VERA OKTA SANTI

ILMU BILOGI  Ilmu pengetahuan lahir dari suatu rangkaian aktifitas akal manusia yg di susun secara sistematis.Semua yg di namakan ilmu pengetahuan selalu memiliki syarat-syarat atau ciri-ciri tertentu . 1.

 Memiliki objek  Memiliki metode  Bersifat sistematis  Universal  Objektif  Analistis  Verifikatif .

. Bilogi merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan.serta mikroorganisme yg dapat di lihat denagan mata telanjang maupun dengan menggenakan bantuanmikroskop. Objek kajian biologi meliputi manusia. hewan.DI sebut ilmu hayatyaitu ilmu pengetahuan yg mempelajari tentang makhluk hidup.tumbhan.

Ilmu yang mempelajari tentang faal/fungsi kerja tubuh Entomologi : Ilmu yang mempelajari tentang serangga Genetika. rekayasa kimia untuk bahan pangan dan peningkatan kesejahteraan manusia. Ekologi : Ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan Embriologi : Ilmu yang mempelajari tentang perkembangan embrio Fisiologi.             a.Taksonomi:mempelajai tentang penggolongan makhluk hidup Anatomi : Ilmu yang mempelajari tentang bagian-bagian struktur tubuh dalam makhluk hidup Agronomi : Ilmu yang mempelajari tentang tanaman budidaya Botani : ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan Bakteriologi : Ilmu yang mempelajari tentang bakteri terpadu yang meliputi prosesbiokimia. mikrobiologi. ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat Histologi : Ilmu yang mempelajari tentang jaringan Palaentologi : Ilmu yang mempelajari tentang fosil .

 Bagaimana para ilmuan biasa menemukan suatu teori/ hokum tertentu  Para ilmuan berkerja secara sistematis.teliti.Jadi yg di maksut dengan metode ilmiah adalah langkah-langkah yg di susun secara sistematis untuk memper oleh ilmu pengetahuan yg dapat di pertanggung jawabkan kebenarannya .tekun.Langkah langkah yg di gunakan oleh para ilmuan dalam melakuan penelitian di kenal dengan istilah “metode ilmiah”.

         merumuskan masalah merumuskan tujuan penelitian menyusun kerangka teori menentukan variable merumuskan hipotesis melakukan eksperimen mengumpulkan data .mengolah data dan menganalisis data membuat kesimpulan .

  Atom jaringan molekul sel Organ organisme biosfer populasi ekosistem bioma .

jaringan sekumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama.Sel Susunan dari molekul besar(bahan organic).contoh bakteeriofage. Jaringan-jaringan yang berbeda dapat bekerja sama untuk suatu fungsi fisiologi yang sama membentuk organ.1nm 2. .Molekul Bagian dari subsantasi atau materi yg menyusun sustu benda 3. Jaringan dipelajari dalam cabang biologi yang dinamakan histologi.ukuran 10-100nm. Teori sel yaitu Sel sabagai unit struktual makluk hidup(schlaeiden dan schwam) Sel sebagai unit fungsional makhluk hidup(max schultze) Sel sebagai unit pertumbuhan makhluk hidup (rudlof vichow) Sel sebagai unit hereditas makhliuk hidup(gregor mendel) 4.             1. sedangkan cabang biologi yang mempelajari berubahnya bentuk dan fungsi jaringan dalam hubungannya dengan penyakit adalah histopatologi.memiliki ukuran 0.Atom Bagian yg tekecil dari suatu organism.banyak uniselulre(satu sel)memiliki ukuran di bawah sel hewan atau tumbuhan multiseluler.

.              5.Populasi Kelompok individu yg memiliki jenis spesies yg sama dan menepati areal tertentu 9.System organ Beberapa organ yg secara besama-sama menjalankan suatu fungsi 7.Organisme Kumpulan beberapa macam sistemorang yg saling berinteraksi dalam melakukan fungsi bersama sama 8.Ekosistem Interaksi antar komunitas beserta lingkungan sbiotiknya 11.Biosfer Kesatuan berbagai ekosistem.Organ Kumpulan dari berbagai jarinagn yg berkerja sama dalam melakukan fungsi tertentu 6.meliputi organism an lingkungan yg berinteraksi untuk berlangsungnya system pendayagunaan energy daur ulang materi.Komunitas Kumpulan populasi beberapa macam spesies yg menduduki suatu abitat 10.

mikrobiologi.dengan memepelajari ilmu anatomi.dengan memanfaatkannya apat mnghasil kn makanan bernilai gizi.BIDANG INDUSTRI Industri makanan dan minuman memanfaatkan biologi terutama mikrobiologi.  .  BIDANG PERTERNAKA DAN PERIKANANi Dapat menghaslkan produk yg tinngi dengan menngunaknakan teknik “inseminas buatan pda berbagai hewan ternak.  BIDANG FARMASI Banyak di temuka obat berbagai penyakit termasuk antibiotic dan vaksin.  BIDANG KEDOKTERAN Dapat membantu meneliti penyakit tertentu dan menemukan obat .  BIDANG PERTANIAN Banyak di temukan bibit unggul yg tahan lhama dan penyakit dan di temukan pupuk buatan.histology.

good luck .