SATUAN ACARA PERKULIAHAN TEORI AKUNTANSI (S1 AKUNTANSI) KODE / SKS: KK-022317 / 3 SKS

Perte muan ke 1

Pokok Bahasan dan TIU

Sub Pokok Bahasan dan TIK

Teknik Pembela jaran Kuliah mimbar, diskusi.

Metode Pembela jaran Papan tulis, OHP

Referensi

Pengantar Teori Akuntansi dan Proses Akuntansi

1. Pengertian Akuntansi 2. Sifat Dasar Akuntansi 3. Siklus Akuntansi

1

Mahasiswa dapat Setelah menyelesaikan pembahasan materi ini mengingat kembali mahasiswa dapat: pemahaman terhadap a. Menjelaskan kembali pengertian akuntansi yang pengertian, sifat dasar, telah dikeluarkan oleh lembaga atau komite-komite dan siklus akuntansi. resmi b. Menguraikan secara detail beberapa image yang menggambarkan sifat akuntansi c. Menjelaskan sifat dasar atau prinsip-prinsip yang mendasari akuntansi keuangan d. Mengenal lebih jauh atau mengulang siklus akuntansi sebagai dasar yang sangat penting dalam memahami proses kelahiran laporan keuangan 2 Sejarah Perkembangan Akuntansi 1. Akuntansi dan Double Entry  Praktek Akuntansi  Sejarah Metode Pencatatan Double Entry Mahasiswa dapat 2. Perkembangan Ilmu Akuntansi memahami dan dapat 3. Sejarah Akuntansi di Indonesia menjelaskan sejarah  Zaman Kolonial Kuliah mimbar Papan tulis, OHP 1 2

3 Struktur Teori Akuntansi 1. Menjelaskan pengaruh negara lain terhadap akuntansi di Indonesia e. mahasiswa dapat: . tujuan laporan keuangan. Menjelaskan perkembangan dunia pendidikan tinggi akuntansi di Indonesia f. Menjelaskan tantangan akuntansi di era globalisasi.munculnya akuntansi double entry dan perkembangannya sebagai ilmu akuntansi serta perkembangan akuntansi di Indonesia         Zaman Penjajahan Belanda Zaman Penjajahan Jepang Zaman kemerdekaan Pengaruh Pola Belanda Pengaruh Pola Amerika Standar Akuntansi di Indonesia Pendidikan Akuntansi Tantangan Baru Akuntansi Setelah menyelesaikan pembahasan materi ini mahasiswa dapat: a. Menjelaskan sejarah perkembangan akuntansi di Indonesia mulai dari zaman Kolonial sampai dengan zaman Kemerdekaan d. Memprediksi perkembangan akuntansi di masa mendatang c. OHP 1 2 3 Mahasiswa dapat memahami dan dapat menjelaskan elemenelemen struktur teori akutansi. Elemen Struktur Teori Akuntansi 2. dan sifat Setelah menyelesaikan postulat akuntansi. Menjelaskan sejarah perkembangan akuntansi dari berbagai publikasi umum dan khusus b. Tujuan Laporan Keuangan 3. Sifat Postulat Akuntansi  Postulat Akuntansi  Konsep Teoritis Akuntansi  Prinsip Dasar Akuntansi  Standar Akuntansi pembahasan materi ini Kuliah mimbar Papan tulis.

Tujuan Akuntansi atau Laporan Keuangan  Menurut PAI dapat  Menurut Standar Akuntansi Keuangan . Menjelaskan secara hirarki struktur teori akuntansi b. Mengetahui pihak-pihak yang berhak membuat kebijakan akuntansi dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi penyusunan kebijakan akuntansi c. metode dan pendekatan dalam perumusan teori akuntansi. OHP 1 2 Setelah menyelesaikan pembahasan materi ini mahasiswa dapat: a. Menjelaskan sifat teori akuntansi d. Menjelaskan metode-metode dan pendekatan yang dapat digunakan dalam merumuskan teori akuntansi f. Menjelaskan perbedaan antara postulat. 1. 5. 6. OHP 1 2 3 5 Tujuan Laporan Keuangan Mahasiswa 1. Menjelaskan periodisasi akuntansi menurut beberapa ahli seperti Godfrey dan kawan-kawan e. konsep. prinsip dan standar akuntansi 4 Teori Akuntansi dan Perumusannya Mahasiswa dapat memahami dan dapat menjelaskan perlunya teori akuntansi.a. 7. pembuat kebijakan akuntansi. sifat dasar dan periodisasi teori akuntansi. dan perumusan teori akuntansi di Indonesia. Menjelaskan fungsi teori akuntansi menurut beberapa ahli b. Perumusan Tujuan Akuntansi 2. 2. 4. Teori Akuntansi Pembuat Kebijakan Akuntansi Difat Teori Akuntansi Periodisasi Teori Akuntansi Metode Perumusan Teori Akuntansi Pendekatan dalam Perumusan Teori Akuntansi Perumusan Teori Akuntansi di Indonesia Kuliah mimbar Papan tulis. Menjelaskan tujuan laporan keuangan baik secara umum maupun khusus c. 3. Menjelaskan bagaimana perumusan teori akuntansi di Indonesia Kuliah mimbar Papan tulis.

OHP 1 3 . Menjelaskan upaya-upaya yang telah dilakukan oleh profesi akuntansi dalam merumuskan standar. hubungan antara standar akuntansi dan perangkat peraturan lainnya. Penyusunan Kerangka Konseptual untuk Akuntansi berbagai sumber.menjelaskan proses  Menurut ASOBAT perumusan tujuan  Menurut APB Statement No. Pengukuran Akuntansi di Amerika Serikat 6. Lembaga yang Mencari Laba dan konsep-konsep  Tujuan Laporan Keuangan untuk dasar dalam penyusunan Lembaga yang bukan Mencari Laba laporan keuangan. Penyusunan Metode Standar Akuntansi di Inggris menyelesaikan pembahasan materi ini 6 Standar Akuntansi Mahasiswa dapat menjelaskan lembaga yang menyusun standar akuntansi di berbagai negara. Pengertian dan Sumber Standar Akuntansi Kuliah 2. Keuangan penyusunan kerangka  Tujuan Laporan Keuangan untuk konseptual akuntansi. Menjelaskan Konsep Dasar Laporan Keuangan 1. Penyusunan Metode Standar Akuntansi di Amerika Serikat 5. Konsep Dasar Laporan Keuangan Setelah menyelesaikan pembahasan materi ini mahasiswa dapat: a. Menjelaskan Kerangka Konseptual untuk Akuntansi Keuangan menurut beberapa ahli atau lembaga profesi akuntansi c. 4. Hubungan Standar Akuntansi dengan Perangkat mimbar Peraturan Lainnya 3. Perkembangan Pihak yang Menyusun Standar Akuntansi 7. prinsip akuntansi dan tujuan laporan keuangan baik di luar negeri maupun di Indonesia b. proses penyusunan standar akuntansi di berbagai negara terutama Setelah Papan tulis. 4 laporan keuangan. isi  Menurut Laporan Trueblood Committe tujuan akuntansi dari 3. Penyusunan Standar Akuntansi di USA 4. Penyusunan Standar Akuntansi di Indonesia 8.

Menjelaskan pengertian standar akuntansi dan lembaga-lembaga resmi yang menyusunnya baik di luar negeri maupun di Indonesia b. unsur-unsur neraca dan konsep yang Setelah menyelesaikan pembahasan materi ini mendasarinya. OHP 1 2 3 7 Laporan Keuangan : Neraca Mahasiswa dapat menjelaskan konsep. Menjelaskan dasar-dasar penyusunan standar akuntansi di Amerika Serikat dan konsep pengukuran yang banyak dianut di Amerika Serikat e. mahasiswa dapat: keterbatasan laporan a. Menjelaskan Jenis-jenis Laporan Keuangan baik keuangan menurut PSAK maupun FASB. mahasiswa dapat: a. Keterbatasan Laporan Keuangan Papan tulis. Catatan dan Penjelasan Laporan Keuangan 6. Menjelaskan isi laporan keuangan dan pendekatan yang digunakan dalam mengkaji elemen-elemen laporan keuangan c.Indonesia. Jenis Laporan Keuangan Kuliah 2. Jenis Laporan Keuangan mimbar 3. Menjelaskan hubungan antara Standar Akuntansi Keuangan Indonesia dengan Norma Pemeriksaan Akuntan d. Laporan Periodik yang Diwajibkan SEC 5. Khusus untuk Neraca 4. Menjelaskan kaitan antara FASB atau SFAS dengan profesi akuntansi c. isi dan jenis laporan keuangan baik secara umum maupun yang diwajibkan. b. Peristiwa Kemudian 7. Menjelaskan bentuk-bentuk neraca dalam . Menjelaskan fase-fase perumusan standar akuntansi menurut beberapa ahli 1. Menjelaskan arti neraca dan komponen-komponen yang ada di dalamnya d. Isi dan Elemen Laporan Keuangan.

Menjelaskan penerapan konsep Matching dalam perlakuan atau pengakuan biaya dan penghasilan c. Biaya dan Laba Pengakuan Penghasilan Bentuk Penyajian Laba Rugi Income Smoothing Perubahan Akuntansi Kuliah mimbar Papan tulis. Menjelaskan pengaruh perubahan prinsip-prinsip akuntansi baik terhadap periode berjalan maupun periode yang lalu 9 Laporan Arus Kas 1. hubungan antara neraca dan laba rugi b. Hubungan Rugi Laba dan Neraca Konsep Matching Definisi Hasil. Pengelompokan dalam Laporan Arus Kas Mahasiswa dapat 3. Menjelaskan keterbatasan-keterbatasan yang melekat pada laporan keuangan 8 Laporan Laba Rugi 1. isi dan bentuk laporan arus Setelah menyelesaikan pembahasan materi Kuliah mimbar ini Papan tulis. 5. Tujuan Laporan Arus Kas 2. 3. Isi dan Bentuk Laporan Arus Kas menjelaskan tujuan. Menjelaskan pendekatan-pendekatan daslam minilai perubahan akuntansi. Membuat rincian laporan periodik yang diwajibkan oleh Badan Pengawas Pasar Modal baik di Indonesia maupun di Amerika f. 6. OHP 1 2 3 Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara laporan laba rugi dengan neraca. income mahasiswa dapat: smoothing. pengakuan Setelah menyelesaikan pembahasan materi ini penghasilan. OHP 1 3 . konsep panandingan penghasilan dengan biaya. dan a. 4. 2. Menjelaskan cara-cara dalam melakukan income smoothing e. 7.penyajiannya e. Menjelaskan bentuk-bentuk penyajian laporan laba rugi d.

Menjelaskan polemik atau permasalahan yang muncul muncul dalam memanfaatkan laba akuntansi dalam pengambilan keputusan ekonomi b.kas. Akuntansi Inflasi mimbar • General Price Level • Current Cost Accounting 3. Laba Akuntansi dan Money Income menjelaskan beberapa • Modal (capital) kontroversi pendapat • Replacement Cost Income tentang laba antara laba 4. Laba Menurut Konsep Akuntansi menurut konsep ekonomi dengan laba Setelah menyelesaikan pembahasan materi ini menurut konsep mahasiswa dapat: akuntansi. Menjelaskan perbedaan antara money income dengan accounting income c. OHP 1 2 10 Konsep Laba 1. Menjelaskan bentuk-bentuk penyajian laporan arus kas dan isi yang ada di dalamnya Kuliah mimbar Papan tulis. Penilaian dan Perbandingan terhadap Model Akuntansi 6. dan pemakai lainnya b. Polemik tentang Laba 2. Ilustrasi Beberapa Alternatif Model Akuntansi Papan tulis. kreditur. Memberikan ilustrasi perbedaan konsep-konsep laba dengan kasus Akuntansi Inflasi. OHP 1 . model-model akuntansi 11 1. Menjelaskan kegunaan laporan arus kas bagi para investor. Menjelaskan pengelompokan penerimaan dan pengeluaran dalam penyajian arus kas c. mahasiswa dapat: a. Model Akuntansi 5. Laba Ekonomi Mahasiswa dapat 3. Monetary Non Monetary Items 4. Model Penilaian dan Penentuan Laba Mahasiswa dapat menjelaskan pengaruh inflasi terhadap laporan keuangan konvensional. a. Perubahan dari Konsep Stable Monetary Unit Kuliah 2.

Menjelaskan model-model akuntansi dalam penilaian aktiva dan penentuan laba f. sampai saat ini b. OHP 1 . Menjelaskan metode-metode yang digunakan dalam akuntansi inflasi d. Memberikan gambaran secara jelas beberapa alternatif model akuntansi dengan menggunakan kasus. Trend Akuntansi 2. Krisis Akuntansi Masa Depan Setelah menyelesaikan pembahasan materi ini mahasiswa dapat: a. Menjelaskan unsur-unsur yang masuk dalam monetary dan nonmonetary e. Efficiensi Market Hypothesis 7. 1. budaya dan politik bangsa. Akuntansi dan Pembangunan Berkelanjutan 6. Multidicipline Paradigm 5. dan a. Beberapa Topik Baru dalam Akuntansi • Triple Entry System • Employee Reporting • Value Added Reporting 3.untuk menghasilkan laporan keuangan yang Setelah menyelesaikan pembahasan materi ini sesuai dengan kenyataan mahasiswa dapat: pada saat inflasi. 12 Trend dalam Akuntansi Mahasiswa dapat menjelaskan beberapa trend dalam akuntansi sebagai akibat dari perkembangan sosial ekonomi. Menjelaskan beberapa alasan yang mendukung perbandingan antara masih diterapkannya historical cost accounting berbagai model tersebut. Akuntansi Perilaku 4. Menjelaskan kritik yang muncul atas kegunaan laporan keuangan pada masa inflasi c. Menjelaskan beberapa trend dalam akuntansi yang merupakan arah yang kemungkinan akan dituju oleh ilmu akuntansi Kuliah mimbar Papan tulis.

b. Menjelaskan perlunya alat ukur akuntansi untuk memudahkan para pengambil keputusan dalam mengatur masalah pembangunan. Mengetahui topik-topik baru yang dalam perkembangan terakhir masih terus menjadi bahan riset dan pengembangan bidang akuntansi d. Menjelaskan penerapan teori Efficiensi Market Hypothesis dalam pasar modal h. dan aspek sosial ekonominya g. Menjelaskan beberapa pendapat tentang pengaruh dari akuntansi perilaku e. lingkungan. Menjelaskan tantangan-tantangan yang dihadapi akuntansi konvensional pada saat sekarang dan masa depan . Menjelaskan Mega Trend Akuntansi c. Mejelaskan bidang-bidang pengembangan ilmu menurut beberapa ahli f.