Membersihkan memperbaiki Karburator rusak

Karburator salah satu komponen yang paling penting kalau motor kita ingin enak diajak jalan. Harus rajin-rajin membersihkan karburator. Caranya: 1. Bersihkan filter udara/penampung debu. Lepaskan filter udara yang terpasang pada mulut karburator, lepas busa filter lalu bersihkan dengan cairan pembersih, kemudian biarkan kering sendiri. Jangan dibersihkan dengan cara disemprot udara bertekanan tinggi, karena dapat menyebabkan rusaknya pori-pori busa filter tersebut. 2. Bersihkan karburator. Buka karburator dengan cara melepas baut-baut pengikat, tutup karburator, katup cuk/choke, kran bensin. Gunakan kunci yang sesuai agar alat-alat tersebut tidak gampang dol. Lepas komponen-komponen karburator lalu tempatkan dalam wadah yang berisi cairan pembersih, biar gampang paka aja cairannya bensin. Lepas mangkok karburator, pelampung dan jarum pelampung, main jet, pilot jet, dan yang lainnya. Hati-hati terhadap parts yang kecil-kecil dan seal/karet pelindung, tempatkan dalam wadah yang mudah terlihat, agar nanti saat pemasangan tidak bingung mencarinya. Jika sudah terlepas semuanya maka bersihakan karburator dengan kuas, lalu semprot lubanglubangnya dnegan udara bertekanan tinggi. Gunakan amplas halus untuk membersihkan kotoran pada spuyer-spuyer, Jangan terlalu banyak mengamplasnya, karena dapat menyebabkan perubahaan ukuran diameter spuyer. Setelah bersih, pasang kembali spuyer-spuyer tersebut. Gunakan obeng spuyer dan pengecangannya jangan terlalu keras, cukup gunakan dua jari pada ujung obeng. 3. Setel tinggi pelampung. Sebelum dipasang komponen-komponen karburator, jangan lupa untuk mengatur tinggi pelampung bensin dengan menggunakan jangka sorong/stigmat. 4. Rakit karburator. Pasang kembali bagian-bagian karburator yang tadi dilepas. Rakit karburator dan filter udara dengan dipasangkan kembali pada lubang mesin. Lalu setel kongdisi langsam motor pada keadaan mesin hidup. Setel spuyer angin-angin dengan cara memutar searah jarum jam smpai mentok, lalu putar balik beberapa putaran sesuai dengan standar mesin atau kondisi mesin motor kita. Setel juga baut penyetel langsam yang terletak di pinggir badan karburator. Setel pada keadaan panas mesin yang ideal. Setelan putaran mesin jangan terlalu rendah atau pelan, hal ini dapat menyebabkan oli tidak dapat naik karena tidak terpompa akibat rendahnya putaran mesin.

mungkin ada beberapa pengguna Timor mengeluhkan tarikan bawah terasa mengelitik. tempat brenaungnya kabel-kabel busi. ini yang namanya delco. cukup mengendurkan dan pastikan delco bisa bergerak ke atas kebawah ketika kita getuk halus.. Perlengkapan yang dibutuhkan untuk setting delco hanya sebatang kunci 12 saja. namun bagaimana cara untuk menyetting delco dan dimana letak delco tersebut?. bagusnya lagi jika memiliki kunci pas yang tebal untuk menurunkan atau menaikkan delco dengan cara digetuk-getuk ringan. mari kita buka baut-bautnya yang berada di sisi delconya. kendurkan baut ukuran 12 depan dan belakang. jika mobil anda mengalami gejala mengelitik cobalah untuk menyetting ulang delconya. tidak perlu sampai baut tersebut lepas karena memang tidak perlu mencabut delconya. . ketika bertanya hanya diberikan jawaban coba setting ulang delco nya. berat seperti tertahan. ataupun mobil terasa sangat boros bisa dicoba dengan setting ulang delconya sedikit mengelitik tapi irit. ada juga yang rajin setting delco jika sedang mengganti bahan bakar dari premium ke pertamax untuk mendapatkan tarikan yang enak serta konsumsi bahan bakar yang optimal.

Sedangkan pada Top 4. piston silinder 1 dan 4 berada di titik mati atas (TMA). apabila ada tambahan mohon jangan sungkan berbagi ya… Setel klep mobil 1. yang disetel klep buang silinder 2. klep isap silinder 3. Bila push rod pada silinder 1 dapat diputar. namanya juga share dari belajar-belajar dijalan. 4. biasanya diset agak ditengah-tengah tergantung settingan yang di inginkan. Buka baut pengunci tutup kepala silinder dengan kunci ring 1/2 mm. pertama kita getuk kebawah lalu coba digas-gas dengan cara menarik kabel gasnya saja. Artinya. 5. pakai kunci ring 19 guna mencari posisi Top 1 dan 4. katup yang disetel katup isap dan buang silinder 1. Posisi Top juga ditunjukkan oleh coakan pada puli kruk-as. cari settingan enak dimana tidak terjadi perasaan mengelitik didelco nya. 3. settingan delco sendiri tidak boleh mentok kebawah ataupun keatas. Jika ingin mendapatkan Top 4. tidak perlu masuk kedalam mobil dan menginjak-injak pedal gasnya. kalau merasa tidak yakin bisa dengan cara mengetesnya dijalan. Saat Top 1. pegang dan putar push rod. bisa di set ngelitik sedikit atau tidak ngelitik sama sekali. Copot slang positive crankcase ventilation (PCV) di kop silinder dari klemnya. saat coakan tadi berada tepat di garis nol.digetuk-getuk ringan sampai panah delco berpindah. kita getuk-getuk sedikit demi sedikit. Menyetelnya. Maka akan terlihat deretan katup (klep) dan rocker arm yang tersusun rapi. mohon maaf apabila ada tulisan yang salah. Kemudian lepas seal washernya. Buka tutup kepala silinder perlahan-lahan. dan katup isap . 2. Berikutnya katup isap silinder 2 dan katup buang silinder 3. putar lagi puli satu putaran. Biar gampang untuk menentukan posisi Top 1 dan 4. Ini artinya Top 1. berarti dalam keadaan bebas atau bisa disetel. memang butuh feeling yang peka untuk merasakan apakah settingan delco sudah pas atau belum. Yaitu. pertama putar puli kruk-as searah jarum jam. jika bautnya sudah dikendurkan.

Setelan klep paling tepat. Grand.Mega Pro. Kirana) ukuran celah klep = 0. Kunci T 17 (untuk motor Supra X 125/Kharisma) 3. rakit kembali tutup kop silinder dan selang PVC seperti semula. perhatikan pada saat valve In bergerak. Buka kedua tutup klep (In dan Ex) dengan menggunakan kunci Ring 17(tipe bebek) atau Kunci Ring 24(tipe Sport) 2. Setel klep motor Tertarik mencoba menyetel klep sepeda motor Honda anda sendiri? Namun ingat. 5. Legenda.05mm (±0.03mm (±0. dengan cara buka tutup magnet pada blok mesin kiri dengan menggunakan Obeng (-) besar (ada 2 buah ). Supra X.10mm (±0.GL Pro.20 mm dan buang 0. Untuk mengukur celah katup. setelan yang salah bisa mempengaruhi performa sepeda motor anda. Kendurkan baut setelan celah katup dengan kunci ring 12. pergunakan kunci Ring 14/17 untuk memutar poros engkol berlawanan dengan jarum jam.01mm) ) • Cara penyetelannya adalah. Sebelum memulai. Ring 17 (untuk motor tipe Sport) 7. Terakhir. Valve Adjusting wrech (kunci klep) Caranya: 1. katup isap 0. posisikan tanda T pada garis lurus di lubang kecil blok magnet. Tiger) 4. Awalnya posisikan agar kondisi valve bebas atau posisi piston pada Titik Mati Atas (TMA).01mm). Bang SoBil merekomendasikan bahwa tips ini untuk kendaraan Toyota Kijang. Kemudian pegang dan gerak-gerakkan kedua klep untuk memastikan keduanya sudah dalam posisi bebas.01mm) Klep Ex : 0. Win.01mm) Tipe Matik (Vario) ukuran celah klep ( Klep In : 0. Perhatikan posisi klep yang sejajar dengan saluran buang (exhaust manifold). GL 100) ukuran celah klep = 0. 4. Sama halnya saat menentukan katup buang. Sambil memutar poros engkol. persiapkan peralatan berikut ini: 1. 9.26mm (±0. Kharisma. 3. saat putaran obeng mulai terasa berat dan feeler gauge terasa seret kalau ditarik. Ring 10-11 (untuk motor tipe Sport) 6. 6.30 mm. • Tipe Bebek (Supra X 125. 7. Fuller gauge 1set 9.01mm). Kunci T 14 (untuk motor Supra Fit.dan buang pada silinder 4. kendorkan mur pengikat tappet adjuster (baut stelan klep) dengan menggunakan Ring 8-9 / 10-11 . Lalu segera kencangkan kembali baut pengikat klep. Ukurannya. lihat pada lubang kecil di blok magnet. Jika langkah diatas sudah benar. maka lakukan penyetelan valve dengan ukuran untuk tiaptiap motor sbb: • Tipe Sport (Tiger. lihat posisi katup yang segaris dengan saluran masuk (intake manifold). gunakan feeler gauge. Ring 8-9 (untuk motor tipe bebek) 5.Phantom) ukuran = 0. • Tipe Bebek (Supra Fit. Setel celah katup pakai obeng minus. Obeng (-) besar 2.15mm (±0. Menentukan katup isap. 8. Ring 24 (untuk motor tipe bebek) 8.

sampai hasilnya tepat. Tutup kembali semua komponen yang tadi dibuka kemudian rasakan hasilnya. Setel klep motor bebek 4 tak Tujuan menyetel klep : Penyetelan celah katup adalah mutlak harus dilakukan terhadap sepeda motor. Kunci ´T´ (sok 17mm) 4. Kunci ring 89 mm 5. » Cek kembali celah klepnya untuk memastikan bahwa klep telah distel dengan baik. Obeng (-) Besar 3. tapi saat ditarik bisa tanpa meninggalkan bekas goresan di filler berarti celah klep bagus (standar) 8. yang besar dan kecil. » Setelah didapat celah standar. Obeng (+) besar dan (+) sedang 2. 7. » Masukan puller ke celah klep dan stel dengan memutar stelan klep untuk mendapatkan celah klep yang sesuai dengan ketentuan apabila puller didorong tidak bisa tapi apabila ditarik puller bisa bergeser tanpa meninggalkan bekas di puller. Tujuannya untuk diperoleh unjuk kerja mesin yang optimal. Buka tutup klep ( klep IN (atas) dan klep EX (bawah)) yang ada di kepala silinder yang berkepala kunci ring 8 mm. 3. Cari tanda *T*dengan cara memutarkan poros engkol menggunakan kunci sok T 17mm searah jarum jam sampai didapat tanda ´T´ di magnet lurus dengan tanda penyesuaian di blok magnet. lakukukan langkah berikut : » longgarkan sedikit mur penyetel klep dengan kunci ring 9 mm sambil menahan baut penyetel klep dengan kunci ’ L ’ stelan klep. Kunci tapet klep (´L´ klep) 6 filler (bilah ukur) Langkah kerja : 1. tahan baut penyetel klep lalu kencangkan mur pengikat klep dengan kunci ring 9 mm. Dimaksudkan untuk mempertahankan celah (clearance) antara ujung batang katup dengan ujung baut penyetel katup agar tetap sesuai standar. putar tappet adjuster(baut stelan klep) sampai terasa apabila fuller gauge di tarik terasa seret dan apabila didorong tidak bisa. Pastikan kedua klep dalam posisi bebas goyang). Lalu letakkan Fuller gauge sesuai ukuran celah klep kedalam ujung batang klep. . Lepaskan sekrup cover tengah dan tebeng sayap dengan menggunakan obeng (+) sesuai ukuran sekrup. Persiapan Alat yang digunakan: 1. » Pasang kembali cover body kebalikan urutan dari pembongkaran. » Setelah didapat penyetelan yang tepat tutup kembali klep dan pastikan pengencangan bautnya benar. Kemudian keraskan lagi mur stelan klep dan cek ulang hasil stelan klep tadi. (bila fuller gauge terasa ditarik seret dan di dorong tidak bisa) 8. Apabila point 7 tidak terjadi.6. 2. dan puller didorong kearah depan tidak bisa. 4. Lakukan pengukuran celah klep dengan memasukan filler diantara celah katup dan baut penyetel 7. Buka tutup pengetopan di blok magnet (beralur obeng (-) minus besar). 6. 5. Apabila filler masuk ke celah tersebut.

.Semoga informasi ini membantu anda mengetahui cara penyetelan klep yang sesuai dengan standar kerja bengkel AHASS. Semoga bermanfaat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful