MAKALAH PENYEHATAN UDARA ELIMINATION OF AIR POLLUTION EMISSION

DI SUSUN OLEH KELOMPOK 9 Amran Ali Mustofa Putri Doyosi Robet Nofryadi Sherly Sintia DOSEN PEMBIMBING Gamaiwarivoni W, SKM. M.Kes

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA POLITEKNIK KESEHATAN BENGKULU JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN TAHUN 2011

mei 2011 Kelompok 9 . Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Gamai selaku dosen mata kuliah sekaligus dosen pembimbing dalam penyusunan makalah ini. Wassalamualaikum wr wb . Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT. karunia dan izin dari Nya lah akhirnya kami dapat menyelesaikan makalah MAKALAH PENYEHATAN UDARA ini yang membahas tentang ELIMINATION OF AIR POLLUTION EMISSION. Karena berkat rahmat .KATA PENGANTAR Assalamualaikum wr wb . Bengkulu. Kami juga sangat mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini. Terimakasih. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya dalam meningkatkan proses belajar mengajar kita.

Dari sekian banyak zat-zat yang dikeluarkan dengan cara ini kedalam atmosfer telah diketahui lebih dari 100 yang merupakan kontaminan. Oleh reaksi yang terjadi antara kontaminasi tadi di udara. asfiksia . LATAR BELAKANG Berbagai aktivitas manusia dimuka bumi ini hmpir semuanya menyebabkna pencemaran . gangguan organ dalam dan lainnya . maka senyawa baru akan menambahkan keragaman senyawa pencemaran. maka dapat menyebabkan terganggunya kesehatan manusia seperti gangguan pernafasan. Oleh karena itu kita perlu mempelajari cara-cara mengurangi polusi udara . Apabila lingkungan kita telah tercemar udara . Benda-benda padat termasuk yang termasuk kedalamnya lebih dari 20 diantaranya adalah unsure logam. ISPA . kendaraan bermotor. iritasi . asam serta basa-basa dan banyak senyawa lainnya. khususnya pencemaran udara . dan rumah tangga. Hasil-hasil pembakaran dari kendaraan bermoror. kanker . Bagian dari senyawa organic jauh lebih besar lagi dan meliputi banyak sekali senyawa hidrokarbon alifatik dan juga fonol. Polusi udara biasanya diakibatkan oleh buangan emisi atau bahan pencemar yang diakibatkan oleh proses produksi seperti buangan pabrik. stress . pabrik-pabrik dan pemanasan atau kegiatan masak-masak dirumah merupakan sumber terbesar dari pada pencemaran udara yang disebabkan oleh kegiatan-kegiatan manusia.BAB I PENDAHULUAN A. termasuk reaksi fotokimia. . selain itu dari segi estetika sangat tidak enak dipandang karena lingkungan menjadi kotor.

Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengn polusi udara. Apa dampak polusi udara bagi manusia dan lingkungan ? 3. Untuk mengetahui cara mengurangi polusi udara. 3. RUMUSAN MASALAH 1. 2.B. Apa yang dimaksud dengan polusi udara ? 2. TUJUAN 1. . Bagaimana cara mengurangi polusi udara ? C. Untuk mengetahui dampak polusi udara bagi manusia dan lingkungan.

air. Atau Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik. Polusi dapat kita jumpai . kimia. dan jumlah yang tidak selayaknya. energy. bahkam suara bising dari motor. udara. mesin dll. mengganggu estetika dan kenyamanan. misalnya di tanah.BAB II PEMBAHASAN A. Polusi berarti masuknya bahan pencemar (polutan) sebagai akibat dari kegiatan manusia atau proses alam yang ditemukan ditempat. atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat Pencemaran udara adalah masuknya. atau komponen lain dalam lingkungan yang menyebabakan berubahnya tatanan lingkungan dan membahayakan kesehatan mahkluk hidup. atau merusak properti oleh kegiatan manusia. gangguan pada kesehatan manusia secara umum serta menurunkan kualitas lingkungan. saat. atau tercampurnya unsur-unsur berbahaya ke dalam atmosfir yang dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan. zat. PENGERTIAN Polusi merupakan masuknya mahluk hidup. .

Benda Partikulat (PM) .Sepeda motor 207 % . diperkirakan 70 % pencemaran yang terjadi adalah akibat adanya kendaraan bermotor. Contoh : di Jakarta antara tahun 1993-1997 terjadi peningkatan jumlah kendaraan berupa : .Sulfur Dioksida (S02) .Karbon dioksida (CO2) .CFC .Karbon monoksida (CO) . Jenis-jenis Bahan Pencemar: .HydroCarbon (HC) Penyebab Utama Pencemaran Udara : Di kota besar sangat sulit untuk mendapat udara yang segar. Pencemar primer : pencemar yang di timbulkan langsung dari sumber pencemaran udara. Sulfur monoksida dan uap air akan menghasilkan asam sulfurik.Timah (Pb) .Klasifikasi Pencemar Udara : 1.Mobil barang 176 % . Pencemar sekunder : pencemar yang terbentuk dari reaksi pencemar-pencemar primer di atmosfer.Nitrogen dioksida (N02) .Ozon (03 ) .Mobil penumpang 177 % . Contoh: Sulfur dioksida. 2.Bus 138 % .

Beberapa zat pencemar dikategorikan sebagai toksik dan karsinogenik. misalnya akibat PM atau ozon. Bagi kesehatan Substansi pencemar yang terdapat di udara dapat masuk ke dalam tubuh melalui system pernapasan. Dari paru-paru. termasuk di antaranya.B. Jauhnya penetrasi zat pencemar ke dalam tubuh bergantung kepada jenis pencemar. Studi ADB memperkirakan dampak pencemaran udara di Jakarta yang berkaitan dengan kematian prematur. bronkitis. DAMPAK POLUSI 1. sedangkan partikulat berukuran kecil dan gas dapat mencapai paru-paru. Partikulat berukuran besar dapat tertahan di saluran pernapasan bagian atas. Komponen biologis yang menginduksi inflamasi/peradangan dan gangguan system imunitas tubuh. c. berkurangnya hari kerja efektif. Analisis didasarkan dari perolehan data yang dihimpun National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID) Inner-City Asthma Study (ICAS) menguji 861 anak anak berusia 5-12 tahun dan mengalami asma.8 trilyun rupiah dan akan meningkat menjadi 4. Terbentuknya radikal bebas / stres oksidatif. ditarik kesimpulan bahwa pengaruh jangka pendek dari meningkatnya polusi. Dalam analisis peneliti selama 12 tahun. Timbulnya reaksi radang / inflamasi pada paru. asma. perawatan rumah sakit.3 trilyun rupiah di tahun 2015. dan gangguan pernapasan lainnya.Modifikasi ikatan kovalen terhadap protein penting intraselular seperti enzim-enzim yang bekerja dalam tubuh. Berikut ini beberapa mekanisme biologis bagaimana polutan udara mencetuskan gejala penyakit: a. zat pencemar diserap oleh sistem peredaran darah dan menyebar ke seluruh tubuh. Dampak kesehatan yang paling umum dijumpai adalah ISPA (infeksi saluran pernapasan akut). dan ISPA pada tahun 1998 senilai dengan 1. . misalnya golongan glukan dan endotoksin . misalnya PAH (polyaromatic hydrocarbons) b. yaitu meningkatkan gejala asma dan kemampuan fungsi paru-paru.

e. Menurunkan system pertahanan tubuh normal (misal: dengan menekan fungsi alveolar makrofag pada paru). misalnya logam golongan transisi dan DEP/diesel exhaust particulate. Efek adjuvant (tidak secara langsung mengaktifkan sistem imun) terhadap sistem imunitas tubuh.d. 4. misalnya ultrafine PM. infeksi saluran pernapasan) Perubahan fisiologis (seperti fungsi paru dan tekanan darah) . 5. sesak. 3. Pengaruh polusi udara terhadap kesehatan jangka pendek dan jangka panjang Pajanan jangka pendek 1. Efek procoagulant yang dapat menggangu sirkulasi darah dan memudahkan penyebaran polutan ke seluruh tubuh. akibat penyakit yang terkait dengan respirasi (pernapasan) dan kardiovaskular. Stimulasi sistem saraf otonom dan nosioreseptor yang mengatur kerja jantung dan saluran napas. Berkurangnya aktivitas harian akibat sakit Jumlah absensi (pekerjaan ataupun sekolah) Gejala akut (batuk. Perawatan di rumah sakit. f. kunjungan ke Unit Gawat Darurat atau kunjungan rutin dokter. 2.

sebagian lagi dipantulkan kembali ke udara. Kanker. Panas yang dirasakan saat itu adalah seperti ketika berada dalam rumah kaca. 2. Gas karbondioksida (CO2) yang dihasilkan dari asap kendaraan bermotor. Lapisan udara tersebut memayungi dan menyelimuti bumi. Efek Rumah Kaca Sinar matahari yang menembus permukaan bumi senagian diserap oleh bumi.Pajanan jangka panjang 1. Gas rumah yang berlebihan di udara akan berkumpul membentuk sebuah lapisan yang bening dan tidak bewarna. penyakit paru osbtruktif kronis) 3. Sinar matahari yang terperangkap pada lapisan udara akan menaikkan suhu sekitarnya menjadi lebih panas dari biasa. pabrik. Kematian akibat penyakit respirasi/pernapasan dan kardiovaskular Meningkatnya Insiden dan prevalensi penyakit paru kronik (asma. memiliki sifat dapat ditembus oleh sinar matahari tetapi tidak dapat dapat memantulkannya kembali ke udara. . Sumber: WHO dan ATS (American Thoracic Society) 2005 2. Lapisan yang mengandung gas rumah kaca. atau dapur rumah tangga disebut gas rumah kaca. Dengan demikian sinar matahari yang jatuh kepermukaan bumi akan terperangkap gas rumah kaca. Gangguan pertumbuhan dan perkembanganr janin. Itulah sebabnya disebut efek rumah kaca.

Hanya sebagian kecil saja sinar ultraviolet yang sampai ke permukaan bumi sesuai dengan yang dibutuhkan manusia. Udara yang terlalu panas tidak baik bagi tanaman sehingga pertanian akan rusak dan produksiakan berkurang. . Lapisan ozon berada dilapisan udara stratosfer. maka akan membahayakan mahluk hidup bahkan akan menimbulkan kematian. bahkan diatas kutub selatan sudah membentuk lingkaran yang kosong dan cukup besar.hanya sebagian kecil saja yang sampai ke permukaan bumi. Bila hal itu terjadi maka dipermukaan bumi tidak akan ada kehidupan seperti sekarang. maka sebagian besar akan terserap . c. Itulah sebabnya disebut lapisan ozon. Bila lapisan ozon tidak ada maka sinar Ultraviolet sebagian besar akan sampai kepermukaan bumi.Dampat efek rumah kaca terhadap kehidupan dimuka bumi adalah terjadi penurunan kualitas udara karena suhu udara meningkat sehingga akan terjadi jika suhu bumi menjadi panas antara lain : a. b.Kerusakan Lapisan Ozon Saat ini lapisan ozon sudah menipis. Es di kutub mencair yang mengakibatkan permukaan laut naik. Ketika sinar ultraviolet mengenai lapisan ozon. b. Lapisan ozon merupakan suatu lapisan udara yang memiliki sifat menyerap sinar violet yang berasal dari sinar matahari. sehingga daerah pantai dan pulau-pulau kecil dapat tenggelam. Bila sinar ultraviolet terlalu banyak jatuh ke permukaan bumi. Ia memiliki rumah kaca kimia O3 nama latinnya adalah ozon. Pengaruh lapisan ozon terhadap kehidupan manusia adalah sebagai berikut : a. 3. Dengan adanya lapisan ozon sinar ultraviolet tidak semuanya jatuh ke permukaan bumi.

mesin pendingin udara. Fluorocarbon yang membumbung ke udara akan masuk kelapisan ozon selanjutnya fluorocarbon akan mengambil lapisan ozon sehingga lapisan menjadi berkurang. Lapisan ozon akan bereaksi dengan zat-zat tertentu yang sampai ke lapisan itu. Dapat menimbulkan penyakit kanker kulit. Dapat menimbulkan tanman tidak dapat yumbuh sehingga petani sulit untuk bercocok tanam. Bagaimana jika lapisan ozon menipis? Sudah tentu sinar Ultraviolet akan menerobos ke permukaan bumi dalam jumlah yang melebihi ambang batas. secar terus menerus maka lapisan ozon akan rusak makin lama makin tipis bahkan akan hilang. busa semprot minyak wangi. d. dan semprotan insektisida.Proses rusaknya ozon adalah sebagai berikut : a. Jika hal ini terjadi. . Dapat menimbulkan penyakit katarak mata. Jika sinar Ultraviolet yang berlebihan sampai ke permukaan bumi akan mempengaruhi kehidupan manusia antara lain : a. b. c. Zat yang bereaksi dengan lapisan itu diantaranya adalah fluorocarbon. Fluorokarbon banyak terdapat pada barang buatan manusia seperti lemari es. b. c.

Senyawa tersebut bereaksi dengan air hujan menghasilkan senyawa asam sulfat . c. 5. Menghemat Energi yang digunakan. 2. dan asam bikarbonat. Pada sungai dan danau akan mempengaruhi kehidupan air tawar seperti ikan. Clean Air Act yang dibuat oleh pemerintah dan menambah pajak bagi industri yang melakukan pencemaran udara. Hujan Asam Hujan asam terjadi akibat dari bercampurnya senyawa sulfat. asam nitrat. 4. Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal. Menyebabkan karat pada benda logam .4. Air dengan keasaman seperti itu dapat merusak tumbuhan. merusak marmer. hemat dan kurangi pemakaian kertas. 50kg kertas bandingannya sama dengan 1 batang pohon. dan PDAM memanfaatkan listrik dalam supply air bersih) 9. kurangi pemakaian bahan bakar fosil (minyak bumi dan batubara) 7. nitrat. kurangi pemakaian kendaraan bermotor 6. Mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan dan dapat diperbaharui diantaranya Fuel Cell dan Solar Cell. serta biota lainya. hemat dalam penggunaan listrik dan air (karena pembangkit listrik menggunakan bahan bakar fosil. 3. perbanyak tanaman/tumbuhan hijau 8. karena. b. . CARA MENGURANGI POLUSI UDARA 1. C. planton. dan beton. dan oksida. Bagaimana dampak hujan asam terhadap kehidupan manusia : a.

Penelitian ini dibiayai oleh Stasiun Penelitian Agrikultural UGA. dan terekspos ke VOC yang berasal dari alatalat rumah tangga. Dari 28 tanaman yang diuji. termasuk senyawa organik berbahaya yang mudah menguap (volatile organic compound/VOC). Diletakkan di gelas. dan dipublikasikan pada bulan Agustus 2009 dalam majalah HortScience. Asparaga (Asparagus densiflorus) dan the tanaman palida (Tradescantia pallida). Para peneliti menunjukkan bahwa jenis tanaman tertentu dapat secara efektif mengurangi kontaminasi yang dibawa udara. termasuk benzene. polusi udara dalam ruangan yang berbahaya dapat . Daun Ivi (Hedera Helix). 3. Nyatanya. Daun selandang darah (Hemigraphis alternataa). beragam tanaman Hoya (Hoya cornosa). 2.Solusi lainnya : Cara Mengatasi Polusi Udara dengan Tanaman Beberapa tanaman memiliki kemampuan secara drastis untuk mengurangi tingkat polusi dalam ruangan. Dengan penelitian ini disarankan untuk segera menggunakan tanaman di lingkungan rumah dan kantor untuk tujuan tersebut. toluene. sebuah proses yang dinamakan sebagai phytoremediation. alpha-pinene dan TCE. para peneliti mengidentifikasi lima “ornamen super” – yaitu tanaman-tanaman yang memiliki tingkat pengurangan kontaminasi tertinggi. container kedap gas. Tanaman-tanaman tersebut diantaranya adalah 1. demikian menurut penelitian baru yang dilakukan oleh Universitas Georgia. octane.

Tetapi Kays mengatakan bahwa kurangnya informasi mengenai tingkat racun bahan kimia – dan metode yang berkemampuan untuk mengukur kualitas udara dalam ruangan – mempersulit untuk menilai keberadaan dan tingkat keamanan. dan tanaman juga mengeluarkan VOC. Bahkan keran air dapat menjadi sumber VOC. meski sebagian tidaklah berbahaya. permasalahan reproduksi dan saraf – dan lebih dari 1. VOC yang dipancarkan dari perabotan. bahan pelarut. dan dalam beberapa kasus tingkat polusi dalam ruangan adalah 100 kali lebih tinggi dibandingkan dalam ruangan. produk pencuci. demikian menurut penelitian. tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membantu para ilmuwan menyempurnakan konsep tersebut . plastic. 50 juta bahan kimia organic dan non organic telah didaftarkan dalam sistem CAS. materi bangunan seperti drywall. termasuk asma. demikian menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2002. karpet.6 juta kematian dalam setahun. cat.menimbulkan penyakit yang serius. sebuah system yang mengidentifikasi substansi kimia sejak tahun 1957. Dengan hanya menempatkan tanaman dalam ruangan memiliki kemungkinan untuk memperbaiki kualitas udara dalam ruangan secara signifikan. atau setidaknya berada dalam ambang batas normal. Tidak semua VOC adalah racun. bahan pelekat. Udara di dalam rumah dan kantor sering kali adalah sumber konsentrat dari polusi. kanker.

misalnya di tanah. Polusi berarti masuknya bahan pencemar (polutan) sebagai akibat dari kegiatan manusia atau proses alam yang ditemukan ditempat. atau tercampurnya unsur-unsur berbahaya ke dalam atmosfir yang dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan. Dampak polusi udara bagi manusia : mengganggu kesehatan . gangguan pada kesehatan manusia secara umum serta menurunkan kualitas lingkungan. dan jumlah yang tidak selayaknya. kurangi pemakaian bahan bakar fosil (minyak bumi dan batubara) 5. mesin dll. Daun Ivi (Hedera Helix). . Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal. air. mengganggu estetika dan kenyamanan. Asparaga (Asparagus densiflorus) dan the tanaman palida (Tradescantia pallida).BAB III PENUTUP KESIMPULAN Polusi merupakan masuknya mahluk hidup. kimia. energy. Cara mengurangi polusi udara antara lain : 1. Menghemat Energi yang digunakan. beragam tanaman Hoya (Hoya cornosa). atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat Pencemaran udara adalah masuknya. dan lain-lain. saat. Bagi lingkungan : lapisan ozon menipis . hujan asam . Polusi dapat kita jumpai . bahkam suara bising dari motor. udara. Atau Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik. zat. atau merusak properti oleh kegiatan manusia. 2. kurangi pemakaian kendaraan bermotor 4. efek rumah kaca . perbanyak tanaman/tumbuhan hijau selain itu menggunakan tanaman seperti : Daun selandang darah (Hemigraphis alternataa). atau komponen lain dalam lingkungan yang menyebabakan berubahnya tatanan lingkungan dan membahayakan kesehatan mahkluk hidup. 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful