Arti, sejarah singkat logika, konsep-konsep dasar logika dan letak logika dalam ilmu pengetahuan

Arti dan Sejarah Singkat Logika    Logika adalah bahasa latin berasal dari kata „Logos‟ yg berarti perkataan atau sabda. Dalam keseharianLogis yang berarti masuk akal Irving M Copi : “ Logika adalah ilmu yg mempelajari metode dan hukum-hukum yg dipergunakan untuk membedakan penalaran yg betul dan penalaran yg salah” .

Theoprostus dan kaum Stoa. Bukubuku Aristoteles inilah yg menjadi dasar Logika Tradisional Mulai Abab XIII ditemukan metode baru yg berlainan dengan sistem logika Aristoteles.dan 6. semacam aljabar pengertian dengan maksud membuktikan kebenaran-kebenaran tertinggi. Metode ini dikenalkan oleh Raymundus Lullus yg mengenalkan metode baru logika yg disebut Ars magna.Analitica Posteriora (tentang pembuktian). Socrates dan Plato adalah perintis lahirnya Logika.3.De Interpretatie (mengenai keputusan).Analitica Priora (tentang silogisme). De Sophisticis Elenchis (mengenai kesalahan-kesalahan berpikir) Theoprostus dan kaum Stoa mengembangkan logika Aristoteles.Sejarah Logika      Kaum sofis. Categoriae (mengenai pengertian).5. Logika lahir sebagai ilmu atas jasa Aristoteles. Metode Raymundus ini kemudian kita kenal dengan Logika Modern . Topika (mengenai berdebat). 4. Aristoteles meninggalkan enam buku (Organon) yg terdiri dari : 1.2.

Pengetahuan (knowledge) adalah hasil dari aktivitas mengetahui. yakni tersingkapnya suatu kenyataan ke dalam jiwa hingga tidak ada keraguan terhadapnya Ilmu (science) menghendaki penjelasan lebih lanjut dari sekedar apa yg dituntut oleh pengetahuan . Dalam bahasa Indonesia “ilmu” seimbang dengan “science” dan dibedakan pemakaiannya secara jelas dengan kata “pengetahuan”.Arti Ilmu    Logika yg sedang kita pelajari adalah ilmu.

ia akan membantah jika dikatakan gabus pelampung itu tenggelam. Ini disebut “pengetahuan” baginya. Manakala Si buyung mengetahui bahwa berat jenis pelampung lebih kecil dari air dan ini mengakibatkan pelampung ini selalu terapung.  Si buyung mengetahui bahwa pelampung kailnya selalu terapung di air. . maka itu hal itu menjadi “ilmu” baginya.

2. tapi bersumber dari akal itu sendiri.Pembagian Ilmu 1. Logika masuk dalam kategori ilmu ini . seperti ilmu Kimia. Ilmu Kesehatan Ilmu a priori adalah ilmu-ilmu yg tidak kita peroleh dari pengalaman dan percobaan. ilmu Alam. Ilmu a posteori : adalah ilmu pengetahuan yg kita peroleh dari pengalaman indrawi.

Lantas apakah arti benar itu? Benar pada dasarnya adalah persesuaian antara pikiran dan kenyataan.kita akan berkata bahwa proposisi berikut adalah salah : batu lebih ringan daripada kapuk.Apa medan penyelidikan logika?rumusan apa yg hendak diusahakannya?   Logika menyelidiki. menyaring. dan menilai pemikiran dengan cara serius dan terpelajar serta bertujuan mendapatkan kebenaran. Sebaliknya kita akan menyatakan benar pada proposisi berikut : Bumi bergerak mengelilingi matahari. Napoleon adalah panglima perang yg ulung . Kepada Nabi Musa tuhan menurunkan kitab Injil.

fatimah adalah seorang bisu yg pandai berdebat. Pernyataan : Ia adalah orang jujur yg suka menipu. Suatu pernyataan dikatakan benar apabila tidak ada pertentangan dari awal hingga akhir. adalah pernyataan yg memperkosa prinsip yg disebut pertama . Ukuran kebenaran kedua adalah adanya persesuaian atau tidak ada pertentangan dalam dirinya.

B atau C. Jika kita mengakui bahwa sesuatu itu adalah Z maka ia adalah Z dan bukan A. Bila kita beri perumusan akan berbunyi : “Bila proposisi itu benar maka benarlah ia” .Prinsip ini mengatakan bahwa sesuatu itu adalah dia sendiri bukan lainnya. Asas identitas (principum identatis).Asas Berpikir 1.Ia adalah dasar dari semua pemikiran dan bahkan asas pemikiran yg lain.

2 Asas Kontradiksi (principium contradictoris). Prinsip ini mengatakan bahwa pengingkaran sesuatu tidak mungkin sama dengan pengakuannya. Jika kita mengakui bahwa sesuatu itu bukan A maka tidak mungkin pada saat itu ia adalah A. Jika dirumuskan :”tidak ada proposisi yang sekaligus benar dan salah” . sebab realitas ini hanya satu sebagaimana disebut pada asas identitas.

Asas ini mengatakan bahwa antara pengakuan dan pengingkaran kebenaran terletak pada salah satunya. karena itu disamping tidak mungkin benar keduanya juga tidak mungkin salah keduanya. Pengakuan dan pengingkaran merupakan pertentangan mutlak.Asas penolakan kemungkinan ketiga (principum exlusi tertii).3. Bila dirumuskan :”Suatu proposisi selalu dalam keadaan benar atau salah” .

Dari Segi Kualitasnya : Logika Naturalis : Kecakapan berlogika berdasarkan kemampuan akal bawaan manusia Logika Artifisial (logika Ilmiah): logika yg disusun berdasarkan hukum-hukum patokan dan rumus-rumus berpikir lurus . a.Pembagian Logika 1. b.

b.2.rumus2. Logika Material : mempelajari dasar-dasar persesuaian pikiran dengan kenyataan. Logika Tradisional b. Logika Modern 3. Dari Segi obyeknya : a. Dari segi metodenya : a. . Logika Formal : mempelajari dasar2 persesuaian (tidak adanya pertentangan) dalam pemikiran dgn mempergunakan hukum2. dan patokan yg benar.

Meningkatkan cinta akan kebenaran dan menghindari kekeliruan serta kesesatan berpikir. Menambah kecerdasan dan meningkatkan kemampuan kemampuan berpikir secara tajam dan mandiri.dan metodis Meningkatkan kemampuan berpikir secara abstrak.Manfaat Logika     Membantu orang yg mempelajari logika untuk berpikir secara rasional. dan obyektif. lurus. tepat. kritis. . cermat. tertib.