TIPS : Serba-serbi Memasak

Tips : Mengurangi lemak dan kolesterol :  Untuk menjaga kolesterol tubuh, minimalkan memasak dengan cara menggoreng. Lebih baik makanan dikukus, dipanggang atau dioven.  Jika terpaksa menggoreng, gunakan minyak yang sehat, seperti; minyak jagung, minyak sayur atau minyak zaitun, usahakan 1 kali pakai, maximal 2 kali pakai.. Untuk menumis selalu gunakan minyak baru (bukan “jelantah”).  Ketika mengolah daging ayam, usahakan buang kulitnya, atau pilih daging sapi nomer satu, yang tidak banyak mengandung lemak.  Ikan Bakar supaya lebih lezat rasanya, sebaiknya rendam ikan dengan bumbunya selama dua jam sebelum dimasak di dalam kulkas, agar rasanya masuk ke dalam ikan.  Untuk mengurangi lemak yang terkandung dalam telur, sebagai ganti 1 butir telur, dengan 2 putih telur.  Gunakan peralatan memasak (wajan atau panci) antilengket yang memungkinkan Anda memasak tanpa minyak atau hanya memerlukan sedikit minyak, sehingga dapat mengurangi lemak Tips : Supaya Daging, babat dll cepat Empuk :  Supaya babat cepat empuk setelah dibersihkan dan saat merebus, beri segenggam beras yang sudah dicuci bersih. Panaskan sampai 30 menit. Angkat dan cucilah lagi babat sampai bersih. Masak sesuai selera.  Supaya daging ayam kampung empuk dan lezat, Ambilah 1 buah pepaya muda/mentah, kupas,belah 4 dan cuci ersih. Rebus bersama daging ayam, biarkan 20 menit dan angkat Daging ayam siap dimasak sesuai selera anda.  Tips agar sate empuk dan lezat, ambil 1 buah nanas matang, kupas bersih dan buatlah jus nanas. Rendam daging yang sudah ditusuk ke dalam air nanas (jus nanas), biarkan 5-10 menit. Setelah itu, bakar sate seperti biasa Jangan rendam lebih dari 10 menit, daging akan hancur. Nah sate matang akan terasa empuk dan lezat.  Tips agar bakwan jempuk, pastikan semua bahan yang dicampurkan dalam bakwan tidak berair / tiris / kering. Kemudian ambil beberapa buah wortel, kupas, cuci dan iris kecil-kecil. Tambahkan irisan wortel ini ke adonan bakwan jagung, aduk rata .Goreng adonan tadi dalam minyak mendidih yang cukup banyak

maka untuk menghindari hal tersebut . kupas dan cuci bersih. Air jeruk membuat ikan tambah lezat dan tak berubah warna saat digoreng. saat menanak. kupas bersih. ambil 1 buah mentimun. barulah di bumbui sesukanya. agar airnya tidak tumpah keluar. Buang airnya. Rebuslah kentang sampai masak Masukkan kentang kedalam sayur dan panasi lagi sampai mendidih.  Nasi supaya harum. Sajikan dalam keadaan hangat. masukkan satu sendok ketumbar kedalam minyak panas.  Kurangi makanan Anda dari minyak yang berlebihan. setelah itu angkat kentang dari sayur anda Tips : Memasak Nasi  Jika memasak beras (saat mengaru beras). Tips : Memasak Ikan  Agar ikan amis nya ilang ? Ikan yang sudah disiangi. tambahkan 1 sdm mentega atau minyak ke dalam air rebusan  Tips agar nasi tidak cepat basi : ambil 3 lembar daun pandan Siapkan 1/2 butir jeruk nipis. taburkan sedikit garam terlebih dahulu di penggorengan . Kentang akan menyerap garam. Masukkan kayu manis tersebut saat mengaron nasi atau dalam beras yang sudah diberi air jika memakai rice cooker.di taburi dengan garam dan sedikit lemon. diamkan sebentar. setelah itu ikan akan mengeluarkan air dengan sendirinya. dan angkat kembali mentimunnya. kemudian gorenglah ikan asin anda. Sebelum diberi minyak.  Mengatasi masakan ke-asinan. tambahkan daun pandan 2 lembar. ambil 2 buah kentang. maka anda akan terbebas dari bau khas ikan asin. ambil airnya Campurkan daun pandan dan air jeruk nipis ke dalam panci tempat beras akan dimasak Masak beras di panci tersebut sampai benarbenar masak  Nasi Wangi. Irislah menjadi 4-5 potong.  Nasi tidak mudah basi ? Beri 2-3 tetes air jeruk nipis saat menanak nasi Tips : Menggoreng ikan asin  Supaya rumah tidak bau khas ikan asin saat kita sedang menggorengnya. saat menanak nasi jangan lupa tambahkan 5 cm kayu manis.dengan panas sedang sehingga bakwan terendam dan matang sempurna hingga ke bagian dalamnya. Masukan ke dalam masakan yang keasinan Biarkan sampai 3 menit. Tips : Mengatasi masakan yang ke-asinan :  Mengatasi masakan ke-asinan.

Tips : Memasak mie  Jika memasak mi . sehingga pada saat digoreng minyaknya gak meletup-letup  Jika minyak yang terlanjur panas. tiriskan daging kambing tersebut. tambahkan sesendok makan mentega atau minyak ke dalam air rebusan  Untuk menghindari mie agar tidak lengket dan menjadi terlalu lembek. sebelum anda menggoreng sesuatu. Jika belum diolah simpan dalam kulkas. mudah dikenali dari aromanya. Setelah mendidih. oleskan kepermukaan wajan secara merata. . agar airnya tidak tumpah keluar. Masukkan 3 sdm minyak. cenderung memercik ketika menggoreng makanan. dan juga menyerap air yg ada pada ikan. balut (balurkan) ikan dengan tepung terigu terlebih dahulu. saat merebus mie. Tipsnya masukkan sepotong jahe kedalam minyak panas. dan wajan siap dipakai menggoreng dan pasti tidak lengket lagi  Sebelum ikan di goreng. Mi biasanya tidak terlalu berminyak dan aormanya tepung dan telur. Setelah 10 menit. buat orak arik. tumbuk. agar ikan tidak pecah saat di goreng. niscaya wajan tidak lengket  Wajan yang lengket?? Buatlah orak arik telor dahulu. dan dimasak ulang sesuai kehendak hati. bubuhkan sedikit garam dan minyak sayur 1 sendok makan. setelah mendidih masukkan 1 kg daging kambing dan 50 gr cuka. karena mi ini tidak tahan lama disimpan lama.. dan 2 bj telor. Tangan amis setelah masak ikan?? Bersihkan dengan odol. angkat dan tiriskan daging tersebut. niscaya minyak berhenti secara perlahan dan memberikan aroma sedap untuk masakan anda Tips : Memasak daging kambing  Rebus daging kambing atau domba bersama beberapa potong lobak. tidak ada aroma obat atau aroma menyengat lainnya.  Tips memilih Mi basah yang bagus kualitasnya. masak angkat.  Masak 1 kg daging kambing dengan dimasukkan bersama bubuk kare 10 gr  Masak 1 kg daging kambing dengan dimasukkan 200 gr tebu yang sudah dipotong-potong  Rebus 1 liter air.  Wajan lengket saat menggoreng ikan ? Ambil kemiri. lalu setengah jam kemudian angkat dan keluarkan lobaknya  Rebus 1 kg daging kambing atau domba dengan kacang hijau sebanyak 5 gram.

rendam suun dalam air panas hingga lunak lalu tiriskan Tips : Sanwich tetap enak  Agar sandwich tetap enak. 3. lumuri daging sate yang sudah ditusuk dengan sedikit tepung kanji. jangan sampai daging terkena api secara langsung. tidak basah atau lembek ketika akan dimakan siang hari. Suun terbuat dari tepung kacang hijau. biarkan 5-10 menit. Akan tetapi Anda harus lebih takut untuk tidak tumbuh sama sekali…. 2. teksturnya lentur. sulit dipotong dan kaku saat sudah lunak. (Dikutip oleh NS. Bisa juga dengan bantuan daun pepaya. .…. Jangan terlalu lama tapi cukup sampai dagingnya berubah warna saja. Jangan langsung dioleskan di atas roti. bening warnanya dan bentuknya kecil panjang. sebaiknya oleskan mayones atau saus lainnya di antara daging dan sayuran. kupas hingga bersih dan buatlah jus nanas. 4. Proses pada saat membakarnya harus hati-hati. Sedangkan suun yang kurang bagus keras. Cara ini hanya berlaku untuk daging kambing.  Cara lain. o Kemudian rendam daging yang sudah ditusuk ke dalam air nanas (jus nanas). Tips memilih Memilih Suun yang Baik Mutunya . bungkus secara terpisah sayuran dan saus (dressing). yaitu: 1. Untuk membuat sate yang empuk dagingnya. Setelah diperam lalu sate dapat ditusukkan dan kemudian siap dibakar. Suun yang bagus. karena daging akan mudah hancur. ikan tongkol. o Setelah direndam lalu sate sudah dapat dibakar seperti biasa o Jangan merendam daging lebih dam 10 menit. ada beberapa resep jitu yang bisa dilakukan. Pada saat dibakar. Baru dicampur dengan roti. Agar tidak amis daging yang akan digunakan untuk membuat sate dapat direndam dengan menggunakan air kelapa. ketika sandwich akan disantap. Atau dapat juga menggunakan nanas seperti cara dibawah ini : o Ambil 1 buah nanas matang. sebagai pengetahuan ibu-ibu anggota Krida Bhakti Wanita AkprindYogyakarta) Kata-kata Bijak hari ini : • Bukan pertumbuhan yang lambat yang harus Anda takuti. Sebelum dibakar. daging yang akan disate sebelum ditusukkan ke tusuk sate sebaiknya dibungkus dengan menggunakan daun pepaya selama ± 20 menit. Sebelum dipakai.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful