P. 1
Jenis Strategi Belajar Mengajar

Jenis Strategi Belajar Mengajar

|Views: 31|Likes:
Published by Marfini Wirdun

More info:

Published by: Marfini Wirdun on May 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/09/2013

pdf

text

original

Jenis Strategi Belajar Mengajar Berbagai jenis strategi Belajar Mengajar dapat dikelompokkan berdasarkan berbagai pertimbangan.1.

Atas dasar pertimbangan proses pengolahan pesan.1.Strategi Deduktif. Dengan Strategi Deduktif materi atau bahan pelajarandiolah dari mulai yang umum, generalisasi atau rumusan, ke yang bersifat khusus atau bagian-bagian. Bagian itu dapat berupa sifat, atribut atau ciri-ciri. StrategiDeduktif dapat digunakan dalam mengajarkan konsep, baik konsep konkret maupunkonsep terdefinisi.2.Strategi Induktif. Dengan Strategi Induktif materi atau bahan pelajarandiolah mulai dari yang khusus (sifat, ciri atau atribut) ke yang umum, generalisasi ataurumusan. Strategi Induktif dapat digunakan dalam mengajarkan konsep, baik konsepkonkret maupun konsep terdefinisi.2.Atas dasar pertimbangan pihak pengolah pesan.1.Strategi Ekspositorik. Dengan Strategi Ekspositorik bahan atau materi pelajaran diolah oleh guru. Siswa tinggal “terima jadi” dari guru. Dengan StrategiEkspositorik guru yang mencari dan mengolah bahan pelajaran, yang kemudianmenyampaikannya kepada siswa. Strategi Ekspositorik dapat digunakan di dalammengajarkan berbagai materi pelajaran, kecuali yang sifatnya pemecahan masalah.2.Strategi Heuristik. Dengan Strategi Heuristik bahan atau materi pelajarandiolah oleh siswa. Siswa yang aktif mencari dan mengolah bahan pelajaran. Gurusebagai fasilitator memberikan dorongan, arahan, dan bimbingan.Strategi Heuristik dapat digunakan untuk mengajarkan berbagai materi pelajarantermasuk pemecahan masalah. Dengan Strategi Heuristik diharapkan siswa bukan hanya paham dan mampu melakukan suatu pekerjaan sesuai dengan tujuan pembelajaran yangtelah ditetapkan, akan tetapi juga akan terbentuk sikap-sikap positif, seperti: kritis,kreatif, inovatif, mandiri, terbuka. Strategi Heuristik terbagai atas Diskoperi dan Inkuiri.3.Atas Dasar Pertimbangan Pengaturan Guru1.Strategi Seorang Guru. Seorang guru mengajar kepada sejumlah siswa.

2.Strategi Pengajaran Beregu (Team Teaching). Dengan PengajaranBeregu, dua orang atau lebih guru mengajar sejumlah siswa.Pengajaran Beregu dapat digunakan di dalam mengajarkan salah satu mata pelajaranatau sejumlah mata pelajaran yang terpusat kepada suatu topik tertentu.4.Atas Dasar Pertimbangan Jumlah Siswa1.Strategi Klasikal2.Strategi Kelompok Kecil3.Strategi Individual.5.Atas Dasar Pertimbangan Interaksi Guru dengan Siswa.1.Strategi Tatap Muka. Akan lebih baik dengan menggunakan alat peraga.2.Strategi Pengajaran Melalui Media. Guru tidak langsung kontak dengansiswa, akan tetapi guru “mewakilkan” kepada media. Siswa berinteraksi dengan media.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->