P. 1
Soal Uh Ipa Kelas Vi

Soal Uh Ipa Kelas Vi

|Views: 1,548|Likes:
Published by tuginobnyms
Soal Uh Ipa Kelas Vi
Soal Uh Ipa Kelas Vi

More info:

Published by: tuginobnyms on May 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/09/2012

pdf

text

original

Ciri Khusus Hewan dan Tumbuhan Paket 1 A. Pilihlah jawaban yang benar. 1.

Setiap hewan memiliki ciri-ciri khusus yang berhubungan dengan .... a. tingkah lakunya b. warna tubuhnya c. lingkungannya d. cara bergerak Ciri khusus hewan untuk bertahan hidup di lingkungan hidupnya (c) 2. Perhatikan gambar berikut. Bagian kelelawar yang membantu untuk mendaki di bebatuan atau pohon, ditunjukkan oleh nomor .... a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 Bagian yang mirip cakar pada sayap kelelawar sebenarnya ibu jari kelelawar. (3) Ibu jari tersebut berfungsi untuk mendaki di bebatuan atau di pohon. 3. Pernyataan yang benar tentang kelelawar adalah .... a. kelelawar mencari makan pada siang hari b. kelelawar dapat menentukan arah terbang hanya dengan menggunakan indra penglihatan c. selain indra penglihatan, kelelawar juga mengeluarkan bunyi untuk menentukan arah terbang d. pantulan gelombang bunyi yang dikeluarkan kelelawar akan ditangkap kembali oleh indra penglihatan.
Kelelawar terbang dan mencari makan pada malam hari. Pada saat terbang, kelelawar tidak sepenuhnya menggunakan indra penglihatannya. Pada saat terbang, kelelawar sesekali mengeluarkan bunyi. Ketika gelombang bunyi itu mengenai benda, seperti pohon atau serangga, gelombang bunyi akan memantul. Pantulan gelombang bunyi itu akan ditangkap kembali oleh indra pendengarannya yang tajam.(c) 4. Ekolokasi adalah kemampuan yang dimiliki kelelawar untuk mengetahui arah terbang, makanan, dan keadaan lingkungannya dengan menggunakan .... a. mata b. bunyi c. mata dan bunyi d. telinga Kemampuan yang dimiliki kelelawar untuk mengetahui arah terbang, makanan, dan keadaan lingkungannya dengan menggunakan bunyi disebut ekolokasi. 5. Posisi kelelawar pada saat tidur ialah .... a. bergantung dengan badan terbalik b. bergantung sambil mendengkur c. berdiri dengan sayap yang menutupi tubuhnya d. bergantung dengan sayap membentang Ketika tidur, kelelawar bergantung dengan badan terbalik, yaitu kepala berada di bawah. 6. Cecak dapat menangkap serangga sebagai makanannya dengan menggunakan .... a. kaki b. mulut

c. lidah yang pendek d. lidah yang panjang dan lengket Cecak akan menangkap serangga dengan lidahnya yang panjang dan lengket.(d) 7. Bebek dapat berenang di air dengan menggunakan .... a. kepakan sayap b. selaput kulit pada sela-sela kaki c. ekor d. sayap dan ekor Kaki bebek pendek dan pada sela-sela kakinya dilengkapi dengan selaput kulit yang dapat membantunya ketika berenang di air. Selain, itu dengan bentuk seperti ini, memudahkan bebek berjalan di atas permukaan tanah berlumpur.(b) 8. Batang yang banyak mengandung air pada kaktus berguna untuk .... a. melindungi diri dari pemangsa b. menahan panas dari luar c. mengurangi penguapan air d. menyimpan cadangan air di musim kering Kaktus memiliki batang yang banyak mengandung air. Air tersebut berguna untuk cadangan di musim kering.(d) 9. Ciri-ciri tumbuhan kaktus ialah .... a. berdaun tebal dan lebar b. batang berongga dan daun tebal c. batang berair dan daun kecil d. batang besar dan daun tipis yang lebar Kaktus memiliki batang yang banyak mengandung air dan berdaun kecil untuk mengurangi penguapan.(c) 10. Tumbuhan yang memakan serangga bertujuan memenuhi kebutuhan .... a. oksigen b. nitrogen c. hidrogen d. air Keadaan tanah tempat Kantung Semar dan Venus sangat kekurangan unsur nitrogen. Untuk memenuhinya, kantong semar dan kejora menangkap serangga. Serangga mengandung banyak nitrogen.(b) B. Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang tepat. 1. Sayap kelelawar memiliki kulit yang .... Sayap kelelawar memiliki kulit yang lentur. 2. Bagian menonjol, berbentuk garis pada telapak kaki cecak berfungsi sebagai ... Telapak kaki cecak ada bagian menonjol yang berbentuk garis. Bagian itu berfungsi sebagai alat pelekat sehingga cecak dapat merayap. 3. Bentuk paruh yang pipih dan lebar pada bebek berguna untuk .... Bentuk paruh yang pipih dan lebar. Bentuk paruh seperti itu membantu bebek untuk mencari cacing yang ada di balik lumpur. 4. Kaktus merupakan tumbuhan yang hidup di daerah .... Tumbuhan kaktus merupakan jenis tumbuhan yang hidup di daerah kering atau kurang air. 5. Tumbuhan yang termasuk pemakan serangga ialah .... Tumbuhan kantong semar dan tumbuhan kejora (Venus) adalah tumbuhan pemakan serangga (insektivora)

6. Kelelawar mencari makan pada waktu .... Kelelawar terbang dan mencari makan pada malam hari. 7. Duri pada kaktus sebenarnya merupakan .... Daun kaktus seringkali berbentuk duri. 8. Kantong semar dan tumbuhan kejora menangkap serangga karena serangga mengandung banyak .... Serangga mengandung banyak nitrogen. 9. Makhluk hidup memiliki ciri khusus dengan tujuan .... Ciri khusus makhluk hidup untuk bertahan hidup di lingkungan hidupnya 10. Untuk menangkap mangsa, cecak memiliki .... Cecak akan menangkap serangga dengan lidahnya yang panjang dan lengket. C. Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan jelas. 1. Mengapa kelelawar ketika terbang pada malam yang gelap tidak menabrak pepohonan? Kelelawar memiliki kemampuan untuk mengetahui arah terbang, makanan, dan keadaan lingkungannya dengan menggunakan bunyi yang disebut ekolokasi. 2. Jelaskan mengapa cecak dapat berjalan di dinding ! Telapak kaki cecak ada bagian menonjol yang berbentuk garis. Bagian itu berfungsi sebagai alat pelekat sehingga cecak dapat merayap. 3. Sebutkan ciri-ciri khusus bebek ! Kaki bebek pendek dan pada sela-sela kakinya dilengkapi dengan selaput kulit yang dapat membantunya ketika berenang di air. Bentuk paruh yang pipih dan lebar. Bentuk paruh seperti itu membantu bebek untuk mencari cacing yang ada di balik lumpur. Selain itu bebek juga memiliki lapisan minyak pada bulunya sehingga bebek tidak basah kuyup saat berada di air. 4. Jelaskan proses penangkapan serangga pada tumbuhan kantong semar ! Cara yang dilakukan, yaitu dengan menghasilkan cairan pada bagian daun untuk menarik perhatian serangga. Pada kantong semar, serangga akan masuk ke dalam kantong dan terperangkap di dalamnya. Bagian dalam daun mengandung lapisan mirip lilin sehingga serangga terpeleset. 5. Dapatkah kaktus hidup di daerah kita? Jelaskan. Kaktus dapar hidup di Indonesia, karena kaktus biasanya hidup di daerah yang kering maka aturlah banyaknya air. Paket 2 A. Pilihlah jawaban yang benar. 1. Proses penyesuaian diri terhadap lingkungan disebut …. a. simbiosis b. habitat c. adaptasi d. siklus hidup 2. Hewan yang mempunyai kemampuan mengubah warna kulit sesuai dengan tempat yang disinggahi adalah …. a. bunglon b. burung c. kelelawar d. cicak 3. Bentuk paruh panjang dan runcing yang berguna untuk menggapainektar di dalam bunga. Bentuk paruh tersebut terdapat pada ….

a. burung elang b. burung pipit c. burung flaminggo d. burung kolibri 4. Bentuk paruh burung elang tajam dan bengkok yang berfungsi untuk …. a. menciduk ikan dari air b. mencabik mangsa c. menggapai nektar di dalam bunga d. memecah biji-bijian 5. Binatang yang mencari makan pada malam hari disebut …. a. binatang nokturnal b. mimikri c. mamalia d. binatang diurnal 6. Selaput pada jari kaki bebek berfungsi untuk …. a. merobek dan memegang mangsa b. menempel di dinding c. berenang d. melindungi diri agar tidak tenggelam 7. Bentuk daun teratai adalah …. a. runcing b. lebar dan tipis c. menjari d. memanjang dan tipis 8. Mengatup apabila tersentuh sesuatu adalah ciri dari tumbuhan …. a. cemara b. teratai c. putri malu d. kantung semar 9. Di bawah ini yang merupakan tanaman pemakan serangga adalah …. a. kaktus b. kantung semar c. cemara d. teratai 10. Tanaman kantung semar mempunyai cairan khusus yang berfungsi untuk …. a. mencerna serangga b. pelindung diri c. mengurangi penguapan d. tempat persediaan air II. Isilah dengan jawaban singkat. 1. Proses menyesuaikan diri terhadap lingkungan disebut…. 2. Kemampuan bunglon mengubah warna kulit sesuai dengan tempatnya berada disebut …. 3. Bentuk daun cemara yang runcing berguna untuk …. 4. Bentuk daun teratai yang lebar dan tipis merupakan adaptasi terhadap …. 5. Duri yang menutupi permukaan batang kaktus berfungsi sebagai …. III.Jawablah.

1. Mengapa bunglon mengubah warna kulit sesuai dengan tempat yang disinggahinya? 2. Bagaimana kelelawar menangkap mangsa? 3. Tuliskan 3 ciri khusus yang dimiliki cicak. Jelaskan. 4. Apa yang menyebabkan tumbuhan teratai dapat mengapung di atas permukaan air? 5. Bagaimana cara tanaman kantung semar mencerna mangsanya? Paket 3 A. Pilihlah jawaban yang benar. 1. Kelelawar menggunakan ... untuk mencari makanannya di malam hari. a. mata dan pendengarannya yang tajam dan peka b. indra penciumannya yang tajam c. kemampuan memperkirakan jarak dengan cara mendengarkan gema benda d. kemampuan terbang dengan cara cepat 2. Tokek memiliki kemampuan khusus yaitu ... . a. merayap di dinding rumah b. mengetahui serangga dengan tajam c. menangkap serangga d. mendengarkan dengan tajam 3. Ciri khusus yang dimiliki bunglon yaitu ... . a. bisa memutuskan ekornya b. lidahnya panjang dan lengket c. dapat merayap dengan cepat d. memiliki alat perekat pada telapak kakinya 4. Jenis burung yang menggunakan mata dan telinganya yang sangat tajam dan peka untuk menemukan mangsanya adalah burung ... . a. pipit b. merpati c. kakatua d. hantu 5. Katak menangkap serangga terbang menggunakan ... . a. lidahnya yang panjang b. semburan air c. kulitnya yang basah d. mulutnya yang lebar 6. Ciri khusus unta yang membuatnya mampu bertahan saat terjadi badai di gurun yaitu ... . a. memiliki kantong penyimpan makanan b. mampu menutup lubang hidung saat badai c. mampu berjalan cepat di pasir d. tahan panas matahari 7. Ciri yang dimiliki tanaman anggrek yaitu ... . a. memiliki warna bunga yang menarik b. memiliki batang yang ramping c. memiliki bentuk bunga yang unik d. memiliki akar gantung

8. Daun tumbuhan kaktus pada umumnya berupa ... . a. duri c. daun berdaging b. daun tebal d. tonjolan batang 9. Tanaman air pada umumnya memiliki daun yang ... . a. tebal c. tipis b. berdaging d. berlapis lilin 10. Tumbuhan kantung semar memperoleh nitrogen dari ... . a. serangga c. udara b. tanah d. zat hara II. Isilah titik-titik berikut dengan benar! 1. Kaktus memiliki ........ untuk melindungi diri. 2. Kemampuan mengetahui keadaan lingkungan dengan memancarkan gelombang berfrekuensi tinggi disebut ...... 3. Selaput pada jari kaki itik berguna untuk . ... 4. Punuk di punggung hewan unta berguna untuk ......... 5. Hewan yang melindungi diri dengan cara mengubah warna kulitnya adalah …. 6. Bentuk paruh burung sesuai dengan ...... 7. Penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungan disebut ...... 8. Pohon cemara memiliki daun yang berbentuk ..........untuk mengurangi penguapan. 9. Pohon mahoni mempertahankan diri pada musim kemarau dengan cara …. 10. Daun-daun pada kaktus berbentuk .......... III. Jawablah pertanyaan berikut! 1. Mengapa cecak tidak jatuh saat merayap di dinding? 2. Bagaimana cara tumbuhan kantung semar menangkap serangga? 3. Bagaimana cara walang sangit melindungi diri dari serangan musuh? 4. Bagaimana cara landak semut mencari mangsanya? 5. Bagaimana cara ular mengenali mangsanya? Perkembangbiakan Makhluk Hidup A. Pilihlah jawaban yang benar. 1. Perkembangbiakan pada manusia terjadi karena .... a. penggabungan sel sperma dan zigot b. penggabungan serbuk sari dan sel telur c. penggabungan sel sperma dan sel telur d. penggabungan zigot dan sel telur 2. Tujuan makhluk hidup berkembang biak adalah .... a. melestarikan jenisnya b. melestarikan lingkungannya c. memperoleh nutrisi d. memperoleh pasangan 3. Perhatikan gambar berikut. Gambar menunjukkan pertumbuhan dan perkembangan manusia pada tahap .... a. orok b. anak-anak c. remaja d. bayi

4. Bergabungnya sel sperma dan sel telur disebut .... a. embrio b. zigot c. janin d. pembuahan 5. Berikut ini yang merupakan ciri pubertas pada perempuan adalah .... a. tumbuhnya jakun b. dada lebih membidang c. tumbuh kumis d. mengalami menstruasi 6. Contoh hewan yang pembuahannya di luar tubuh adalah .... a. ikan mujair b. singa c. ikan hiu d. penyu 7. Hewan yang bertelur dan melahirkan disebut juga .... a. vivipar b. ovovivipar c. ovipar d. ovarium 8. Perkembangbiakan pada hewan dapat terjadi secara kawin maupun tidak kawin. Perkembangbiakan secara tidak kawin pada hewan dapat dilakukan dengan .... a. bertelur b. melahirkan c. bertelur-melahirkan d. tunas 9. Pembuahan di dalam tubuh adalah .... a. penggabungan sel sperma dan serbuk sari terjadi di dalam tubuh b. penggabungan sel sperma dan serbuk sari terjadi di luar tubuh c. penggabungan sel sperma dan sel telur terjadi di dalam tubuh d. penggabungan sel sperma dan sel telur terjadi di luar tubuh 10. Pada hewan yang bertelur, embrio mendapatkan makanan dari .... a. kuning telur b. induknya c. cangkang telur d. putih telur 11. Alat kelamin betina pada bunga adalah .... a. mahkota b. benang sari c. putik d. kelopak 12. Penyerbukan terjadi karena .... a. bertemunya serbuk sari dan bakal buah b. bertemunya sel kelamin jantan dan sel kelamin betina c. bertemunya benang sari dan kepala putik d. bertemunya serbuk sari dan kepala putik

13. Penyerbukan pada bunga yang berbunga mencolok dan mengeluarkan nektar dibantu oleh .... a. hewan b. manusia c. air d. angin 14. Perhatikan gambar berikut. Bagian tumbuhan yang tampak pada gambar adalah .... a. akar b. batang c. tangkai d. daun 15. Perkembangbiakkan yang memerlukan tempat dan media yang khusus adalah .... a. setek b. cangkok c. geragih d. kultur jaringan B. Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang tepat. 1. Perkembangbiakan secara kawin disebut juga .... 2. Zigot akan berkembang menjadi .... 3. Perubahan fisik manusia paling banyak terjadi pada masa .... 4. Mulai aktifnya alat perkembangabiakan perempuan ditandai dengan .... 5. Pembuahan di luar tubuh terjadi ketika sel sperma dan sel telur bertemu di .... 6. Vivipar merupakan hewan yang berkembang biak dengan .... 7. Cikal bakal dari tumbuhan baru adalah .... 8. Bertemunya serbuk sari dan kepala putik disebut .... 9. Cocor bebek berkembang biak dengan .... 10. Akar yang kurang kuat merupakan kekurangan tumbuhan hasil .... C. Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan jelas. 1. Kapan manusia pertama kali mengalami pertumbuhan dan perkembangan? 2. Perubahan psikologis apa yang terjadi pada masa remaja? 3. Jelaskan secara singkat perbedaan hewan ovipar dan ovovivipar. 4. Apa yang dimaksud dengan menempel (okulasi)? 5. Apa perbedaan perkembangbiakan secara kawin dan tidak kawin pada tumbuhan? Paket 2 A. Pilihlah jawaban yang benar. 1. Proses yang disertai dengan pertambahan berat, besar, dan tinggi pada makhluk hidup disebut …. a. perkembangan b. pertumbuhan c. regenerasi d. perkembangbiakan 2. Perkembangan fisik manusia dapat diamati pada usia…. a. 10 tahun b. 11 tahun c. 12 tahun d. 13 tahun

3. Kematangan perkembangan organ reproduksi pada pria ditandai dengan …. a. tumbuhnya dada b. tumbuhnya jakun c. mulai memproduksi sperma d. suara menjadi besar (berat) 4. Perkembangbiakan secara vegetatif disebut juga …. a. perkembangbiakan secara kawin b. perkembangbiakan secara tak kawin c. perkembangbiakan dengan konjugasi d. perkembangbiakan dengan tunas 5. Di bawah ini contoh tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh manusia adalah …. a. rumput b. padi c. vanili d. belimbing 6. Di bawah ini contoh perkembangbiakan vegetatif alami adalah …. a. okulasi b. cangkok c. mengenten d. stolon 7. Tumbuhan cocor bebek berkembang biak dengan …. a. stek b. tunas c. tunas daun d. umbi lapis 8. Hewan yang mengalami perkembangbiakan dengan tunas contohnya …. a. amoeba b. spora c. regenerasi d. hydra 9. Organ penghasil sperma disebut …. a. ovarium b. ovum c. testis d. penis 10. Ovarium melepaskan sel telur setiap …. a. seminggu sekali b. sebulan sekali c. dua bulan sekali d. setiap hari II. Isilah dengan jawaban singkat. 1. Secara umum pertumbuhan manusia dipengaruhi oleh pola … dan …. 2. Perkembangan fisik anak laki-laki disertai dengan perubahan suara menjadi …. 3. Rumput, padi, dan jagung proses penyerbukannya dibantu oleh …. 4. Alat kelamin jantan pada bunga adalah ….

5. Umbi lapis merupakan contoh perkembangbiakan secara …. III. Jawablah. 1. Tuliskan arti pertumbuhan dan perkembangan. 2. Tuliskan ciri perkembangan fisik pada wanita setelah menginjak usia 12 tahun. 3. Tuliskan macam-macam perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan. 4. Gambarkan bunga dan bagian-bagiannya. 5. Tuliskan cara perkembangbiakan pada hewan invertebrata. Paket 3 A. Pilihlah jawaban yang benar. 1. Hewan laut yang berkembang biak dengan beranak yaitu ... . a. hiu b. gurita c. lumba-lumba d. cumi-cumi 2. Tumbuhan pisang merupakan jenis tumbuhan yang berkembang biak dengan ... . a. umbi batang b. umbi lapis c. akar tinggal d. tunas 3. Salah satu manfaat perkembangbiakan tumbuhan dengan cara okulasi adalah ... . a. menyatukan dua sifat yang baik b. tumbuhan cepat berbuah c. tanaman menjadi cepat besar d. memperoleh keturunan yang sama dengan induknya 4. Salah satu ciri hewan vivipar yaitu ... . a. tidak berdaun telinga b. mengeluarkan telur c. memiliki kelenjar susu d. mengalami pembuahan internal 5. Perkembangbiakan pada tumbuhan di samping dapat dilakukan dengan cara ... . a. cangkok b. tunas c. enten d. okulasi 6. Ciri khas hewan darat yang bertelur adalah ... . a. berbulu b. tidak berdaun telinga c. berkaki dua d. bersayap 7. Perhatikan gambar di samping! Bagian yang ditunjukkan dengan nomor 4 disebut ... . a. tangkai putik b. kepala putik c. bakal buah d. kelopak

8. Menempelnya serbuk sari bunga mangga manalagi di kepala putik bunga mangga gadung adalah contoh penyerbukan ... . a. bastar b. sendiri c. silang d. tetangga 9. Perubahan fisik tubuh laki-laki pada masa pubertas yaitu ... . a. membesarnya suara b. melebarnya pinggul c. tumbuhnya payudara d. datangnya masa haid atau menstruasi 10. Membesarnya payudara pada remaja putri menandakan bahwa ... . a. adanya rahim pada wanita b. kesiapan payudara wanita untuk bisa menghasilkan air susu jika suatu saat hamil c. ia mulai mempunyai rahim d. remaja yang sedang mengandung 11. Melebarnya pinggul pada remaja putri menandakan bahwa ... . a. adanya rahim pada wanita b. kesiapan rahim wanita untuk mengandung c. ia mulai mempunyai rahim d. remaja yang sedang mengandung 12. Penyebab mimpi basah pada anak laki-laki adalah ... . a. terlalu banyak minum b. testis sudah terisi penuh dengan sperma c. menahan kencing d. karena sudah dewasa 13. Ketika tubuh perempuan mengalami proses pertumbuhan, ia mengeluarkan darah setiap bulan sekali. Perempuan tersebut mengalami masa ... . a. hamil b. anak-anak c. remaja d. haid 14. Siklus menstruasi pada perempuan adalah ... . a. 10 hari b. 15 hari c. 20 hari d. 28 hari 15. Cara perkembangbiakan Hydra dengan cara ... . a. melakukan pembelahan diri b. menggandakan diri melalui fragmentasi c. menggandakan diri melalui pertunasan d. menghasilkan keturunan secara kawin II. Isilah titik-titik berikut dengan benar! 1. Perkembangbiakan tanpa melalui kawin disebut perkembangbiakan … 2. Alat perkembangbiakan lengkuas disebut ..... 3. Pembuahan yang terjadi di luar tubuh betina disebut .........

4. Begonia dikembangbiakkan dengan setek ....... 5. Telur ayam ras tanpa pejantan tidak dapat ditetaskan karena tidak didahului oleh proses ..... 6. Untuk menggabungkan dua sifat yang berbeda, dua tumbuhan dikembangbiakkan dengan cara ...... 7. Semua hewan vivipar pembuahannya terjadi di ...... 8. Pada tubuh wanita, sel telur diproduksi oleh .......... 9. Bila sel telur dalam rahim bertemu dengan sel sperma, maka wanita tersebut akan mengalami … 10. Tumbuhnya kumis, membesarnya suara, dan munculnya jakun adalah ciri-ciri fisik masa pubertas pada .... III. Jawablah pertanyaan berikut! 1. Mengapa manusia dapat meninggal? 2. Bagaimana ciri-ciri yang menandakan orang menjadi tua? 3. Apa yang kalian ketahui tentang pertumbuhan? 4. Mengapa wanita dewasa mengalami menstruasi? 5. Jelaskan perbedaan perubahan fisik laki-laki dan perempuan pada masa pubertas! 6. Jelaskan perbedaan antara perkembangbiakan secara vegetatif dan generatif! 7. Apa kelebihan dan kekurangan tumbuhan hasil cangkokan? 8. Apa yang dimaksud pembuahan internal dan eksternal pada perkembangbiakan hewan? 9. Mengapa hewan yang melahirkan disebut juga hewan mamalia? 10. Bagaimana cara perkembangbiakan pada manusia hingga lahir bayi? Keseimbangan Ekosistem A. Pilihlah jawaban yang benar. 1. Kegiatan berikut yang menyebabkan ketidakseimbangan lingkungan adalah .... a. menebang pohon dengan sistem tebang pilih b. membatasi penggunaan plastik c. membangun rumah di daerah resapan air d. mengolah limbah sebelum di buang ke lingkungan 2. Komponen lingkungan yang jika tidak ada akan paling memengaruhi kehidupan makhluk hidup lainnya adalah .... a. tumbuhan b. hewan c. manusia d. hewan dan manusia 3. Perhatikan gambar berikut. Kegiatan tersebut akan menyebabkan .... a. hutan menjadi produktif b. cadangan air tanah tetap c. erosi d. suplai karbon dioksida berkurang 4. Contoh limbah transportasi adalah .... a. plastik b. pestisida c. asap kendaraan d. limbah cair

5. Menangkap ikan menggunakan bahan peledak merusak lingkungan karena .... a. bising akibat suara ledakan b. bahan peledak semakin banyak c. biayanya lebih mahal d. organisme lain ikut mati 6. Pembangunan rumah di bukit dapat menyebabkan ketidakseimbangan lingkungan karena .... a. memiliki cadangan air melimpah b. memiliki suplai oksigen banyak c. memiliki pemandangan yang indah d. menyebabkan banjir di daerah lain 7. Bagian gajah yang sering dimanfaatkan adalah .... a. belalai b. gading c. taring d. kulit 8. Bagian dari ular dan harimau yang sering dimanfaatkan adalah .... a. bisa b. daging c. kulit d. taring 9. Bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan untuk bahan bagunan adalah .... a. batang b. akar c. daun d. pucuk 10. Hewan yang membantu petani dalam mengurangi tikus adalah .... a. cacing b. burung c. harimau d. ular B. Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang tepat. 1. Jika pohon di hutan banyak ditebang, menyebabkan jumlah oksigen .... 2. Hutan yang rindang dapat berfungsi sebagai daerah resapan .... 3. Keseimbangan lingkungan terganggu jika rumah dibangun di .... 4. Contoh limbah pertanian adalah .... 5. Komponen lingkungan yang merupakan sumber makanan bagi hewan dan manusia adalah .... 6. Pohon di hutan dapat berfungsi sebagai .... 7. Jika ular terus berkurang, jumlah tikus akan .... 8. Bahan baku kulit sepatu dapat berupa .... 9. Meja belajar di kelasmu terbuat dari .... 10. Pemanfaatan kayu secara berlebihan akan menyebabkan hutan .... C. Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan jelas. 1. Aktivitas manusia apa saja yang dapat memengaruhi keseimbangan lingkungan? 2. Mengapa jika membuang sampah ke sungai dapat merusak lingkungan? 3. Jelaskan hubungan antara pohon dan hewan.

4. Bagian apa saja dari tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia? 5. Bagian apa saja dari hewan yang sering dimanfaatkan manusia? Paket 2 A. Pilihlah jawaban yang benar. 1. Tempat saling memberi dan menerima antara sesama makhluk hidup dengan lingkungannya disebut …. a. ekosistem b. populasi c. komponen biotik d. komponen abiotik 2. Kehidupan dapat tetap berlangsung jika jumlah konsumen tingkat I lebih kecil dari …. a. produsen b. konsumen tingkat II c. konsumen tingkat III d. pengurai 3. Akibat yang ditimbulkan karena membuang sampah dan limbah industri di sungai adalah …. a. habitat semut menjadi rusak b. makhluk hidup di sungai akan terhambat perkembangannya c. mematikan mikroba d. berkurangnya penyerapan air 4. Kegiatan manusia yang dapat mematikan mikroba adalah … a. penebangan hutan secara liar b. pembuangan limbah ke sungai c. pembuangan limbah industri ke sungai d. pemakaian pestisida yang berlebihan 5. Keunggulan kayu jati adalah …. a. serat halus, tidak cepat lapuk, dan tahan rayap b. kuat dan lentur c. baunya harum d. sangat keras dan kuat 6. Rotan disukai oleh perajin karena sifatnya …. a. serat halus, bagus, dan tidak disukai rayap b. kuat dan lentur c. baunya harum d. sangat keras dan kuat 7. Salah satu cara untuk memperbaiki kerusakan ekosistem hutan adalah …. a. reboisasi dan cagar alam b. sistem ladang berpindah c. pembangunan villa d. penebangan liar 8. Ular sanca banyak diburu manusia untuk diambil …. a. dagingnya b. kulitnya c. telurnya d. bisanya

9. Gajah diburu manusia untuk diambil …. a. belalainya b. kulitnya c. gadingnya d. telinganya 10. Usaha yang harus dilakukan untuk melestarikan hewan adalah …. a. reboisasi dan cagar alam b. penangkaran dan suaka margasatwa c. perburuan liar d. sistem perladangan berpindah II. Isilah dengan jawaban singkat. 1. Tempat saling memberi dan menerima antara sesama makhluk hidup dengan lingkungannya disebut …. 2. Gangguan ekosistem dapat terjadi karena … yang berlebihan dalam pertanian. 3. Kayu yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan, perabot rumah tangga, contohnya …. 4. Contoh usaha pelestarian hutan yaitu .... 5. Usaha pelestarian hewan dapat dilakukan dengan … dan …. III. Jawablah. 1. Buatlah satu contoh ekosistem. 2. Tuliskan dampak yang ditimbulkan dari kegiatan manusia terhadap ekosistem. 3. Bagaimanakah hubungan antara kegiatan manusia dengan populasi tumbuhan? 4. Bagaimanakah hubungan antara kegiatan manusia dengan populasi hewan? 5. Tuliskan usaha yang dapat dilakukan manusia untuk menjaga kelestarian hutan. Paket 3 A. Pilihlah jawaban yang benar. 1. Suatu daerah yang digunakan untuk menjaga kelestarian hidup tumbuh-tumbuhan dan hewan agar terhindar dari kepunahan disebut ... a. kebun raya b. kebun binatang c. hutan lindung d. cagar alam 2. Beberapa hewan yang dilindungi karena terancam punah antara lain ... . a. kadal, komodo, cecak, buaya, anoa, ayam hutan, dan kelinci b. gajah, tapir, biri-biri, harimau, badak bercula satu, dan burung cenderawasih c. harimau, badak, sapi, orang utan, dan burung cenderawasih d. tapir, komodo, burung cenderawasih, koala, badak bercula satu, dan orang utan 3. Salah satu akibat dari perilaku manusia yang menyebabkan kerusakan hutan adalah ... . a. menangkap ikan dengan bahan peledak b. membuka lahan pertanian baru c. membakar sampah d. mengairi sawah 4. Suaka margasatwa adalah perlindungan terhadap ... . a. tumbuhan langka b. tumbuhan dan hewan langka

c. hewan langka d. kelestarian hutan 5. Bagian hewan yang digunakan para wanita untuk merawat kecantikan adalah minyak ... . a. ikan paus b. ular c. ikan lumba-lumba d. penyu 6. Tumbuhan yang banyak dimanfaatkan untuk membuat wewangian adalah ... . a. kayu cendana b. kayu jati c. kayu mahoni d. kayu randu 7. Contoh perbuatan yang mengakibatkan kerusakan lingkungan adalah ... a. melakukan penghijauan b. menyebar benih-benih ikan c. melakukan penanaman hutan d. melakukan pembakaran hutan 8. Bagian tubuh hewan di samping yang sering diburu yaitu .... . a. kulit b. tanduk c. cula d. gigi 9. Penangkapan telur penyu di pantai dapat menyebabkan ... . a. sarang penyu rusak b. penyu terancam punah c. pasir di pantai tercemar d. rusaknya ekosistem pantai 10. Penggunaan bahan kimia berlebih menyebabkan ... . a. tanaman subur b. air sawah menjadi tercemar c. serangga banyak yang mati d. hama tanaman subur II. Isilah titik-titik berikut dengan benar! 1. Kepunahan hewan langka dapat dicegah dengan cara ..... 2. Hutan-hutan yang gundul akan mengakibatkan ... 3. Cenderawasih banyak diburu, untuk diambil .... 4. Saling ketergantungan antara makhluk hidup dengan benda tidak hidup membentuk suatu ..... 5. Penggunaan pestisida yang berlebihan mengakibatkan ..... 6. Hewan pada gambar di samping diburu untuk diambil ........ 7. Perburuan hewan langka secara terus-menerus berakibat ..... 8. Sirip ikan hiu banyak dimanfaatkan sebagai ..... 9. Perburuan paus yang tidak terkendali menyebabkan ...... 10. Penyebab kerusakan terumbu karang yaitu ....... III. Jawablah pertanyaan berikut! 1. Coba, perkirakan akibat yang dapat ditimbulkan bila penebangan hutan secara liar dilakukan secara terus-menerus!

2. Sebutkan contoh-contoh hewan yang terancam punah dan penyebab kepunahannya! 3. Apa usaha pemerintah untuk melindungi semua tumbuhan dan hewan yang terancam punah? 4. Jelaskan penyebab hewan hutan masuk dan menyerang pedesaan! 5. Mengapa kepunahan salah satu jenis hewan dapat mengganggu keseimbangan lingkungan? Pelestarian hewan dan tumbuhan A. Pilihlah jawaban yang benar. 1. Berikut ini merupakan faktor yang menyebabkan hewan terancam punah yaitu .... a. pembentukan hutan lindung b. penebangan pohon c. penangkaran hewan langka d. penanaman pohon 2. Hewan yang terancam punah ialah hewan yang .... a. jumlahnya sedikit b. perkembangbiakannya cepat c. jumlahnya banyak d. berada di banyak tempat 3. Kadal terbesar di dunia yang terancam punah ialah .... a. anoa b. Caerulean paradise c. komodo d. maleo 4. Burung yang diburu karena bulunya yang indah ialah .... a. maleo b. Rafesia arnoldii c. kakatua jambul kuning d. cendrawasih 5. Hewan berikut yang tidak terancam punah ialah .... a. badak jawa b. orangutan c. ayam d. harimau sumatra 6. Tumbuhan berikut yang terancam punah karena sering digunakan sebagai bahan bangunan dan alat rumah tangga ialah.... a. kayu manis b. jati c. mahoni d. cendana 7. Tumbuhan langka yang dijuluki ''emas beraroma dari hutan'' ialah .... a. gaharu b. meranti c. cendana d. jati 8. Berikut ini yang tidak termasuk tumbuhan yang terancam punah ialah .... a. bunga bangkai b. pinus

c. kayu manis d. kantung semar 9. Contoh pelestarian secara ex situ ialah .... a. hutan lindung b. suaka margasatwa c. taman nasional d. taman safari 10. Kawasan yang melindungi hewan yang terancam punah di tempat asalnya ialah .... a. suaka margasatwa b. kebun botani c. hutan lindung d. taman safari B. Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang tepat. 1. Selain faktor manusia, kepunahan dapat terjadi karena .... 2. Kebun binatang adalah contoh pelestarian .... 3. Bunga bangkai berasal dari daerah .... 4. Tumbuhan yang hanya terlihat bunganya saja ialah .... 5. Jenis hewan langka yang merupakan jenis harimau terakhir di Indonesia .... 6. Selain anoa, hewan yang terancam punah dan hanya ada di Sulawesi ialah .... 7. Burung yang terancam keberadaannya karena bentuk jambulnya yang menarik ialah .... 8. Hutan lindung merupakan kawasan yang melindungi .... 9. Upaya pelestarian pada umumnya dilakukan dengan menyediakan .... 10. Jenis kura-kura yang baru ditemukan dan terancam punah ialah .... C. Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan jelas. 1. Mengapa hewan dan tumbuhan dapat terancam punah? Jelaskan. 2. Sebutkan hewan yang terancam punah karena dagingnya diburu untuk dijadikan makanan. 3. Mengapa kayu jati banyak digunakan orang? 4. Sebutkan minimal dua taman nasional yang ada di Indonesia. 5. Jelaskan perbedaan antara pelestarian in situ dan pelestarian ex situ? Paket 2 A. Pilihlah jawaban yang benar. 1. Berikut pernyataan yang salah mengenai pelestarian makhluk hidup adalah …. a. perburuan dan penebangan liar b. pengembangbiakan hewan dan tumbuhan c. perlindungan hewan dan tumbuhan dari kepunahan d. pembuatan cagar alam dan suaka margasatwa 2. Jenis hewan langka asli Papua adalah …. a. komodo b. burung cendrawasih c. orangutan d. burung kasuari 3. Buah merah merupakan jenis tanaman langka yang berkhasiat obat. Habitat asli buah merah adalah …. a. Kalimantan b. Papua

c. Sumatera d. Sulawesi 4. Jalak bali merupakan burung asli pulau Bali. Penangkaran Jalak bali dilakukan di …. a. Kebun Raya Bogor b. Way Kambas c. Gunung Tengger d. TNBB 5. Suaka Margasatwa Way Kambas terdapat di …. a. Bengkulu b. Lampung c. Kalimantan d. Aceh 6. Tindakan pelestarian hewan dapat dilakukan dengan cara …. a. pembuatan suaka margasatwa b. pembuatan taman c. pemeliharaan hewan langka d. penangkapan hewan langka untuk dilindungi 7. Untuk meningkatkan populasi ikan di daerah perairan sungai dilakukan dengan …. a. pembuatan tangga ikan b. pembuatan cagar alam c. pembuatan bendungan d. penyebaran bibit baru 8. Tempat pelestarian hewan disebut dengan …. a. suaka alam b. suaka margasatwa c. kebun binatang d. penangkaran 9. Ikan,terumbu karang,rumput laut termasuk ke dalam ekosistem…. a. darat b. hutan c. laut d. air tawar 10. Burung Cendrawasih merupakan hewan langka yang terdapat di daerah …. a. Irian Jaya b. Jawa c. Nusa Tenggara Barat d. Sumatera II. Isilah dengan jawaban singkat. 1. Rusaknya ekosistem hutan mengakibatkan berkurangnya …. 2. Anggrek hitam ditemukan di kawasan hutan …. 3. Cagar Alam Ujung Kulon terletak di …. 4. Pelestarian tumbuhan dapat dilakukan dengan pembuatan…. 5. Pembuatan tangga ikan di daerah perairan sungai bertujuan untuk …. III. Jawablah. 1. Tuliskan 4 jenis hewan yang hampir punah. 2. Tuiskan 4 jenis tumbuhan yang hampir punah.

3. Tuliskan 3 cara pelestarian hewan. 4. Tuliskan jenis tumbuhan yang ada di cagar alam Pananjung Pangandaran. 5. Tuliskan jenis hewan yang ada di cagar alam Gunung Leuser Aceh. Paket 3 A. Pilihlah jawaban yang benar. 1. Kawasan pelestarian alam yang dikelola dan dimanfaatkan untuk kegiatan ilmu pengetahuan, pendidikan dan pelatihan, serta rekreasi disebut ... . a. taman wisata alam b. taman nasional c. cagar alam d. suaka margasatwa 2. Perhatikan data berikut ini. (1) Ayam (4) Sapi (2) Harimau (5) Jalak Bali (3) Badak Di antara hewan di atas yang tidak dilindungi adalah ... . a. (1) dan (3) c. (1) dan (2) b. (1) dan (5) d. (1) dan (4) 3. Cagar Alam Pangandaran terdapat di Provinsi ... . a. Jawa Tengah b. Jawa Barat c. Jawa Timur d. DKI Jakarta 4. Salah satu tujuan melestarikan hewan dan tumbuhan adalah untuk ... . a. pelengkap ekosistem b. melindungi tempat hidupnya c. menambah zat hara d. menjaga keseimbangan alam 5. Pulau Komodo terletak di wilayah Provinsi ... . a. Nusa Tenggara Timur b. Nusa Tenggara Barat c. Bali d. Jawa Timur 6. Di Jawa Tengah terdapat cagar alam ... . a. Bromo b. Gunung Lorentz c. Ujung Kulon d. Dieng 7. Hewan yang dilindungi di Sumatra adalah ... . a. badak bercula satu b. badak bercula dua c. kasuari d. banteng 8. Jenis tumbuhan langka yang dimanfaatkan sebagai bahan baku obatobatan adalah ... .

a. cendana b. bunga Rafflesia c. bunga bangkai d. jati 9. Badak bercula satu adalah hewan langka yang ada di ... . a. Baluran b. Gunung Leuser c. Ujung Kulon d. Pulau Sulawesi 10. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango terletak di ... . a. Jawa Tengah b. Jawa Timur c. Jawa Barat d. Yogyakarta II. Isilah titik-titik berikut dengan benar! 1. Taman Nasional Bunaken terletak di Pulau ...... 2. Di Bali terdapat taman hutan raya ...... 3. Salah satu jenis burung langka yang hidup di tanah Papua adalah ... ... 4. Hewan langka pada gambar di samping yaitu ...... 5. Taman Laut Karimunjawa terdapat di daerah .... 6. Pusat perlindungan dan pelatihan gajah ada di ..... 7. Batang gaharu yang harum banyak digunakan untuk menghasilkan ......... 8. Hewan langka sejenis kera yang berambut kemerahan yaitu .... 9. Manfaat pelestarian makhluk hidup di taman nasional bagi siswa adalah .... 10. Kawasan yang melindungi tempat beserta binatang liar yang ada di dalamnya yaitu .... III. Jawablah pertanyaan berikut! 1. Jelaskan perbedaan antara cagar alam dan suaka margasatwa! 2. Apakah yang menyebabkan badak terancam punah? 3. Tuliskan beberapa hewan dan tumbuhan langka yang ada di Pulau Jawa dan Sumatra! 4. Mengapa penebangan hutan secara liar menyebabkan punahnya hewan dan tumbuhan? 5. Apakah tujuan penangkaran hewan? Penghantar Panas A. Pilihlah jawaban yang benar. 1. Pernyataan yang benar tentang panas ialah .... a. dapat berpindah b. energi yang akan hilang c. tidak dapat berpindah d. energi yang tidak dapat diterima oleh logam 2. Perpindahan panas dari satu benda ke benda lain disebut .... a. perambatan b. konduktor c. konduksi d. isolasi 3. Konduktor panas adalah benda-benda yang .... a. tidak dapat menghantarkan panas

b. dapat menghantarkan panas c. tetap dingin jika terkena panas d. mengeluarkan cahaya jika terkena panas 4. Benda berikut ini yang bukan konduktor panas adalah .... a. wajan b. panci c. sendok aluminium d. gelas plastik 5. Pengertian dari isolator panas yang tepat adalah .... a. benda-benda yang dapat menghantarkan panas b. benda-benda yang tidak dapat menghantarkan panas c. benda-benda yang dapat melepaskan panas d. benda-benda yang tidak dapat menerima panas 6. Benda berikut ini yang termasuk isolator panas adalah .... a. pisau b. kunci c. penggaris plastik d. gunting aluminium 7. Termos memanfaaatkan sifat benda berupa .... a. isolator panas b. konduktor panas c. konduksi panas d. isolasi panas 8. Fungsi lapisan kaca pada termos ialah .... a. menyerap panas b. mengalirkan panas c. menghasilkan panas d. memantulkan panas 9. Alasan yang paling tepat mengapa besi digunakan sebagai bahan setrika adalah .... a. besi mengilap b. besi mudah dibentuk c. besi dapat menghantarkan panas d. besi bersifat keras 10. Pegangan setrika terbuat dari plastik agar .... a. terlihat indah b. mudah dipegang c. tangan kita tidak kepanasan saat menyetrika d. bagian bawah setrika menjadi panas 11. Perhatikan gambar berikut. Kawat tembaga pada gambar di atas termasuk sifat benda .... a. konduktor b. isolator c. konduksi d. konveksi 12. Perhatikan gambar berikut. 1

2 3 4 Bagian yang berfungsi sebagai penghantar panas adalah nomor .... a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 13. Air panas dituangkan pada gelas kaca, gelas plastik, mug, dan cerek aluminium dengan jumlah yang sama. Benda yang akan membuat air paling lama dingin dalam waktu yang sama adalah .... a. gelas kaca b. gelas plastik c. mug d. cerek aluminium 14. Siti sedang membuat teh manis dengan air panas. Ia tidak dapat meminumnya langsung, tetapi harus didiamkan beberapa saat agar air tidak terlalu panas. Hal tersebut karena .... a. terjadi perpindahan panas dari udara ke air b. terjadi perpindahan panas dari air ke udara langsung dan dari air ke gelas c. terjadi perpindahan panas dari gula ke air d. panas air terserap oleh gula 15. 1. Penggaris besi 3. Pensil 2. Kain 4. Garpu Benda-benda di atas yang bersifat konduktor adalah .... a. 1 dan 2 b. 2 dan 3 c. 3 dan 4 d. 1 dan 4 B. Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang tepat. 1. Panci, wajan, dan penggaris besi merupakan bahan .... 2. Bahan yang dapat menghantarkan panas adalah bahan .... 3. Perpindahan panas dapat berlangsung dari benda ... ke benda .... 4. Isolator adalah bahan yang tidak dapat ... panas. 5. Bahan isolator terbuat dari ... dan .... 6. Sumpit dan pensil termasuk ... panas. 7. Pegangan setrika terbuat dari .... 8. Alat untuk menyimpan air panas agar tahan lama adalah .... 9. Setrika berguna untuk ... pakaian. 10. Perpindahan panas dari satu benda ke benda lainnya disebut .... C. Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan jelas. 1. Mengapa atap rumah kamu memakai genting yang terbuat dari tanah liat? 2. Mengapa pakaian yang berwarna gelap ketika dijemur lebih cepat kering dibanding pakaian berwarna cerah? 3. Mengapa ketika kamu pergi ke pantai alangkah baiknya memakai baju yang tipis dan berwarna cerah? 4. Mengapa pegangan setrika terbuat dari plastik?

5. Manakah yang lebih cepat dingin, air yang disimpan dalam botol kaca atau dalam cerek aluminium? Jelaskan. Paket 2 A. Pilihlah jawaban yang benar. 1. Panas disebut juga …. a. derajat b. kalor c. suhu d. temperatur 2. Benda yang menghantarkan panas disebut …. a. anoda b. katoda c. isolator d. konduktor 3. Benda yang tidak menghantarkan panas disebut …. a. anoda b. katoda c. isolator d. konduktor 4. Alumunium dibuat panci karena sifatnya …. a. tipis dan kuat b. campuran logam yang tahan panas c. konduktor yang baik d. mudah didapat dan murah 5. Berikut ini bahan yang termasuk konduktor yang baik …. a. plastik, besi, kertas b. tembaga, gabus, plastik c. besi, teflon, alumunium d. plastik, kertas, teflon 6. Contoh peralatan rumah tangga yang dibuat dari dua sifat, konduktor dan isolator adalah …. a. ember b. setrika c. panci alumunium d. gelas kaca 7. Termos air dibuat dari bahan…. a. alumunium, kaca, plastik b. kaca, plastik, gabus c. alumunium, kaca, gabus, plastik d. alumunium, kaca, gabus, kertas 8. Kain merupakan contoh bahan yang bersifat …. a. korosif c. konduktor b. isolator d. penghantar panas 9. Alat pengukur suhu adalah …. a. barometer c. termometer b. altimeter d. higrometer

10. Bahan yang cocok digunakan untuk membuat setrika adalah …. a. alumunium c. besi b. tembaga d. baja II. Isilah dengan jawaban singkat. 1. Temperatur atau panas disebut juga …. 2. Perpindahan kalor terjadi dari benda … ke benda …. 3. Besi, tembaga, alumunium merupakan bahan yang bersifat …. 4. Plastik, kertas, gabus merupakan bahan yang bersifat …. 5. Teflon digunakan untuk membuat panci, karena sifatnya …. III. Jawablah. 1. Tuliskan 2 bahan yang termasuk konduktor. 2. Tuliskan 4 bahan yang termasuk isolator. 3. Tuliskan bahan pembuat setrika listrik dan berikan penjelasannya. 4. Tuliskan 4 bahan pembuat termos air. 5. Tuliskan prinsip kerja termos. Paket 3 A. Pilihlah jawaban yang benar. 1. Benda berikut yang termasuk isolator panas adalah ... . a. logam dan kain b. kaca dan kain c. kain dan plastik d. logam dan kaca 2. Ujung solder terbuat dari ... . a. logam b. karet c. kaca d. plastik 3. Benda yang tidak dapat menghantarkan panas dengan baik disebut ... . a. konduktor b. adaptor c. isolator d. transistor 4. Perhatikan beberapa bahan berikut! (1) Kayu (3) Plastik (2) Kaca (4) Logam Bahan-bahan di atas yang bersifat konduktor adalah nomor ... . a. (1) dan (2) b. (2) dan (4) c. (2) dan (3) d. (1) dan (3) 5. Ujung penggorengan yang sering kita pegang biasanya dibuat dari bahan ... . a. kayu c. logam b. kaca d. kain 6. Bahan yang digunakan untuk membuat peralatan memasak terbuat dari ... . a. plastik

b. karet c. kayu d. logam 7. Gagang setrika dibuat dari plastik, karena plastik bersifat ... . a. konduktor b. isolator c. konduktor dan isolator d. tidak bersifat keduanya 8. Perhatikan beberapa benda berikut! (1) Cangkir (2) Baju (3) Panci (4) Payung Bahan yang bersifat konduktor panas adalah nomor ... . a. (1) b. (2) c. (3) d. (4) 9. Konduktor panas harus ada pada alat ... . a. sendok b. garpu c. pisau d. oven 10. Aluminium digunakan untuk membuat penggorengan, karena bersifat ... . a. konduktor b. mengkilap c. isolator d. ringan II. Isilah titik-titik berikut dengan benar! 1. Benda yang dapat menghantarkan panas disebut ..... 2. Kain dan plastik tidak dapat menghantarkan panas, maka disebut bahan ..... 3. Logam yang baik menghantarkan panas adalah..... 4. Solder digunakan untuk .... 5. Pegangan pada payung terbuat dari bahan ..... 6. Untuk mengangkat panci dari kompor digunakan bahan yang terbuat dari ..... 7. Setrika terbuat dari bahan konduktor dan isolator, yaitu berupa ..... dan ...... 8. Baja dapat menghantarkan panas dengan baik sehingga disebut........ 9. Di antara kertas, besi, kayu, aluminium, kuningan, dan kardus, yang termasuk konduktor adalah .... 10. Kemampuan kaca dalam menghantarkan panas ...... dibandingkan logam. III. Jawablah pertanyaan berikut! 1. Apa yang dimaksud konduktor panas? 2. Sebutkan tiga macam benda yang memanfaatkan bahan konduktor dan isolator panas! 3. Sebutkan tiga macam bahan isolator panas yang kalian ketahui! 4. Mengapa tangan kita tidak merasa panas ketika menyetrika pakaian? 5. Apakah bahan dasar pembuatan topi? Mengapa demikian?

6. Apa yang kalian ketahui tentang daya hantar panas? 7. Apakah kegunaan tatakan gelas yang diletakkan di atas meja? 8. Sebutkan tiga pemanfaatan kaca sebagai konduktor panas! 9. Mengapa dinding termos terbuat dari gelas yang dilapisi zat mengkilap? 10. Mengapa alat-alat rumah tangga banyak terbuat dari logam? Perubahan Benda A. Pilihlah jawaban yang benar. 1. Proses penghancuran bahan, baik yang berasal dari makhluk hidup maupun makhluk tidak hidup, yang disebabkan oleh mikroorganisme maupun anorganisme disebut .... a. perkaratan b. pelapukan c. pembusukan d. pengikisan 2. Batang kayu yang mati dan sudah tersimpan lama akan melapuk, hal ini disebabkan oleh .... a. udara kering b. semut c. manusia d. jamur 3. Apa yang harus dilakukan agar pagar besi rumah tidak berkarat .... a. ditutup plastik agar tidak kehujanan b. dicuci setiap hari c. dilapisi dengan cat d. dibiarkan saja 4. Paku yang berkarat biasanya memiliki ciri .... a. mengilap b. permukaannya halus c. dipenuhi lumut d. terbentuknya lapisan merah (kekuning- kuningan) 5. Buah mangga jika disimpan terlalu lama akan .... a. membusuk b. tambah segar c. cepat masak d. tercium harum 6. Sayuran yang telah busuk seharusnya dibuang. Ciri sayuran telah membusuk adalah .... a. masih terlihat segar b. jika dipegang, terasa lembek atau lunak c. warnanya masih cerah d. tidak berbau 7. Sayuran agar tidak cepat membusuk sebaiknyadisimpan dalam .... a. stoples tertutup rapat b. rendaman air c. lemari es d. tempat terbuka supaya pertukaran udara lancar 8. Bahan yang paling baik digunakan untuk pembuatan meja ialah .... a. kayu

b. seng c. plastik d. kaca 9. Balon dibuat dari bahan karet karena .... a. karet bersifat kuat b. karet dapat direnggangkan c. karet memiliki warna yang berbeda- beda d. karet harganya murah 10. Berikut ini adalah sifat kaca yang kurang baik, yaitu .... a. tembus pandang b. keras c. mengilap d. mudah pecah B. Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang tepat. 1. Proses pelapukan yang disebabkan oleh aktivitas organisme disebut proses .... 2. Proses pembentukan lapisan merah (kekuning-kuningan) pada benda-benda yang terbuat dari logam besi disebut .... 3. Kalau kamu memegang pagar besi di halaman rumahmu yang telah rusak, tangan kamu akan merasakan .... 4. Sayuran atau buah-buahan yang warnanya sudah kehitam-hitaman dan berbau alangkah baiknya .... 5. Bahan yang baik digunakan untuk pembuatan pisau adalah .... 6. Penggunaan plastik sebagai kantong belanja karena plastik memiliki sifat .... 7. Pembuatan selai pisang dilakukan dengan cara pengeringan. Proses tersebut dilakukan untuk mencegah ... pada pisang. 8. Makanan yang disimpan dalam lemari es akan lebih tahan lama karena .... 9. Pembentukan karat pada pagar besi, paku, dan tiang-tiang besi disebabkan oleh .... 10. Orang yang memakan makanan yang telah basi akan mengalami .... C. Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan jelas. 1. Mengapa dengan pengecatan, benda-benda yang terbuat dari logam besi tidak mudah berkarat? 2. Tuliskan proses pengawetan kayu yang kamu ketahui. 3. Mengapa makanan yang disimpan ditempat dingin, seperti dalam lemari es dapat menghambat pembusukan? 4. Mengapa paku terbuat dari logam? 5. Mengapa makanan yang dikeringkan lebih tahan lama untuk disimpan? Paket 2 A. Pilihlah jawaban yang benar. 1. Perubahan ukuran benda menjadi lebih kecil atau lebih pendek karena didinginkan disebut …. a. kalor b. memuai c. menyusut d. suhu 2. Alat untuk mengukur suhu disebut …. a. kalori

b. termometer c. kalor d. suhu 3. Di bawah ini contoh perubahan fisika adalah …. a. kertas dibakar berubah menjadi abu b. bensin dibakar berubah menjadi asap c. kayu dibakar berubah menjadi arang d. rel kereta api dipanaskan menjadi bertambah panjang 4. Peristiwa perubahan benda karena adanya pengaruh bakteri pembusuk adalah …. a. pelapukan b. perkaratan c. pembusukan d. memuai 5. Di bawah ini contoh pelapukan adalah …. a. perubahan suhu pada air mendidih b. makanan membusuk c. rayap menghancurkan kayu d. perubahan suhu antara siang dan malam 6. Pelapukan warna benda karena berikatan dengan udara disebut …. a. pelapukan b. perkaratan c. pembusukan d. perubahan fisika 7. Gambar benda di bawah ini mempunyai sifat … a. ringan, penghantar panas yang baik, tahan karat b. kuat dan mudah menghantarkan panas c. mudah dibentuk, kuat, dan dapat menghambat panas d. mudah dibentuk, ringan, dan murah 8. Kayu digunakan manusia sebagai bahan dasar pembuatan …. a. ban kendaraan b. panci c. lemari d. piring plastik 9. Tembaga dimanfaatkan manusia sebagai bahan pembuatan kabel dan peralatan elektronik karena …. a. penghambat panas b. penghantar listrik yang baik c. penghantar panas d. tahan karat 10. Benda yang mempunyai sifat ringan, murah, penghantar panas, dan tahan karat adalah …. a. karet b. plastik c. alumunium d. tembaga II. Isilah dengan jawaban singkat. 1. Panas atau kalor dapat ….

2. Perubahan benda yang bersifat sementara adalah …. 3. Besi mempunyai kelebihan, sifatnya … dan …. 4. Benda yang bersifat tidak dapat menghantarkan panas disebut …. 5. Benda yang bersifat dapat menghantarkan panas disebut …. III. Jawablah. 1. Tuliskan jenis-jenis perubahan pada benda. 2. Mengapa jembatan pada bagian tepinya harus diberi celah? Jelaskan. 3. Jelaskan perbedaan perubahan pada benda dan beri contoh perubahan tersebut. 4. Mengapa karet digunakan sebagai bahan pembuatan ban kendaraan? Jelaskan. 5. Tuliskan jenis-jenis logam yang banyak digunakan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Paket 3 A. Pilihlah jawaban yang benar. 1. Di bawah ini cara menghambat pelapukan kayu, kecuali ... . a. dicat c. dicelupkan dalam air b. dikeringkan d. dilapisi pernis 2. Nasi yang ada di atas piring selama beberapa hari akan ... . a. berair c. kering b. berwarna putih d. berbau wangi 3. Lumut yang tumbuh pada tembok dapat menyebabkan ... . a. pelapukan pada tembok c. tambah kuat b. tembok menebal d. semen di tembok mengeras 4. Hewan yang menyebabkan pelapukan pada kayu adalah ... . a. belalang c. nyamuk b. rayap d. kadal 5. Tanda-tanda bahan makanan membusuk adalah ... . a. warna kulit pepaya menjadi kuning b. rasa nasi menjadi lezat c. buah jeruk berasa manis d. daging menjadi lembek dan berair 6. Pelapukan batuan oleh air hujan termasuk jenis pelapukan ... . a. biologi b. kimia c. fisika d. cuaca 7. Besi dapat berkarat bila diletakkan di tempat yang ... . a. panas c. lembap b. terbuka d. kering 8. Bahan berikut yang dapat mengalami perkaratan adalah ... . a. seng c. plastik b. aluminium d. kain 9. Perhatikan bahan-bahan berikut! (1) Logam (3) Plastik (2) Kayu (4) Karet Bahan yang digunakan untuk membuat sendok makan adalah nomor ... .

a. (1) dan (2) c. (1), (2), dan (3) b. (1) dan (3) d. (1), (2), (3), dan (4) 10. Logam yang digunakan untuk membuat kabel adalah ... . a. aluminium c. perunggu b. timah d. tembaga II. Isilah titik-titik berikut dengan benar! 1. Penyebab pelapukan biologi adalah ...... 2. Untuk menghambat pembusukan pada ikan, dilakukan ... 3. Pembusukan makanan disebabkan oleh ..... 4. Paku yang berkarat berwarna .... . 5. Pengeringan yang dilakukan secara ilmiah biasanya menggunakan ...... 6. Peralatan pertukangan terbuat dari ...... 7. Karet sintetis berasal dari...... 8. Sifat logam yang kuat dimanfaatkan untuk membuat …. 9. Benda yang terbuat dari karet bersifat ... . 10. Bahan untuk membuat slang air adalah ..... III. Jawablah pertanyaan berikut! 1. Apa yang akan terjadi bila buah dibiarkan di udara terbuka dalam waktu yang lama? 2. Bagaimana cara mencegah perkaratan? 3. Bagaimana proses pelapukan yang disebabkan oleh tumbuhan? 4. Mengapa payung dibuat dari bahan plastik? 5. Mengapa aluminium digunakan untuk membuat kerangka pesawat terbang? Energi dan Perubahanya A. Pilihlah jawaban yang benar. 1. Untuk menghasilkan benda bermuatan listrik, sebatang penggaris plastik digosok-gosokkan pada .... a. kain sutra b. kain wol c. rambut kering d. rambut berminyak 2. Contoh sumber listrik energi kimia ialah .... a. baterai c. generator b. dinamo d. sel solar 3. Kabel listrik dilapisi plastik. Hal tersebut disebabkan .... a. plastik sangat lentur b. plastik tahan lama c. plastik termasuk penghantar d. plastik termasuk isolator 4. Radio mengubah energi listrik menjadi .... a. energi gerak b. energi cahaya c. energi bunyi d. energi panas 5. 1. Mendorong gerobak 2. Merobek kertas

3. Melamun 4. Mengayuh sepeda Aktivitas yang menunjukkan adanya gaya ialah .... a. 1 dan 3 b. 2 dan 4 c. 1, 2, dan 4 d. 2, 3, dan 4 6. Benda yang tidak dapat menghantarkan listrik ialah .... a. isolator listrik b. konduktor panas c. isolator panas d. konduktor listrik 7. Benda yang termasuk konduktor listrik ialah .... a. karet gelang b. kawat tembaga c. sedotan d. sumpit 8. Rangkaian di samping termasuk rangkaian .... a. seri b. paralel c. seri dan paralel d. terbuka 9. 1. Setrika 2. Lampu 3. Radio 4. Solder Benda yang mengubah energi listrik menjadi energi panas ialah .... a. 1 dan 2 b. 2 dan 3 c. 3 dan 4 d. 1, 2, dan 4 10. Sumber energi pada baterai ialah .... a. energi kimia b. energi listrik c. energi panas d. energi cahaya B. Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang tepat. 1. Gaya mengubah ... suatu benda. 2. Listrik yang mengalir disebut .... 3. Benda yang dapat menghantarkan listrik dinamakan .... 4. Arus listrik dapat mengalir pada rangkaian .... 5. Lampu yang sedang menyala menghasilkan energi ... dan energi .... 6. Benda yang dapat menghasilkan arus listrik dinamakan .... 7. Sumber energi pada baterai ialah .... 8. Rangkaian listrik dapat disusun ... dan .... 9. Menggosok telapak tangan mengubah energi ... menjadi energi ....

10. Paku merupakan ... listrik. C. Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan jelas. 1. Berikan 5 contoh kegiatan yang dapat mengubah gerak suatu benda akibat gaya. 2. Sebutkan 3 buah sumber energi listrik. 3. Apakah karet gelang dan kertas dapat menghantarkan listrik? Jelaskan. 4. Apa bedanya rangkaian seri dan rangkaian paralel? 5. Energi listrik dapat diubah menjadi energi apa saja? Berikan contohnya. Paket 2 A. Pilihlah jawaban yang benar. 1. Tarikan atau dorongan yang dapat mempengaruhi keadaan suatu benda disebut …. a. kalor b. gaya c. gerak d. energi 2. Lokomotif menarik gerbong adalah contoh gaya …. a. dorongan b. gravitasi c. magnet d. tarikan 3. Ayunan yang bergerak maju mundur dipengaruhi oleh gaya …. a. dorongan b. gravitasi c. magnet d. tarikan 4. Di bawah ini contoh alat yang menggunakan prinsip gaya dan gerak adalah …. a. ketapel b. air dalam panci mendidih c. termos es d. komputer 5. Berikut ini pernyataan yang benar tentang ketapel adalah …. a. semakin kuat tarikan maka dorongan bola bidik semakin cepat b. semakin lambat tarikan maka dorongan bola bidik semakin cepat c. semakin lambat tarikan maka dorongan bola bidik tetap d. semakin cepat tarikan maka dorongan bola bidik semakin lambat 6. Aliran kawat yang bersifat elastis adalah …. a. dinamo b. pegas c. kawat d. kabel 7. Pada setrika listrik terjadi perubahan …. a. energi listrik menjadi energi panas b. energi listrik menjadi energi cahaya c. energi listrik menjadi energi gerak d. energi listrik menjadi energi kimia

8. Lampu neon yang dinyalakan terjadi perubahan …. a. energi listrik menjadi energi cahaya b. energi listrik menjadi energi kimia c. energi cahaya menjadi energi listrik d. energi kimia menjadi energi listrik 9. Lampu neon, setrika listrik, kipas angin merupakan perabot rumah tangga yang menggunakan prinsip …. a. perpindahan energi b. perubahan energi c. perpindahan dan perubahan energi d. perambatan energi 10. Prinsip kerja kipas angin sama dengan prinsip kerja …. a. lampu neon b. kompor listrik c. AC d. setrika listrik II. Isilah dengan jawaban singkat. 1. Gaya meliputi … dan …. 2. Berat benda mempengaruhi besarnya …. 3. Semakin berat beban maka gaya tarik semakin …. 4. Peralatan yang mengubah energi listrik menjadi energi cahaya adalah …. 5. Pada kipas angin terjadi perubahan dari energi … menjadi energi …. III. Jawablah. 1. Tuliskan pengertian gaya dan gerak. 2. Tuliskan 3 contoh alat yang menggunakan prinsip gaya dan gerak. 3. Tuliskan prinsip kerja kipas angin dan AC. 4. Tuliskan 4 perabot yang memanfaatkan perpindahan dan perubahan energi listrik. 5. Tuliskan prinsip kerja kompor listrik dan setrika listrik. Paket 3 A. Pilihlah jawaban yang benar. 1. Gaya yang berupa tarikan yaitu ... . a. mengayuh sepeda b. memanah c. mendorong gerobak d. menendang bola 2. Sepeda yang dikayuh dengan kuat akan bergerak cepat, karena ... . a. gaya yang dikenakan besar b. gaya yang ditimbulkan kecil c. gaya gesek dengan jalan besar d. permukaan jalan licin 3. Pada saat pembuatan patung menunjukkan bahwa gaya dapat menyebabkan ... . a. benda diam menjadi bergerak b. benda bergerak menjadi diam c. benda bergerak lebih cepat d. benda berubah bentuk

4. Katapel dapat melontarkan batu karena adanya gaya ... . a. gesek b. otot c. pegas d. gravitasi 5. Pada anak yang mengerek bendera, gaya yang diberikan berupa ... . a. tarikan b. dorongan c. tekanan d. tarikan dan dorongan 6. Batu baterai menyimpan energi dalam bentuk energi ... . a. panas b. nuklir c. kimia d. matahari 7. Sumber energi yang ringan sehingga mudah dibawa ke mana-mana yaitu ... . a. aki b. baterai c. generator d. dinamo 8. Benda yang dapat menghantarkan arus listrik adalah ... . a. plastik b. karton c. kawat d. benang 9. Listrik dari pusat pembangkit listrik dapat sampai di perumahan penduduk melalui ... . a. isolator b. konduktor c. resistor d. adaptor 10. Perhatikan benda-benda berikut! (1) Lidi (4) Kaca (2) Besi (5) Tembaga (3) Kayu kering (6) Plastik Yang termasuk isolator adalah ... . a. (1), (2), dan (3) b. (2), (4), dan (6) c. (1), (3), dan (6) d. (4), (5), dan (6) 11. Apabila ditambahkan sebuah baterai yang dirangkai seri dengan kedua baterai tersebut maka nyala lampu ... . a. makin redup c. sama sama b. makin terang d. lampu menjadi mati 12. Pada proses pengisian aki terjadi perubahan energi ... . a. listrik menjadi energi gerak b. kimia menjadi energi listrik

c. listrik menjadi energi kimia d. gerak menjadi energi listrik 13. Lampu sepeda dapat menyala karena adanya ... . a. baterai b. aki c. dinamo d. generator 14. Arus listrik dapat mengalir dalam rangkaian ... . a. terbuka b. tertutup c. seri d. paralel 15. Peralatan listrik yang dapat mengubah energi listrik menjadi energi panas adalah ... . a. kipas angin b. televisi c. radio d. kompor listrik II. Isilah titik-titik berikut dengan benar! 1. Benda diam dapat bergerak jika dikenai ... 2. Semakin kuat kita menarik ban karet katapel, jarak jatuh kerikil akan ..... 3. Arus listrik mengalir dari kutub ….ke kutub ....... 4. Benda yang tidak dapat menghantarkan arus listrik disebut .... 5. Kipas angin yang berputar mengalami perubahan bentuk energi….. menjadi energi ...... 6. Beberapa buah lampu yang disusun secara berderet membentuk rangkaian...... 7. Benda yang dapat menghasilkan arus listrik disebut ..... 8. Sumber energi listrik yang dapat diisi ulang kembali adalah ....... 9. Rangkaian listrik yang tidak berujung dan berpangkal disebut ........ 10. Contoh benda yang dapat menghantarkan listrik adalah ..... . III. Jawablah pertanyaan berikut! 1. Bagaimana jungkat-jungkit bisa bergerak naik-turun? 2. Mengapa sisir yang digosokkan ke rambut dapat menarik potongan kertas? 3. Apakah yang dimaksud konduktor listrik? 4. Pada rangkaian paralel , apabila salah satu lampu mati, apa yang terjadi dengan lampu lainnya? Mengapa demikian? 5. Sebutkan lima (5) buah alat yang memanfaatkan perubahan energi listrik menjadi energi gerak! 6. Bagaimana lampu sepeda bisa menyala? 7. Bagaimana cara pengisian ulang sebuah aki? 8. Apakah perbedaan rangkaian listrik secara seri dan secara paralel? 9. Mengapa kita harus berhati-hati ketika memakai peralatan listrik? 10. Perubahan bentuk energi apakah yang dihasilkan televisi. Apa buktinya? Penghematan Energi A. Pilihlah jawaban yang benar 1. Alat yang dapat menghasilkan energi listrik ialah .... a. generator

b. konduktor c. motor listrik d. isolator 2. Berikut ini cara menghemat listrik, yaitu .... a. menyalakan radio ketika tidur b. banyak memasang lampu c. mematikan TV ketika tidak ditonton d. menggunakan oven listrik daripada kompor briket 3. 1. Radio 3. Lemari es 2. Kipas angin 4. Setrika Alat di atas yang menggunakan listrik ialah .... a. 1 dan 3 saja b. 2 dan 3 saja c. 1, 2, 3, dan 4 d. 3 dan 4 saja 4. 1. Air 3. Nuklir 2. Uap 4. Matahari Tenaga untuk menggerakkan generator ialah .... a. 1 dan 2 saja b. 3 dan 4 saja c. 1, 3, dan 4 saja d. 1, 2, 3, dan 4 5. Berikut ini cara menjaga keselamatan dalam menggunakan listrik .... a. memasang steker yang banyak pada stopkontak b. menyalakan listrik di tempat yang lembap atau basah c. menggunakan alas kaki dari karet setiap bekerja dengan peralatan listrik d. memasukkan benda logam ke dalam lubang stopkontak 6. Lampu lalu lintas menggunakan rangkaian .... a. seri b. paralel c. campuran d. terbuka 7. 1. Bensin 2. Minyak tanah 3. Gas 4. Solar Bahan bakar yang digunakan untuk menyalakan kompor ialah .... a. 1 dan 2 b. 1 dan 3 c. 2 dan 3 d. 3 dan 4 8. Tenaga uap dapat digunakan untuk menggerakkan .... a. motor listrik b. dinamo c. baterai d. generator

9. 1. Solar 3. Gas 2. Bensin 4. Minyak tanah Bahan bakar untuk kendaraan bermotor ialah .... a. 1 dan 2 b. 3 dan 4 c. 2 dan 3 d. 1 dan 3 10. 1. Rumah 3. Perkebunan 2. Pabrik 4. Gedung-gedung Energi listrik disalurkan ke .... a. 1 dan 3 b. 1, 2, dan 3 c. 2, 3, dan 4 d. 1, 2, dan 4 B. Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang tepat. 1. Energi listrik dalam jumlah besar dihasilkan oleh .... 2. Di Indonesia, generator banyak digerakkan oleh tenaga .... 3. Listrik jangan dinyalakan di tempat yang ... atau .... 4. Briket dan minyak tanah digunakan untuk menyalakan .... 5. Mematikan alat-alat listrik yang sedang tidak dipergunakan merupakan .... 6. Bahan bakar kendaraan bermotor ialah ... dan .... 7. Generator digunakan untuk menghasilkan .... 8. Memasang banyak lampu di rumah merupakan ... energi 9. Lampu lalu lintas menggunakan rangkaian .... 10. Alarm dan lampu lalu lintas merupakan contoh alat yang menggunakan energi .... C. Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan jelas. 1. Sebutkan 5 buah alat-alat yang menggunakan energi listrik. 2. Generator dapat digerakkan dengan menggunakan tenaga apa? 3. Bagaimana cara menghemat energi listrik? 4. Ke mana energi listrik disalurkan? 5. Bagaimana cara menjaga keselamatan dalam menggunakan listrik? Paket 2 A. Pilihlah jawaban yang benar. 1. Contoh sumber listrik tenaga kimia adalah …. a. generator b. dinamo sepeda c. baterai d. turbin PLTA 2. Perusahaan yang menangani listrik adalah …. a. PDAM b. PLN c. PLTN d. PLTA 3. Penggunaan listrik paling tinggi terjadi pada pukul …. a. 07.00-12.00

b. 15.00-20.00 c. 22.00-03.00 d. 17.00-22.00 4. Salah satu bentuk tindakan penghematan listrik dapat dilakukan dengan …. a. mematikan semua peralatan listrik b. tidur dalam keadaan gelap c. tidak menonton televisi d. memakai lampu hemat listrik 5. Peralatan listrik yang digunakan untuk tanda peringatan adalah … a. alarm b. dinamo c. adaptor d. dioda 6. Jenis peralatan listrik yang berguna untuk penyampaian informasi kepada masyarakat secara visual adalah …. a. radio b. televisi c. kulkas d. adaptor 7. Di bawah ini peralatan yang dapat digunakan dengan energi listrik adalah …. a. traktor b. pengungkit c. adaptor d. dioda 8. Alat yang digunakan untuk menguji peralatan listrik adalah …. a. altimeter b. termometer c. multimeter d. barometer 9. Karya sederhana yang menggunakan energi listrik contohnya…. a. magnet b. kulkas c. televisi d. model lampu lalu lintas 10. Pengujian peralatan listrik dapat dilakukan dengan …. a. dioda b. adaptor c. bola lampu d. resistor II. Isilah dengan jawaban singkat. 1. Energi listrik merupakan energi yang dihasilkan oleh …. 2. Perusahaan yang menangani listrik adalah …. 3. Penggunaan listrik yang paling tinggi terjadi pada pukul …. 4. Alat yang digunakan untuk menguji karya sederhana dapat digunakan atau tidak adalah …. 5. Sumber listrik dengan menggunakan tenaga kimia contohnya .... III. Jawablah.

1. Tuliskan manfaat sumber listrik dalam kehidupan sehari-hari. 2. Tuliskan contoh tindakan menghemat penggunaan listrik. 3. Tuliskan contoh alat yang menggunakan energi listrik. 4. Tuliskan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat model lampu lalu lintas. Paket 3 A. Pilihlah jawaban yang benar. 1. Lampu di jalan yang menyala memanfaatkan energi ... . a. kimia b. bunyi c. listrik d. cahaya 2. Rice cooker digunakan untuk ... . a. memasak air b. menanak nasi c. membuat kue d. mencuci baju 3. Perhatikan benda-benda berikut! (1) Blender (3) Kipas angin (2) Mixer (4) Walkman Alat-alat yang memanfaatkan energi listrik adalah ... . a. (1), (2), dan (3) b. (1) dan (3) c. (2) dan (4) d. (1), (2), (3) dan (4) 4. Salah satu usaha untuk mencegah terjadinya kecelakaan listrik adalah ... . a. membiarkan steker basah b. memasukkan kawat ke dalam stopkontak c. mengganti kabel yang terkelupas d. membiarkan stopkontak basah 5. Sekring berfungsi sebagai ... . a. penghantar arus listrik b. sumber arus listrik c. penyambung arus listrik d. pemutus arus listrik 6. Pemutus dan penyambung arus listrik yang biasa dipasang di rumah adalah ... . a. sekring c. fiting b. sakelar d. kabel 7. Arus listrik dapat mengalir melalui bahan ... . a. konduktor b. isolator c. adaptor d. resistor 8. Bola lampu dipasang pada ... . a. sakelar

b. sekring c. fiting d. steker 9. Salah satu usaha untuk menghemat energi adalah ... . a. menyalakan lampu ketika tidur b. menggunakan pengering pakaian c. menyalakan televisi ketika tidur d. memilih kipas angin daripada air conditioner (AC) 10. Alarm mengubah energi listrik menjadi energi ... . a. bunyi b. kimia c. gerak d. cahaya II. Isilah titik-titik berikut dengan benar! 1. Sumber energi listrik di rumah kita diperoleh dari ...... 2. Komputer digunakan untuk ..... 3. Hubungan pendek pada rangkaian listrik disebut ...... 4. Alat pengaman untuk mencegah korsleting adalah ...... 5. Pasangan stopkontak adalah .... 6. Peralatan listrik yang dapat menghasilkan gerak adalah .... 7. Sumber energi selain listrik yang dapat digunakan untuk mengoperasikan televisi adalah .... 8. Kayu bakar menghasilkan energi ..... 9. Contoh sumber energi yang tidak dapat diperbarui adalah .... 10. Pada lampu lalu lintas terjadi perubahan energi listrik menjadi energi… III. Jawablah pertanyaan berikut! 1. Mengapa balon yang digosok kain wol dapat menarik kertas? 2. Jelaskan bahaya dari penggunaan listrik! 3. Apa yang dimaksud penghematan energi? 4. Sebutkan beberapa cara untuk menghemat listrik di rumah! 5. Apakah yang kalian ketahui tentang korsleting? Bumi dan Alam Semesta A. Pilihlah jawaban yang benar. 1. Pusat tata surya adalah .... a. Bumi b. Matahari c. Bulan d. Yupiter 2. Tata surya ialah .... a. kumpulan matahari dan planetplanet lain b. kumpulan benda-benda ruang angkasa yang mengelompok sesuai namanya c. kumpulan planet dan benda langit lain yang berputar mengelilingi matahari d. kumpulan berbagai benda langit dalam satu kelompok 3. Urutan planet-planet mulai dari yang terdekat dengan matahari adalah .... a. Merkurius-Bumi-Mars- Neptunus b. Merkurius-Mars-Venus- Bumi

c. Merkurius-Bumi-Mars- Venus d. Merkurius-Venus-Bumi- Mars 4. Planet ketiga dari matahari ialah .... a. Bumi b. Venus c. Mars d. Yupiter 5. Waktu yang diperlukan bumi untuk satu kali mengelilingi matahari ialah .... a. 356 hari b. 365 hari c. 355 hari d. 363 hari 6. Planet yang paling besar dalam tata surya ialah .... a. Uranus b. Saturnus c. Neptunus d. Yupiter 7. Planet yang arah rotasinya searah dengan jarum jam ialah .... a. Merkurius b. Venus c. Bumi d. Mars 8. Persamaan yang dimiliki oleh semua planet dan tata surya ialah .... a. semua planet berputar dari barat ke timur b. semua planet berputar pada porosnya berlawanan dengan arah jarum jam c. semua planet tidak mengeluarkan cahaya, tetapi menerima cahaya matahari d. Semua planet memerlukan waktu yang sama untuk mengelilingi matahari 9. Benda langit yang terletak di antara planet Mars dan Yupiter ialah .... a. Asteroid b. Komet c. Meteor d. Satelit 10. Komet sering disebut .... a. bintang fajar b. bintang jatuh c. rasi bintang d. bintang berekor 11. Arah rotasi bumi ialah .... a. dari utara ke selatan b. dari barat ke timur c. dari selatan ke utara d. dari timur ke barat 12. Perputaran Bumi mengelilingi matahari ialah .... a. rotasi bumi b. revolusi bumi c. kala revolusi bumi

d. kala rotasi bumi 13. 1. Siang dan malam 2. Perubahan musim 3. Perbedaan waktu 4. Pasang surut air laut Pengaruh dari rotasi bumi ialah .... a. 1 dan 3 c. 1 dan 2 b. 2 dan 4 d. 3 dan 4 14. Posisi gerhana matahari ialah .... a. Bumi berada di antara matahari dan bulan b. Matahari berada di antara bulan dan bumi c. Bulan berada di antara matahari dan bumi d. posisi matahari, bulan, dan bumi tidak sejajar 15. Tahun yang di dasarkan pada peredaran Bumi mengelilingi matahari ialah .... a. Tahun Masehi b. Tahun Hijriah c. Tahun biasa d. Tahun kabisat B. Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang tepat 1. Planet yang paling jauh dari Matahari adalah .... 2. Planet satu-satunya yang dihuni mahluk hidup ialah .... 3. Planet yang memiliki ukuran hampir sama dengan Bumi ialah .... 4. Gerak Bumi pada porosnya disebut .... 5. Pengaruh dari revolusi bumi ialah .... 6. Waktu yang diperlukan planet untuk melakukan satu kali rotasi disebut .... 7. Revolusi bulan mengakibatkan terjadinya ... bulan. 8. Posisi bumi berada di antara matahari dan bulan akan terjadi gerhana .... 9. Tahun yang didasarkan pada peredaran bulan mengelilingi bumi adalah tahun .... 10. Bulan dalam tahun Masehi yang memiliki jumlah hari 28 atau 29 adalah bulan .... C. Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan jelas. 1. Mengapa matahari termasuk bintang? 2. Tulislah nama planet dalam tata surya secara berurutan, mulai dari yang terdekat dengan matahari. 3. Apa perbedaan meteor dan meteorit? 4. Tulislah jenis-jenis musim di belahan utara dan selatan bumi. 5. Apa yang dimaksud dengan tahun kabisat pada tahun Masehi? Jelaskan. Paket 2 A. Pilihlah jawaban yang benar. 1. Kumpulan dari matahari, planet, dan benda langit lainnya disebut …. a. galaksi b. tata surya c. komet d. planet 2. Cahaya putih merah menyilaukan yang menyelubungi permukaan matahari disebut …. a. fotosfer

b. kromosfer c. korona d. litosfer 3. Lapisan terluar matahari yang berwarna putih disebut …. a. fotosfer b. kromosfer c. korona d. litosfer 4. Yang bukan termasuk planet adalah …. a. Mars b. Jupiter c. Venus d. Pluto 5. Yang termasuk planet dalam adalah …. a. Mars b. Merkurius c. Jupiter d. Uranus 6. Rotasi bumi menyebabkan terjadinya …. a. siang dan malam b. perbedaan musim c. perbedaan iklim d. perbedaan suhu 7. Gerhana bulan total berlangsung selama …. a. + 6 jam b. + 5 jam c. + 8 jam d. + 10 jam 8. Gerhana yang terjadi karena cahaya matahari terhalang oleh bulan disebut …. a. gerhana bulan b. gerhana matahari c. gerhana bulan setengah d. galaksi 9. Kalender masehi disebut juga kalender …. a. kabisat b. syamsiah c. bulan d. bintang 10. Titik terdekat bumi dengan matahari disebut …. a. perihelium b. geosentris c. heliosentris d. aphelium II. Isilah dengan jawaban singkat. 1. Ilmu yang mempelajari tentang tata surya disebut …. 2. Planet yang garis edarnya di luar garis edar bumi disebut ….

3. Yang disebut bintang berekor adalah …. 4. Kalender masehi adalah perhitungan tahun menurut peredaran …. 5. Tahun kabisat adalah tahun di mana jumlah harinya … hari. III. Jawablah. 1. Tuliskan 3 susunan lapisan matahari. 2. Tuliskan 2 alasan mengapa sebagian astronom ingin tetap memasukkan Pluto ke dalam planet. 3. Tuliskan 3 contoh planet luar. 4. Tuliskan 4 benda langit selain planet. 5. Tulislah definisi dan penjelasan dari revolusi bulan. Paket 3 A. Pilihlah jawaban yang benar. 1. Pusat tata surya kita adalah ... . a. Matahari dan planet-planet yang mengelilinginya b. Matahari c. Bumi d. Bulan 2. Matahari dikatakan sebagai bintang karena ... . a. bisa bersinar b. bisa memancarkan cahayanya sendiri c. bisa bersinar karena ada Bulan d. bisa bersinar karena memantulkan cahaya bulan 3. Perhatikan benda-benda langit berikut! (1) Venus (3) Uranus (2) Bumi (4) Pluto Yang termasuk planet penyusun tata surya adalah ... . a. (1), (2), dan (3) b. (1) dan (3) c. (2) dan (4) d. (1), (2), (3) dan (4) 4. Peredaran planet pada porosnya disebut ... . a. rotasi b. revolusi c. orbit d. ekliptika 5. Planet dengan julukan planet merah adalah planet ... . a. Jupiter b. Mars c. Bumi d. Saturnus 6. Terjadinya siang dan malam adalah akibat dari ... . a. rotasi bulan b. revolusi bulan c. rotasi bumi d. revolusi bumi 7. Apabila di Papua waktu menunjukkan pukul 07.00, berarti di Kota

Solo sedang pukul ... . a. 09.00 b. 08.00 c. 06.00 d. 05.00 8. Gerhana bulan terjadi jika ... . a. Bumi berada di antara Bulan dan Matahari b. Bulan berada di antara Matahari dan Bumi c. Matahari berada di antara Bumi dan Bulan d. Bulan diapit Bumi dan Matahari 9. Perhatikan gambar di samping! Benda langit tersebut adalah ... . a. Bulan b. satelit c. meteor d. komet 10. Yang termasuk satelit buatan adalah ... . a. Bulan b. Palapa c. Triton d. Titan 11. Komet sering disebut juga ... . a. bintang beralih b. bintang jatuh c. bintang berekor d. bintang kejora 12. Sistem penanggalan yang membagi tahun ke dalam dua belas bulan yaitu bulan Januari hingga bulan Desember adalah penanggalan menggunakan tahun ... . a. Hijriah b. Komariyah c. Masehi d. kabisat 13. Revolusi bumi dijadikan dasar dalam perhitungan tahun ... . a. Komariyah b. Hijriah c. kabisat d. Syamsiah 14. Kalender Hijriah mengenal tahun kabisat yang lamanya ... . a. 364,25 hari b. 365 hari c. 355 hari d. 354 hari 15. Bagian komet yang arahnya selalu menjauhi Matahari adalah ... . a. inti b. awan hidrogen c. koma

d. ekor II. Isilah titik-titik berikut dengan benar! 1. Pusat tata surya kita adalah..... 2. Planet yang dikeluarkan dari jajaran planet penyusun tata surya adalah..... 3. Garis edar planet dalam mengitari Matahari disebut ...... 4. Planet terbesar dalam tata surya adalah..... 5. Kala rotasi bumi ditempuh selama ..... 6. Ketika Bulan tepat berada di antara Bumi dan Matahari, maka akan terjadi.... 7. Benda antarplanet yang berupa bongkahan batu yang terdapat dalam sabuk antara Mars dan Jupiter adalah ..... 8. Bintang berekor adalah sebutan untuk ..... 9. Fase bulan ketika Bulan terlihat berbentuk bulat penuh jika diamati dari Bumi adalah ..... 10. Revolusi bulan menjadi dasar sistem penanggalan ..... III. Jawablah pertanyaan berikut! 1. Jelaskan sistem tata surya kita secara singkat! 2. Sebutkan akibat dari rotasi bumi dan revolusi bumi! 3. Jelaskan terjadinya peristiwa gerhana bulan! 4. Apakah yang dimaksud meteoroid? 5. Sebutkan tujuan peluncuran satelit buatan ke angkasa! 6. Apakah yang kalian ketahui tentang standar waktu yang disebut Waktu Rata-Rata Greenwich? 7. Apakah perbedaan antara roket dan pesawat ulang-alik? 8. Mengapa Pluto bukan termasuk planet dalam tata surya? 9. Jelaskan sistem penanggalan Syamsiah secara singkat! 10. Mengapa ekor komet arahnya selalu menjauhi Matahari?

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->