P. 1
HEMOSTATIK

HEMOSTATIK

|Views: 727|Likes:
Published by Eric Morton

More info:

Published by: Eric Morton on May 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/13/2013

pdf

text

original

HEMOSTATIK Hemostatik adalah zat atau obat yang digunakan untuk menghentikan pendarahan. Hemostatika dibagi 2 yaitu : 1.

Hemostatika lokal a. Hemostatika serap Menghentikan pendarahan dengan pembentukan suatu bekuan buatan atau memberikan jala serat – serat yang mempermudah pembekuan bila diletakkan langsung pada permukaan yang berdarah. Dengan kontak pada permukaan asing, trombosit akan pecah dan membebaskan faktor yang memulai proses pembekuan darah. Contoh hemostatik ini adalah spons gelatin, oksisel dan busa fibrin insani. Digunakan untuk menghentikan perdarahan yang berasal dari pembuluh darah kecil saja. b. Astringen Bekerja lokal dengan mengendapkan protein darah sehingga pendarahan dapat dihentikan. c. Koagulan Ada dua cara kerjanya dalam menimbulkan hemostatik yaitu : dengan mempercepat perubahan protrombin menjadi trombin dan secara langsung menggumpalkan fibrinogen. 2. Hemostatika sistemik Dengan pemberian transfusi darah, seringkali pendarahan dapat dihentikan dengan segera. Hal ini terjadi karena pasien mendapatkan semua faktor pembekuan darah yang terdapat dalam darah transfusi. Keuntungan lain adalah perbaikan volume sirkulasi. Pendarahan yang disebabkan oleh defisiensi faktor pembekuan darah tertentu dapat diatasi dengan mengganti/memberikan faktor pembekuan yang kurang.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->