Di susun oleh : Ramdani Kelas : X.1 T. I.

K

Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar
Standar Kompetensi
 1. Menganalisa perjalanan

Kompetensi Dasar
 1.1 Menganalisis

bangsa Indonesia dari negara tradisional, kolonial, pergerakan kebangsaan, hingga terbentuknya negara kebangsaan sampai proklamasi kemerdekaan Indonesia

perkembanagan negara tradisional (Hindu-Budha dan Islam) di Indonesia.

Daftar Isi
A. Lahir dan Berkembangnya Agama dan kebudayaan Hindu-Budha………………………………………………………………………… B. Proses masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia…………………………… C. Kerajaan-kerajaan Hindu-Budha di Indonesia……………… D. Keberlanjutan Tradisi Hindu-Budha setelah keruntuhan kerajaan kerajaan Hindu-Budha di Indonesia ………………………………………………………………………………  Kata Kunci………………………………………………………………………………  Rangkuman………………………………………………………………………………  Evaluasi……………………………………………………………………………….

LAHIR DAN BERKEMBANGNYA AGAMA HINDU-BUDHA HINDU-BUDHA MASUK KE INDONESIA INDONESIA PADA MASA KERAJAAN HINDU-BIDHA • Kerajaan Kutai • Kerajaan Tarumanegara • Kerajaan Holing • Kerajaan Melayu • Kerajaan Sriwijaya • Kerajaan Kediri • Kerajaan Singasari • Kerajaan Bali • Kerajaan Pajajaran • Kerajaan majapahit • Kehidupan politik • Kehidupan Ekonomi • Kehidupan sosial • Kehidupan Budaya dan Agama .

A. LAHIR DAN BERKEMBANGNYA AGAMA DAN KEBUDAYAAN HINDUBUDHA AGAMA DAN KEBUDAYAAN HINDU Agama Hindu diyakini tumbuh di india sekitar tahun 1500 SM. d. merupakan kumpulan mantra-mantra Gaib. Yajur-Veda. a. Pemujaan terhadap para dewa dipimpin olleh golongan pendeta atau Brahmana. Orang-orang arya memuja banyak dewa yang dipercayai memiliki kuasa atas segi-segi tertentu kehidupan mahkluk hidup. c. Agama Hindu tumbuh bersamaan dengan kedatangan bangsa arya ke kota Mohenjo-Daro (Larkana) dan Harappa (Punjab) sekitar tahun 1500 SM. Sama-Veda. Tulisan-tulisan tersebut disatukan dalam Kitab Veda. berisi pedoman zikir dan pujian-pujian. merupakan Kitab tertua dan ditulis antar tahun 1500dan 900SM. berisi pedoman pengorbanan. Atharva-Veda. Reg-Veda. b. Kitab Veda terdiri dari empat bagian berikut. Dari India. . Para Brahmana juga menulis berbagai ajaran dan ritus-ritus sebagai pedoman dalam melaksanakan upacara keagamaan. agama ini meyebar ke seluruh dunia dan banyka memengaruhi kebudayaan-kebudayaan besar dunia.

. Kasta terdapat dari yang tertinggi adalah : .Ksatria .Brahmana. .  Reg-Veda  Yajur-Veda  Sama-Veda  Artharva-Veda • Dalam agam Hindu. Mereka disebut paria yang meliputi pengemis dan gelandangan.• Agama Hindu diyakini tumbuh di India sekitar tahun 1500SM. •Kitab agama Hindu dinamakan Veda yang terbagi atas empat bagian. • Agama Hindu dikembangkan oleh bansa arya yang memuja dewa. terdapat pembagian atas kasta masyarakat berdasrkan pembagian tugas atau pekerjaan.Sudra • Terdapat masyarakat yang dianggap berada di luar kasta.Waisya .

Kitab ini terdiri atas tiga kumpulan tulisan. kesempurnaan (Nirwana) dapat dicapai setiap orang tanpa harus melaui pendeta atau kaum Brahmana. Agama ini berdasarkan pada ajaran Siddharta Gautama yang dikenal sebagai Buddha atau seseorang yang telah mendapat pencerahan. Raja Ashoka menetapkan agama Buddha sebagai agama resmi negara. yaitu Prakrit. Keseluruhan ajaran Budha kemudian di bukukan dalam kitab Tripitaka.AGAMA DAN KEBUDAYAAN BUDHA Sama halnya dengan agama Hindu. Agama Budha muncul sebagai reaksi terhadap dominasi golongan Brahmana atas ajaran dan ritual keagamaan dalam Masyarakat India. Vinaya Pitaka. dan sistematisasi doktrin. tepatnya di India bagian Timur laut sekitar tahun 500 SM. Vinaya pitaka merupakan aturan-aturan yang berkenaan dengan kehidupan pendeta. agma Budha pertama kali tumbuh di India. Hal ini terutama disebabkan oleh bahasa yang digunakan Buddha dalam menyampaikan ajarannya. Pitaka berisi kumpulan khotbah. Abhidarma pitaka berisi filosofil. Menurut ajarn Buddha. . Pada pemerintahannya. klasifikasi. Perkembangan agama Buddha di India mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Raja Ashoka darp Dinasti Maurya (273-232 SM). yakni Sutta (Suttnata) Pitaka. psikologi. Agama Buddha kemudian dengan cepat berkembang dan diterima oleh masayarakat India. dan Abhidarma Pitaka.

J. Korm). Menurut teori ini. Menurut teori ini. Tentang proses ini. Proses masuknya pengaruh india ke Indonesia diperkirakan terjadi sejak abad pertama masehi. Para ahli sejarah kemudian mengajukan tiga teori yang menjelaskan bagaimana bangsa India memperkenalkan bagaimana bangsa India memperkenalkan kebudayaannya kepada bangsa Indonesia. teori-teori tersebut adalah sebagai berikut : a) Teori Brahmana ( J. b) Teori Ksatria (F. para Brahmana India datang ke Indonesia atas undangan para kepala suku setempat. . Ada pendapat yang menganggap bahwa bangsa Indonesia bersikap pasif dan hanya menerima saja pengaruh budaya yang datang dari India. pengaruh Hindu-Budha dibawa dan disebarkan oleh para pedagang India yang singgah di Indonesia.B. raja-raja India datang menyerang dan mengalahkan suku-suku di Indonesia.K Bosch). c) Teori Waisya (N. terdapat beberapa pendapat yang saling bertolak belakang dari para ahli sejarah.C van Leur). PROSES MASUK DAN BERKEMBANGNYA AGAMA DAN KEBUDAYAAN HINDU-BUDHA DI INDONESIA Teori-teori tentang masuk dan berkembangnya Agama dan serta kebudayaan Hindu-Budha ke Indonesia.D. Menurut teori ini.

Dari ketiga teori itu. tumbuhlah agama Buddha di Indonesia dan daereah-daerah Asia Tenggara. Akhirnya. para pendeta mengajarkan agama Buddha. Dengan tekun. Para biksu itu pergi ke seluruh dunia melalui jalur perdagangan. proses masuknya agama Buddha ke Indonesia ada yang melalui pendeta agama (biksu) Buddha. Kitab veda hanya boleh dibaca dan diajarkan oleh kaum Brahmana. penyebarluasan agama Hindu tidak mungkin dilakukan oleh kaum Waisya yang menjadi pedagang. Terbentuklah komunitas agama Buddha di berbagai daerah. Dengan ini. tentang sumber penyebaran pengaruh Hindu-Budha di Indonesia. Para ahli sejarah juga mengajukan pendapat lain. Hal itu didasarkan pada fakta-fakta bahwa kekuasaan terbesar dalam agama Hindu dipegang oleh kaum Brahmana. Kasta lain tidak mungkin dapat menyebarkan ajaran agama Hindu. teori Brahmana memiliki dasar penjelasan yang paling kuat. Tulisan dalam prasasti dan bangunan dan keagamaan Hindu yang ditemukan di Indonesia berasal dari bahasa sansekerta yang hanya digunakan oleh kaum Brahmana dalam kitab-kitab Veda dan ucapan keagamaan. . para biksu dari India dan dari berbagai wilayah saling mengunjungi. Mereka berpendapat bahwa bangsa Indonesia sendirilah yang berperan aktif mencari tahu dan menyebarkuaskan agama dan budaya Hindu. Oleh karena itu. Sementara itu. Hal itu didasarkan pada kenyataan bahwa sudah sejak lama bangsa Indonesia menjelajahi lautan umtuk berdagang.

yang artinya pembentuk keluarga.C. Nama kutai diberikan oleh para ahli karena tidak ada prasasti yang secara jelas menyebutkan nama ini. Nama kutai diambil dari nama tempat ditemukannya prasasti yang menggambarkan kerajaan tersebut. Dari salah satu yupa tersebut. Putra kudungga. Mulawarman adalah anak Aswawarman dan cucu kudungga. tepatnya di hulu sungai Mahakam. KERAJAAN-KERAJAAN HINDU-BUDDHA DI INDONESIA Kerajaan kutai Kerajaan tertua bercorak Hindu di Indonesia adalah Kerajaan kutai. Ia juga diketahui sebagai pendiri dinasti kerajaan kutai sehingga diberi gelar Wangsakerta. Aswawarman. kemungkinan adalah raja pertama kerajaan kutai yang bercorak Hindu. . Tujuh buah yang merupakan sumber utama bagi para ahli untuk menginterprestasikan sejarah kerajaan Kutai. Nama Mulawarman dan Aswawarman sangat kental dengan pengaruh bahasa sanksekerta. Diketahui bahwa raja yang memerintah Kerajaan kutai saat itu adalah Mulawarman. Kerajaan ini terletak di Kalimantan.

diketahui bahwa Punawarman dikenal sebagai raja yang gagah berani. Banyak informasi diperoleh dari tulisan pada kelima prasasti lainnya. Terutama Prasasti Tugu yang merupakan Prasasti terpanjang. Bogor. tulisan pada beberapa prasati. Prasasti Pasir Awi. yakni prasasti Ciaruten yang ditemukan di desa Ciampea. Tujuh Prasasti dari Kerajaan Tarumanegara adalah : Prasasti Cianten. pada tahun 414 dan catatan kerajaan Dinasti Sui dan Dinasti Tang.Kerajaan Tarumanegara Sumber sejarah Kerajaan Tarumanegara diperoleh dari prasastiprasasti yang berhasil ditemukan. . Namun. dan Prasasti Munjul. Dari deskripsi Prasasti ini. Prasasti Tugu. dapat disimpulkan sangat pentingnya kedudukan Raja Punawarman. Catatan sejarah pengelana Cina yang menyebutkan keberadaan Kerajaan Tarumanegara adalah catatan perjalanan pendeta Cina Fa-Hsein. Dari salah satu Prasasti. seperti pada Prasati Muara Cianten dan Prasasti Pasir Awi sampai saat ini belum dapat diartikan. Sumber sejarah penting lain yang dapat menjadi bukti keberadaan Kerajaan Tarumanegara adalah catatan sejarah pengelana cina.

Nama Kerajaan Sriwijaya selanjutnya mendominasi hampir seluruh informasi tentang kerajaan dari Sumtera pada abad ke-7 hingga ke11. semenanjung Malaya. wilayah kerajaan sriwijaya meluas hingga meliputi wilayah kerajaan Melayu. . dan sunda (kini wilayah Jawa Barat). Kerajaan Sriwijaya Kerajaan Sriwijaya yang muncul pada abad ke-6. yaitu kerajaan Melayu dan kerajaan Sriwijaya. Pada perkembangannya. Catatan-catatan mengenai kerajaan-kerajaan di Sumatera didapat dari seorang pendeta Buddha Cina bernama I-Tsing yang pernah tinggal di sriwijaya antara tahun 685-689. sejarah mencatat ada dua kerajaan bercxorak Buddha di Sumatera. Kerajaan Melayu merupakan kerajaan tertua di Indonesia. Berdasarkan bukti. pada mulanya berpusat di sekitar sungai Batanghari. kerajaan melayu diperkirakan berpusat di daerah jambi.bukti sejarah yang bisa ditemukan.Kerajaan Melayu Kerajaan-kerajaan Buddha di Sumatera muncul pada sekitar abad ke-6 dan ke-7. pantai timur Sumatera.

Pusat pemerintahan Kerajaan Mataram Kuno juga sempat berpindah ke Jawa timur. Terjadinya letusan gunung merapi yang dianggap sebagai tanda pralaya atau kehancuran dunia. 2. dan Bengawan Solo. pada sekitar abad ke-8. Kemudian. Besarnya pengaruh Kerajaan Sriwijaya itu menyebabkan Kerajaan Mataram Kuno semakin terdesak ke wilayah timur. letak kerajaan di jawa tengah dianggap tidak layak lagi ditempati. . Selama abad ke-7 sampai ke-9. Pusat pemerintahan Kerajaan Mataram Kuno disebut Bhumi Mataram yang terletak di pedalam Jawa Tengah. terjadi serangan-serangan dari Sriwijaya ke Kerajaan Mataram Kuno. Perpindahan Kerajaan Mataram Kuno dari jawa tengah ke Jawa Timur disebabkan oleh dua hal : 1. Sungai Progo. berkembang sebuah kerajaan besar yang disebut kerajaan Mataram Kuno. Daerah tersebut memiliki banyak pegunungan dan sunagi seperti Sungai Bogowonto.Kerajaan Mataram Kuno Di wilayah Jawa Tengah.

Dalam prasasti lain. Raja Sanjaya juga memulai pembangunan kuil-kuil pemujaan berbentuk candi . Raja Sama kemudian digantikan oleh keponakannya. . Sanjaya dinobatkan sebagai raja pada tahun 717 dengan gelar Rakai Maharam Sang Ratu Sanjaya. Raja Sabjaya dianggap sebagai pendiri Dinasti Sanjaya. yaitu Prasasti Balitung. Kerajaan Mataram Kuno didirikan oleh Raja Sama. Raja Sanjaya menyebarjkan pengaruh Hindu di Pulau Jawa.Dinasti Sanjaya Prasasti Canggal yang ditemukan di halaman Candi Gunung Wukir memberikan gambaran yang cukup jelas tentang kehidupan politik Kerajaan Mataram Kuno. ditulis dengan huruf palawa yang menggunakan bahasa sansekerta. Kedudukan Sanjaya sangat kuat dan berhasil menyejahterakan rakyat kerajaan Mataram Kuno. Masa pemerintahan Sanna dan Sanjaya dapat kita ketahui dari deskripsi kitab Carita parahyangan. Sanjaya. Hal ini ditempuh dengan cara mengundang pendeta-pendeta Hindu untuk mengajar di Kerajaan Mataram Kuno. penguasa Mataram kuno. Prasasti ini bertuliskan 654 Saka atau 732.

Prasasti Ratu Boko (856).Dinasti Syailendra Dinasti Syailendra berkuasa di daerah Bagelan dan Yogyakarta pada pertengahan abad ke-8. menyebutkan asal-usul Raja Balaputerdewa. kelurak. untuk mendirikan sebuah bangunan suci bagi Dewi Tara dan sebuah Uihara bagi para pendeta. menyebutkan Raja Balaputeradewa kalah dalam perang saudara melawan kakaknya. ratu boko. Prasasti Kalasan (778). Disebutkan bahwa Raja Balaputerdewa adalah putra dari Raja Samaratungga dan cucu dari Raja Indra. Beberapa sumber sejarah tentang Dinasti Syailendra yang berhasil ditemukan. antara lain prasasti kalasan. Rakai Panangkaran kemudian memberikan Desa kalasan kepada Sanggha Buddha. dan nalanda. Prasasti Nalanda (860). penguasa Dinasti Syailendra. yaitu Pramodhwardani. ia melarikan diri ke Kerajaan Sriwijaya. . menyebutkan nama rangkai Panangkaran yang diperintahkan oleh Raja Wisnu. Kemudian.

Medang kemulan terletak di Muara sungai Brantas. wilayah kerajaan mencakup hampir seluruh wilayah Jawa Timur. tepatnya di muara sungai Brantas. wilayah kekuasaan Kerajaan Medang Kemulan mencakup daerah Nganjuk. dan Malang. didirikan oleh Mpu Sindok. Dalam perkembangannya. setelah ia memindahkan pusat pemerintahan Kerajaan mataram Kuno dari Jawa tengah ke Jawa Timur. Ibu Kota Medang Kemulan adalah Watan mas. . Pada awalnya. yang memindahkan kerajaan Mataram kuno ke Jawa Timur. Kerajaan ini didirikan oleh Mpu Sindok. Surabaya. Pasuruan.Kerajaan Medang Kemulan Kerajaan Medang Kemulan diperkirakan terletak di Jawa Timur.

Kerajaan Kediri Raja Sri Jayawarsha merupakan raja pertama Kerajaan kediri. Raja kerajaan kediri yang ketiga adalah Jayabhaya. raja kerajaan Medang Kemulan. Bameswara bergelar Sri Maharja Rakai Sirikan Sri Kameswhara Sakalabuhuwanatustikarana sarwwaniwwaryawiryya Parakrama Digjayatunggadewa. Dalam prasasti tersebut. Jayabhaya dikenal sebagai peramal dan sastrawan aliran kepercayaan Kejawen. Jayabhaya diberi gelar Sri Maharaja Sri Warmmeswara Madhusudhanawataranindita Suhrtsingha Parakrama Digjayotunggadewa Jayabhayalanchana. Ia menulis prasasti Kerajaan Kediri pertama pada tahun 1104. . Raja kerajaan kediri selanjutnya adalah Bameswara. Ramalan-ramalannya dibukukan dalam kitab Jangka Jayabhaya. dapat diduga hubungannya dengan Airlangga.

di Kerajaan Kediri berlangsung persilisihan antar Raja Kertajaya dengan para Brahmana. Ketika Raja Kertajaya mengetahui hal itu. sang raja menyerang Tumapel. Para Brahmana tersebut melarikan diri ke Tumapel dan meminta perlindungan kepada Ken Arok. Kedua kitab itu berisi sejarah raja-raja Kerajaan Singasari dan Majapahit yang saling berhubungan erat. ia mengalami kekalahan dan meninggal. seperti Pararaton (Kitab-kitab Raja) dan Negarakertagama. serta mendirikan kerajaan Singasari .Kerajaan Singasari Sumber sejarah tentang kerajaan Singasari di Jawa Timur adalah kitab-kitab kuno. Ken Arok menyatukan kerajaan Kediri dan Tumapel. dalam pertempuran di Ganter. Kemudian. Namun. Ketika Ken Arok berkuasa di Tumapel.

Sri Kesariwarmadewa adalah raja pertama di bali dari Dinasti Warmadewa. Desadesa tersebut kemudian dijadikan sumber penghasilan kayu kerajaan di bawah pengawasan hulu kayu (kepala kehutanan). Pengganti Sri Kesariwarmadewa adalah Ugrasena. yaitu pembeb asan beberapa desa dari pajak pada tahun sekitar tahun 837 Saka atau 915. Selama masa pemerintahannya. Prasasti Sanur dibuat oleh Raja Sri Kesariwarmadewa.Kerajaan Bali Informasi tentang raja-raja yang pernah memerintah di Kerajaan bali diperoleh terutama dari Prasasti Sanur yang berasal dari 835 Saka atau 913. Ugrasena membuat beberapa kebijakan. .

Kerajaan Pajajaran Berdasarkan sumber terbatas. tahta Kerajaan Pajajaran kemudian direbut oleh saudara Raja Sena yang bernama Purbasora. Raja pertama Kerajaan pajajaran bernama Sena. . Tidak lama kemudian. Raja Sena berhasil merebut kembali tahta Kerajaan Pajajaran. Peristiwa ini terjadi pada tahun 1357 dan disebut dalam kitab Paraton sebagai perang bubat. pusat kerajaan Pajajaran awalnya terletak di daerah Galuh. Raja Pajajaran selanjutnya adalah Jayabhupati. Pada masa pemerintahan Sri Baduga Maharaja. Namun. Sri Baduga Maharaja. Jawa barat. Raja Sena dan keluarganya terpaksa meninggalkan keraton. Kerajaan Pajajaran terlibat dalam peperangan dengan kerajaan Majapahit yang waktu itu diperintah oleh Hayam Wuruk.

Ketika orang-orang Madura bersama Raden wijaya membuka hutan desa Tarik. Menurut cerita. nama kerajaan ini berasal dari buah maja yang pahit rasanya.Kerajaan Majapahit Kerajaan bercorak Hindu yang terakhir dan terbesar di pulau Jawa adalah Majapahit. Raden Wijaya adalah menantu Raja Kertanegara dari Kerajaan Singasari. Padahal. daerah ini merupakan daerah yang diberikan Raja Jayakatwang dari kerajaan Kediri kepada Raden Wijaya. mereka menamakan pemukiman yang baru mereka bangun itu sebagai Majapahit. mereka menemukan sebuah pohon yang berbuah pahit. Awal mulanya. Oleh karena itu. . rasa buah itu biasanya manis.

 Minimnya proses pemilihan dan pelatihan pemipin dari kerajaan-kerajaan Hindu-Budha menimbulkan efek ke berbagai hal dan juga menjadi penyebab kemunduran kerajaan Hindu-Budha di Indonesia. Antara lain dipengaruhi oleh beberapa faktor yang sangat penting. seperti samudera pasai. Tradisi Hindu-Budha masih menjadi tradisi dan budaya kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. .  Pengaruh penyebaran Islam yang kuat sehingga mulai muncul kerajaankerajaan Islam.D.BUDHA DI INDONESIA Jejang waktu kejayaan kerajaan Hindu-Budha berlangsung kurang lebih di antara tahun 400-1478. yang tergambar dalam penjelasan-penjelasan berikut. Tradisi Hindu-Budha di Indonesia lambat laun digantikan dengan mulai masuknya pengaruh agama Islam.\ Munculnya kerajaan-kerajaan Hindu-Budha di Indonesia tidak lantas menghilangkan pengaruh budaya Hindu-Budha di Indonesia. KEBERLANJUTAN TRADISI HINDU-BUDHA SETELAH KERUNTUHAN KERAJAAN-KERAJAAN HINDU.  Mayoritas kerajaan-kerajaan Hindu-Budha di Indonesia tidak memiliki suatu model suksei kepemimpinan yang munculkan seorang yang hebat.

Kata Kunci • Sistem sosial • Sistem Politik • Sistem Ekonomi • Kerajaan • Tradisi Hindu • Tradisi Budha • Keruntuhan Kerajaan • Kehidupan budaya dan Agama • Teori Masuknya .

Kerajaan kutai merupakan kerajaan bercorak Hindu tertua di Indonesia. Mereka datang melalui celah kaiber dan mendesak bangsa Dravida dan Munda yang telah mendiami daerah tersebut. Menurut ajaran Budha. Agama Budha muncul sebagai reaksi terhadap dominasi golongan Brahmana atas ajaran dan ritual keagamaan dalam masyarakat Indonesia. Kerajaan ini terletak di hulu sungai Mahakam. Kerajaan Tarumanegara merupakan kerajaan bercorak Hindu pertama di pulau Jawa. . Agama Hindu tumbuh bersamaan dengan kedatangan bangsa arya ke India. Teori Ksatria. dan Teori Waisya.Rangkuman Agama Hindu tumbuh di India sekitar 1500 SM. Para ahli sejarah mengajukan tiga teori yang dapat menjelaskan bagaimana bangsa India memperkenalkan kebudayaannya kepada bangsa Indonesia. Teori-teori tersebut adalah teori Brahman. kesempurnaan (nirwana) dapat dicapai setiap orang tanpa harus melalui bantuan pendeta atau kaum Brahmana.

Answer Quetsions Mulai .

D.1. C. B. E. Rigveda Yajurveda Aryaveda Samaveda Atharvaveda . A. Gambaran mengenai kehidupan masyarakat MoherjoDaro dan Harappa tertulis dalam Kitab . . .

. Kebudayaan Hindu merupakan perpaduan antara kebudayaan Arya dan kebudayaan . . E. A. D. Mesopotamia Mesir Dravida Arab Persia .2. C. B. .

. A.3. . Arti dari Kata “Budha” adalah . . E. D. C. Seseorang yang telah mengerti Seseorang yang telah mendapat pencerahan Seseorang yang tersadarkan Seseorang yang telah tahu Seseorang yang berpengetahuan B.

C. . Singasari Melayu Majapahit Kutai Tarumanegara . . B. E. Kerajaan tertua bercorak Hindu di Indonesia adalah .4. D. A.

A. C. . Raden Wijaya Hayam Wuruk Gajah Mada Kertanegara Jayanegara B. Raja pertama kerajaan Majapahit adalah .5. E. D. . .

.6. . Kutai Chola Holing Majapahit Melayu . D. B. Kerajaan Sriwijaya akhirnya runtuh setelah diambil oleh Kerajaan . A. C. E.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful