.

PEMBELAJARAN

MATEMATIKA SD
BUKU MATERI POKOK PDGK 4406/3 SKS/MODUL 4 – 5

UNIVERSITAS TERBUKA

dan q terpenuhi nilai hubungan “ p:q = x . Bilangan rasonal adalah bilangan yang dapat p dinyatakan dalambentuk.p q modul 4 Bilangan Rasional dan desimal  A. dengan q≠ 0. . dimana p dan q q adalah bilangan bulat dan q≠ 0 Bilangan pecahan adalah lambang yang memuat bilangan pasangan bilangan bulat p p dan q dan ditulis .

q s p < r . p > r q s q s . berlaku jika ps = qr p lambang q disebut bilangan pecahan sederhana jika FPB dari p dan q sama dengan 1  Sebarang bilangan rasional berlaku sifat trikotomi: p =r .  Jika p r q = s .

(hal 4. solusi manipulasi bilangan dengan benda kongkrit.¼ . kertas. karton dsb.24) . dimulai dari bilangan .KB. Siswa kurang memahami perkalian bilangan asli dengan bilangan pecahan. ¾ dst.½ .2 Kesulitan belajar dan pembelajaran bilangan Rasional   Siswa kurang tahu makna bilangan pecahan.

(hal 4.   Memahami bilangan pecahan yang senilai Membandingkan niali dua atau lebih bilangan pecahan Siswa kesulitan mencari hasil bagi bilangan pecahan.31) .

3.57) Pembulatan bilangan pecahan dilakukan berdasarka pendekatan yang diinginkan. hal 4. Bilangan desimal yang berulang dan tidak ber akhir disebut bilangan rasional Bilangan desimal yang tidak ber ulang dan tidak ber akhir disebut bilangan irrasional. Perluasan nilai tempat Desimal      Bilanga Desimal ada yang desimalnya ber ulang.59 .Kb. dan ada yang tidak ber ulang. Mengubah pecahan desimal kedalam pecahan biasa lihat (hal 4.

yang dicari dengan un  . hanya jika ad = . Dalam barisan geometri ada rasio. u  n 1 Proporsi : pernyataan tentang persamaan dua rasio perbandingan yang berbeda : misalnya a bc a c : b = c : d. Mengubah bentuk pecahan dalam bentuk persen. kemudian bagi dengan seratus) = … % Rasio/perbandingan . atau juga  b d . ( pecahan biasa ubah dalam desimal.

Garis 3. Unsur-unsur Ruang : 1.Modul.5 Bangun Ruang  Bidang Banyak dan Bangun Ruang. Bidang . Titik 2.

4.10 Bangun ruang Prisma : bidang banyak yang dibatasi oleh dua bidang yang // dan beberapa bidang lain yang berpotongan menurut garis-garis //.16 .Bidang Banyak 1. 2. halman 5. Bidang banyak (Polihedron) daerah segi banyak . 3. hal. Bidang banyak beraturan. apersepsi bangun datar. 5.

Prisma yang alasnya berbentuk jajaran genjang disebut paralel epipedum Prisma segi empat Prisma Umum Paralel epipedia Miring Tegak Miring Tegak Balok Kubus .

.dan segibanyak itu merupakan alas segitiga-segitiga.Kerucut : Tempat kedudukan garis-garis yang melalui sebuah titik tetap dan memotong sebuah lingkaran. Limas atau Piramid (Pyramid)  Limas adalah bangun ruang yang dibatasi oleh ssebuah segi banyak dan segitiga-segitiga yang mempunyai titik puncak pesekutuan diluar segi banyak tersebut.Bidang Empat : limas segitiga .Tabung/ silinder . .

Jaring.jaring Bangun Ruang Pelajari sendiri Tugas Merangkum Modul 6 dan 7 .