Nama Latin (Ilmiah) dan Inggris Hewan Mamalia Indonesia

:

1. Ajag atau Asiatic Wild Dog (Cuon alpinus) Ajag (Cuon alpinus) adalah anjing hutan yang hidup di dataran Asia. Banyak yang beranggapan ajag sama dengan serigala (Canis lupus) , padahal meskipun hampir mirip, keduanya merupakan spesies yang telah berbeda pada tingkat genus. Bahkan dua subspesies ajag yakni Cuon alpinus javanicus dan Cuon alpinus sumatrensis merupakan anjing hutan asli (endemik) Indonesia yang mendiami pulau Sumatera dan Jawa. 2. Anoa Pegunungan atau Mountain Anoa (Bubalus quarlesi) Anoa adalah satwa endemik pulau Sulawesi, Indonesia. Anoa juga menjadi fauna identitas provinsi Sulawesi Tenggara. Satwa langka dan dilindungi ini terdiri atas dua spesies (jenis) yaitu: anoa pegunungan (Bubalus quarlesi) dan anoa dataran rendah (Bubalus depressicornis). Kedua satwa ini tinggal dalam hutan yang jarang dijamah manusia. Kedua spesies anoa tersebut hanya dapat ditemukan di Sulawesi, Indonesia. Diperkirakan saat ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup. Anoa sering diburu untuk diambil kulitnya, tanduknya dan dagingnya. 3. Babirusa atau Babiroussa (Babyrousa babirussa) Babirusa merupakan hewan endemik Sulawesi, Indonesia. Babirusa yang dalam bahasa latin disebut sebagai Babyrousa babirussa hanya bisa dijumpai di Sulawesi dan pulau-pulau sekitarnya seperti pulau Togian, Sula, Buru, Malenge, dan Maluku. Sebagai hewan endemik, Babirusa tidak ditemukan di tempat lainnya. Sayangnya satwa endemik ini mulai langka. 4. Badak Jawa atau Javan rhino (Rhinoceros sondaicus) Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) adalah salah satu spesies satwa terlangka di dunia dengan perkiraan jumlah populasi tak lebih dari 60 individu di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), dan sekitar delapan individu di Taman Nasional Cat Tien, Vietnam (2000). Badak Jawa juga adalah spesies badak yang paling langka diantara lima spesies badak yang

7. Beruang madu (Helarctos malayanus) yang suka menyukai sarang lebah (anak lebah dan madunya) sebagai makanan favoritnya ini merupakan binatang khas (fauna identitas) provinsi Bengkulu. Binatang pemakan madu ini juga menjadi maskot kota Balikpapan. Badak sumatera (Sumatran rhino) juga merupakan spesies badak terkecil di dunia merupakan satu dari 5 spesies badak yang masih mampu bertahan dari kepunahan selain badak jawa. Banteng (Bos javanicus) Banteng Liar atau biasa disebut dengan Banteng saja merupakan hewan mamalia yang berkerabat dengan sapi. Beruk Mentawai atau Pagai Macaque (Macaca pagensis) Beruk mentawai (Macaca pagensis) merupakan salah-satu monyet endemik Kepulauan Mentawai. Bekantan merupakan sejenis kera yang mempunyai ciri khas hidung yang panjang dan besar dengan rambut berwarna coklat kemerahan. Bekantan disebut Nasalis larvatus. Sumatera. Bekantan atau Long-Nosed Monkey (Nasalis larvatus) Bekantan atau biasa disebut Monyet Belanda merupakan satwa endemik Pulau Kalimantan (Indonesia. badak india. Beruang Madu atau Sun Bear (Helarctos malayanus) Beruang madu atau dalam bahasa latin disebut Helarctos malayanus merupakan spesies (jenis) beruang terkecil dari delapan jenis beruang yang ada di dunia. Brunei. badak hitam afrika. dan Malaysia). yaitu dalam kategori sangat terancam atau critically endangered. 6. 5. 9.ada di dunia dan masuk dalam Daftar Merah badan konservasi dunia IUCN. Dalam bahasa ilmiah. Badak Sumatera atau Sumatran rhino (Dicerorhinus sumatrensis) Badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) merupakan salah satu spesies badak yang dipunyai Indonesia selain badak jawa (Rhinocerus sondaicus). dan badak putih afrika. Banteng Jawa (Bos javanicus) merupakan satu dari 5 (lima) spesies Banteng yang ada di dunia (satu spesies telah punah). 8. Hewan endemik ber-ordo primata yang oleh masyarakat setempat disebut bokoi ini populasinya .

Dalam Kamus Bahasa Indonesia sendiri binatang ini diartikan sebagai tikus kecil yang berbau tidak sedap. yang kita kenal dalam dongeng Putri Duyung. tikus kesturi. Dan pada Binturong betina memiliki organ khas berupa (maaf) penis palsu (pseudo-penis). matanya kecil dan sipit. 10. Gajah Sumatera atau Asian Elephant (Elephas maximus sumatranus) Gajah Sumatera (Elephant maximus sumatranus) merupakan satu dari tiga subspesies Gajah Asia. Musang yang mirip Beruang dan mulai diminati sebagai hewan peliharaan ini memiliki beberapa keunikan. celurut sangat jauh kekerabatannya dari tikus. hidup di tanah. Suncus murinus linnacus. bahkan berbeda ordo. Duyung atau Dugong (Dugong dugon) Duyung yang ini adalah sejenis ikan atau tepatnya mamalia laut yang bernama latin Dugong dugon. bermoncong panjang. pemakan serangga. Gajah Sumatra (Elephant maximus sumatranus) yang mempunyai nafsu makan besar (hingga 150 kg .semakin terancam sehingga oleh IUCN Redlist dikategorikan sebagai satwa berstatus Critically Endangered. tingkatan terakhir sebelum punah. celurut termasuk ordo Soricomorpha. 13. Pada kenyataannya. Dan bukan seorang putri cantik berambut panjang dengan kaki yang dapat berubah menjadi ekor ikan setiap kali kena air. Binturung atau Binturong (Arctictis binturong). Subspesies Gajah Asia (Elephant maximus) selain Gajah Sumatera adalah Gajah Asia (Elephant maximus maximus) yang terdapat di Srilangka dan Gajah India (Elephant maximus indicus) yang terdapat di Asia Tenggara dan India. 12. sedangkan tikus termasuk ordo Rodentia (hewan pengerat). 11. Cecurut rumah atau Asian House Shrew (Suncus murinus) Celurut atau disebut juga “cecurut” dan “curut” merupakan hewan pemakan serangga yang berukuran kecil dan mempunyai bentuk tubuh seperti tikus atau mencit. Ekor Binturung dapat berfungsi sebagai kaki kelima guna berpegangan pada dahan. berbulu cokelat keabu-abuan. Binturong atau Binturung yang dalam bahasa latin disebut Arctictis binturong adalah sejenis musang bertubuh besar.

Binatang ini juga ditetapkan sebagai Fauna Identitas Provinsi Lampung. ikan-ikan kecil. Ditambah ekornya. Panjang tubuhnya antara 35. Hiu Tutul atau Whale Shark (Rhincodon typus). Harimau jawa sudah punah?. Jelarang atau Black Giant Squirrel (Ratufa bicolor) Jelarang (Ratufa bicolor) memang pantas disebut bajing raksasa. Karenanya Hiu ini termasuk ikan yang tidak berbahaya. Sudah punah atau belumkah harimau jawa?. Namun banyak pihak yang mempercayai bahwa harimau jawa masih ada dan belum punah. Harimau Jawa atau Javan Tiger (Panthera tigris sondaica).60 cm. Tidak seperti kebanyakan ikan hiu yang merupakan pemakan daging. Makanan akan diendapkan di mulutnya. Ikan ini akan “menyaring” binatang-binatang kecil itu dengan cara melahap air laut. 14. dan juga telur ikan sebagai menu utamanya.seharinya) bisa dijumpai di pulau Sumatera Indonesia. bahkan orang bisa ikut berenang atau bahkan naik ke punggung ikan ini layaknya seorang peselancar. Harimau Sumatera atau Sumatran Tiger (Panthera tigris sumatrae) Harimau Sumatra atau dalam bahasa latin disebut Panthera tigris sumatrae merupakan satu dari lima subspisies harimau (Panthera tigris) di dunia yang masih bertahan hidup. 16. dan air akan dikeluarkan lagi lewat lubanglubang vertikal di samping kepalanya yang disebut gill. . Jelarang termasuk anggota bajing pohon (tree squirrel) atau bajing dari genus Ratufa yang mempunyai ukuran besar. cumi-cumi. Hiu Tutul atau Whale Shark (Rhincodon typus) merupakan salah satu ikan terbesar di dunia dengan panjang maksimal (yang pernah tercatat) 13 meter. krill. harimau jawa (Panthera tigris sondaica) termasuk salah satu dari 3 subspesies harimau yang telah dinyatakan punah (Extinct). Hiu Tutul menyantap plankton. Menurut IUCN dalam daftar merahnya (redlist). Harimau Sumatera termasuk satwa langka yang juga merupakan satu-satunya sub-spisies harimau yang masih dipunyai Indonesia setelah dua saudaranya Harimau Bali (Panthera tigris balica) dan Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica) dinyatakan punah. panjangnya bisa mencapai 120 cm. 15. 17. CITES juga memberikan klaim yang sama.

Kelinci Jawa atau Black-naped Hare (Lepus nigricollis) Tahun Imlek 2562 (2011) merupakan tahun Kelinci Emas yang menggantikan tahun Macan Emas. juga memiliki Kangguru. Sayang Kanguru yang terdiri atas Kanguru tanah dan Kanguru pohon ini mulai langka sehingga termasuk binatang (satwa) Indonesia yang dilindungi dari kepunahan. Pun berbagai pepatah dan peribahasa tidak sedikit yang mempergunakan kata “Pelanduk” dan “Kancil”. Kanguru Papua ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan Kanguru Australia. 21. 19. Kambing Hutan Sumatera atau Sumatran Serow (Capricornis sumatraensis) Kambing Hutan Sumatera (Sumatran Serow) atau yang dalam bahasa latin (ilmiah) disebut Capricornis sumatraensis sumatraensis adalah jenis kambing hutan yang hanya terdapat di hutan tropis pulau Sumatra. 22. Kanguru Pohon Mantel Emas atau Golden-mantled Tree Kangaroo (Dendrolagus pulcherrimus) Kanguru ternyata tidak hanya terdapat di Autralia saja. Berbagai kisah fabel tentang kecerdikan Kancil begitu populer dan tertanam sejak kita kecil. Kancil atau Pelanduk atau Java Mouse-deer (Tragulus javanicus) Pelanduk atau Kancil sangat populer ditelinga bangsa Indonesia. Kelinci merupakan binatang keempat dalam tahun imlek yang menggunakan urutan sistem penanggalan China (shio) yang dilambangkan dengan 12 binatang. spisies yang mempunyai ciri khas kantung di perutnya (Marsupialia). 20. Ternyata di Indonesia. Siapa yang menyangka jika kepopuleran Pelanduk dan Kancil ternyata berbalik dengan pengetahuan tentang mamalia kecil ini yang dalam status konservasi IUCN Redlist dikategorikan sebagai Data Deficient atau “Informasi Kurang”. tepatnya di Papua.18. Kelinci Sumatera atau Sumatran Striped Rabbit (Nesolagus netscheri) Kelinci Belang Sumatera atau Kelinci Sumatera atau Kelinci Sumatera Telinga Pendek yang dalam bahasa latin disebut Nesolagus netscheri adalah salah satu jenis kelinci liar yang merupakan satwa endemik .

Kijang merupakan salah satu dari 4 jenis rusa yang dimiliki Indonesia selain rusa bawean. Kera Hitam Sulawesi yang dalam bahasa latin disebut Macaca nigra merupakan satwa endemik Sulawesi Utara. kijang dapat ditemukan mulai dari Sumatera. Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata) Anggrek hitam adalah salah satu spesies anggrek yang dilindungi di Indonesia karena terancam kepunahan di habitat aslinya. 25. Anggrek hitam yang dalam bahasa latin disebut Coelogyne pandurata merupakan flora identitas (maskot) propinsi Kalimantan Timur. Khusus di Indonesia. 24. Bali hingga Lombok. Jawa. Anggrek Tebu (Grammatophyllum speciosum) Anggrek tebu (Grammatophyllum speciosum) merupakan anggrek terbesar. Populasi anggrek hitam (Coelogyne pandurata) di habitat asli (liar) semakin langka dan mengalami penurunan yang cukup drastis karena menyusutnya luas hutan dan perburuan untuk dijual kepada para kolektor anggrek. Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) ditetapkan sebagai Puspa Pesona Indonesia mendampingi bunga melati (Jasminum sambac) yang ditetapkan sebagai puspa bangsa Indonesia dan padma raksasa (Rafflesia arnoldii) sebagai puspa langka Indonesia. dan rusa sambar. Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis) Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) merupakan salah satu bunga nasional Indonesia. Kera Hitam Sulawesi atau Celebes Crested Macaque (Macaca nigra) Kera Hitam Sulawesi merupakan jenis primata yang mulai langka dan terancam kepunahan. Kijang atau Red Muntjac (Indian Muntjac) Kijang atau Muntiacus muntjak merupakan salah satu rusa asli Indonesia. Dalam satu rumpun dewasa. Nama Tanaman Hias atau Bunga dan Nama Latin 26.Sumatera. paling besar dan paling berat diantara jenis-jenis anggrek lainnya. 23. anggrek tebu dapat mencapai berat lebih dari 1 ton dan mempunyai panjang malai hingga 3 meter dengan . Binatang ini diyakini sebagai satu-satunya ras kelinci yang asli Indonesia. rusa timor. 28. Kalimantan. 27.

Bunga kantil yang mempunyai nama latin Michelia alba dan masih berkerabat dekat dengan bunga jeumpa (cempaka kuning) ini merupakan tanaman khas (fauna identitas) provinsi Jawa Tengah. ketulusan. helaian bunganya tersusun dalam untaian yang banyak. pengorbanan. berukuran agak besar. Minyak bunga ini digunakan sebagai bahan parfum. . Memiliki bunga yang berbau wangi dan berwarna oranye. 30. merupakan satu dari sekitar 50 spesies anggota genus Michelia. Buahnya coklat terdiri atas 2-6 biji. Cempaka Putih (Michelia alba) Kantil (Cempaka Putih) merupakan tanaman yang mempunyai bunga berwarna putih dan berbau harum dengan tinggi pohon mencapai 30 meter. Bunga Jeumpa merupakan flora identitas (maskot) provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. 29. Sering kali bunga bangkai masih diangap sebagai spesies yang sama dengan bunga rafflesia. Edelweis Jawa (Anaphalis javanica) Edelweis (kadang ditulis eidelweis) atau Edelweis Jawa (Javanese edelweiss) juga dikenal sebagai Bunga Abadi yang mempunyai nama latin Anaphalis javanica. adalah tumbuhan endemik zona alpina/montana di berbagai pegunungan tinggi Indonesia.diameter malai sekitar 1. Bunga Bangkai (Amorphpophallus titanium) Fakta tentang bunga bangkai (Amorphpophallus) yang masih banyak tidak diketahui oleh masyarakat kita. 31. Tumbuhan ini dapat mencapai ketinggian maksimal 8 m dengan batang mencapai sebesar kaki manusia walaupun umumnya tidak melebihi 1 m. 32. Cempaka Kuning (Michelia champaka) Bunga Jeumpa (Michelia champaka) atau disebut juga Cempaka Kuning. kuning atau putih krem. dan keabadian ini sekarang dikategorikan sebagai tanaman langka. Padahal antara keduanya merupakan spesies yang berbeda mulai di tingkat kelas. Tumbuhan yang bunganya sering dianggap sebagai perlambang cinta. Itulah sebabnya tanaman ini layak menyandang predikat sebagai anggrek terbesar dan terberat atau anggrek raksasa.5-2 cm. Bunga Jeumpa merupakan pohon atau perdu yang mempunyai tinggi antara 3 – 6 meter.

Nibung (Oncosperma tigillarium) Pohon Nibung (Oncosperma tigillarium) adalah tanaman sejenis palma (palem) yang tumbuh di Asia Tenggara termasuk hampir di seluruh wilayah Indonesia. Pohon ceremai yang menghasilkan buah berasa masam (asam) seperti belimbing . Ceplukan atau ciplukan (Physalis angulata) yang mempunyai buah khas yang tertutup oleh pembesaran kelopak bunga ini kaya akan berbagai manfaat terutama sebagai tanaman herbal (obat-obatan). Ceremai (Phyllanthus acidus) Pohon ceremai merupakan pohon dengan nama buah yang sama. Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi) Belimbing wuluh atau disebut juga belimbing sayur. Zodia (Evodia suaveolens) Zodia (Evodia suaveolens). Tanaman ini telah dimanfaatkan oleh masyarakat asli Papua untuk mengusir serangga dan nyamuk dengan cara mengusapkan daun zodia ke sekujur tubuh. Zodia adalah tumbuhan dari suku jerukjerukan (Rutaceae) yang merupakan tanaman endemik Indonesia yang berasal dari Papua. 35. 34. 36. Ciplukan (Physalis angulata) Ceplukan atau ciplukan yang dalam bahasa latin disebut sebagai Physalis angulata merupakan salah satu tumbuhan herbal yang hidup semusim dan mempunyai tinggi sekitar 1 meter saja.33. Tanaman yang konon asli Indonesia dan tumbuh merambat pada batang pohon lain ini ditetapkan sebagai maskot (identitas) provinsi kepulauan ini. 37. 38. belimbing asam atau belimbing buluh dengan nama latin Averrhoa bilimbi merupakan tanaman yang mempunyai buah berasa asam yang kaya khasiat sering digunakan sebagai bumbu sayuran atau campuran jamu. Pohon Nibung dianggap sebagai simbol semangat persatuan dan persaudaraan masyarakat Riau karenanya tidak heran jika pohon Nibung ditetapkan sebagai flora identitas provinsi Riau. Sirih (Piper betle) Sirih merupakan tanaman khas atau Flora Identitas provinsi Kepulauan Riau.

39. Namun ternyata hanya sedikit yang mengetahui sejarah asal muasal nama daerah ini. Pohon penghasil buah ini masih tergolong dalam suku jambu-jambuan (Myrtaceae). Duwet (Syzygium cumini) Jamblang atau Duwet adalah nama buah dan pohon untuk tanaman bernama ilmiah Syzygium cumini. Kawista (Limonia acidissima) Kawista atau Kawis mungkin kurang populer oleh kita. Artinya Kasturi. 42. pohon Jamblang (Syzygium cumini) merupakan rumah bagi para hantu. 41. Pohon penghasil buah yang dalam bahasa latin disebut sebagai Limonia acidissima ini mulai jarang ditemukan. sebuah daerah di kecamatan Kebun Jeruk Jakarta Barat berasal. Sang Maskot Kalimantan Selatan ternyata telah ditetapkan sebagai salah satu tumbuhan yang “punah in situ” (Extinct in the Wild). dibakar. Kedoya (Dysoxylum gaudichaudianum) Kedoya (Dysoxylum gaudichaudianum). Berbeda dengan buah lainnya yang bisa langsung dimakan segar begitu dipetik dari pohon. Seperti halnya . atau diolah lainnya jika ingin menikmatinya. Mungkin lantaran mulai langka dan sulit dijumpainya pohon yang mempunyai nama latin ini. Jamblang atau Duwet kini termasuk salah satu tanaman yang mulai terlupakan bahkan langka dan jarang dibudidayakan. 40.wuluh ini ternyata memiliki aneka manfaat khususnya sebagai tumbuhan obat-obatan (herbal). salah satu spesies mangga yang menjadi flora identitas provinsi Kalimantan Selatan ini telah punah dari habitat aslinya. Kasturi (Mangifera casturi) Mangga kasturi. Tumbuhan yang mampu hidup di daerah bertanah kering dan identik dengan kota Rembang meskipun sebenarnya pohon Kawista ini berasal dari India bagian selatan memang kalah populer dengan buah-buah lainnya. 43. diyakini dari nama pohon inilah nama Kedoya. Gayam (Inocarpus fagiferus) Buah gayam (Inocarpus fagiferus) harus dimasak dulu jika ingin memakannya. buah gayam musti dimasak dulu baik direbus. Konon.

Pohon Lontar (Borassus flabellifer) menjadi flora identitas provinsi Sulawesi Selatan. Korma rawa (Phoenix paludosa) Korma rawa (Phoenix paludosa) memang masih saudara dekat pohon kurma (Phoenix dactylifera) yang biasa tumbuh di daerah Arab. konon dari nama pohon sejenis mangga ini nama daerah Kemang di Jakarta berasal. Kemang (Mangifera kemanga) Kemang (Mangifera kemanga) merupakan tanaman yang mulai langka di Indonesia. tumbuhan ini mulai langka dan sulit ditemukan. 44. Sayangnya. Korma rawa dapat ditemukan di rawa-rawa daerah Aceh Timur. 45. gambir maupun berbagai nama tumbuhan yang dijadikan nama daerah di Jakarta. buah hingga bunganya yang dapat disadap untuk diminum langsung sebagai legen (nira). Sayang sedikit yang mengetahui keberadaan tumbuhan ini termasuk penelitian tentang potensi dan manfaat pohon korma rawa (Phoenix paludosa) masih sangat sedikit. Pohon kemang yang mempunyai buah khas berbau harus menusuk dengan rasa yang masam manis ini juga telah ditetapkan sebagai flora identitas kabupaten Bogor. Jawa Barat. Padahal. Lontar (Borassus flabellifer) Pohon Siwalan atau disebut juga Pohon Lontar (Borassus flabellifer) adalah sejenis palma (pinang-pinangan) yang tumbuh di Asia Tenggara dan Asia Selatan. difermentasi menjadi tuak ataupun diolah menjadi gula siwalan (sejenis gula merah). Pohon yang mulai langka ini termasuk salah satu dari sekitar 14 jenis palem (Arecaceae )yang dilindungi di Indoneia. 46. 47. Kepel (Stelechocarpus burahol) Kepel adalah nama pohon dan buah yang mempunyai nama ilmiah Stelechocarpus burahol. Pohon Kepel yang dipercaya mempunyai nilai filosofi adhiluhung ini merupakan flora identitas provinsi Daerah Istimewa Jogyakarta. batangnya. Tumbuhan penghasil buah yang menjadi kegemaran para putri keraton Jawa sejak jaman dulu ini kini termasuk salah satu tanaman langka di Indonesia.kemang. Pohon ini banyak dimanfaatkan daunnya. .

49. Nam Nam (Cynometra cauliflora) Buah namnam atau kopi anjing atau sawo pancukan memang eksotis. meskipun tumbuhan ini juga tumbuh di Filipina dan Thailand. . dari nama pohon Menteng (Baccaurea racemosa). Konon di Menteng. Sayang. pohon bernama latin Cynometra cauliflora ini buahnya terdapat di batangnya. dulunya banyak ditumbuhi pohon ini. kini pohon penghasil buah ini semakin langka. Padahal. salah satu kawasan di Jakarta dinamai. 50.48. Menteng (Baccaurea racemosa) Pohon dan buah Menteng makin langka dan sulit ditemukan. Jadi jangan berharap bisa memanjatnya ketika ingin memetik buah namnam ini. Seperti buah kepel. Mundu dipercaya sebagai tanaman buah asli Indonesia yang hanya tumbuh di Jawa dan sebagian Kalimantan. Jakarta Pusat. Mundu (Garcinia dulcis) Mundu atau Garcinia dulcis merupakan sejenis pohon buah-buahan yang semakin langka anggota genus Garcinia yang berkerabat dekat dengan manggis (Garcinia mangostana) dan asem kandis (Garcinia parvifolia).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful