi juga dengan masyarakat secara luas. Dalam tahap ini. individu dinilai sudah mencapai tahap kematangan untuk siap terjun dalam kehidupan masyarakat. Dia sudah dapat menempatkan dirinya pada posisi masyarakat secara luas. Untuk lebih mudah memahami tahapan-tahapan sosialisasi yang telah kita bahas di atas. kemampuan untuk menempatkan diri pada posisi orang lain juga mulai terbentuk pada tahap ini. anak mulai menyadari bahwa ada norma tertentu yang berlaku di luar keluarganya. sehingga proses penerimaan nilai dan norma juga masih dalam tataran yang paling sederhana. Manusia dewasa menyadari pentingnya peraturan. kemampuan bekerja sama. kakaknya. bahkan dengan orang lain yang tidak dikenalnya. C. D. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Sosialisasi Ada dua faktor yang secara garis besar dapat memengaruhi proses sosialisasi. A. Faktor Intrinsik . Peraturan-peraturan yang berlaku di luar keluarganya secara bertahap mulai dipahami. berikut ini disajikan dalam bentuk tabel. Kemampuannya menempatkan diri pada posisi orang lain pun meningkat. Bersamaan dengan itu. Pada tahap ini mulai terbentuk kesadaran tentang nama diri dan siapa nama orang tuanya.

B. terutama hukuman fisik terhadap kesalahan yang dilakukan anak. yaitu sosialisasi represif (repressive socialization) dan sosialisasi partisipatif (partisipatory socialization). atau mengunci anak di kamar mandi karena berkelahi dengan teman. sistem budaya. 2) Adanya hukuman dan imbalan materiil. ciri-ciri fisik. Contoh ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi represif yang ada di sekitar kita. Perpaduan antara faktor intrinsik dan ekstrinsik akan berakumulasi pada diri seseorang dalam melaksanakan sosialisasi. Nilai-nilai dan norma-norma yang ada dalam masyarakat menjadi pedoman bagi seseorang untuk melakukan berbagai aktivitas agar sikap dan perilakunya sesuai dengan harapan masyarakat. . yaitu faktor yang berasal dari dalam diri seseorang yang melakukan sosialisasi. Misalnya memukul anak yang tidak mau belajar. 3) Kepatuhan anak kepada orang tua. Faktor ini akan menjadi bekal seseorang untuk melaksanakan beragam aktivitas dalam sosialisasi. Hal itu disebut sebagai faktor intrinsik. pengetahuan. A. Dalam sosialisasi dikenal dua macam pola sosialisasi.Sejak lahir manusia sesungguhnya telah memiliki pembawaan-pembawaan yang berupa bakat. Faktor ini dapat berupa nilai-nilai. dan kemampuan-kemampuan khusus warisan orang tuanya. dan nilai-nilai dalam sosialisasi itu sendiri. dan sistem mata pencaharian hidup yang ada dalam masyarakat. norma-norma. sistem sosial. Pola Sosialisasi Sosialisasi selain sebagai proses belajar dan mewariskan suatu kebudayaan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Faktor Ekstrinsik Sejak manusia dilahirkan dia telah mendapat pengaruh dari lingkungan di sekitarnya yang disebut sebagai faktor ekstrinsik. 1) Menghukum perilaku yang keliru. adat istiadat. kebiasaankebiasaan. Sosialisasi Represif Di masyarakat seringkali kita melihat ada orang tua yang memberikan hukuman fisik pada anak yang tidak menaati perintahnya. Adapun ciri-ciri sosialisasi represif di antaranya adalah sebagai berikut. Hasilnya akan sangat berpengaruh terutama dalam perolehan keterampilan. juga sebagai sarana untuk mengembangkan diri sendiri yang berarti membangun diri sendiri untuk membentuk kepribadiannya. 5. Dari contoh tersebut dapatkah kamu menyimpulkan apa sebenarnya sosialisasi represif itu? Sosialisasi represif merupakan sosialisasi yang lebih menekankan penggunaan hukuman.

Dengan bahasa. Berdasarkan uraian di atas dapat diketahui bahwa sosialisasi partisipatif memiliki ciri-ciri antara lain sebagai berikut. belajar berpikir. B. dan akan selalu bergantung pada orang lain. Sosialisasi represif umumnya dilakukan oleh orang tua yang otoriter. Seorang anak yang sejak kecil selalu dikendalikan secara berlebihan oleh orang tuanya. Kata-kata 'harus'. Sosialisasi Partisipatif Pola ini lebih menekankan pada interaksi anak yang menjadi pusat sosialisasi. 6. tidak dapat mengambil suatu keputusan. Mengapa? Anak tidak dapat membentuk sikap mandiri dalam bertindak sesuai dengan perannya.4) Perintah sebagai komunikasi. seseorang belajar berkomunikasi. 7) Orang tua memerhatikan keinginan anak. Dalam keluarga biasanya mempunyai tujuan yang sama. 1) Memberikan imbalan bagi perilaku baik. Media (Agen) Sosialisasi . dan mengenal diri. Sikap orang tua yang otoriter dapat menghambat pembentukan kepribadian seorang anak. baik dari anak maupun dari orang tua. 2) Hukuman dan imbalan bersifat simbolis. 6) Sosialisasi berpusat pada orang tua. Dalam keluarga biasanya didominasi orang tua. 3) Otonomi anak. 'jangan'. 7) Anak memerhatikan harapan orang tua. setelah dewasa ia tidak akan berani mengembangkan diri. 6) Sosialisasi berpusat pada anak. Dalam pola ini. bahasa merupakan sarana yang paling baik sebagai alat untuk membentuk hati nurani seseorang dan sebagai perantara dalam pengembangan diri. dan 'tidak boleh ini dan itu' akan selalu terngiang-ngiang dalam pikirannya. 5) Komunikasi verbal atau komunikasi dua arah. 4) Interaksi sebagai komunikasi. 5) Komunikasi nonverbal atau komunikasi satu arah yang berasal dari orang tua.

sosialisasi primer yang berlangsung dalam keluarga hendaknya diperkuat secara nyata. . dengan kata lain. anak mulai mempelajari nilai-nilai keadilan. serta mungkin kerabat dekat yang tinggal serumah. Orang tua umumnya mencurahkan perhatian untuk mendidik anak agar memperoleh dasar-dasar pergaulan hidup yang benar dan baik melalui penanaman disiplin. si remaja terpengaruh apabila basis sosialisasi keluarga yang pernah dialami sangat lemah. kelompok merupakan media sosialisasi dalam membentuk kepribadian seseorang. kelompok sepermainan itu berkembang menjadi kelompok persahabatan yang lebih luas. Semakin meningkat umur anak. Jadi. dan penyerasian. Teman Sepermainan (Kelompok Sebaya) Media sosialisasi berikutnya adalah teman sepermainan. kebebasan. Terutama pada masyarakat yang berkembang dengan amat dinamis. Seorang anak belajar berinteraksi dengan orangorang yang sebaya dengan dirinya. Kelompok inilah yang melaksanakan proses sosialisasi. anak mengenal dunianya dan pola pergaulan seharihari. Arti pentingnya keluarga sebagai media sosialisasi primer bagi anak terletak pada pentingnya kemampuan yang diajarkan pada tahap ini. kelompok ini dinamakan agen sosialisasi.Setiap individu menjadi anggota dari satu atau lebih kelompok sosial di dalam masyarakat dan menjalankan peranannya sesuai dengan kedudukan dalam kelompoknya. Melalui keluarga. sebelum anak mulai masuk ke dalam lingkungan sebayanya. ia mengembangkan kepribadian melalui interaksi dengan setiap individu di dalam kelompokkelompok tersebut. Keluarga merupakan media sosialisasi yang pertama dan utama atau yang sering dikenal dengan istilah media sosialisasi primer. Ada lima agen sosialisasi utama yang menjadi wahana di mana individu akan mengalami sosialisasi untuk mempersiapkan dirinya masuk ke dalam masyarakat sepenuhnya. Dalam proses sosialisasi. Dalam kelompok teman sepermainan. baik di sekolah maupun di luar sekolah. hal itu dapat menjurus pada tindakan yang bertentangan dengan moral masyarakat umum. Dalam sosiologi. tingkat kerawanan terhadap hal-hal yang cenderung ke arah negatif sangat tinggi. Sehingga. Keluarga Dalam keadaan normal. karena pada tahap ini. lingkungan pertama yang berhubungan dengan anak adalah keluarga. Akan tetapi. Perkembangan itu antara lain disebabkan oleh remaja yang bertambah luas ruang lingkup pergaulannya. B. Mudah sekali. A. saudara-saudara. Proses sosialisasi ini berbeda dengan proses sosialisasi dalam keluarga. Pada usia remaja. Keluarga merupakan kelompok sosial terkecil yang terdiri atas orang tua. Kadang-kadang dapat terjadi konflik antara norma yang didapatkan dari keluarga dengan norma yang diterimanya dalam pergaulan dengan teman sepermainan. Pada tahap ini anak mempelajari aturan-aturan yang mengatur orang-orang yang kedudukannya sejajar. semakin penting pula pengaruh kelompok teman sepermainan. perlu diwaspadai pengaruhpengaruh yang akan muncul ketika remaja mulai bergaul dengan sebayanya.

Sekolah juga menuntut kemandirian dan tanggung jawab pribadi seorang anak dalam mengerjakan tugas-tugasnya tanpa bantuan orang tuanya. 5) Meningkatkan taraf kesehatan melalui pendidikan olahraga dan kesehatan. 2) Melestarikan kebudayaan dengan cara mewariskannya dari satu generasi ke generasi berikutnya. Di sekolah seorang anak akan belajar mengenai hal-hal baru yang tidak ia dapatkan di lingkungan keluarga maupun teman sepermainannya.. Selain itu juga belajar mengenai nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat sekolah. dan relasi bisnis. serta menunjang integritas antarsuku dan antarbudaya. 6) Menciptakan warga negara yang mencintai tanah air. Lingkungan Kerja Di lingkungan kerja. menulis. 1) Mengembangkan potensi anak untuk mengenal kemampuan dan bakatnya. harus mengerjakan tugas atau PR. 7) Mengadakan hiburan umum (pertandingan olahraga atau pertunjukan kesenian). . setiap orang harus menjalankan peranan sesuai dengan kedudukannya. sebagai seorang pemimpin. dan lain-lain. 3) Merangsang partisipasi demokrasi melalui pengajaran keterampilan berbicara dan mengembangkan kemampuan berpikir secara rasional dan bebas. dan berhitung. seseorang akan berinteraksi dengan teman sekerja. Hal itu sejalan dengan pendapat Dreeben yang mengatakan bahwa dalam lembaga pendidikan sekolah (pendidikan formal) seseorang belajar membaca. 4) Memperkaya kehidupan dengan menciptakan cakrawala intelektual dan cita rasa keindahan kepada para siswa serta meningkatkan kemampuan menyesuaikan diri melalui bimbingan dan penyuluhan. prestasi (achievement). D. Misalnya. ia menjalankan peranannya untuk mengelola atau mengarahkan para karyawannya. seperti tidak boleh terlambat waktu masuk sekolah. Dalam melakukan interaksi di lingkungan kerja. Aspek lain yang dipelajari adalah aturan-aturan mengenai kemandirian (independence). antara lain sebagai berikut. Sekolah Sekolah dengan lembaga yang melaksanakan sistem pendidikan formal merupakan agen sosialisasi yang akan kita bahas selanjutnya. pimpinan.C. Adapun fungsi pendidikan sekolah sebagai salah satu media sosialisasi. dan kekhasan (specificity) .

Nilai dan norma pergaulan sehari-hari tidak dapat diterapkan pada lingkungan kerja karena posisi atau jabatan seseorang sangat memengaruhi hubungan yang harus dijalankannya.sedangkan sebagai pekerja ia melaksanakan perintah pemimpin dan tugas sesuai dengan kedudukannya. Bentuk Sosialisasi Kita telah belajar mengenai media sosialisasi. yaitu keluarga. atau yang lainnya? Acara yang disuguhkan oleh stasiun televisi sangat beragam. supaya anak mengerti maksud isi acara itu. lingkungan kerja telah melahirkan peranan seseorang sesuai dengan jabatan atau kedudukannya yang memengaruhi tindakannya sebagai anggota masyarakat. dan lingkungan kerja. film. bahkan tindak kriminal pun saat ini banyak ditayangkan dan telah menjadi konsumsi publik. Salah satu media massa yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. teman sepermainan. dan internet). Meningkatnya teknologi komunikasi dan informasi memungkinkan peningkatan kualitas pesan serta peningkatan frekuensi penyertaan masyarakat atas pesan tersebut memberi peluang bagi media massa untuk berperan sebagai agen sosialisasi yang semakin penting. Berbagai acara yang ditayangkan oleh stasiun televisi itu akan berpengaruh pada tindakan yang dilakukan masyarakat. Seorang pemimpin suatu perusahaan walaupun umurnya lebih muda tetap harus dipatuhi dan dihormati oleh bawahannya yang mungkin umurnya lebih tua. sekolah. sinetron. Jadi. Acara apa yang sering kamu tonton? Film. beberapa stasiun televisi menyarankan agar anak selalu didampingi oleh orang tuanya dalam menonton acara televisi. remaja. musik. Dilihat dari siapa atau media yang berperan dalam melakukan sosialisasi. infotainment. berita. Pesan-pesan yang ditayangkan melalui televisi dapat mengarahkan masyarakat ke arah perilaku proporsional (sesuai dengan norma-norma masyarakat) atau perilaku antisosial (bertentangan dengan norma-norma masyarakat). A. yaitu sosialisasi primer dan sosialisasi sekunder. maka sosialisasi dibedakan menjadi dua. Hal ini dimaksudkan agar orang tua memberikan pengertian kepada anak mengenai acara yang disajikan. Media Massa Media massa terdiri atas media cetak (surat kabar dan majalah) dan media elektronik (radio. maupun dewasa adalah televisi. berita. media massa. baik anak-anak. terutama remaja dan anak-anak. televisi. E. hiburan. dari pendidikan. Sosialisasi Primer . video. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. 7.

Pada sosialisasi ini. 8. Dengan demikian sosialisasi primer bukan saja berpengaruh pada masa awal anak mulai menjalani sosialisasi. teman sepermainan. apa yang telah diserap anak di masa tersebut akan mendarah daging pada diri anak dan menjadi ciri mendasar kepribadian anak setelah dewasa. anak mulai mengenal anggota keluarga yang lain dan lingkungan keluarganya. terkungkung. dan diatur secara formal. maka identitasnya sebagai narapidana telah tercabut. seseorang dapat disebut baik apabila tidak pernah terlambat datang ke .Menurut Peter L. Secara bertahap dia mulai mampu membedakan dirinya dengan anggota keluarga yang lain dan orang-orang di sekitar keluarganya. peran anggota keluarga sangat menentukan corak kepribadian anak. Berger dan Luckmann. media massa. Kedua proses tersebut seringkali dikaitkan dengan apa yang dinamakan proses pemasyarakatan total. sosialisasi primer adalah sosialisasi pertama yang dijalani individu semasa kecil dengan belajar menjadi anggota masyarakat (keluarga). Bentuk sosialisasi sekunder yang ada di masyarakat adalah resosialisasi dan desosialisasi. B. Sosialisasi Sekunder Sosialisasi sekunder merupakan proses sosialisasi lanjutan setelah sosialisasi primer yang memperkenalkan individu ke dalam kelompok tertentu dalam masyarakat. 1) Resosialisasi adalah suatu proses sosialisasi di mana seseorang diberi identitas baru. Misalnya seseorang yang dirawat di rumah sakit jiwa mendapat identitas baru sebagai orang yang sakit jiwa. tetapi karena adanya kesadaran diri untuk maju. Standar seseorang disebut baik di sekolah dan di kelompok sepermainan tentu berbeda. Di sekolah. dan lingkungan kerja. tetapi lebih dari itu. Dalam sosialisasi sekunder. Misalnya orang yang telah selesai menjalani masa hukuman dan menjadi anggota masyarakat kembali. Setiap kelompok masyarakat mempunyai standar dan nilai yang berbeda-beda dalam menentukan tindakan seseorang. misalnya. Pada tahap ini. Tipe Sosialisasi Sosialisasi merupakan suatu proses di mana individu mempelajari nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat guna mengembangkan diri sendiri. seperti sekolah. Individu tidak hanya belajar bertindak atas dasar cara tertentu karena ada imbalan atau hukuman dari luar. yaitu hidup terpisah dari masyarakat luas dalam jangka waktu tertentu. Dapatkah kamu menyebutkan contoh lainnya? 2) Desosialisasi adalah suatu proses sosialisasi di mana seseorang mengalami pencabutan identitas diri yang lama. yang berperan adalah pihak-pihak di luar keluarga.

yaitu tipe formal dan tipe informal. sahabat. dan kelompok-kelompok sosial yang ada di dalam masyarakat. B. . Sementara di kelompok sepermainan. Perbedaan standar dan nilai pun tidak terlepas dari tipe sosialisasi yang ada. Meskipun proses sosialisasi dipisahkan secara formal dan informal. Sosialisasi tipe ini terdapat pada lembaga-lembaga. seseorang dapat disebut baik apabila memiliki rasa kesetiakawanan yang tinggi dengan teman dan saling membantu. serta tidak dilandasi oleh sifat kekeluargaan. seperti antarteman. A. Ada dua tipe sosialisasi dalam masyarakat. Pada tipe sosialisasi ini. Atau dengan kata lain sosialisasi yang dilakukan oleh lembagalembaga yang bersifat resmi.sekolah atau tidak pernah membuat keonaran. seperti pendidikan di sekolah dan pendidikan militer. Baik sosialisasi formal maupun informal tetap mengarah kepada pertumbuhan pribadi seseorang agar sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di lingkungannya. biasanya ada aturan-aturan yang sifatnya mengikat dan harus dipatuhi oleh semua anggota lembaga. namun hasilnya sangat sulit untuk dipisah-pisahkan karena individu biasanya mendapat sosialisasi formal maupun informal secara bersamaan. Tipe Formal Sosialisasi tipe ini terjadi melalui lembaga-lembaga yang berwenang menurut ketentuan yang berlaku dalam negara. Tipe Informal Sosialisasi tipe ini terdapat di dalam masyarakat atau dalam pergaulan yang bersifat kekeluargaan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful