PROPOSAL PRAKTIK INDUSTRI

DIAJUKAN KEPADA PT. PRIMISSIMA
Jl. Raya Magelang km.15 Medari Sleman Yogyakarta 55515 (+62274 868408)

Diajukan Oleh: SURYA EKA DWI PURBA (10501244030)

JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
YOGYAKARTA 2012

sehingga mahasiswa praktikan dapat membawa pengalaman. LATAR BELAKANG Praktek Industri (PI) yaitu praktek kerja di industri merupakan program kurikuler yang wajib ditempuh oleh seluruh mahasiswa di Fakulatas Teknik UNY.PRIMISSIMA dijadikan alternatif pilihan dalam melaksanakan Praktik Industri. Dengan melakukan Praktik Industri diharapkan mahasiswa dapat mengetahui perkembangan teknologi industri. Praktek Industri mempunyai bobot kredit 3 SKS (Satuan Kredit Semester). Dengan pertimbangan itulah maka PT. PT. Di samping itu.PRIMISSIMA dianggap memiliki keterkaitan yang erat dengan jurusan yang ditempuh oleh pemohon sekarang ini yaitu Jurusan Teknik Elektro. Oleh karena itu PT. Praktik Industri dapat ditempuh apabila mahasiswa sudah menempuh mata kuliah bidang studi (MKBS) minimal 90 SKS untuk program studi Strata 1(S1) dan minimal 70 SKS untuk program studi Diploma 3(D3) serta tidak sedang mengambil kuliah yang kegiatannya di dalam kampus. khususnya mahasiswa Jurusan Teknik Elektro yang mengambil konsentrasi kendali industri atau listrik industri. merupakan perusahaan yang relevan sebagai tempat praktek industri mahasiswa teknik elektro.PRIMISSIMA. Manfaat yang diperoleh apabila kegiatan praktek industri dapat berlangsung di PT. dan relevansinya dengan Program Studi Teknik . yang setara dengan kegiatan efektif selama 256 jam atau sekitar 32 hari untuk waktu kerja 8 jam sehari. PT.PRIMISSIMA merupakan perusahaan (tekstil) bonafit. Dalam hal ini Praktik Industri sangat diperlukan untuk mengembangkan ilmu yang telah diperoleh di kampus dan menerapkannya langsung di lapangan (industri).PRIMISSIMA adalah mahasiswa dapat menimba pengalaman secara nyata dalam praktek lapangan dan menambah ilmu pengetahuan yang belum atau tidak mungkin didapatkan di kampus. baik kuliah teori maupun praktek untuk dikembangkan dan disinkronkan dalam dunia industri sehingga dengan praktek industri mahasiswa akan memperoleh pengetahuan praktis di lapangan tidak hanya mengetahui secara teori tetapi juga mengetahui bentuk kongkritnya.A. Kegiatan PI merupakan suatu bentuk implementasi dari kegiatan perkuliahan yang selama ini sudah dilakukan. wawasan ilmu dan teknologi dalam praktek industrinya ke dalam tugasnya setelah lulus.

Elektro. Tujuan khusus: 1. Mahasiswa dapat mejelaskan tentang manajemen industri dan syarat kompetensi yang dikuasai untuk menjadi tenaga kerja yang telah dipersyaratkan di PT. 2. 2. B. system perawatan dan perbaikan peralatan.PRIMISSIMA mempunyai tujuan sebagai berikut : Tujuan umum: 1. masalah kesehatan dan keselamatan kerja.dan teknisi di PT. 3. Mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan tentang hal-hal yang berkaitan dengan dunia industri. Mahasiswa dapat lebih mengenal dan memahami dunia industri dan teknologi. 4. dan kasus itu dapat diangkat mejadi proyek tugas akhir. . Mahasiswa dapat memperoleh satu kasus mengenai sistem produksi atau distribusi pada waktu menjalankan Praktik Industri dan menganalisa secara mendalam tetang hasil praktik industri yang dicurahkan pada laporan Praktik Industri. sehingga memperoleh ilmu diluar kegiatan akademik. Bagi Fakultas dan Program Studi. program Praktik Industri akan meningkatkan kualitas kerjasama dengan pihak luar. seperti masalah manajemen. ketenagakerjaan.PRIMISSIMA terutama yang berkaitan dengan sistem kendali dan sistem perawatan dan perbaikan jaringan. 3. Mahasiswa secara langsung dapat menerapkan ilmu pengetahuan ( teori ) yang didapat dalam perkuliahan di dunia industri. dan sebagainya. TUJUAN PRAKTIK INDUSTRI Program Praktik Industri di PT.PRIMISSIMA. Mahasiwa dapat menjalankan tugas – tugas dan kegiatan di bagian distribusi. Mahasiswa dapat mengetahui penanganan gangguan listrik yang sering terjadi.kendali.

Konsultasi dengan dosen pembimbing e. Tempat : PT. meliputi : a. Konsultasi dengan dosen pembimbing b.PRIMISSIMA . Melaksanakan praktikum dibawah pengawasan dan bimbingan instruktur c. meliputi : a. Menyiapkan Perlengkapan e. Pembuatan laporan akhir kerja praktik. RENCANA WAKTU DAN TEMPAT PRAKTIK INDUSTRI I.C. II. Pembekalan Praktik Industri dan persiapan ijin / surat tugas c. TEMPAT PELAKSANAAN Bila disetujui praktik industri akan dilaksanakan pada : Waktu : 1 Juli 2012 s.PRIMISSIMA. Pengenalan industri Proses pembangkitan listrik Distribusi listrik Instalasi kelistrikan Sitem control Perawatan generator b. Persiapan dikampus. Studi Pustaka d. Berangkat kelokasi kerja praktik 2. 31 Agustus 2012 Atau sesuai dengan kesepakatan pihak PT. BENTUK KEGIATAN 1.d. Pelaksanaan. Pengumpulan data-data untuk pembuatan draft laporan d.

Sebagai suatu bentuk kerjasama yang saling menguntungkan antara pihak industri dengan pihak kampus. karya teknologi dan proyek akhir. Dapat mengetahui jenis pekerjaan yang sesuai dengan bidang gerak perusahaan . d. Dapat mempelajari peralatan dan bahan yang diperlukan dalam suatu industri. Dapat mengetahui kualitas kerja mahasiswa bersangkutan melalui evaluasi hasil PI yang meliputi sikap kerja. 2. MANFAAT PRAKTIK INDUSTRI 1. disiplin kerja. e. sehingga dapat diperoleh informasi mengenai kompotensi tenaga kerja yang disyaratkan industri . c. Dapat mengenal profil perusahaan dan manajemen perusahaan. Bagi perusahaan a. b. kecepatan kerja dan kreatifitas kerja. pengetahuan kerja.D. Dapat mempelajari proses produksi dan membantu pelaksanaan tugas-tugas proses pelaksanaan di industri. kualitas pekerjaan. b. Dapat menganalisis hal-hal yang bersifat aplikatif dan relevan dengan bidang elektro dan melakukan pengambilan data untuk keperluan laporan praktik industri. Bagi Mahasiswa a.

JADWAL KEGIATAN PRAKTIK INDUSTRI Rencana Jadwal Kegiatan Praktik Industri di PT.PRIMISSIMA adalah sebagai berikut : Minggu Ke No Kegiatan Praktek Industri 1 1 2 Pengenalan profil industry Mempelajari tugas-tugas dan proses produksi dan atau jasa pada industri 3 Pengambilan dan analisis data-data praktik industri 4 5 Penyusunan laporan Penyempurnaan laporan 2 3 4 5 6 7 F.com G. MAHASISWA PELAKSANA PRAKTIK INDUSTRI 1.E. Nama NIM TTL Jurusan Fakultas Alamat rumah No. PENUTUP Dengan diberikannya kesempatan untuk menimba ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengenalkan mahasiswa terhadap lingkungan situasi dan kondisi PT.PRIMISSIMA maka akan sangat membantu mahasiswa dalam proses pembelajaran . 17 Februari 1992 : Pendidikan Teknik Elektro :Teknik – Universitas Negeri Yogyakarta : Botokan Argosari Sedayu Bantul : 085725959297 : sedp17@gmail. HP Email : Surya Eka Dwi Purba : 10501244030 : Bantul.

T NIP. Besar harapan kami untuk dapat melaksanakan praktik industri di PT. semoga terjalin kerjasama yang baik dan saling menguntungkan antara lembaga pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta dengan PT.M. Yogyakarta.19510419 197903 1 001 .19770502 200312 1 001 Achmad Sujadi.merelevansikan ilmu pengetahuan dengan kehidupan nyata sehingga dapat menciptakan kualitas sumber daya manusia yang siap bersaing. Atas segala perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.Pd NIP. Demikian proposal ini kami buat.PRIMISSIMA yang tentunya akan kami optimalkan untuk proses pembelajaran tersebut. 15 Februari 2012 Mahasiswa praktikan: Surya Eka Dwi P (10501244030) Mengetahui : Koordinator PI Jurusan Teknik Elektro Dosen Pembimbing Didik Hariyanto.PRIMISSIMA. M.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.