FM-UAD-PBM-08-05/R0

Satuan Acara Perkuliahan
Kode / Nama Mata Kuliah Satuan Kredit Semester Jumlah Jam kuliah dalam seminggu Jumlah Jam kegiatan laboratorium : ............. / Aljabar Linier : 3 SKS : 1.5 jam. : 1.5 jam Revisi ke Tanggal revisi Tanggal mulai berlaku Penyusun Penanggungjawab Keilmuan : 0 : 0 : 08 – 02 - 2010 : Ir. Ardi Pujiyanta, M.T. : Ir. Ardi Pujiyanta, M.T.

Deskripsi Mata kuliah

: menjelaskan kepada mahasiswa teknik informatika agar memahami materi terkait dengan :

: Menjadi mahasiswa Teknik Informatika yang mampu memahami konsep dasar aljabar liner dan dapat menyelesaikan permasalahan aljabar liner dan matrik dengan mensimulasikannya ke dalam aplikasi Matlab. Standar Kompetensi

Pertemuan ke :
1

Kompetensi Dasar Mahasiswa mengerti dan memahami permasalahanpermasalahan matematis yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari yang penyelesaiannya dapat dikerjakan dengan persamaan linear dan matriks.

Indikator Mahasiswa mengerti dan dapat menyelesaikan permasalahan dengan beberapa metode dasar penyelesaian, yaitu dengan Operasi Baris Elementer dan Eliminasi Gauss Jordan.

Pokok Bahasan/Materi Pendahuluan Persamaan Linear

Aktivitas Pembelajaran Kuliah, Mimbar,  praktek

Rujukan Ref [1] Ref [2] Ref [3]

Eliminasi Jordan Gauss Kuliah. praktek   Mimbar. yaitu dengan Operasi Baris Elementer dan Eliminasi Gauss Jordan.  praktek Ref [1] Ref [2] Ref [3] 3 Mahasiswa mengerti dan memahami permasalahanpermasalahan matematis yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari yang penyelesaiannya dapat dikerjakan dengan persamaan linear dan matriks. macam-macam matriks dan operasioperasi yang dapat dilakukan pada matriks. Mahasiswa memahami dan mengetahui penyelesaian SPL Homogen. Mahasiswa mengerti dan memahami definisi. Mahasiswa mengerti dan memahami penentuan matriks invers dan keterkaitan matriks invers dengan penyelesaian SPL Matriks Kuliah.  Ref [1] Ref [2] Ref [3] . Mimbar.FM-UAD-PBM-08-05/R0 2 Mahasiswa mengerti dan memahami permasalahanpermasalahan matematis yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari yang penyelesaiannya dapat dikerjakan dengan persamaan linear dan matriks Mahasiswa mengerti dan dapat menyelesaikan permasalahan SPL dengan beberapa metode dasar penyelesaian.

  Ref [1] Ref [2] Ref [3] . Mahasiswa mampu menyelesaikan SPL yang melibatkan n persamaan dan n variable dengan determinan dan menggunakan ekspansi kofaktor.  Ref [1] Ref [2] Ref [3] 5 Mahasiswa mengerti dan memahami permasalahanpermasalahan matematis yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari yang penyelesaiannya dapat dikerjakan dengan persamaan linear dan matriks dan determinan. Mahasiswa mengerti dan mampu menerapkan aplikasi determinan pada pencarian luas suatu daerah berbentuk segitiga. praktek   Mimbar. Mahasiswa mengerti dan memahami penggunaan caracara yang tepat untuk mencari determinan dan menyelesaikan SPL berdasarkan metode yang sudah Determinan Kuliah. praktek   Mimbar.FM-UAD-PBM-08-05/R0 4 Mahasiswa mengerti dan memahami permasalahanpermasalahan matematis yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari yang penyelesaiannya dapat dikerjakan dengan persamaan linear dan matriks dan determinan Mahasiswa mengerti dan memahami definisi dan sifat dari determinan Mahasiswa mengerti dan memahami cara mencari determinan Determinan Kuliah.

FM-UAD-PBM-08-05/R0 didapat 6 Mahasiswa mengerti dan memahami permasalahanpermasalahan matematis yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari yang penyelesaiannya dapat dikerjakan dengan persamaan linear dan matriks dan determinan. praktek   Mimbar. Mahasiswa mampu menyelesaikan SPL dengan aturan Cramer Determinan Kuliah. Mahasiswa mengerti dan mampu menerapkan aplikasi determinan pada pencarian luas suatu daerah berbentuk segitiga.  Ref [1] Ref [2] Ref [3] Mahasiswa mengerti dan memahami penggunaan cara-cara yang tepat untuk mencari determinan dan menyelesaikan SPL berdasarkan metode yang sudah didapat .

dan mengerti operasi yang berkaitan dengan vektor . koordinat Mahasiswa mengerti dan memahami operasi perkalian pada matriks beserta sifat-sifatnya.FM-UAD-PBM-08-05/R0 7 Mahasiswa mengerti dan memahami permasalahanpermasalahan matematis yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari yang penyelesaiannya dapat dikerjakan dengan vektor Mahasiswa mengerti dan memahami definisi vektor. panjang vektor. praktek   Mimbar.  Ref [1] Ref [2] Ref [3] 8 9 UJIAN TENGAH SEMESTER Mahasiswa mengerti dan memahami permasalahanpermasalahan matematis yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari yang penyelesaiannya dapat dikerjakan dengan vektor. Mahasiswa mengerti dan mampu menerapkan perkalian dalam dan perkalian silang dalam mencari luas daerah segitiga dan jajaran genjang Mahasiswa memahami ruang-n Euclidis dan operasinya Mahasiswa dapat mendeskripsikan vektor di bidang dan ruang menyangkut panjang. praktek   Mimbar. Perkalian Vektor Kuliah. penjumlahan Vektor Kuliah. praktek   Mimbar. perbedaan vektor dan scalar.  Ref [1] Ref [2] Ref [3] .  Ref [1] Ref [2] Ref [3] 10 Mahasiswa mengerti dan memahami permasalahanpermasalahan matematis yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari yang penyelesaiannya dapat dikerjakan dengan vektor Ruang-n Euclidis dan operasinya Kuliah.

basis ortonormal di ruang n. transformasi linear Ruang hasil kali dalam Kuliah. praktek   Mimbar. perkalian silang. ruang eigen. Mahasiswa mengerti dan memahami permasalahanpermasalahan matematis yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari yang penyelesaiannya dapat dikerjakan dengan vektor Mahasiswa mengerti dan memahami permasalahanpermasalahan matematis yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari yang penyelesaiannya dapat dikerjakan dengan vektor. Mahasiswa mampu mencari nilai eigen dan vektor eigen.FM-UAD-PBM-08-05/R0 vektor. praktek   Mimbar. persamaan karakteristik. perkalian titik. persamaan garis dan bidang di ruang n Memahami definisi dan ciri-ciri ruang vektor.  Ref [1] Ref [2] Ref [3] 12 13 Nilai dan Vektor Eigen Kuliah. bergantung linear.  Ref [1] Ref [2] Ref [3] . Mahasiswa memahami pengertian bebas linear. Ruang Vektor Real Kuliah. praktek   Mimbar.  Ref [1] Ref [2] Ref [3] 11 Mahasiswa mengerti dan memahami permasalahanpermasalahan matematis yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari yang penyelesaiannya dapat dikerjakan dengan vektor. basis dan dimensi suatu ruang vektor • Mahasiswa mampu mencari matriks diagonal dan matriks orthogonal himpunan ortonormal.

  Ref [1] Ref [2] Ref [3] 15 Mahasiswa dapat menyelesaikan contoh-contoh kasus dengan menggunakan sebuah aplikasi matlab Studi Kasus Review materi Kuliah. transformai nol. Mahasiswa mampu menyelesaikan kasus aljabar linier dan mengimplementasikanya ke dalam aplikasi matlab Mahasiswa mampu mencari operator linear. praktek   Mimbar. Kernel.FM-UAD-PBM-08-05/R0 14 Mahasiswa mengerti dan memahami permasalahanpermasalahan matematis yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari yang penyelesaiannya dapat dikerjakan dengan matrik transformasi. Matriks transformasi di Rn Matrik Transformasi Kuliah. praktek   Mimbar.  Ref [1] Ref [2] Ref [3] 16 UJIAN AKHIR SEMESTER Pengetahuan Pemahaman Penerapan Analisis Sintesis Evaluasi 20 % 20% 20 % 20 % 20% 20% Level Taksonomi : Aspek Penilaian Ujian Akhir Semester Ujian Tengah Semester Tugas Mandiri Keaktifan Mahasiswa Komponen lain (jika ada) Total Prosentase 30 % Komposisi Penilaian : 30 % 10 % 5% 25 % 100 % .

2005. 2010. Sri Winiarti. Ardi Pujiyanta. John Wiley and Sons Inc. USA 3. Ardana Media. M. Leon. Erlangga Disusun oleh : Dosen Pengampu Diperiksa oleh : Penanggungjawab Keilmuan Ketua Program Studi Disahkan oleh : Dekan Ir. "Aljabar Linear dan Aplikasinya".Cs Dr.T. Ir. Ardi Pujiyanta.T. Steven. Yogyakarta 2. M. 1998. M. S.T. J. Ardi Pujiyanta.FM-UAD-PBM-08-05/R0 Daftar Referensi Wajib : 1.T . Anton. ” Aljabar Linier dan Matriks”. Howard. "Elementary Linear Algebra". M. Abdul Fadlil.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful