P. 1
DAUR KREBS

DAUR KREBS

|Views: 78|Likes:

More info:

Published by: Fadhli Bedhil Masykuri on May 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/13/2012

pdf

text

original

DAUR KREBS Dinamakan daur Krebs untuk menghargai ahli biokimia dari Inggris, Hans A Krebs yang pada

tahun 1973 mengajukan suatu daur reaksi untuk menerangkan cara perombakan piruvat pada otot burung merpati. Ia menamakan daur tersebut daur asam sitrat, karena asam sitrat merupakan senyawa-antara yag penting. Nama lazm lainnnya dari daur ini adalah daur asam trikarboksilat (TCA), istilah yang digunakan karena asam sitrat dan asam isositrat mempunyai tiga gugus karboksil. Langkah awal meuju daur Krebs menyangkut oksidasi dan hilangnya CO2 dari piruvat dan penggabungan sisa unit asetat 2-karbon dengan senyawa yang mengandung belerang, yakni ko-enzim A (CoA) membentuk asetil CoA. Reaksi dekarboksilasi piruvat ini juga melibatkan bentuk terfosforilasi tiamin (vitamin B1) sebagai gugus protestik. Disaping hilangnya CO2, dua atom hydrogen diambil dari asam piruvat selama pembentukan asetil CoA. Enzim yang mengkatalis reaksi secara lengkap ialah asam piruvat dehidrogenase, tapi merupakan kompleks teroranisasi yang mengandung banyak salinan dari lima enzim yang berlainan, tiga diantaranya mengkatalis dekarboksilasi oksidatif piruvatdan dua lainnya mengatur aktivitas ketiga enzim lainnya. Daur Krebs melakukan pengambilan beberapa electron dari asam organicantara dan mengangkut electron tersebut ke NAD+ (untuk membentuk NADH) atau ke ubikuinon (untuk membentuk ubikuinol). Tidak hanya ubikuinol yang merupakan produk penting dari daur Krebs, tapi satu molekul ATP dibentuk dari ADP dan Pi selama pengubahan suksinat koenzim A enjadi asam suksinat. Fungsi utama daur Krebs adalah sebagai berikut : 1. reduksi NAD+ dan ubikuinon menjadi elektron donor NADH dan ubikuinol yang akan dioksidasi untuk menghasilkan ATP. 2. sintesis langsung ATP dalam jumlah terbatas (satu ATP untuk setiap piruvat yang dioksidasi). 3. Pembentukan kerangka karbonyang dapat digunakan untuk mensintesis asam amino tertentu yang kemudian akan diubah menjadi molekul yang lebih besar.

+ 8 NADH + 8 H+ + 2 ubikuinol NADH yang terdapat di mitokondria berasal dari tiga proses utama : daur Krebs. Pembawa eletron ini merupakan system pengangkutan-elektron mitokondria.+ 2 H2 PO4. baik NADH ataupun ubikuinol tidak dapat bergabung secara langsung dengan O2 untuk membentuk H2O. maka reaksi keseluruhan daur Krebs dapat ditulis sebagai berikut : 2 piruvat + 8 NAD+ + 2 ubikuinon + 2 ADP².Mengingat dua piruvat dihasilkan dalam glikolisis dari tiap glukosa. akan dihasilkan ATP. Bila NADH dioksidasi. . glikolisis. dan (di daun) oksidasi glisin yang dihasilkan selama fotorespirasi. Walaupun oksidasi ini melibatkan pengambilan O2 dan pembentukan H2O.+ 4 H2 O 6 CO2 + ATP 3. elektronnya ditransfer melalui beberapa senyawa-antara sebelum HO terbentuk. Yang terjadi. ubikuinol yang dihasilkan oleh asam suksinat dehidrogenase daur Krebs juga dioksidasi untuk menghasilkan ATP. Dengan cara yang serupa.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->