BIMBEL PRESTASI SMP/SMU

Jl. Dempo Dalam no.900A (Depan Gang Rotan) (0711-9161211 / 0819-29357245)

Agama Kelas 9 Bab 1: Beragama dan Berkepercayaan sekaligus Beriman
Landasan Pemikiran
1. Menurut mantan pimpinan Muhammadiyah, A. Syafii Maarif menyebutkan ketulusan dan kejujuran sebagai buah iman. 2. Semua agama dan kepercayaan mengajarkan ketulusan dan kejujuran. Ketulusan dan kejujuran adalah persoalan hati dan bukan sekadar perhitungan otak. 3. Orang yang beriman akan menghasilkan ketulusan, keterbukaan,dan cinta kepada sesama ciptaan Tuhan. Sebagai konsekuensinya,orang beragama dan kepercayaan yang beriman perlu megupayakan hidup saling menghargai, agar tercipta tatanan hidup bersama atarumat beragama dan berkepercayaan yang tulus, rukun, dan damai. 4. Kehidupan harmonis dapat didapat bila ada sikap saling menghargai antar-umat beragama dan berkepercayaan atau ada toleransi antar umat beragama dan kepercayaan. 5. Tekanan praktek beragama menakankan pada doa, peribadatan, ritual, dsb. Tekanan hidup beriman menekankan hubungan ribadi dengan ilahi,dan yang memotivasi orang untuk mengamalkan konsekuensi hubungan itu dengan sesame.

Pengembangan Religiositas
Agama Buddha 6. Saddha atau Sradha berarti keyakinan atau kepercayaan dan keimanan dalam bakti, yang mengandung tiga unsure yaitu keyakinan kuat terhadap sesuatu hal, kegembiraan mendalam terhadap sifat-sifat yang baik, dan harapan memperoleh sesuatu di kemudian hari. 7. Vipassana : Dharma yang hanya dapat ditembus dengan intuisi dan pandangan terang. Agama Hindu 8. Agama ialah kepercayaan kepada Tuhan serta segala sesuatu yang bersangkut paut dengan itu. 9. Dengan beragama kita akan merasa aman dan memiliki ketetapan hati jika menghadapi sesuatu untuk penyelesaiannya. 10. Orang yang beriman adalah orang yang mengerti dan menerima Hukum abadi 11. Ateis adalah orang yang tidak percaya akan nilai-nilai abadi dan tidak berkiblat pada kebaikan serta menentang kebenaran. Agama Islam 12. Iman adalah percaya atau membenarkan. 13. Iman kepada Alloh adalah mempercayai atau meyakini akan adanya Alloh sebagai Tuhan YME dengan segala kemahasempurnaan-Nya. 14. Qadha’ : keputusan atau ketetapan Allah terhadap semua mahluk-Nya atas segala sesuatu yang akan terjadi di dunia maupun akhirat.

ii. Lumen Gentium 9 : “Allah mnyelamatkan orang-orang bukannya satu persatu tanpa hubungan satu dengan yang lainnya” Agama Kristen 19.sesame serta seluruh ciptaan. b. konsep tentang Allah konsep tentang ciptaan dimana manusia sebagai pusat iii. Agama adalah bimbingan karunia TIAN Tuhan YME untuk manusia agar mampu membina diri. Prinsip tata kehidupan beragama ialah: a. Konsep dasar yang merupakan inti agama diolah menjadi tatanan hidup yang diterapkan: i. Qadar : segala ketentuan Alloh yang telah terjadi. konsep tentang hubungan manusia dengan Allah. Sumber : Pendidikan Religiositas SMP kelas 3 Kanisius . Jalan suci ialah kehidupan yang mampu mengikuti suar Xing(watak sejati) manusia yaitu Firman Tuhan yang hidup di dalam diri manusia dan menjadi anugerah kekkuatan dan kemampuan untuk hidup di dalam dao. agama mengandung 3 unsur konsep dasar: i.900A (Depan Gang Rotan) (0711-9161211 / 0819-29357245) 15. merupakan suatu sikap “penyerahan diri seutuhnya kepada Allah” (Dei Verbum 5) 18. Agama Katolik 16. jalan yang diridoi TIAN 21. Dempo Dalam no. agar dapat hidup di dalam Dao. tatanan hukum iv. Iman berkembang menjadi pengharapan dan kasih. tatanan ajaran ii. 17.BIMBEL PRESTASI SMP/SMU Jl. tatanan kehukuman Agama Khonghucu 20. tatanan ibadat iii. Agama merupakan pengungkapan iman dalam arti luas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful