P. 1
Cover Buku Geologi Dasar 2012

Cover Buku Geologi Dasar 2012

4.0

|Views: 850|Likes:
Published by Djauhari Noor

More info:

Published by: Djauhari Noor on May 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/25/2013

pdf

text

original

Edisi Kedua 2012

GEOLOGI

PENGANTAR

Djauhari Noor

PROGRAM STUDI TEKNIK GEOLOGI
FAKULTAS TEKNIK – UNIVERSITAS PAKUAN
Jalan Pakuan, PO. Box 452, Bogor, http://www.unpak.ac.id

2012

Penulis:

DJAUHARI NOOR dilahirkan pada 24 Juli 1955 di Bogor, Jawa Barat.
Menyelesaikan pendidikan SD, SMP, dan SMA di Purwokerto, Jawa Tengah. Pada tahun 1975 melanjutkan pendidikan S1 pada Departemen Teknik Geologi, Institut Teknologi Bandung (ITB). Pendidikan pasca-sarjana dalam bidang “Applied Geomorphological and Engineering Geological Surveys” diselesaikan pada tahun 1989 dan 1992 dari International Institute for Aerospace Survey and Earth Sciences (kini dikenal sebagai Faculty of GeoInformation Science and Earth Observation, University of Twente), Enschede, The Netherlands.

Geologi adalah suatu bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian yang mempelajari segala sesuatu mengenai planit Bumi beserta isinya yang pernah ada. Merupakan kelompok ilmu yang membahas tentang sifatsifat dan bahan-bahan yang membentuk bumi, struktur, proses-proses yang bekerja baik didalam maupun diatas permukaan bumi, kedudukannya di Alam Semesta serta sejarah perkembangannya sejak bumi ini lahir di alam semesta hingga sekarang. Geologi dapat digolongkan sebagai suatu ilmu pengetahuan yang komplek, mempunyai pembahasan materi yang beraneka ragam namun juga merupakan suatu bidang ilmu pengetahuan yang menarik untuk dipelajari. Ilmu ini mempelajari dari benda-benda sekecil atom hingga ukuran benua, samudra, cekungan dan rangkaian pegunungan. Hampir semua kebutuhan kita sehari-hari diperoleh dari bumi mulai dari perhiasan, perlengkapan rumah tangga, alat transportasi hingga ke bahan energinya, seperti minyak dan gas bumi serta batubara. Dan hampir setiap bentuk kegiatan manusia akan berhubungan dengan bumi, baik itu berupa pembangunan teknik sipil seperti bendungan, jembatan, gedung-gedung bertingkat yang dibangun diatas permukaan bumi, maupun untuk memenuhi kebutuhannya seperti bahan-bahan tambang maupun energi seperti migas dan batubara, yang harus digali dan diambil dari dalam bumi. Kaitannya yang sangat erat dengan bidang-bidang kerekayasaan tersebut seperti Teknik Sipil, Pertambangan, Pengembangan Wilayah dan Tata Kota serta Lingkungan, menyebabkan ilmu ini semakin banyak dipelajari, tidak saja oleh mereka yang akan memperdalam bidang geologi sebagai profesinya, tetapi juga bagi lainnya yang bidang profesinya mempunyai kaitan yang erat dengan bumi.

Pakuan University Press @2012

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->