P. 1
pakar ahli komputer

pakar ahli komputer

|Views: 136|Likes:

More info:

Published by: nurulrahma_101404053 on May 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/13/2012

pdf

text

original

Para Pakar Teknologi Di Dunia Diposkan oleh About me di 07:32 0 komentar Saat ini kita semua telah mengetahuinya bahwa

perkembangan teknologi sudah sangat semakin berkembang setiap tahunnya. Banyak para pakar hebat dunia telah menciptakan sebuah teknologi yang kita pasti pernah menggunakannya. Para pakar teknologi di dunia ini adalah beberapa orang yang memang telah menemukan sebuah terobosan baru dan membuat kagum banyak orang di seluruh dunia.

Berikut ini adalah para pakar teknologi di dunia yang telah sukses menaungi namanama merek terkenal di dunia. Menurut Techradar, para tokoh dunia berikut ini adalah orah yang telah berpengaruh besar terhadap kesuksesan merek yang dinaunginya.

1. Tim Cook-Apple

Menurut Forbes, CEO Apple ini memang tidak memiliki visi yang serupa dengan mendiang Steve Jobs, namun ia dianggap mampu mengubah keadaan manufaktur, distribusi dan supply Apple ke kondisi yang lebih baik. Sebelum diangkat menjadi CEO, Cook dulunya menempati posisi sebagai Chief Operating Officer Apple.

2. Jeff Bezos-Amazon

Banyak yang melihat bahwa pendiri Amazon ini memiliki kesamaan dengan Steve Jobs, terutama dalam 'meramal' masa depan. Bezos juga mampu membuat produknya mendominasi market sebelum orang menyadarinya. Amazon diketahui mendominasi penjualan buku, retail online dan ebook. Jangan lupakan juga kesuksesan Kindle Fire yang mampu melampaui penjualan tablet Android di sejumlah wilayah.

3. Jonathan Ive-Apple

Ia adalah sosok di balik desain produk-produk Apple yang menawan. Kepiawaiannya sudah terbukti sejak tahun 1990-an dengan kelahiran iMac, iPod, iPhone, iPad, MackBook Pro hingga MacBook Air. Daily Mail pernah menyebut Ive sebagai 'design genius'.

4. Marissa Mayer-Google

Termuda di antara jajaran executive operating committee Google. Plus, ia juga menjadi yang paling muda di daftar Most Powerful Women versi majalah Fortune. Mayer terkenal karena idenya yang cemerlang. Ia berandil dalam manajemen dan design untuk banyak produk Google.

5. Joichi Ito-MIT

Selain menjadi salah satu jajaran direksi Mozilla, Ito juga menjadi chairman dari Creative Commons dan pimpinan MIT Media Lab.

6. Shigeru Miyamoto-Nintendo

Dedengkot di dunia game, bahkan ia disebut-sebut sebagai dewa di industri video game. Ia ada di balik nama-nama populer seperti Mario, Donkey Kong, The Legend of Zelda, Star Fox, Pikmin dan Nintendogs.

7. Sheryl Sandberg-Facebook

Mark Zuckerberg memang pendiri Facebook, namun Sheryl Sandberg-lah yang menjalankan bisnisnya, termasuk penjualan, marketing, human resources, dan lain-lain.

8. Sundar Pichai-Google

Dilaporkan, Google membayar Pinchai puluhan juta dollar agar ia bertahan di Google alih-alih pindah ke Twitter. Hasilnya? Chrome menuai kesuksesan dan mampu menggerogoti market share Firefox hanya dalam waktu 3 tahun.

Itulah beberapa para pakar teknologi di dunia yang telah berhasil membawa merek yang dinaungi menjadi salah satu merek terkenal di dunia yang digunakan oleh banyak orang. Tentu saja dari hasil kerja kerasnya tersebut, para pakar di dunia tersebut juga telah mendapatkan hasil yang luar biasa. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi anda khususnya dalam perembangan teknologi saat ini.

Norman Joseph Woodland Author: Yudha Yudhanto · Published: March 30, 2011 · Category: Tokoh Teknologi Informasi

Norman Joseph Woodland Lahir 6 September 1921 dikenal sebagai salah satu penemu barcode, di mana dia menerima US Patent 2.612.994 pada bulan Oktober 1952. Ia juga dikenal sebagai N.Joseph Woodland dan NJ Woodland. Woodland lahir di Atlantic City, New Jersey.

Setelah lulus dari Atlantic City High School, Woodland melanjutkan untuk mendapatkan gelar Bachelor of Science di bidang Teknik Mesin (BSME) dari Drexel University tahun 1947. Selama dinas militer di Perang Dunia II, Woodland bekerja sebagai asisten teknis dengan Proyek Manhattan di Oak Ridge, Tennessee. Dari 1948-1949, Woodland bekerja sebagai dosen di teknik mesin di Drexel. Dan saat detik ini dia dijuluki ” The Father of the Supermarket scanning system”.

Alan Turing Sukmapurwanoto Bagus Nugroho emankganteng@yahoo.com

Alan Mattison Turing lahir di Paddington London, 23 Juni 1912. Turing melewati awal hidupnya di sebuah rumah panti asuhan di India. Saat kembali ke Inggris tahun 1926, Turing bersekolah di Sherborne. Keingintahuannya dalam bidang matematika dan sains sangat berbading atnya dibidang Bahasa dan social. Tahun 1931 Turing bersekolah di King's College, Cambridge University. Dalam penelitiannya Turing lebih banyak "menciptakan kembali" dibandingkan "menggunakan" temuan yang sudah ada. Setelah lulus Turing mendapat keanggotaan di King's College (1935).Pada saat ini lah Turing mempunyai konsep mengenai "Mesin Turing". Melalui sebuah kuliah, di tahun 1935, Turing diperkenalkan pada pertanyaan berkaitan dengan Logika Matematika, yang di ajukan oleh Hilbert. Ini adalah pertanyaan tentang "Decidability", "the Entscheidungs problem". "Mungkinkah ada, walau hanya dalam teori, sebuah metode atau proses yang mampu menyelesaikan semua bentuk dan jenis pertanyaan matematika ?". Menanggapi pertanyaan ini Turing memberikan solusi mekanikal berupa konsep "Mesin Universal Turing". Dalam konsep ini turing menggambarkan sebuah mesin yang mamou

membaca rangkaian beberapa "nol dan satu" (binary digit) yang akan menjelaskan cara penyelesaian masalah matematika, dan menyediakan jawaban yang dibutuhkan. Inti dari mesin ini yang dikemudian hari dikenal sebagai ide tentang sebuah komputer. Mesin ini masih berupa konsep, sampai kemudian diwujudkan dalam bentuk nyata beberapa tahun kemudian. Lisensi Dokumen: Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari IlmuKomputer.Com. Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com 2 Agustus 1936, Turing mengeluarkan paper untuk konsep ini berjudul "On Computable Numbers With an Application to the Entscheidungsproblem". Ditahun yang sama dia mendapatkan "Smith's Prize" (penghargaan dari Cambridge University) untuk pekerjaannya dalam teori probabilitas dan kemudian melanjutkan ke Princeton University. Selama perang dunia II(1939-1945), Turing bekerja pada Depertemen Komunikasi Britania Raya. Disana dia ditugaskan untuk memecahkan kode sandi yang diciptakan oleh Mesin Enigma milik pihak Jerman. Ini adalah pekerjaan berat karena mesin ini mampu menghasilkan kode yang berubah secara konstan, dan untuk memecahkannya adalah suatu hal yang mustahil pada zaman itu. Namun ternyata itu tidak mustahil bagi Turing, yang kemudian menciptakan "COLOSSUS", sebuah mesin yang mampu memecahkan kode enigma dalam waktu singkat. Mesin ini juga merupakan suatu awal menuju Komputer Digital. Turing juga mempunyai minat yang sangat besar dalam pengembangan "Artificial Intelligence". Untuk itu dia menghabiskan satu tahun di Cambridge untuk mempelajari Neurologi dan Fisiologi. Di tahun 1947 dia menulis sebuah paper (tidak pernah diterbitkan selama hidupnya) mengenai konsep yang sekarang dikenal dengan "jaringan neural", dimana serangkaian ssistem kompleks mampu memeliki kemampuan belajar. Kemudian tahun 1950 mengeluarkan paper yang berpengaruh besar berjudul "Computing Machinery and Intelligence". Dalam papernya ini Turing mengusulkan "Tes Turing" sebagai

sebuah metode untuk menentukan apakah sebuah mesin memiliku "Artificial Intelligence". Hingga tahun 1990-an Tes ini masih dianggap sebagai cara yang paling baik untuk menentukan intelegensia dari sebuah mesin. Turing juga berusaha untuk mewujudkan konsep "Mesin Turing" menjadi kenyataan dalam bentuk "Automatic Computing Engine" di "National Physical Laboratory", walaupun pekerjaan ini tidak pernah selesai. Kemudian ia berpindah ke University of Manchester, membuat panduan untuk operasi Manchester Automatic Digital Machine (MADAM). Turing mempunyai banyak kemampuan. Selain di bidang komputer, Turing juga mengeluarkan paper dalam bidang Biologi, berjudul "The Chemical Basis of Morphogenesis". Yang mengejutkan, Turing pernah menjuarai kejuaran lari jarak jauh Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com 3 dan menengah di tingkat negara bagian Amerika, dan bahkan nyaris mewakili Amerika di Olimpiade. Ini dilakukannya untuk menghilangkan stress. Dibalik segala kesuksesannya, ternyata Turing adalah seorang Homoseksual. Ini sudah dimulai sejak ia masih muda, dan kemudian di tahun 1953 ia ditangkap karena melakukan hubungan seksual dengan seorang pemuda. Dibandingkan masuk penjara, Turing lebih memilih alternatif hukuman suntik Estrogen untuk menetralisir hormonnya. Setelah "kelainannya" ini diketahui oleh publik, Turing kehilangan satu persatu pekerjaannya. Tidak mampu menahan malu dan stress, pada 7 Juni 1954, Turing memilih untuk mengakhiri hidupnya dengan melakukan bunuh diri (memakan apel yang telah dilumuri sianida) di rumahnya, Wislow, London. Referensi • http://www.turing.org.uk/turing/ • http://ei.cs.vt.edu/~history/Turing.html Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com 4 Biografi dan Profil Sukmapurwanoto Bagus Nugroho. Menamatkan SMU tahun 2001 di SMU Negeri 8 Jakarta dalam waktu 2 tahun (program percepatan). Saat ini sedang menyelesaikan program S1 (B.Eng) jurusan Ilmu Komputer di The University of Electro-Communications, Tokyo, Jepang. Pemerhati masalah algorithma dan pemrograman tactical game, misalnya Championship Manager, Flight Simulator, dsb. Informasi lebih lanjut tentang penulis ini bisa didapat melalui: Email: emankganteng@yahoo.com

Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com 1 Al Khwarizmi

Romi Satria Wahono romi@romisatriawahono.net Terminologi algoritma, mungkin bukan sesuatu yang asing bagi kita. Penemunya adalah seorang ahli matematika dari uzbekistan yang bernama Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi. Di literatur barat beliau lebih terkenal dengan sebutan Algorizm. Panggilan inilah yang kemudian dipakai untuk menyebut konsep algoritma yang ditemukannya. Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi (770-840) lahir di Khwarizm (Kheva), kota di selatan sungai Oxus (sekarang Uzbekistan) tahun 770 masehi. Kedua orangtuanya kemudian pindah ke sebuah tempat di selatan kota Baghdad (Irak), ketika ia masih kecil. Khwarizm dikenal sebagai orang yang memperkenalkan konsep algoritma dalam matematika, konsep yang diambil dari nama belakangnya. Al khwarizmi juga adalah penemu dari beberapa cabang ilmu matematika yang dikenal sebagai astronom dan geografer. Ia adalah salah satu ilmuwan matematika terbesar yang pernah hidup, dan tulisan-tulisannya sangat berpengaruh pada jamannya. Teori aljabar juga adalah penemuan dan buah pikiran Al khwarizmi. Nama aljabar diambil dari bukunya yang terkenal dengan judul "Al Jabr Wa Al Muqabilah". Ia mengembangkan tabel rincian trigonometri yang memuat fungsi sinus, kosinus dan kotangen serta konsep diferensiasi. Pengaruhnya dalam perkembangan matematika,

astronomi dan geografi tidak diragukan lagi dalam catatan sejarah. Pendekatan yang dipakainya menggunakan pendekatan sistematis dan logis. Dia memadukan pengetahuan dari Yunani dengan Hindu ditambah idenya sendiri dalam mengembangkan matematika. Khwarizm mengadopsi penggunaan angka nol, dalam ilmu aritmetik dan sistem desimal. Beberapa bukunya banyak diterjemahkan kedalam Lisensi Dokumen: Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari IlmuKomputer.Com. Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com 2 bahasa latin pada awal abad ke-12, oleh dua orang penerjemah terkemuka yaitu Adelard Bath dan Gerard Cremona. Risalah-risalah aritmetikanya, seperti Kitab al-Jam'a wal-Tafreeq bil Hisab al-Hindi, Algebra, Al-Maqala fi Hisab-al Jabr wa-al-Muqabilah, hanya dikenal dari translasi berbahasa latin. Buku-buku itu terus dipakai hingga abad ke-16 sebagai buku pegangan dasar oleh universitas-universitas di Eropa. Buku geografinya berjudul Kitab Surat-al-Ard yang memuat peta-peta dunia pun telah diterjemahkan kedalam bahasa Inggris. Buah pikir Khwarizmi di bidang geografi juga sangat mengagumkan. Dia tidak hanya merevisi pandangan Ptolemeus dalam geografi tapi malah memperbaiki beberapa bagiannya. Tujuh puluh orang geografer pernah bekerja dibawah kepemimpina Al khwarizmi ketika membuat peta dunia pertama di tahun 830. Ia dikisahkan pernah pula menjalin kerjasama dengan Khalifah Mamun Al-Rashid ketika menjalankan proyek untuk mengetahui volume dan lingkar bumi. Referensi • http://dir.yahoo.com/Science/Mathematics/Mathematicians/ • http://www.muslimtents.com/almarja/khawariz.html • http://www.pesantren.net Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com 3 Biografi dan Profil Romi Satria Wahono. Lahir di Madiun, 2 Oktober 1974. Menamatkan SMU di SMU Taruna Nusantara, Magelang pada tahun 1993. Menyelesaikan program S1 dan S2 pada jurusan Informatika dan Ilmu Komputer di Saitama University, Jepang pada tahun 1999 dan 2001. Saat ini sedang menyelesaikan program

S3 pada jurusan dan universitas yang sama. Di Indonesia berstatus sebagai peneliti pada instansi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), tepatnya di Pusat Dokumentasi Informasi Ilmiah (PDII). Kompetensi inti adalah pada bidang Software Engineering, eLearning System, dan Knowledge Management. Aktif sebagai penulis, dimana ratusan tulisan berupa scientific paper, artikel, dan tutorial telah diterbitkan dalam berbagai proceedings conference, jurnal ilmiah, majalah, koran dan portal, bertaraf nasional maupun internasional. Berpengalaman sebagai engineer, konsultan, lecturer dan pembicara seminar/conference di berbagai universitas dan perusahaan, baik di Indonesia maupun Jepang, khususnya seputar tema software engineering, community building, eLearning, opensource, bahasa pemrograman (c, java, lisp, dsb), sistem operasi (windows, unix/linux, mac, dsb), jaringan komputer, administrasi server, aplikasi database, dan pemrograman berbasis web. Selain tema itu juga memiliki minat dan aktif menulis dalam tema yang berhubungan dengan manajemen, leadership, self improvement, dan keorganisasian. Aktif dalam berbagai organisasi pelajar dan kemahasiswaan (Ketua Umum PPI Jepang 2001-2003), dan organisasi society ilmiah (Ketua IECI Japan 2001-2002). Anggota dari society ilmiah ACM, IEEE Computer Society, IEICE, IPSJ, JSAI, IECI, dan MIFTA. Romi Satria Wahono adalah pendiri dan pengelola beberapa komunitas dan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi, diantaranya adalah: IlmuKomputer.Com, Gegar Technologies, Brainmatics Cipta Informatika. Mendapat penghargaan dari PBB pada pertemuan puncak WSIS (World Summit on Information Society) pada tahun 2003 di jenewa, Continental Best Practice Examples in the Category eLearning. Informasi lebih lanjut tentang penulis ini bisa didapat melalui: URL: http://romisatriawahono.net Email: romi@romisatriawahono.net YM: romi_sw

Kuliah Pengantar IlmuKomputer.Com Copyright © 2004 IlmuKomputer.Com Mengenal Tokoh Ilmu Komputer 1 Bill Atkinson Ahmad Imron

admin@ahmadimron.com http://www.ahmadimron.com Bagi anda para penggemar Apple tentu akan sangat sayang sekali jika tidak mengenal tokoh yang satu ini. Beliau adalah Bill Atkinson, programer jenius dibalik QuickDraw, MacPaint, dan HyperCard. Bill Atkinson juga merupakan anggota tim Macintosh di Apple Computer. Sebagai salah seorang arsitek software di Macintosh, Bill juga seorang menjadi pionir dalam teknik pencetakan digital dan ahli dalam color manajement . Bill telah mengembangkan profil ICC untuk Calypso Imaging Inc. Bill bekerja di Apple Computer mulai dari akhir tahun 1970-an sampai awal 1980-an. Dia adalah seorang lulusan dari University of California, San Diego, dimana seorang pencetus komputer Machintos, Jef Raskin, menjadi salah satu profesornya. Impiannya adalah untuk menjadikan komputer sebagai mesin yang memiliki kemampuan tanpa batas. Pertama-tama dia memberi kekuatan kepada kita agar mampu membuat karya grafis yang canggih. Sekarang ini beliau memberi kekuatan kepada kita untuk mengembangkan software tanpa perlu tahu satu baris kode pun. Hypercard telah membawa kita pada suatu titik diluar apa yang diperkirakan sebelumnya dimana orang mengira itu adalah hal yang mustahil. Salah satu karya Bill yang cukup fenomenal adalah HyperCard. Munculnya HyperCard ini didasari atas dua hal. Ide pertama datang dari program Rolodex yang ditulis oleh Bill untuk mentrack artikel jurnal miliknya. Kedua berasal dari proyek penelitian tentang komputer generasi baru. Tiap hari Bill bangun jam empat pagi dan langsung menuju ruang kerjanya untuk menyelesaikan proyek ambisius

ini. Bill mencoba untuk membuat packing algorithm baru yang mana algoritma ini dapat mengemas banyak sekali image tiap disk seperti yang kita harapkan. Terobosan lain dari HyperCard ini adalah berkembangnya teknologi fast searching. Dalam penelitiannya, secara teoritis Bill memperkirakan bahwa kecepatan searching akan meningkat 100 kali lebih cepat. Akan tetapi setelah Bill mencoba secara langsung, ternyata hasilnya cukup mencengangkan. Kecepatannya ternyata 700 kali lipat. Setelah dicoba di perpustakaan kota Los Gatos yang memiliki 100.000 card atau 15 megabyte teks didalamnya, proses pencarian hanya membutuhkan waktu 2 detik! Kegairahan Bill untuk terus mengemb angkan HyperCard muncul manakala prestasi ini dicapai. Lisensi Dokumen: Copyright © 2004 IlmuKomputer.Com Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari IlmuKomputer.Com. Kuliah Pengantar IlmuKomputer.Com Copyright © 2004 IlmuKomputer.Com Mengenal Tokoh Ilmu Komputer 2 HyperCard merupakan proyek Bill yang paling prestisius. Tidak seperti MacPaint, HyperCard ini dirancang dari atas. Hal ini akan memungkinkan bagi seseorang untuk lebih banyak lagi mengerjakan sesuatu dengan HyperCard. Ukuran HyperCard 15 kali lebih besar dari MacPaint. Sedangkan bahasa assembly HyperCard lebih besar daripada QuickDraw. Salah satu hal yang sangat disesali oleh Bill adalah bahwa dia tidak menghubungkan cards dan stack dari masing -masing komputer personal mela lui jaringan sebagai ganti dari cards dan stack pada satu komputer. Jika hal ini dilakukan maka Bill dapat menciptakan browser internet yang pertama kali. Menurut Bill hal ini disebabkan oleh karena dia bekerja di lingkungan Apple Computer yang box-centric. Apabila dia berkembang di lingkungan yang network -centric seperti di SUN misalnya, HyperCard bisa jadi menjadi web browser pertama di muka bumi ini. Kelemahan Bill di

Apple telah menghambat HyperCard menjadi web browser pertama. Perlu diketahui bahwa HyperCard ini telah dikembangkan sejak tahun 1980-an, beberapa dekade sebelum eksploitasi besarbesaran internet. Bill berpandangan bahwa jika HyperCard ini diterapkan secara global maka untuk mengakses website tertentu anda tidak pe rlu mentransfer website tersebut ke hard drive. Anda cukup membrowse sedikit demi sedikit. Hal ini akan lebih powerfull dibanding setumpukan stack pada komputer anda. Perkiraan Bill bahwa 100 tahun kedepan, nilai dari sebuah PC bukan terletak pada spreadsheet, pengolah kata atau dekstop publishing, akan tetapi pada web. Sampai sekarang Bill masih menggunakan HyperCard. Buku alamatnya merupakan tumpukan HyperCard yang besar dan juga beliau menulis beberapa program yang akan membantu photografi dan perawatan websitenya. Istrinya, Sioux, yang ditemuinya di Apple, merancang aplikasi HyperCard yang mana aplikasi tersebut mengerjakan semua inventori bisnis dan aku ntansi, mentrack galery yang memiliki gambar, klient dan akun pembayaran. Setelah bekerja di Apple selama kurang lebih 12 tahun, kini Bill menjadi kepala peneliti di General Magic, sebuah perusahaan yang fokus dibidang pembuatan software untuk komunikasi personal dan agen digital serta menghabiskan masa tuanya dengan seni photografi alam digital. Bill bisa dikatan sebagai seorang world class full time nature photographer karena kontribusinya yang cukup besar pada seni photografi. Kecintaan Bill akan seni photografi alam sudah terlihat sejak umur 10 tahun. Dia gemar sekali mengkoleksi gambar-gambar foto kemudian ditempelkan di dinding kamar. Setiap hari Bill selalu mengamati gambargambar tersebut sehingga Bill menjadi terobsesi dan terinspirasi. Selama 35 tahun lebih Bill sering hiking melewati hutan dan gurun, meletakkan kameranya di bawah rintik hujan dan salju serta mencari pencahayaan yang bagus sehingga kecantikan alami yang tersembunyi dapat disingkap. Berikut salah satu petikan dari pernyataan Bill : ” By developing my skills as a fine art printmaker, I have

been able to create expressive and archival photographs that faithfully share my experiences. As a pioneer of new color management and digital printing technologies, I have shared my expertise with many fellow nature photographers”. Referensi: http://en.wikipedia.org/wiki/Bill_Atkinson http://www.billatkinson.com/aboutTheArtist.html http://www.savetz.com/ku/ku/quick_genius_behind_hypercard_bill_atkinson_the_novem ber_1987.h tml Kuliah Pengantar IlmuKomputer.Com Copyright © 2004 IlmuKomputer.Com Mengenal Tokoh Ilmu Komputer 3 http://www.startribune.com/stonline/html/digage/atkinson.htm http://www.free -definition.com/Bill-Atkinson.html http://www.wired.com/news/mac/0,2125,54370,00.html http://www.calypsoinc.com/data/instructors/billatkinson.html This article is dedicated to my loving and supportive friend Amberdawn.

Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com 1 Bill Gates

Sukmapurwanoto Bagus Nugroho emankganteng@yahoo.com William Henry Gates III atau lebih terkenal dengan sebutan Bill Gates, lahir di Seatle, Washington pada tanggal 28 Oktober 1955. Ayah Bill, Bill Gates Jr., bekerja di sebuah firma hukum sebagai seorang pengacara dan ibunya, Mary, adalah seorang mantan guru. Bill adalah

anak kedua dari tiga bersaudara. Sejak kecil Bill mempunyai hobi "hiking",bahkan hingga kini pun kegiatan ini masih sering dilakukannya bila ia sedang "berpikir". Bill kecil mampu dengan mudah melewati masa sekolah dasar dengan nilai sangat memuaskan, terutama dalam pelajaran IPA dan Matematika. Mengetahui hal ini orang tua Bill, kemudian menyekolahkannya di sebuah sekolah swasta yang terkenal dengan pembinaan akademik yang baik, bernama "LAKESIDE". Pada saat itu , Lakeside baru saja membeli sebuah komputer, dan dalam waktu seminggu, Bill Gates, Paul Allen dan beberapa siswa lainnya (sebagian besar nantinya menjadi programmer pertama MICROSOFT) sudah menghabiskan semua jam pelajaran komputer untuk satu tahun. Kemampuan komputer Bill Gates sudah diakui sejak dia masih bersekolah di Lakeside. Dimulai dengan meng"hack" komputer sekolah, mengubah jadwal, dan penempatan siswa. Tahun 1968, Bill Gates, Paul Allen, dan dua hackers lainnya disewa oleh Computer Center Corp. untuk menjadi tester sistem keamanan perusahaan tersebut. Sebagai balasan, mereka diberikan kebebasan untuk menggunakan komputer perusahaan. Menurut Bill saat itu lah mereka benar- benar dapat "memasuki" komputer. Dan disinilah mereka mulai mengembangkan kemampuan menuju pembentukan Microsoft, 7 tahun kemudian. Selanjutnya kemampuan Bill Gates semakin terasah. Pembuatan program sistem pembayaran untuk Information Science Inc, merupakan bisnis pertamanya. Kemudian bersama Paul Ellen mendirikan perusahaan pertama mereka yang disebut Traf-O-Data. Lisensi Dokumen: Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari IlmuKomputer.Com. Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com 2 Mereka membuat sebuah komputer kecil yang mampu mengukur aliran lalu lintas. Bekerja sebagai debugger di perusahaan kontrkator pertahanan TRW, dan sebagai penanggungjawab komputerisasi jadwal sekolah, melengkapi pengalaman Bill Gates. Musim gugur 1973, Bill Gates berangkat menuju Harvard University dan terdaftar sebagai siswa fakultas hukum. Bill mampu dengan baik mengikuti kuliah, namun sama seperti ketika di SMA, perhatiannya segera beralih ke komputer. Selama di Harvard, hubungannya dengan Allen tetap dekat. Bill dikenal sebagai seorang jenius di Harvard. Bahkan salah seorang guru Bill mengatakan bahwa Bill adalah programmer yang luar biasa jenius, namun seorang manusia yang menyebalkan. Desember 1974, saat hendak mengunjungi Bill Gates, Paul

Allen membaca artikel majalah Popular Electronics dengan judul "World's First Microcomputer Kit to Rival Commercial Models". Artikel ini memuat tentang komputer mikro pertama Altair 9090. Allen kemudian berdiskusi dengan Bill Gates. Mereka menyadari bahwa era "komputer rumah" akan segera hadir dan meledak, membuat keberadaan software untuk komputer - komputer tersebut sangat dibutuhkan. Dan ini merupakan kesempatan besar bagi mereka. Kemudian dalam beberapa hari, Gates menghubungi perusahaan pembuat Altair, MITS (Micro Instrumentation and Telemetry Systems). Dia mengatakan bahwa dia dan Allen, telah membuat BASIC yang dapat digunakan pada Altair. Tentu saja ini adalah bohong. Bahkan mereka sama sekali belum menulis satu baris kode pun. MITS, yang tidak mengetahui hal ini, sangat tertarik pada BASIC. Dalam waktu 8 minggu BASIC telah siap. Allen menuju MITS untuk mempresentasikan BASIC. Dan walaupun, ini adalah kali pertama bagi Allen dalam mengoperasikan Altair, ternyata BASIC dapat bekerja dengan sempurna. Setahun kemudian Bill Gates meninggalkan Harvard dan mendirikan Microsoft. Terlepas dari masalah perseteruan Microsoft dengan beberapa organisasi dan vendor lain berhubungan dengan masalah monopoli software, pemakaian teknologi vendor lain, dsb. Saat ini Microsoft tumbuh menjadi vendor software dan sistem operasi yang menguasai pangsa pasar software dunia. Windows 95, 98, ME, 2000, XP adalah sistem operasi produksi Microsoft yang selalu ditunggu-tunggu oleh pengguna pc di dunia. Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com 3 Biografi dan Profil Sukmapurwanoto Bagus Nugroho. Menamatkan SMU tahun 2001 di SMU Negeri 8 Jakarta dalam waktu 2 tahun (program percepatan). Saat ini sedang menyelesaikan program S1 (B.Eng) jurusan Ilmu Komputer di The University of Electro-Communications, Tokyo, Jepang. Pemerhati masalah algorithma dan pemrograman tactical game, misalnya Championship Manager, Flight Simulator, dsb. Informasi lebih lanjut tentang penulis ini bisa didapat melalui: Email: emankganteng@yahoo.com

Kuliah Pengantar IlmuKomputer.Com Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com

Caarrllyy FFiioorriinnaa

Yulianto Mohsin moyas@netzero.net Baru-baru ini majalalah PC Magazine edisi 30 Desember 2003 menobatkan Carleton (Carly) S. Fiorina sebagai PERSON OF THE YEAR pilihan majalah tersebut. Nama Carly mungkin tidak sebegitu terkenal Bill Gates atau Steve Jobs, tapi kiprah CEO perusahaan komputer Hewlett-Packard tidak kalah hebat. Sewaktu Fiorina dipilih oleh para anggota direksi HP menjadi pemimpin puncak perusahaan yang lebih terkenal sebagai pembuat printer ini, banyak yang menyangsikan kemampuannya. Latar

belakang pendidikannya di bisnis dan Fiorina meniti karirnya di bidang managemen di AT&T dan Lucent. Jadi pada awalnya dia sering disebut hanya sebagai pemasar, saleswoman yang diragukan kemampuannya memimpin perusahaan berbasis teknologi. Tapi Fiorina pantang menyerah. Apalagi ketika dia mencetuskan ide untuk melakukan merger dengan perusahaan besar komputer lainnya Compaq untuk dapat tetap bersaing ketat dengan beberapa perusahaan komputer lainnya seperti SUN, IBM, dan DELL. Bukan hanya COMPAQ adalah perusahan pesaing HP, tapi juga masingmasing perusahaan ini memiliki coporate culture yang sangat berbeda satu sama lain. Usahanya ini pada awalnya mendapat sambutan yang dingin. Bahkan mendapat tantangan sengit dari Walter Hewlett, anak salah satu pendiri HP. Sekali lagi Fiorina pantang mundur. Lisensi Dokumen: Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari IlmuKomputer.Com. Kuliah Pengantar IlmuKomputer.Com Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com

Untuk menjual idenya ini ke seluruh pegawai HP yang berjumlah sekitar 140.000-an orang, Fiorina tidak sungkan-sungkan mondar-mandir menjelaskan idenya ke orangorang yang penting dan bertemu dengan karyawannya. Dia melakukan praktek yang sama seperti kedua pendiri HP, Dave Packard dan Bill Hewlett yang dikenal dengan sebutan “management by walking around”. Kalau kedua insinyur tersebut mondarmandir untuk memotivasi karyawan untuk kerap menciptakan teknologi baru, Fiorina sibuk bertemu karyawannya untuk membujuk menerima idenya. Pada akhirnya usahanya ini membuahkan hasil ketika akhirnya pemilik saham HP setuju untuk bergabung dengan COMPAQ. Sekarang ini, Fiorina mendorong para karyawannya untuk kerap menemukan teknologi baru. Slogan HP pun berbunyi invent (penemuan). Usahanya menggabungkan dua perusahaan besar komputer AS mengembalikan kepercayaan investor ke sektor teknologi dan juga HP. Bahkan kiprahnya ini juga sudah disebut-sebut akan menajdi bahan studi menari bagi para penulis bisnis. Mungkin pelajaran yang dapat diambil dari cerita Carly Fiorina adalah bahwa setiap orang, laki-laki atau wanita (terutama wanita), asal dia memiliki ide yang cemerlang, keinginan kuat dan sikap pantang menyerah, dapat melakukan apa saja yang dicitacitakan. Baik itu mendalami ilmu komputer atau menjadi pemimpin top perusahaan komputer terkenal. Tidak heran majalah bisnis AS terkemuka lainnya Fortune, juga telah menobatkan Carly Fiorina sebagai most powerful woman in American business (wanita terkemuka di belantara bisnis Amerika) untuk kurun waktu lima tahun berturutturut sampai dengan tahun 2002. Sumber: 1. Majalah PC Magazine edisi 30 Desember 2003 2. Majalah Fortune edisi 18 November 2002 Biografi Penulis Yulianto Mohsin, sempat mengenyam pendidikan SMU di Indonesia selama 4 bulan, sebelum akhirnya pindah ke New York, Amerika Serikat. Setelah menamatkan SMU di Forest Hills High School pada tahun 1994, kemudian melanjutkan pendidikan tinggi ke City College of New York jurusan Mechanical Engineering. Lulus pada tahun 2001 dengan ijazah S2. Sekarang bekerja mendesain baling-baling turbin uap di GE Power Systems (GEPS) di Schenectady, New York. Kegemarannya adalah menulis, membaca buku-buku sejarah matematika, sains dan teknologi serta mengikuti perkembangan di ketiga bidang tersebut. Saat ini juga menjadi anggota redaksi situs pendidikan kimia Indonesia www.chem-is-try.org

Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com 1 David Packard

Bayu Yudistira baygiv@yahoo.com David Packard (1912-1996) lahir pada 7 September 1912 di Pueblo, Colorado. Packard adalah salah seorang pendiri Hewlett-Packard Company. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1939 bersama sahabat karibnya sewaktu di Stanford University, William R. Hewlett. Tahun 1934, Packard mendapat gelar B.A (Bachelor of Arts). Pada tahun 1939, mendapat gelar master dibidang Electrical Engineering. Dari tahun 1936-1938, Packard bekerja di General Electric Co, sebagai seorang Engineer. Tahun 1938, Packard menjadi seorang Asisten di Stanford University dan setahun kemudian ia mendapat gelar insinyur-nya. Setelah itu, ia kembali ke Polo Ato dan bertemu dengan sahabat baiknya, William R. Hewlett. Mereka berdua mempunyai ambisi untuk mendirikan sebuah perusahaan besar. Dan pada tahun 1939, Packard dan Hewlett coba membuka usaha sendiri dengan modal awalnya $ 538 dan `perusahaan kecil` itu diberi nama Hewlett-Packard. Produk pertamanya adalah resistance-capacitance audio oscillator, hasil pengembangan Hewlett semasa dia kuliah. Sedangkan pegawai pertamanya adalah seorang wanita muda bernama Lucile Packard, istri David Packard. Tahun demi tahun mereka lewati, `perusahaan kecil` itu pun berkembang menjadi sebuah perusahan besar.

Lisensi Dokumen: Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari IlmuKomputer.Com. Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com 2 Selama bekerja di Hewlett-Packard Company, Packard pernah terpilih sebagai Presiden perusahaan pada tahun 1947 dan menjadi Executive Officer sampai dengan tahun 1969. Namun, pada tahun 1969, Packard meniggalkan Hewlett-Packard Co. dan bekerja di U.S Deputy Secretary of Defense. Disana, ia bekerja hampir selama 3 tahun. Lalu dia kembali ke Hewlett-Packard Co dan terpilih sebagai Chairman of the board of Hewlett-Packard Company. Packard juga aktif disejumlah organisasi-organisasi yang menangani masalah pendidikan, kependudukan, bisnis, dan ketenagakerjaan. Packard pernah menjabat sebagai fellow di Institute of Electrical and Electronic Engineering (IEEE), pernah sebagai anggota Academy of Engineering dan anggota seumur hidup The Instrument Society of America. Dia juga seorang pendiri dan sebagai ketua The American Electronics Association. Tahun 1983, Packard juga pernah menjabat sebagai wakil ketua dari The California Nature Conservancy. Pada tahun 1985, Packard ditunjuk oleh Presiden Amerika Ronal Reagan untuk memimpi The Blue Ribbon Commission on Defense Management. Karena umurnya yang semakin menua, pada 26 Maret 1996 David Packard meninggal. Saat itu, Packard berusia 83 tahun. Sampai dengan akhir hayatnya, Packard masih memegang jabatan penting di sejumlah organisasi-organisasi, salah satunya sebagai ketua dari The David and Lucile Packard Foundation yang didirikan pada tahun 1996. Organisasi ini memberikan dana bantuan kesejumlah instansi-instansi seperti rumah sakit, Family Planning Centers, kelompok komunitas masyarakat, National Institution, bahkan ke beberapa universitas. Sama halnya dengan Hewlett, David Packard pun namanya akan selalu dikenang oleh banyak orang karena perusahaanya sampai saat ini masih menjadi salah satu perusahaan terbaik didunia. Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com 3 Biografi dan Profil Bayu Yudistira. Lahir di Cirebon 14 Desember 1983. Menamatkan SMU dari SMU 2 Bandung pada tahun 2002. Datang ke jepang

dengan beasiswa dari Departemen Tenaga Kerja (Depnaker), dan masuk ke Department of Information and Computer Science di Nokaidai Polytechnic University, Jepang. Semasa SMU aktif dalam berbagai kegiatan penelitian ilmiah, dan sempat mengikuti lomba penelitian ilmiah di Jakarta pada tahun 2000, dan juga di Malaysia (SSYS2002) pada tahun 2002. Informasi lebih lanjut tentang penulis ini bisa didapat melalui: Email: baygiv@yahoo.com

Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com 1 Edsgar Wybe Dijkstra

Indra Hermawan inher982373@hotmail.com Edsgar Wybe Dijkstra adalah salah seorang kontributor utama dalam pengembangan ALGOL, sebuah bahasa pemrogaman tingkat tinggi. Dan juga, merupakan salah seorang pengembang dari ilmu dan dari bahasa pemrograman secara umum. Dijkstra dilahirkan di Rotterdam, Belanda pada tahun 1930. Putera dari ayah seorang kimiawan dan ibu seorang matematikawan. Dia adalah lulusan dari The Gymnasium Erasmianum di Rotterdam, dan mendapatkan gelar dalam bidang matematika dan fisika teori dari universitas Leyden, dan gelar Ph.D. dalam ilmu komputer dari universitas Amsterdam. Dia bekerja sebagai programmer di pusat matematika, Amsterdam pada tahun 1952 sampai denga tahun 1962. Pada tahun 1962 hingga tahun 1984, dia menjadi professor

matematika di Universitas Teknik Eindhoven. Dia mengadakan Schlumberger Centennial Chair in Computing Sciences di Universitas Texas pada tahun 1984 sampai dengan tahun 1999, dan mundur dengan menyandang gelar sebagai professor kehormatan pada tahun 1999. Dijkstra juga mendapatkan beberapa penghargaan seperti ACM Turing Award pada tahun 1972. Sering kali muncul sebagai penerima nobel di bidang komputer, dia merupakan anggota dari akademi seni dan sain Belanda dan anggota dari akademi seni sain Amerika, dan merupakan anggota yang sangat dihormati dalam perkumpulan komputer Inggris. Pada tahun 1974 dia menerima penghargaan AFIPS Harry Goode, Lisensi Dokumen: Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari IlmuKomputer.Com. Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com 2 pada tahun 1982 menerima penghargaan IEEE Computer Pioneer, dan pada tahun 1989 menerima penghargaan ACM SIGCSE for Outstanding Contributions to Computer Science Education. Pada tahun 2001, Universitas Ekonomi Atena memberinya gelar doktor honorer. Pada tahun 2002, yayasan C&C, Jepang mengenal Dijkstra atas kepeloporannya dalam pendirian dasar yang sentifik bagi software komputer melalui penelitian yang kreatif dalam teori dasar software, teori algoritma, programming terstruktur, dan semaphore. Dijkstra juga dikenal melalui pandangannya bahwa logika matematika adalah dan harus menjadi dasar dari konstruksi program komputer yang baik, dan juga melalui kontribusinya dalam metodologi matematika. Dia juga yang bertanggung jawab atas ide pembangunan system operasi sebagai proses-proses sekuensial yang secara eksplisit disinkronkan, atas pengembangan formal dari program komputer, dan atas pendirian intelektual dari control yang disiplin dari nondeterminasi. Dia dikenal dari path alogaritmanya yang sangat efisien dan pendek, dan karena telah mendesain compiler algol 60 yang pertama, terkenal sebagai pemimpin penggunaan statement GOTO dalam pemrograman. Dijkstra meninggal pada tanggal 6 agustus 2002 di rumahnya di Nuenen, Belanda, setelah pertarungannya yang lama dengan kanker. Referensi • http://www.acm.org/awards/fellows_citations/dijkstra.html

• http://www.cs.utexas.edu/users/UTCS/report/1997/dijkstra.html • http://www.cs.utexas.edu/users/EWD/ • http://www.cs.utexas.edu/home/news/articles/index2002/ewdobit.html • http://mars.virtual-earth.de/pipermail/cg/2002q3/004458.html • http://www.schoultz.nu/archives/000048.html Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com 3 Biografi dan Profil Indra Hermawan. Lahir di Pamekasan, 13 oktober 1982. Lulus dari SMU Taruna Nusantara pada tahun 2001. Sempat satu semester merasakan kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan teknik informatika, sebelum akhirnya berangkat ke Jepang sebagai penerima beasiswa Mombusho untuk program D3. Masuk ke Departement Information and Control Engineering, di Toba National College of Maritime Technology. Mendalami beberapa bahasa pemrograman, misalnya Pascal dan C++. Informasi lebih lanjut tentang penulis ini bisa didapat melalui: Email: inher982373@hotmail.com

Kuliah Pengantar IlmuKomputer.Com Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com Mengenal Tokoh Ilmu Komputer 1 Frederick Emmons Terman

Abe Poetra abe@ilmukomputer.com abe_poetra@yahoo.com

Frederick Emmons Terman, seorang author, guru, dosen, dan adminstrator universitas Stanford yang terbaik yang pernah ada. Seorang Frederick Emmons Terman? Nama ini cukup asing ditelinga kita bukan? Padahal pria kelahiran 7 Juni 1900 inilah pendiri dari Sillicon Valley, dan juga sebagai pencipta tekhnologi antiradar. Seperti ayahnya, Terman Senior, yang menciptakan konsep test IQ (Stanford Binet Intelligence Test) untuk perekrutan tentara perang di amerika, terman junior juga memiliki anugrah energi yang luar biasa dan kepintaran yang tidak dimiliki anak biasa. Keluarga Terman pindah ke dalam lingkungan Universitas Stanford, pada tahun 1912. Tentu saja Fred menikmati kehidupan lingkungan kampus yang berpendidikan, Kebetulan ayah Fred dipercaya sebagai dosen diuniversitas tersebut. Terman Senior percaya bahwa anaknya memiliki bakat yang lebih dari anak-anak sebayanya, sehingga dia melatih sendiri Fred dirumah, dan ketika Fred beranjak 9 tahun baru ayahnya itu memasukkan Fred ke sekolah formal. Menyelesaikan pendidikannya pada tahun 1920 untuk jurusan kimia, dan tentu saja di Universitas Stanford, kemudian Fred memutuskan banting setir mengambil master dalam bilang Elektronika, dan ini diselesaikannya pada tahun 1922. Fred sangat berminat dalam bidang elektronik sehingga dia memutuskan melanjutkan kuliahnya di MIT (Massachusetts Institute of Technology), dan selesai dengan sempurna pada tahun 1924. Lisensi Dokumen: Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari IlmuKomputer.Com. Kuliah Pengantar IlmuKomputer.Com Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com Mengenal Tokoh Ilmu Komputer 2 Setelah menyelesaikan studi di MIT dengan mengesankan, beliau langsung ditawarin untuk mengajar elektronik dasar dan lanjutan di institut tersebut, tetapi malang tak dapat di tolak untung tak dapat diraih, tuberculosis menyerang dan hampir merenggut nyawanya, hal inilah yang membuat Fred terbaring sakit selama satu tahun. Setelah sembuh, Fred ditawari mengajar parttime

(mengingat kesehatan beliau yang belum begitu pulih) untuk tehnik elektro di Stanford. Ia akhirnya memutuskan untuk tetap tinggal di Stanford dan bekerja secara penuh. Pada penghujung tahun 1925, Fred mulai membuat buku tentang Radio Engineering dimana buku ini diharapkannya sebagai penyempurnaan dari buku seorang yang bernama, J.H. Morecroft. Dimana buku yang dibuat oleh morecroft ini adalah panutan mahasiswa Universitas Columbia untuk belajar elektronik dasar dan radio engineering. Tentu saja ini merupakan tantangan bagi Fred untuk menyejajarkan diri dengan Morecropt, sementara pada saat itu Fred sendiri belum begitu faham tehnikal dari teori-teori yang telah dipelajarinya, merupakan keberanian yang sangat besar. Akan tetapi, tentu saja bukan Fred Terman jika hanya berhenti pada satu titik saja. Beliau dengan sungguh-sungguh mengejar ketinggalannya, mencatat teori-teori yang ada, mempelajari tehnikal dan penerapan dari radio engineering tersebut, sehingga pada akhirnya orang mengakui bukunya tersebut telah dapat di sejajarkan dengan buku morecropt, bahkan lebih hebat lagi orang berkomentar tentang bukunya “tidak ada yang namanya Instruksi Radio yang formal (sekarang disebut elektronik) sampai Fred Tarman datang!”. Salah satu contoh dari kontribusi dan penemuan Fred Tarman adalah ketika beliau menganalisa apakah gas sisa (residu) di dalam sebuah bohlam lampu bermanfaat atau sebaliknya. Dengan teori dan pembuktiannya fred sekali lagi berhasil menjelaskan bahwa gas residu tersebut dapat menimbulkan gaya negatif elektrostatis, dan Fred mengusulkan untuk menggantinya dengan untaian sirkuit ekivalent yang sederhana. Di pandang dari pemakaian bohlam yang dibuat Fred lebih efektif tetapi tidak hemat (mengingat tabung vakum pada masa itu sangatlah mahal). Berdasarkan teori-teori dan praktek pada buku-teksnya, Fred dipanggil oleh Departemen Pertahanan Pemerintah Amerika untuk mempraktekan teori radio engineering yang dia buat untuk dipraktekan kedalam pro-radar. Sebagai tim pendamping pada saat itu adalah Pro-Radar MIT Radiaton Laboratory di Cambridge. Tim gabungan tersebut diberi nama Radio Riset Laboratorium (RRL), dimana diketuai oleh Fred sendiri. Departemen Pertahanan Amerika berharap RRL mampu membuat suatu tehknologi anti-radar, sementara radar sendiri pada masa itu belum banyak diketahui. Akan tetapi tentu saja Fred dan timnya mampu menyelesaikannya dengan baik.

Kuliah Pengantar IlmuKomputer.Com Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com Mengenal Tokoh Ilmu Komputer 3 Pada tahun 1946 Fred kembali ke Stanford, Fred langsung diangkat menjadi dekan fakultas tehnik di Stanford. Melalui kerjasama dengan pemerintah Amerika, Fred berhasil menggalang dana untuk Stanford yang dipergunakannya untuk melakukan riset-riset yang berkaitan dengan elektronik. Fred juga mengusulkan kerjasama fakultas-fakultas lain dengan pemerintah, sehingga risetriset maupun kegiatan seluruh fakultas Stanford dibiayai oleh pemerintah. Hal inilah yang membuat beliau diusulkan menjadi pembantu rektor untuk Stanford. Sepanjang hidupnya, hingga 19 Desember 1982 meninggalnya, Frederick Emmons Terman telah menyumbang begitu banyak teori praktis menyangkut elektronik. Bukunya juga telah diterjemahkan ke sejumlah bahasa asing, sehingga dapat dikatakan buku inilah yang memberi pengaruh untuk teori praktis elektronik modern. Sumber: http://www.nap.edu/html/biomems/fterman.html http://www.pbs.org/transistor/album1/addlbios/terman.html

Kuliah Pengantar IlmuKomputer.Com Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com Mengenal Tokoh Ilmu Komputer 1 Grace Murray Hopper

Abe Poetra abe@ilmukomputer.com abe_poetra@yahoo.com Masa Akademis dan Masa Kerja Laksamana muda Dr. Grace Murray Hopper, seorang wanita luar biasa yang pertama sekali menciptakan kompiler dan dijuluki sebagai mother of COBOL

(Common Business-Oriented Language), sebuah bahasa pemrograman modern pertama. Lahir di kota New York, 9 Desember 1906, dari pasangan Walter Fletcher Murray dan Marry Campbel Horne Murray. Sebagai anak tertua dari tiga bersaudara, sifat ingin tahunya sangat besar sekali. Pada umur 7 tahun, dia telah menunjukkan kecintaanya pada perangkat-perangkat dengan membongkar mesin jam milik ayahnya hanya untuk mengetahui bagaimana jam alarm tersebut bekerja. Tahun 1923, pada umur 16 tahun saat itu Hopper mengikuti test masuk di Universitas Vassar, dan ternyata dia gagal dalam ujian untuk bahasa latin. Pada tahun berikutnya baru Hopper berhasil masuk ke Vassar, dan lulus pada tahun 1928 dengan gelar B.A. untuk matematika dan fisika. Mendapatkan gelar master pada Universitas Yale dalam bidang matematika pada umur 23 tahun, tepatnya tahun 1930. Pada tahun yang sama beliau juga menikah dengan seorang berkebangsaan inggris, Vincent Foster Hopper, dan sayangnya mereka tidak memiliki keturunan hingga akhir hayat. Setahun kemudian Hopper dipanggil untuk mengajar di Vassar, dalam kurun waktu pada tahun 1931 – 1943. Ketika perang dunia II pecah, Hopper memutuskan untuk bergabung dengan angkatan laut amerika serikat. Dengan umur 34 dan berat badan hanya 105 pon sebenarnya jauh dari persyaratan kemiliteran, sehingga beliau hanya diperbolehkan sebagai reserved navy (tentara cadangan) saja. Pemrograman Pada Komputer Pertama Tugas pertama Hopper, ketika di bawah asuhan komandan Howard Aiken pada Bureau of Ordinance Computation di Universitas Harvard, adalah menjadi programmer ketiga untuk komputer generasi Lisensi Dokumen: Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari IlmuKomputer.Com. Kuliah Pengantar IlmuKomputer.Com Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com Mengenal Tokoh Ilmu Komputer 2 pertama MARK I. Beliau juga sukses menciptakan aplikasi pemrograman yang berjalan diatas MARK I, MARK II, dan MARK III.

Hopper berangan-angan komputer dapat selalu di pakai dengan mudah, baik untuk memprogram ataupun untuk menjalankan aplikasi. Pada tahun 1949, untuk mengejar impiannya tersebut Hopper rela mengorbankan karir nya di kemiliteran dan bergabung dengan Perusahaan Komputer EuckertMauchly. Pada perusahaan inilah beliau berperan besar dalam pengembangan UNIVAC I, komputer digital elektronik pertama pada masa itu. Penghujung tahun 1949, Hopper mengumpulkan rekan-rekan programmer untuk berdiskusi tentang trend terbaru yang telah di ciptakan. Bagaimana menghindari pemrograman yang menjemukan menjadi pemrograman yang modern. Hopper dan rekanannya dengan bermodalkan prinsip mnemonik dapat dirubah menjadi kode-kode biner yang dapat di eksekusi oleh komputer, menciptakan kompiler pertama yang di berinya nama the A-O Compiler. A-O adalah rangkaian kompiler yang dapat menterjemahkan kode matematika simbolik menjadi kode komputer (machine code), serta mengijinkan pemanggilan nomor penugasan (assignment number) pada routine program untuk disimpan dan dipanggil pada media penyimpanan, magnetic tape. Sehingga seorang programmer hanya tinggal memanggil nomor yang diinginkan pada routine program dan komputer akan mencari routin program tersebut dalam media penyimpanan dan melakukan penambahan sesuai input yang diberikan, “Inilah Kompiler yang pertama” kata Hopper! Compiler Pertama dan Bahasa Pemrograman COBOL Berdasarkan impianya lagi, bahwa bahasa pemrograman dapat ditulis dengan bahasa inggris, Hopper mulai merancang B-O Compiler (setelah penyesuaian kompiler A-O) pada UNIVAC, yang kemudian lebih dikenal dengan metoda FLOW-MATIC. Dengan FLOW-MATIC, Hopper dan para staff nya berhasil membuat UNIVAC I dan UNIVAC II “mengerti” dan dapat menerjemahkan 20 statement yang ditulis dalam bahasa Inggris. Dan kemudian beliau menyarankan untuk penyeragaman bahasa dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pemrograman. Setelah 3 tahun kemudian, di tahun 1952, ide tersebut baru diterima bersamaan dengan paperpaper beliau yang diterbitkan. Laksamana Hopper juga aktif mengikuti pertemuan-pertemuan yang membahas tentang bahasa pemrograman yang ditujukan untuk kepentingan bisnis umum. Beliau adalah salah satu dari 2 orang penasehat di komite eksekutif CODASYL. Hopper dan staff-staff nya di CODASYL tersebut mendesain dan menggambarkan bahasa pemrograman COBOL, masih menggunakan metoda FLOW-MATIC. Salah seorang staff beliau berujar

“FLOW-MATIC lah yang telah menyelesaikan masalah kami dalam penciptaan bahasa pemrograman COBOL yang berorientasi bisnis itu. Tanpa FLOW-MATIC .. COBOL tidak akan pernah ada” spesifikasi COBOL untuk pertama sekali muncul pada tahun 1959. Beliau berusaha meyakinkan atasannya di Angkatan Laut bahwa kompiler berbahasa inggris (English Language Compiler) seperti FLOW-MATIC dan COBOL dapat digunakan pada angkatan laut, dan beliau juga berkampanye untuk penggunaan bahasa tinggkat tinggi ini sebagai bahasa standar untuk lingkungan angkatan laut Amerika. Salah satu kontribusi besar Hopper adalah dengan menciptakan suatu set program dengan prosedurprosedur untuk validasi kompiler COBOL. Prosedur-prosedur inilah yang banyak mempengaruhi bahasa-bahasa pemrograman tingkat tinggi yang lain. Kuliah Pengantar IlmuKomputer.Com Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com Mengenal Tokoh Ilmu Komputer 3 Penghargaan dan Pujian Laksamana Grace Murray Hopper menerima banyak pujian dan penghargaan selama hidupnya. Dan ini tentu saja karena dedikasi nya yang telah mengubah wajah dunia perkomputeran dewasa ini. Pada tahun 1969, beliau menerima penghargaan dari Asosiasi Manajemen Pemrosesan Data sebagai Man-Of-The-year dalam dunia ilmu komputer. Pada tahun 1971, The Sperry Cooperation, membuat sebuah penghargaan untuk memberi penghormatan kepada para professional dalam bidang komputer, dan Hopper yang pertama sekali menerimanya. Pada tahun 1973, Hopper menjadi orang pertama dan wanita pertama didunia yang menerima penghargaan dari Komunitas Masyarakat Komputer di Inggris! Sumber: http://www.sdsc.edu/ScienceWomen/hopper.html http://www.cs.yale.edu/homes/tap/Files/hopper-story.html http://www.agnesscott.edu/lriddle/women/hopper.htm

Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com 1 Henry Ross Perot

Bayu Yudistira baygiv@yahoo.com Henry Ross Perot lahir pada tanggal 27 juni 1930 di Texarkana, Texas. Perot dikenal sebagai seorang American business executive dan politisi. Henry Ross Perot adalah pendiri dari Electronic Data Systems (EDS) yang berada di Dallas. Orangtuanya bernama Ross dan Lulu May Perot. Perot mempunyai saudara perempuan bernama Bette. Sedangkan istrinya bernama Margot Birmingham yang berasal dari Greensburg, Pennsylvania. Anak-anak mereka bernama Ross Jr, Nancy, Suzanne, Carolyn, dan Katherine. Perot pernah menuntut ilmu di Texarkana Junior College. Lalu pada tahun 1949, Perot masuk the United States Naval Academy dan lulus pada tahun 1953. selama di Akademi tersebut, Perot menjadi ketua kelas, ketua dari the honor committee dan sebagai batalion commander. Mengenai karirnya, pada umur 7 tahun Perot sudah mulai bekerja. Ia pernah melakukan bermacam-macam pekerjaan dari menjual kartu natal, sebagai pengirim Koran, sampai jual-beli pelana kuda. Setelah lulus dari the United States Naval Academy, Perot bekerja di lautan sebagai a destroyer dan an aircraft carrier. Pada tahun 1956, Perot menikah dengan Margot, seorang wanita cantik yang ia temukan sewaktu di the United States Naval Academy. Setelah lulus dari Navy, Perot dan Margot memutuskan untuk tinggal di Dallas. Setelah itu Perot bekerja di IBM's Lisensi Dokumen: Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari IlmuKomputer.Com. Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com 2 data processing division sebagai seorang salesman. Awal tahun 90-an, mereka berdua membangun 2 rumah di Dallas, salah satunya disebuah kawasan real estate yang luas. Pada tahun 1962, Margot meminjamkan uangnya kepada Perot sebesar $1.000 dari tabungannya di bank untuk digunakan

mendirikan sebuah perusahaan yang diberi nama EDS, sebuah perusahaan data processing. Perusahaan ini pun berkembang menjadi sebuah perusahaan yang maju. Pada akhirnya menjadi sebuah perusahaan multi-billion dollar yang dapat mempekerjakan 70.000 orang. Perot adalah orang yang sangat memperhatikan pegawai-pegawai di perusahaaannya. Pada masa krisis Iran, tahun 1979, 2 orang pegawainya ditahan oleh pemerintah Iran. Lalu Perot membentuk tim untuk menyelamatkan 2 orang pegawainya itu. Sangat disayangkan perusahaan EDS hanya dapat bertahan sampai dengan tahun 1985. Perot menjual perusahaan EDS kepada perusahaan General Motors sebesar $2.5billion. lalu tahun 1986, General Motors membeli semua stok perusahaannya sebesar $700million dan dengan perjanjian selama 3 tahun Perot tidak boleh mendirikan perusahaan baru yang menyaingi EDS. Tetapi, perot tidak memperdulikan perjanjian itu. Dua tahun kemudian, ia mendirikan sebuah computer service company. Perot tidak hanya aktif dalam bisnis, ia juga ikut aktif terlibat dalam dunia politik di Amerika. Di tahun 1979, gubernur William P. Clements, Jr meminta Perot untuk menjadi ketua Texas War on Drugs committee. Di awal tahun 1980-an, saat Ronald Reagan menjadi presiden Amerika, Perot menjadi anggota dari President's Foreign Intelligence Advisory Board (PFIAB). Pada tahun 1992. ia pernah dicalonkan sebagai kandidat presiden. Pada tahun 1995, Perot mendirikan sebuah partai politik nasional bernama the reform party. Partai ini didirikan oleh Perot dengan tujuan sebagai partai tandingan dari partai demokrasi dan republik. Referensi • http://www.famoustexans.com/rossperot.htm Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com 3 Biografi dan Profil Bayu Yudistira. Lahir di Cirebon 14 Desember 1983. Menamatkan SMU dari SMU 2 Bandung pada tahun 2002. Datang ke jepang dengan beasiswa dari Departemen Tenaga Kerja (Depnaker), dan masuk ke Department of Information and Computer Science di Nokaidai Polytechnic University, Jepang. Semasa SMU aktif dalam berbagai kegiatan penelitian ilmiah, dan sempat mengikuti lomba penelitian ilmiah di Jakarta pada tahun 2000, dan juga di Malaysia (SSYS2002) pada tahun 2002. Informasi lebih lanjut tentang penulis ini bisa didapat melalui: Email: baygiv@yahoo.com Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com 1 Linus Torvald

Indra Hermawan inher982373@hotmail.com Linus Torvalds dilahirkan di Helsinki, Finlandia, pada tanggal 28 Desember 1969. Dalam usianya yang ke 10, Linus mulai berkecimpung di dalam pemograman komputer, dengan menggunakan komputer milik kakeknya, Commodore VIC-20. Komputing pun menjadi hobinya. Pada tahun 1988 Linus diterima menjadi mahasiswa di University of Helsinki, Finlandia. Pada tahun 1990, Linus memulai kelas pemograman C pertamanya. Pada tahun 1991, Linus membeli PC pertamanya,dan dia tidak puas dengan sistem operasi pada komputernya. Saat itu, komputernya menggunakan MS-DOS (Disk Operation System, sistem operasi buatan Microsoft), tapi Linus lebih cenderung untuk menggunakan sistem operasi UNIX, seperti yang digunakan pada komputer milik unversitasnya. Akhirnya, dia memutuskan untuk menciptakan versi yang bisa digunakan unuk PC dari UNIX. Kerja keras selama berbulan-bulan menghasilkan cikal bakal dari sistem operasi yang dikenal sebagai Linux, yang kelak delapan tahun kemudian dikembangkan menjadi apa yang dikatakan oleh banyak pengamat sebagai ancaman bagi raksasa Microsoft yang sangat dikenal dengan sistem operasi Windowsnya. Begitu Linus berhasil menciptakan versi kasar dari Linux, dia memposting pesan dalam internet untuk mengenalkan sistem barunya kepada pengguna PC yang lain. Linus Lisensi Dokumen: Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari IlmuKomputer.Com. Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com 2 membuat softwarenya dapat didownload secara percuma, dan, sebagaimana biasa

dilakukan oleh sesama software developer pada saat itu, dia merilis source codenya, yang berarti bahwa semua orang yang memiliki pengetahuan tentang pemograman komputer dapat memodifikasi Linux untuk disesuaikan dengan tujuan mereka masing-masing. Linux segera memiliki banyak pendukung yang antusias, karena mereka dapat memiliki akses ke source codenya, dan dapat menolong Linus untuk memperbaiki dan menyempurnakan software tersebut. Mengoperasikan Linux membutuhkan kecerdasan tehnik yang cukup, sebab mengoperasikannya tidak semudah menggunakan sistem operasi yang lebih populer, seperti Windows, Mac milik Apple Computer, atau OS/2 milik IBM. Namun, karena para volunteer developer memuji diri sendiri akan kualitas kerja kerasnya, Linux menjadi cukup dikenal dengan keungulan sebagai sistem yang efisien dan jarang sekali terjadi crash. Linux mendapatkan kejayaannya pada akhir 1990-an ketika para kompetitor dari Microsoft mulai mengembangkan sistem operasi tersebut secara serius. Perusahan Netscape Communication, Corel, Oracle, Intel dan perusahaan-perusahaan lain mengumumkan bahwa mereka berencana untuk mensuport Linux sebagai alternatif yang tidak mahal dari Windows. Saat skenario ini mulai terbentuk, pengemar Linux dan media menggambarkan Linus sebagai David yang maju melawan Raksasa, Bill Gates, salah satu pendiri dan pimpinan Microsoft. Linus mengatakan dia tidak iri dengan kesuksesan keuangan dari Bill Gates, atau Microsoft. Pada tahun 1999, diperkirakan tujuh juta komputer beroperasi dengan menggunakan Linux, masih bisa didapatkan secara percuma,dan banyak perusahaan software besar mengumumkan berencana akan mendukungnya. Dalam waktu yang sama, Linus mengambil posisi di Transmeta Corp., yang dimiliki oleh salah satu pendiri Paul Allen, bekerja dalam sebuah proyek yagn sangat rahasia, yang diasumsikan oleh banyak komunitas high-tech akan berkembang beberapa serangan di masa depan bagi kerajaan Microsoft. Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com 3 Referensi • http://www.thinkgeek.com/books/nonfiction/38b2/ • http://www.softpanorama.org/People/Torvalds/linus_finland_period.shtml • http://www.thocp.net/biographies/torvalds_linus.html Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com 4 Biografi dan Profil Indra Hermawan. Lahir di Pamekasan, 13 oktober 1982. Lulus dari

SMU Taruna Nusantara pada tahun 2001. Sempat satu semester merasakan kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan teknik informatika, sebelum akhirnya berangkat ke Jepang sebagai penerima beasiswa Mombusho untuk program D3. Masuk ke Departement Information and Control Engineering, di Toba National College of Maritime Technology. Mendalami beberapa bahasa pemrograman, misalnya Pascal dan C++. Informasi lebih lanjut tentang penulis ini bisa didapat melalui: Email: inher982373@hotmail.com

Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com 1 Richard Stallman

Sukmapurwanoto Bagus Nugroho emankganteng@yahoo.com Richard Stallman mungkin tidak seterkenal Linus Torvalds (pengembang kernel linux), namun dapat dikatakan bahwa, Linux tidak dapat bermanfaat tanpa GNU buatan Stallman. Richard Matthew Stallman lahir 16 Maret 1953, di Manhattan, New York. Sebagai anak "broken home", Stallman memiliki hubungan yang tidak baik dengan kedua orang tuanya. Stallman memiliki kepribadian yang menarik (baca : kontoversial). Semasa SMA, ia selalu mendapat A untuk Matematika dan Fisika (bahkan kemudian ia memanggil dirinya sendiri "math you", yang terdengar serupa dengan "Matthew"). Namun gagal dalam pelajaran Bahasa Inggris, dikarenakan ke"keras kepalaannya" menolak untuk menulis essay dalam bentuk apapun. Bahkan "para jenius" disekolahnya pun tidak dapat mengerti kepribadiannya yang sangat sulit bersosialisasi. Stallman lulus jurusan Fisika Harvard University pada tahun 1974. Selama masa kulaihnya, Stallman bekerja sebagai staf di Laboratorium Artificial Intelligence milik MIT. Disaat inilah Stallman belajar mengenai pengembangan Sistem Operasi. Lisensi Dokumen:

Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari IlmuKomputer.Com. Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com 2 Pada tahun 1980-an, Stallman mulai berhadapan dengan "musuhnya" hingga kini, yaitu "komersialisasi industri software". Ini berawal dari usaha beberapa "hackers" untuk mendirikan suatu perusahaan bernama "Symbolics", yang mencoba untuk mengganti "free software" yang digunakan di Lab., dengan software buatan mereka. Selama dua tahun, dari 1983 hingga 1985, Stallman berjuang menggagalkan usaha monopoli para programmer Symbolics. Sebelum akhirnya ia dibuat untuk menghentikan kegiatannya dan menandatangi perjanjian tertutup. Pada Januari 1984 Stallman mengundurkan diri dari MIT dan memulai "GNU project". GNU (singkatan dari "GNU's Not Unix"-GNU, bukan Unix-) adalah Sistem Operasi cuma-cuma yang merupakan alternative dari Unix. Akhir akhir ini, varian dari Sistem GNU berbasis Linux mulai popular digunakan. Diperkirakan pemakai "GNU/Linux systems"(lebih dikenal dengan "Linux" saja) sudah mencapai 20 juta orang lebih. Stallman adalah penulis "GNU Compiller Collection", sebuah kompiler portable yang dapat ditujukan untuk berbagai variasi arsitektur dan bahasa pemrograman. Selain itu ia juga menulis "GNU Symbollic debugger (gdb)", "GNU Emacs" dan berbagai program GNU lainnya. "GNU Project", sebenarnya adalah salah satu wujud usaha Stallman untuk memperjuangkan "free software". Selain GNU, ia juga melakukan usaha-usaha lainnya dengan mendirikan Free Software Foundation (FSF), pengembangan konsep "Copyleft" (lawan dari "Copyright") yang kemudian dimasukkannya dalam "GNU General Public Lisence" (GPL) ditahun 1989. Kehadiran Stallman di dunia komputer sudah diakui di tingkat dunia, Ini ditandai dari berbagai pengahargaan yang diterimanya. Diantaranya, "Grace Hopper Award" tahun 1991 atas kerjanya dalam membuat editor "Emacs", "Takeda Award" yang diterimanya tahun 2001, bersama dengan Linus Torvalds (pengembang linux) dan Ken Sakamura (pengembang TRON), dan penghargaan lainnya. Selain itu Stallman juga mendapat Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com 3 gelar Doktor Kehormatan dari Institut Teknologi Swedia (1996), dan Universitas Glasgow (2001). Hingga kini Stallman masih memperjuangkan eksistensi "free Software". Waktu yang

akan menjawab, akankah nama Stallman tercatat dalam sejarah sebagai seorang pionir "free software", atau hanya sebagai seorang kontroversial yang nekat melawan arus. Namun itu semua tidak penting, karena seperti apa yang dikatakannya dalam biografinya "I've never been able to work out detailed plans of what the future was going to be like... I just said ` I'm going to fight, Who knows where I'll get?" ("Aku tak pernah dapat memikirkan rencana mendetil tentang apa yang akan terjadi dimasa depan... Aku hanya mengatakan, Aku akan berjuang. Siapa yang tahu, Aku akan sampai dimana?"). Referensi • http://www.gnu.org • http://www.stallman.org Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com 4 Biografi dan Profil Sukmapurwanoto Bagus Nugroho. Menamatkan SMU tahun 2001 di SMU Negeri 8 Jakarta dalam waktu 2 tahun (program percepatan). Saat ini sedang menyelesaikan program S1 (B.Eng) jurusan Ilmu Komputer di The University of Electro-Communications, Tokyo, Jepang. Pemerhati masalah algorithma dan pemrograman tactical game, misalnya Championship Manager, Flight Simulator, dsb. Informasi lebih lanjut tentang penulis ini bisa didapat melalui: Email: emankganteng@yahoo.com

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->