Tugas Mandiri I Sejarah Islam Asia Tenggara

Dosen Pembimbing Abdul Ghafur, M.A

KONDISI UMAT ISLAM DI SINGAPURA

Gita Tanika 10952006706

Jurusan Teknik Industri II A Fakultas Sains dan Teknologi universitas islam negeri sultan syarif kasim riau 2009-2010

Makalah ini penulis ajukan sebagai Tugas Mandiri I. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca untuk penulisan makalah selanjutnya. dalam penulisan makalah ini ada kemungkinan terdapat kesalahan. abang. Pekanbaru.KATA PENGANTAR Segala puja dan syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan kasih sayangNya. sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Kondisi Umat Islam Di Singapura. Dan tidak lupa ucapan terima kasih yang tidak terkira penulis ucapkan kepada bapak Abdul Ghafur.A selaku dosen pembimbing. M. kakak dan adik-adik serta teman-teman yang berperan dalam penyelesaian makalah ini. Selanjutnya ucapan terimakasih penulis haturkan kepada kedua orangtua. Penulis menyadari. 15 Mei 2010 Penulis .

Bab I Pendahuluan A. Umat Islam Di Singapura Berdasarkan Sorotan Sejarah………. Kesimpulan…………………………………………………………………… B. Metode………………………………………………………………………… Bab II Pembahasan A. C.. ……………………………… Bab III Penutup A. Perumusan masalah……………………………………………………………. Referensi Bab I Pendahuluan A. Latar Belakang . Latar belakang………………………………………………………………… B.Daftar isi Kata Pengantar………………………………………………………………………… Daftar Isi………………………………………………………………………………. Saran………………………………………………………………………….

B. nama asal Singapura. Selama 144 tahun ditentukan oleh penjajah Inggeris dan semenjak 1963 ditentukan oleh pemerintah yang didominasi orang Cina. Untuk mendapat kebenaran Sultan. Ada versi lain. Kerajaan Singapura mengambil tarikh ketibaan Raffles di Singapura pada 29 Januari 1819 sebagai tarikh permulaan sejarah Singapura. Tumasek (Jawa).Dewasa ini. karena pada abad ke 14 Singapura merupakan bagian dari karajaan Majapahit. sebagaimana dijelaskan kitab Tuhfat al-Nafis dimana saat itu sultan Singapura dipimpin oleh Sultan Husein Syah (1819). sehingga pulau in disebut lion city (kota singa). Raffles membuat perjanjian dan dibenarkan membuka gudang dan Temenggong diberikan sagu hati $3. Ada versi lain bahwa nama Singapura itu adalah dari kata Singgah (singgah) dan pura berarti (kota). Perumusan Masalah C. Ta-ma-sek (Cina). ini muncul ketika pangeran dari Sumatera bernama Sang Nila Utama singgah di pulau ini tahun 1299 dan menemukan seekor binatang mirip singa. Bila Raffles menjejak kaki di Singapura terdapat kira-kira 150 orang penduduk. hampir semuanya orang Melayu-Muslim di bawah Temenggong Abdul Rahman (keturunan Bugis). Inggeris menaikkan Tengku Long sebagai sultan (Sultan Husein) kerana Sultan Abdul Rahman yang memerintah dan berada di Riau Lingga . Umat Islam Di Singapura Berdasarkan Sorotan Sejarah Asal usul nama Singapura semula bernama Temasik.000 setahun. para pedagang dari penjuru manapun suka singgah disana. Metode Bab II Pembahasan A. Sesungguhnya tarikh 1819 itu juga merupakan permulaan lakaran sejarah nasib umat Melayu Muslim Singapura. sejarah umat islam di seluruh dunia menjadi sorotan dan perhatian dunia.

lautan&rsquo. Namun beliau terus memainkan peranan sebagai Senior Minister hingga tahun 2004 dan Minister Mentor semenjak itu. Andainya lautan ini bertukar menjadi gelombang. amaran dan ancaman kepada penduduk Singapura bukan Melayu. Bagi Kerajaan Singapura/Lee Kuan Yew. dan jika kita tidak kuat kita akan ditenggelami oleh lautan itu.tidak mengizinkannya. Namun Singapura hanya berada selama dua tahun dalam persekutuan Malaysia. Apa kata Lee Kuan Yew selepas sahaja Singapura berpisah dari Malaysia: Kita hidup di tengah-tengah lautan orang Melayu.. Pada tahun 1826 Inggeris telah menggabungkan Singapura dengan Pulau Pinang dan Melaka serta mewujudkan pemerintahan Negeri-Negeri Selat. Manakala pada tahun 1841 Temenggong Ibrahim telah dilantik sebagai Temenggong Seri Maharajah di Singapura di hadapan gabenor Inggeris. Apabila Sultan Husein meninggal pada tahun 1835. dan pada tahun 1965 ia telahpun keluar atau dikeluarkan dan menjadi sebuah negara yang berasingan. dan gelombang itu bergerak memukul pulau ini. ini mesti dikawal agar ia tidak berpotensi menjadi gelombang. Pada tahun 1867 pula Singapura telah dijadikan tanah jajahan Inggeris. dan Inggeris terus berkuasa hingga 1963 (kecuali zaman Jepun) apabila Singapura diberikan kemerdekaan melalui Malaysia. Apabila Temenggong Abdul Rahman meninggal pada tahun 1825 anaknya Ibrahim menggantikannya. beliau digantikan oleh anaknya Abu Bakar. dan mungkin kalau berair sekalipun ia . Semenjak merdeka Singapura telah berada di bawah partai PAP (ditubuhkan 1954 dan menang pilihan raya pertama 1959) bawah Lee Kuan Yew.lautan Melayu&rsquo.000 setahun. kekuasaan sepenuhnya di negeri Johor diberikan kepada Temenggong Ibrahim. Beliau menjadi Perdana Menteri semenjak 1959 dan berhenti pada tahun 1990. dan walaupun Ali disahkan sebagai Sultan pada tahun 1855. Apabila beliau meninggal dunia pada tahun 1862. lautan yang berkemungkinan bergabung menjadi gelombang. Dengan kematian Sultan Ali pula pada tahun 1877 maka berakhirnya sultan keturunan Bendahara di negeri Johor dan bermulalah sultan dari keturunan Temenggong. Dengan kata lain ia merupakan ingatan. Inggeris tidak mengiktiraf tuntutan anaknya Ali sebagai Sultan. Pada Juni 1823 Raffles berjaya mendapat kebenaran daripada sultan untuk mengawal semua perdagangan di Singapura. &lsquo. Inggeris menyokong Temenggong Ibrahim dalam rebutan kuasa dengan Ali. Pada 6 Februari 1819 Sultan Husein membuat perjanjian dan sebagai balasan beliau mendapat sagu hati $5. Persoalannya Kepada siapa mesej ini ditujukan? Yang pastinya mesej itu bukan ditujukan kepada penduduk Melayu Singapura kerana mereka juga merupakan sebahagian daripada &lsquo.

tetapi tidak memiliki kekuatan politik. tetapi tidak mengenal pondok pesantren. Tokoh dan Lembaga Islam di Singapura Islam di Singapura disyiarkan oleh para ulama dari berbagai belahan Asia Tenggara dan benua kecil India. B. yaitu model confrontational. 1985). legislatif dan yudikatif. Sesungguhnya apa yang tersurat. Bedanya ialah ia tidak bersifat militer. yang juga terang lagi nyata. Al-Kaff. Ada 4 madrasah terbesar di Singapura yaitu : . Penduduk mayoritas adalah Cina 77%. dan AlJuneid. dan lain-lain. yang terang lagi nyata. Negara ini menganut paham “sekuler-modern”. kenyataan ini menjadi asas kepada pembentukan dasar dan sikap Lee Kuan Yew dan kerajaan Singapura. Model survival negara Singapura adalah persis sama. Tahun 1980-an hanya terdapat 679 orang yang lulus Sarjana (Muslim In Singapore. sekolah Arab atau sekolah Agama. Melayu 15%. Dalam UUD negara ini terdiri dari eksekutif. (kurang lebih 376. Syaikh Anwar Sribandung (Palembang). Melayu muslim kebanyakan hidup dengan standar ekonomi lebih rendah dibanding dengan non-Melayu. Syaikh Syed Usman bin Yahya bin Akil (mufti Betawi). Jawa. Bawean. Syaikh Tuanku Mudo Aceh. Presiden adalah sebagai kepala negara. Jakarta). Selain ada juga dari muslim India. malahan mencontohi model Israel. termasuk tertinggal di bidang pendidikan sosial ekonomi dan politik. Demikianlah bentuk dan pola perhubungannya dengan jiran Melayu-Muslim dan dengan penduduk Melayu-Muslim Singapura. Syaikh Ahmad Aminudin. Etnis Melayu muslim berlatar belakang dari pesisir Malaysia. Pakistan dan Arab. Sistem pendidikan Islam modern dari awal hingga sekarang merujuk pada sistem Mesir dan Barat seperti madrasah. Komponen Penduduk di Singapura Negara Singapura adalah negara kota. berdiri pada tanggal 9 Agustus 1965 atau keluar dari negara federasi Malaysia.hanya merupakan kolam (kolam renang? kolam ikan?).000 jiwa) dari 4 juta lebih . Syaikh Muhammad Jamil Jaho (Padang Panjang). Diantara keluarga besar keturunan Arab yang besar dan kaya adalah Al-Sagoff. India 6% dan lain-lain. dimana pemerintah bersikap netral terhadap semua agama dan ras. Sedangkan Perdana Menteri adalah pemimpin kabinet dan administrasi pemerintahan hingga otomatis kekuatan politik dipegang penuh oleh Perdana Menteri. C. Cina. Bugis. Singapura adalah sebuah negara Republik dengan sistem pemerintahan parlementer. dan yang tersirat. seperti Syaikh Hatib al-Minangkabaui. Syaikh Habib Ali Habsi (Kwitang.

didirikan tahun 1940-an. program ini mewajibkan setiap warga tinggal diperumahan baru di flat atau kondominium. dan bertugas mengeluarkan fatwa agama. aktifitas dakwah. Konsekuensi dari minoritas ini berdampak pada peminggiran langsung atau tak langsung di berbagai bidang. Ilmu Alam. Madrasah Al-Sagoff atau as-Saqaff. pemerintah menerapkan kebijakan membangun rumah rakyat dengan Housing and Development Board (HDB). Sastra Melayu dan Pelajaran Agama. gurunya dari lulusan Al-Azhar Mesir. didirikan tahun 1955 M. etnis Cina dalam hal ini lebih berprestasi. Pendidikan. b. Bahasa Melayu. Kebijakan ini menyulitkan anak-anak muslim yang memiliki kompetisi rendah untuk masuk ke sekolah-sekolah unggulan. mengorganisasi sekolah-sekolah agama. muslim Singapura tidak bisa melepaskan diri dari berbagai kebijakan pemerintah dan arus utama (mainstream) masyarakat Singapura yang dikenal sebagai salah satu negara industri baru (NICs) selain Jepang. didirikan tahun 1912 di atas tanah wakaf Syed Muhammad bin Syed al-Saqoff. antara lain : a. Bidang sosial. didirikan tahun 1927 M oleh pangeran Syarif al-Sayid Umar bin Ali al-Juneid dari Palembang. Materi terdiri dari Ilmu Hisab. 2. pengaturan perjanjian haji. Madrasah Al. . sertifikasi halal. maka MUIS (Majlis Ugama Islam Singapura) didirikan dibawah perundang-undangan dan ketentuan Administration of Muslim Law Act of 1966 (AMLA). melalui usulan dari kelompok melayu muslim.1. 3. termasuk mengumpulkan zakat mall. Sebagai komunitas minoritas. Ketua dan anggota MUIS diangkat dan diberhentikan oleh Presiden. Madrasah Wak Tanjung al-Islamiyah. mengorganisasi pembangunan masjid dan manajerialnya (ada 90 masjid yang dikelola). pemberian beasiswa pelajar muslim. Sains. Madrasah al-Junied al-Islamiyah. MUIS bertanggung jawab dalam mengatur administrasi hukum Islam di Singapura. yaitu memberikan kesempatan setiap warga berdasarkan persaingan sehat dan prestasi. pemerintah memberlakukan sistem meritokrasi. Korea Selatan dan Hongkong. Bahasa Inggris. Tarikh.Ma’arif. 4. Untuk meyakinkan kaum muslimin bahwa pemerintah memegang prinsip kebebasan dalam beragama dan melindungi keyakinan mereka. bukan pertimbangan etnis atau agama.

Sikap ini membantu terciptanya keharmonisan dan integrasi nasional. Ada tiga indikator yang dapat dilihat : 1. dan lain-lain. penerbitan jurnal dan artikel. semula muslim Melayu tinggal di pemukiman tradisional dan homogen. . Bidang politik. 2. sehingga lebih memprioritaskan sektor kultural dengan mendirikan asosiasi Islam seperti MUI. Di kabinet hanya ada satu orang yang duduk sebagai menteri. seminar. serta program pendidikan kehidupan keluarga sakinah. meskipun dalam waktu bersamaan mereka harus melestarikan dan mempertahankan identitas keMelayuan dan keIslamannya. Keberhasilan ini mampu menekan sentimen etnis dan golongan menuju sikap multikultural dan semangat kebersamaan tidak terlepas dari dukungan muslim Melayu. yaitu tetap berada di bawah sistem pemerintah Singapura yang sekuler. Tidak menuntut keistimewaan dan bersaing secara bebas dengan etnis lain. Mewujudkan stabilitas negara. Di samping itu Melayu Muslim terbebani dengan biaya hidup tinggi yang membuat mereka harus bekerja ekstra dan minim aktivitas sosialkeagamaan. Hal ini berbeda dengan minoritas muslim di Philippina dan Thailand. MENDAKI. Di lembaga dewan belum merepresentasikan jumlah warga muslim. terutama mengkoordinir lembaga-lembaga pendidikan Islam. d. c.Konsekuensinya. Dilatarbelakangi oleh sensus penduduk tahun 1980-an yang menyatakan Melayu-Muslim adalah kelompok tertinggal dari etnis lain secara sosial-ekonomi. maka dipahami bahwa mereka telah memiliki pilihan tepat. maka pada tahun 1982 didirikan Majlis Pendidikan untuk Anak-anak Islam (MENDAKI). Melayu Muslim menyadari kondisi real ini sebagai kelompk minoritas. Mereka teralienasi (terasingkan) dari tradisi budaya Melayu. Lembaga ini mengarahkan tujuannya bagi pendidikan anak-anak muslim. Muhammadiyah. itu pun hanya menteri khusus yang mengurus persoalan keIslaman. terpaksa tinggal di flat atau sejenis yang multi etnik dan menanggung biaya hidup tinggi (living cost). Dilihat dari sisi nasionalisme minoritas Melayu-Muslim. membuat konferensi. Melayu Muslim juga tidak mendapatkan haknya secara proporsional (termarjinalkan).

02 June 2006 Kemas Kini Terakhir Friday. daripada 10. Pada tahun 1824. peratus Melayu -Muslim telah menurun menjadi kurang daripada 50% dan Cina telah meningkat kepada sepertiga. Pergumulan Melayu Muslim di Singapura. 02 June 2006 Pada tahun 1819 hampir semua penduduk. kecuali beberapa orang Cina. Dengan kemajuan ekonomi lebih ramai lagi orang Cina datang ke Singapura menyebabkan peratusannya terus meningkat. seperti multiracialism.3. November 2003. 2010. Handout SIAT. karena mereka umumnya menerima prinsip-prinsip pemerintahan. meritocracy.000 ke 11.000 penduduk. 2010 Pekanbaru Sayuti Hendri. 22:43 Ghofur Abdul. manakala peratusan Melayu-Muslim terus merosot. Partisipasi muslim Melayu dalam kemajuan negara Singapura tidak dapat dipungkiri. Altaf Riau. Menurut CIA World Daftar Pustaka http://khairaummah. 31 May. Disumbang Oleh Ahmad Mohamade Said Friday. sehingga loyalitas masyarakat ikut menentukan keberhasilan sebuah bangsa. Menerima nilai-nilai politik negara. terdiri daripada Melayu -Muslim. Pekanbaru Bab III Penutup Kesimpulan saran .