MATRIK HUBUNGAN KOMPETENSI DASAR DENGAN TEMA

Kelas Semester :1 :1

TEMA DAN WAKTU PER MINGGU

STANDAR KOMPETENSI

Pengalaman V V

Lingkungan

Diri Sendiri

BAHASA INDONESIA Mendengarkan 1. Membedakan bunyi,melakukan sesuatu perintah, yang dilisankan, dan mendengarkan dongeng 2. Memahami intonasi pembacaan puisi

1.1 Mendengarkan dan membedakan berbagai bunyi bahasa dan melafalkannya dengan benar 1.2 Mendengarkan dan melakukan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana 1.3 Mendengarkan dongeng dan menyebutkan tokoh-tokohnya 2.1 Membedakan intonasi tinggi rendah dan keras lemah 2.2 Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi yang sesuai

V V

V V V V V

Berbicara

3.1 Menyebutkan identitas diri ( nama, umur, alamat )

V

Kegemaran

Keluarga

KOMPETENSI DASAR

keluarga. kata.3 Menyebutkan cara merawat anggota tubuh. Mengetahui nama dan fungsi anggota Tubuh serta benda-benda di sekitar.2 Menghitung benda sampai 10 1. serta cara perawatannya.2 Menunjukkan kasih sayang antar keluarga. 1. V V V V V V V 1.1 Mendeskripsikan bagian-bagian tubuh. 1.3 Menulis lambang bilangan 1 sampai 10 V V V V V V V V V V V V V V V . atau kalimat sederhana dari buku 1. Membaca : 5. Menulis permulaan IPA Makhluk hidup dan proses kehidupan 1.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yamg benar V V V V V V V V V 6. 1. 5. 4. IPS. 1.4 Memberi contoh hidup rukun dalam keluarga 1. 4.1 Membilang 1 sampai 10 1.1 Menyebutkan nama dan fungsi anggota tubuh. dan kerabat 1.2 Merangkai identitas diri untuk diinformasikan kepada orang lain dalam kalimat sederhana dan bahasa yang santun 4.3 Mengenal cara menghormati keluarga.1 Menyalin atau mencontoh huruf.1 Membaca nyaring suku kata dan kata. serta sikap saling menghormati daalam keluarga MATEMATIKA Bilangan : 3.2 Menyebutkan benda-benda di sekitar dengan kalimat sederhana. Memperkenalkan diri. kata dan kalimat sederhana Menulis : 6. Membaca nyaring suku kata .2 Menyebutkan kegunaan dari bagian-bagian anggota tubuh 1. Memahami identitas diri dan keluarga.3.1 Mengungkapkan identitas diri. 5. Memahami bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya.

Mengenal bilangan sampai 10 Geometri dan Pengukuran 2.2 Melakukan hidup rukun dengan orang tua 2.1 Melakukan sikap tubuh dalam posisi berdiri 2.1 Mengelompokkan berbagai bangun datar sederhana ( persegi panjang. panjang )dan membandingkannya 3. Melakukan gerak dasar ke dalam permainan sederhana / aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung didalamnya 1.3 Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari ( pendek. maalam ) 2.2 Melakukan gerak dasar memutar.2 Mengelompokkan berbagai bangun datar yang sejenis ( balok. lingkaran ) 3. segi tiga.1 Menentukan waktu ( pagi. Menerapkan hidup rukun di rumah 2. Melakukan senam lantai sederhana tanpa alat dan nilai yang terkandung di V .1 Melakukan hidup rukun dengan teman sekelas 2.1 Melakukan gerak dasar jalan. limas ) 1. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang 3. Melakukan sikap tubuh dalam berbagai posisi 2.3 Melakukan gerak dasar lempar tangkap daan sejenisnya dalam permainan sederhana V V V V V V V V V V V V V V V V V V V V V V V V V V V V V V 2. Mengenal beberapa bangun datar sederhana PPKn 1.2 Melakukan sikap tubuh dalam posisi berjalan 3.2 Menentukan lama suatu kejadian 2.1 Melakukan hidup rukun dengan saudara 1. mengayun ataupun menekuk daalam permainan sederhana ( percaya diri ) 1. lari dan lompat dalam permainan sederhana ( percaya diri ) 1.5 Menyelesaikan masalah benda sampai 10 2. siang.2 Melakukan hidup rukun dengan guru 1.1. Melakukan hidup rukun di sekolah PENJASKES 1.. silinder.1 Melakukan gerak keseimbangan statis tanpa alat V V 3.

V 2.1 Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi. Memahami elemen-elemen musik ke dalam kreasi musik 2.1 Menjaga kebersihan diri yang meliputi tangan dan kaki V V V V V V V V V 1.2 Melakukan gerak keseimbangan dinamis tanpa alat 4.1 Melakukan gerak bebas berirama tanpa menggunakan musik 4.1 Menunjukkan fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat V .2 Menyanyikan lagu anak-anak Seni Tari : V V V 3.daalamnya 4. Memahami unsur-unsur rupa pada bentuk-bentuk alam ke dalam karya seni rupa dua dimensi 3.2 Melakukan gerak bebas berirama menggunakan musik 5.2 Membuat karya dua dimensi yang mengandung berbagai unsure rupa dari berbagai bahan di lingkungan sekitar.1 Mengidentifikasi berbagai unsur rupa dua dimensi pada benda di alam sekitar V 1. V V Seni Tari : 2. Mengungkapkan perasaan melalui ge rak berirama dan nilai yang terkandung didalamnya 5. Menerapkan budaya hidup sehat SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN Seni Rupa : 1.

Mengekspresikan unsure-unsur gerak tari melalui pengalaman ke pekaan indrawi ke dalam karya tarii 3.2 Mengenal bentuk tiruan gerak hewan dan tumbuhan V .3.