NAMA NIM

: ARI MUJOKO : G.231.09.0014

MATKUL : INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

MENURUT SAYA IMK ADALAH

Menurut saya Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) adalah Suatu ilmu yang sangat berkaitan dengan disain implementasi dan evaluasi dari sistem komputasi iyang interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang ruang lingkupnya, Adapun maksud dari interaksi secara rini. Pada interaksi antara satu atau lebih manusia dan satu atau lebih komputasi mesin. Konsep dasar Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) adalah Kita berkonsentrasi secara khusus pada ilmu komputer, psikologi, dan konsep kognitif dan pengaplikasiannya pada desain. Bidang disiplin lainnya sebagai masukan jika diperlukan. Banyak sekali konsep yang ada dan diperlukan dalam Interaksi Manusia dan Komputer (IMK). Siapa saja yang terlibat dalam Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)? Jadi menurut saya interaksi memerlukan suatu alat bantu untuk mengontrol sebuah alat atau mesin yang kita sebut dan sering kali gunakan dalam kehidupan sehari-hari, Kita sebagai manusia adalah alat bantu yang mereka butuhkan dan tanpa kita sadari kita pun membutuhkan mereka ( alat tersebut ) dalam kehiupan kita. Dan tanpa kita sadari pula kita sebagai manusia/user telah berinteraksi dengan alat tersebut ( Komputer ) Contohnya pada saat kita menekan tombol pada keyboard itu termasuk satu interaksi. Jadi dalam hal ini dapat saya simpulkan pula yang terlibat dalam hal ini yaitu Manusia sebagai user dan Komputer sebagai alat atau mesin yang amat d'butuhkan d'kehisupan manusia, dalam hal ini manusia sangat berkaitan dengan mesin tersebut. Dalam Interaksi Manusia dan Komputer (IMK), titik beratnya terletak pada indera penglihatan karena yang menjadi dasar dari Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) adalah antarmuka (interface). Dimasa depan, orang membutuhkan informasi secara cepat dan tepat sehingga dibutuhkan media komunikasi antara lain bahasa dan alat komunikasi. Bahasa, sudah jelas kita menggunakan bahasa untuk mencari informasi tersebut. Alat komunikasi, salah satunya adalah komputer. Jaman sekarang manusia cenderung mencari informasi melalui internet (browsing). Perlu diketahui bahwa komputer bukan hanya PC atau laptop saja, handphone atau sebuah jam

yang akan membutuhkan panduan baru untuk mengatur hubungan manusia dengan mesin. dalam kedokteran. ke dalam tubuh kita. Nantinya komputer akan dimaksimalkan untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi manusia misalnya kemacetan di Jakarta. Dalam interaksi manusia dan komputer Prinsip Usability terbagi menjadi 6 yaitu :  Human Abilities . Ini akan memunculkan pertanyaan besar tentang berapa banyak informasi tentang diri kita yang akan disimpan. bisa jadi kebutuhan primer. Papan tombol atau keyboard. social media. maka komputer akan digunakan untuk mengatasinya. Dapat dilihat dari bentuk tampilan pesannya yang awalnya hanya bias menampilkan 1 pesan per layar. Orang akan semakin banyak berbagi aspek kehidupan dalam bentuk “jejak kaki digital” melalui fotografi digital. Lama kelamaan kegiatan manusia akan semakin menyatu dengan mesin. Pembatasan antara manusia dan komputer akan semakin kabur dalam 10 tahun ke depan di saat alat komputer dibenamkan ke berbagai benda dan barang. Prinsip Usability adalah prinsip penggunaan dari sebuah sistem oleh sistem lain yang lebih kompleks. Dalam IMK ada pula prinsip penggunaan untuk sebuah sistem yang sering kita sebut dengan usability. Atau misalnya banyaknya sampah di dunia. contohnya. dll. blogging dan video. Dimasa depan antara manusia sebagai pelaku/object yang melewati dan melaksakan perputaran waktu tentunya akan sangat membutuhkan computer. komputer akan didayagunakan untuk menyelesaikan masalah itu. sekarang tampilannya dirubah menjadi seperti tampilan chatting. podcasting. Kertas digital juga akan banyak digunakan sehingga kita bisa menciptakan. chatting. majalah jaringan sosial yang dapat diperbaharui langsung. ke dalam pakaian atau. Komputer akan dapat mengantisipasi apa yang diinginkan manusia.tangan digital pun merupakan sebuah computer kenapa begitu? Perhatikan handphone sekarang sudah berubah fungsi dari sekedar untuk telepon dan SMS sekarang dapat digunakan untuk browsing. seperti sistem pengenalan suara dan permukaan layar sentuh yang saat ini sudah mulai diterapkan pada handphone dan tablet. mungkin suatu saat nanti manusia tidak perlu menggunakan alat transportasi lagi cukup menggunakan teleport. mouse dan monitor komputer lama-lama akan digantikan oleh alat yang lebih intuitif dalam berinteraksi dan menampilkan gambar. karena masalah yang dihadapi manusia itu. misalnya dengan alat penghancur sampah sampai ke partikel-partikelnya yang outputnya sesuatu yang bermanfaat.

Warna Warna dikaitkan dengan hue. Pergerakan Pola visual dari kata direkam → di-dekoding menurut representasi bahasa → pemrosesan bahasa meliputi analisis sintaks dan semantik terhadap frase dan kalimat . Penerimaan stimulus dari luar secara fisik ii. Penglihatan Konsep penglihatan terdiri dari dua tahap : i.     Human Capabilities Memory Process Observations Problem Solving Kapasitas Manusia : 1. Pemrosesan serta interpretasi dari stimulus tersebut Kemampuan Penglihatan a.Mata bergerak terhadap teks → regression d. Kemampuan membaca akan berkurang atau menurun karena usia. Ketajaman c. intensitas. Sensivitas b. dan saturation Hue → panjang gelombang spektrum cahaya Intensitas → brightness dari warna Saturation → jumlah / kadar putih (whiteness) dalam warna Masalah persepsi warna pada cones (sel pada selaput retina yang sensitif terhadap warna) dan ganglion (simpul syaraf) 380 (blue) ~ 770nm (red) Radiasi dalam spektrum (panjang gelombang cahaya) adalah 400 – 700 nm Ada Pun Dalam Pendengaran yaitu : .

Memori Dalam Interaksi Manusia Dan Komputer Memori dalam IMK di bagi menjadi 2 yaitu : o STM : Memori Jangka pendek ini dapat menyimpan dalam waktu yang singkat / sementara pada saat sedang melakukan suatu pekerjaan. dan waktu akses lebih lambat. yang menangkap sinyal dan mentransmisikannya ke processing unit di otak dengan tempat penyimpanan. o LTM : Memori jangka panjang memiliki kapasitas yang besar. Memori jangka panjang terdiri dari dua jenis. diantaranya :  Atensi Pilih  Pembelajaran  Menyelaesaikan Masalah  Bahasa . 3. Memori jangka pendek ini dapat diakses dengan cepat . Hasil dari proses berupa output respon. Sistem Motor Pada kapasitas manusia digunakan sebagai pengolah informasi yang diterima oleh alat indera. yaitu :  Episodic memory  Semantic memory 4. Proses kognitif Merupakan proses yang terlibat dalam pembuatan desain. Dapat mendengar objek apa saja yang ada di sekitar dan memperkirakan kemana objek tersebut akan berpindah Pemrosesan suara Suara memiliki beberapa karakteristik. yaitu : Sistem auditory melakukan filtering suara → kita mengabaikan suara background dan berkonsentrasi pada informasi yang penting 2. serta memiliki kapasitas yang tebatas.Sistem auditory memiliki kapasitas sangat besar untuk mengumpulkan informasi lingkungan sekitar. Kapasitas yang dimiliki manusia untuk menerima input dan menghasilkan output terbatas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful