TUGAS KEWARGANEGARAAN KELOMPOK 5 WAWASAN NUSANTARA

Nopiyanti Handayani 110 2009 205 Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi
NOPIYANTI HANDAYANI – KAB. MAMUJU Page 1

NOPIYANTI HANDAYANI 1102009205 TUGAS KEWARGANEGARAAN Analisa strategi pendidikan kewarganegaraan tentang Wawasan Nusantara dalam menerapkan ilmu kesehatan dan Kedokteran studi kasus Di Kabupaten MAMUJU. berbangsa. Tentang wawasan Nusantara Kehidupan manusia di dunia mempunyai kedudukan sebagai hamba Tuhan YangMaha Esa dan sebagai wakil Tuhan (Khalifatullah) di bumi yang menerima amanat-NYA untuk mengelola kekayaan alam. Adapun sebagai wakil Tuhan di bumi. manusia dalam Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia diri dan lingkungannya. dan bernegara NOPIYANTI HANDAYANI – KAB. MAMUJU Page 2 . dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat. LATAR BELAKANG : 1. BAB I PENDAHULUAN A.

Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai Satu Kesatuan Politik. dalam arti : a) Bahwa masyarakat Indonesia adalah satu. senasib sepenanggungan. perikehidupan bangsa harus merupakan kehidupan bangsa yang serasi dengan terdapatnya tingkat kemajuan masyarakat yang sama. sebangsa. g) Bahwa bangsa Indonesia yang hidup berdampingan dengan bangsa lain ikut menciptakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan. sedangkan corak ragam budaya yang ada menggambarkan kekayaan budaya bangsa yang menjadi modal dan landasan pengembangan budaya bangsa seluruhnya. dalam arti : a) Bahwa kekayaan wilayah Nusantara baik potensial maupun efektif adalah modal dan milik bersama bangsa. c) Bahwa secara psikologis. dan bahwa keperluan hidup sehari-hari harus tersedia merata di seluruh wilayah tanah air. bangsa Indonesia harus merasa satu. b) Bahwa bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku dan berbicara dalam berbagai bahasa daerah serta memeluk dan meyakini berbagai agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa harus merupakan satu kesatuan bangsa yang bulat dalam arti yang seluas-luasnya. Isi Wawasan Nusantara Wawasan Nusantara mencakup : 1. dengan tidak menolak nilai – nilai budaya lain yang tidak bertentangan dengan nilai budaya bangsa. Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu Kesatuan Ekonomi. dalam arti : a) Bahwa kebulatan wilayah nasional dengan segala isi dan kekayaannya merupakan satu kesatuan wilayah. dan setanah air. ruang hidup. merata dan seimbang. e) Bahwa kehidupan politik di seluruh wilayah Nusantara merupakan satu kesatuan politik yang diselenggarakan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. serta mempunyai tekad dalam mencapai cita-cita bangsa. tanpa meninggalkan ciri khas yang dimiliki oleh daerah dalam pengembangan kehidupan ekonominya. dan keadilan sosial melalui politik luar negeri bebas aktif serta diabdikan pada kepentingan nasional. b) Tingkat perkembangan ekonomi harus serasi dan seimbang di seluruh daerah. dan mengarahkan bangsa menuju tujuannya. c) Kehidupan perekonomian di seluruh wilayah Nusantara merupakan satu kesatuan ekonomi yang diselenggarakan sebagai usaha bersama atas asas kekeluargaan dan ditujukan bagi sebesarbesar kemakmuran rakyat. f) Bahwa seluruh Kepulauan Nusantara merupakan satu kesatuan sistem hukum dalam arti bahwa hanya ada satu hukum nasional yang mengabdi kepada kepentingan nasional. d) Bahwa Pancasila adalah satu-satunya falsafah serta ideologi bangsa dan negara yang melandasi. MAMUJU Page 3 . dan kesatuan matra seluruh bangsa serta menjadi modal dan milik bersama bangsa.B. NOPIYANTI HANDAYANI – KAB. 3. wadah. 2. b) Bahwa budaya Indonesia pada hakikatnya adalah satu. membimbing. serta adanya keselarasan kehidupan yang sesuai dengan tingkat kemajuan bangsa. Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai Satu Kesatuan Sosial dan Budaya. yang hasil-hasilnya dapat dinikmati oleh bangsa. perdamaian abadi.

Wawasan Nusantara telah diterima dan disahkan sebagai konsepsi politik kewarganegaraan yang termaktub / tercantum dalam dasar-dasar berikut ini : . Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai Satu Kesatuan Pertahanan Keamanan.html NOPIYANTI HANDAYANI – KAB.TAP MPR nomor II/MPR/1983 tanggal 12 Maret 1983 Ruang lingkup dan cakupan wawasan nusantara dalam TAP MPR '83 dalam mencapat tujuan pembangunan nasionsal : .Kesatuan Sosial Budaya .Kesatuan Pertahanan Keamanan http://www.Kesatuan Ekonomi . dalam arti : a) Bahwa ancaman terhadap satu pulau atau satu daerah pada hakekatnya merupakan ancaman terhadap seluruh bangsa dan negara. b) Bahwa tiap-tiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam rangka pembelaan negara dan bangsa.Ketetapan MPR Nomor IV/MPR/1973 tanggal 22 maret 1973 .TAP MPR Nomor IV/MPR/1978 tanggal 22 maret 1978 tentang GBHN .com/doc/11572679/wawasan-nusantara http://syadiashare.4.com/wawasan-nusantara.scribd.Kesatuan Politik . MAMUJU Page 4 .

jagung. Tobadak. Areal persawahan terluas terdapat di Kecamatan Pangale (4.69%).). Barat : Selat Makasar. sedangkan ke dengan luas terkecil adalah Kecamatan Pedongga dengan luas 3. kacang tanah dan kedelai. Pada tahun 2009 hasil pertanian Kabupaten Mamuju didominasi tanaman padi. MAMUJU Page 5 .014.) dan Tommo (3. Luas Wilayah : Luas daerah Kabupaten Mamuju adalah 8.06 km2. sedangkan areal persawahan tersempit terdapat di Kecamatan Simboro dan Kepulauan yaitu 40 Ha dan Kecamatan Mamuju yang tidak mempunyai areal persawahan. ubi kayu. Selatan: Kabupaten Mamuju.935 Ha. Papalang.631 Ha atau 17. Padi yang dihasilkan mencapai   NOPIYANTI HANDAYANI – KAB. 15 Kecamatan dimaksud adalah Tapalang.62 persen dari seluruh luas wilayah Kabupaten Mamuju Utara.011 Ha (0. Sumber Daya Alam ( Buatan atau Industri ) : TANAMAN PANGAN Pada tahun 2009 luas sawah di Kabupaten Mamuju adalah 23. Simboro dan Kepulauan. Tapalang Barat. Mamuju. ubi jalar. Studi Kasus Kabupaten MAMUJU  Peta Wilayah : Kecamatan Baras merupakan kecamatan terluas dengan luas 53. terdiri atas 15 wilayah kecamatan. Kalukku. Sub sektor tanaman bahan makanan mencakup tanaman padi (padi sawah dan padi ladang). Tommo. Kalumpang. Kabupaten mempunyai batas wilayah: Utara : Kabupaten Donggala. Sampaga. Timur : Kabupaten Luwu Utara.294 Ha.430 Ha. 103 Desa dan 8 Kelurahan serta 2 Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT). Provinsi Sulawesi Tengah.2.

LISTRIK AIR DAN GAS Energi listrik di Mamuju dikelola oleh PLN. Perkebunan besar di Kabupaten Mamuju terdiri dari tiga perusahaan besar yaitu. Air minum di Kabupaten Mamuju. PLN mampu melayani hingga 17. Untuk melayani 4. Sedangkan produksi yang paling kecil di Kabupaten Mamuju adalah kacang hijau dengan produksinya hanya sebesar 218.227 ton. Dari kelima sumber listrik tersebut. banyaknya air minum yang didistribusikan oleh PDAM pada tahun 2009 adalah 1. listrik di Mamuju di pasok oleh empat sub ranting PLN.830 ton.135.65 ton dari perkebunan rakyat dan yang paling sedikit produksinya adalah Vanili yang hanya diproduksi sebesar 0. Pada tahun 2009. satu ranting PLN dan empat listrik desa.6 ton dan yang paling sedikit adalah ketimun yang di produksi sebesar 161. Untuk tanaman buahbuahan yang paling banyak di produksi di Mamuju adalah jeruk yaitu 286. Hasil perkebunan dari ketiga perusahaan tersebut adalah Kelapa Sawit sebanyak 148.692 ton.38 ton pada tahun 2009.268 pelanggan. tanaman biofarmaka dan tanaman hias.28 Ton.915 pelanggan.966. NOPIYANTI HANDAYANI – KAB. Suryaraya Lestari. Industri-industri tersebut mampu menyerap 1. Produksi tanaman sayur-sayuran yang paling dominan di Mamuju pada tahun 2009 adalah tomat dengan produksinya sebesar 607. Hasil tanaman perkebunan yang paling besar di Mamuju pada tahun 2009 adalah Kelapa dalam dengan produksinya 6.818. TANAMAN PERKEBUNAN Tanaman perkebunan terdiri dari perkebunan rakyat dan perkebunan besar.254 pelanggan.380.3 ton.18 Ton.662 tenaga kerja dengan 544 pekerja pada industri rumah tangga dan 1. HORTIKULTURA Sub sektor hortikultura. terdiri dari tanaman sayur-sayuran dan buah-buahan. dengan KVA daya terpasangnya sebesar 19. dan PT Tunas Fajar Perkasa. dikelola oleh PDAM.1 KVA Mayoritas pelanggan adalah pada golongan rumah tangga 1 yaitu sebanyak 14.118 pekerja pada industri kecil. MAMUJU Page 6 .700 M3.Sedangkan buah-buahan yang paling sedikit di produksi adalah pepaya dengan berat 4. PERINDUSTRIAN Pada sektor Industri di Kabupaten Mamuju terdapat 419 industri dengan 157 industri rumah tangga dan 262 industri kecil.136. PT Manakara Unggul Lestari.

Pelayanan kesehatan dengan menyiapkan sarana dan prasarananya seperti : pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah kelas III. Jawa dan Bali. jumlah penduduk paling besar berada pada kelompok umur 5-9 tahun yaitu sebesar 41. Pembinaan generasi muda dan penyuluhan bagi wanita untuk menunjang pembangunan di KTM Tobadak. Secara keseluruhan. Penduduk Mamuju paling besar berada di Kecamatan Kaluku yaitu sebesar 45.  Budaya Daerah : Adat istiadat dan pranata sosial masyarakat di kawasan KTM secara umum dipengaruhi oleh budaya Mandar. Melakukan penyuluhan dan pembinaan keluarga berencana menuju keluarga yang harmonis dan sejahtera 5. Hal ini dapat dilihat dari mayoritas rasio jenis kelamin masing-masing kecamatan yang mempunyai nilai lebih dari 100. melalui pembentukan Karang Taruna . 6.  NOPIYANTI HANDAYANI – KAB. Balai Pengobatan .Hukum adat yang berlaku dikawasan KTM adalah Hukum Adat Suku Mandar. Puskesmas . B dan C 3.179 jiwa. MAMUJU Page 7 . Angka ini menunjukkan adanya pertumbuhan penduduk di Mamuju sebear 3. Namun demikian. penyuluhan keterampilan bagi wanita serta pengadaan sarana dan prasarana pendukung seperti keterampilan menjahit serta pengadaan mesin jahit. Membentuk kelompok Belajar Paket A. kecamatan yang mempunyai kepadatan penduduk paling tinggi adalah Kecamatan Mamuju dengan kepadatan penduduk 266. Sumber Daya Manusia : PENDUDUK Berdasarkan hasil proyeksi. Pembinaan dan Penyuluhan serta peningkatan pendidikan bagi keluarga dengan tingkat pendidikan rendah. Bugis/Makassar. 2. yang mana setiap adanya permasalahan selain diselesaikan dengan hukum Pengembangan Sosial Budaya: 1. Jenis kelamin dari penduduk Mamuju lebih besar lakilaki dibandingkan dengan perempuan.PERTAMBANGAN Jenis bahan galian yang banyak terdapat di Kabupaten Mamuju adalah pasir.053 jiwa. Penyuluhan dan pembinaan keterampilan masyarakat untuk secara bersama-sama menjaga lingkungan 4.443 jiwa. penduduk Mamuju pada tahun 2009 berjumlah 315.14% dibandingkan dengan tahun 2008. pengadaan tenaga medis dan obat-obatan.57 jiwa per km persegi. sirtu dan tanah urug.

Luas Wilayah Dan Rata-Rata Anggota Rumah Tangga menurut Kecamatan di Kabupaten Mamuju Tahun 2009 Tabel 3.40 persen. Dari jumlah tersebut.473 orang yang ditempatkan.60 persen. pendidikan. NOPIYANTI HANDAYANI – KAB. dan kesehatan.KETENAGAKERJAAN Persentase penduduk berusia 15 tahun ke atas yang termasuk angkatan kerja di Mamuju adalah 68.4 Banyaknya Penduduk menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin di Kabupaten Mamuju Tahun 2009 Tabel 4.30 persen mencari pekerjaan.3 Penduduk Menurut Jenis Kelamin Dirinci Menurut Kecamatan di Kabupaten Mamuju Tahun 2009 Tabel 3. yang berjenis kelamin Laki-laki adalah 5.1 Banyaknya Rumah Tangga. Menurut Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Mamuju bahwa pencari kerja di Kabupaten Mamuju pada tahun 2009 berjumlah 11.139 orang. Tahun 2009 Tabel 4.076 orang.47 persen mengurus rumah tangga.2 Penduduk 15 Tahun Ke Atas Yang Bekerja menurut Lapangan Usaha Utama di Kabupaten Mamuju Tahun 2009  Perkembangan Penduduk : KEMISKINAN Penduduk miskin adalah penduduk yang memiliki rata-rata pengeluaran per kapita per bulan berada di bawah garis kemiskinan.42 persen sekolah. pendekatan yang dilakukan oleh BPS adalah konsep kemampuan memenuhi kebutuhan dasar (basic needs aproach). 18.605 dan perempuan sebanyak 5. Banyaknya pendaftaran pada tahun 2009 adalah 11. dengan 7.2 Banyaknya Jumlah Penduduk menurut Kecamatan Tahun 2006 – 2009 Tabel 3.10 persen bekerja dan 2. yakni ketidakmampuan memenuhi kebutuhan dasar makanan yang disetarakan 2100 kilokalori serta kebutuhan bukan makanan.1 Persentase Penduduk Berumur 15 Tahun Keatas yang Bekerja menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin di Kabupaten Mamuju. dengan 66. Mayoritas dari pencari kerja berpendidikan S1 dengan jumlah 3.71 persen adalah kegiatan lainnya. Daftar Tabel Kategori PENDUDUK DAN KETENAGAKERJAAN Tabel 3.534 . dan 5. yakni kebutuhan minimum perumahan. sandang. Sedangkan persentase penduduk yang bukan angkatan kerja adalah 31. MAMUJU Page 8 . Dari jumlah tersebut hanya sebesar 1.492 orang.

http://www. Untuk bangsa. 4.600 pada tahun 2005 menjadi Rp 147. agar pemerintah daerah lebih memperhatikan bidang kesehatan. MAMUJU Page 9 .pdf http://mamujukab. Mengapa memilih Kabupaten MAMUJU ? C. Bagaimana cara kita menunjukan WAWASAN NUSANTARA melalui bidang kesehatan? 3.go. Apa hubungan WAWASAN NUSANTARA dengan masalah kesehatan yang ada di Kabupaten MAMUJU? 2.13% pada tahun 2009.96% pada tahun 2005 turun menjadi 8.go. apa arti dari ligkungan dan kehidupan bermasyarakat tentunya dalam bidang Kesehatan 2. MAMUJU apa tindakan kita? 4.Persentase penduduk miskin di Kabupaten Mamuju dari tahun 2005 hingga tahun 2009 menurun dari tahun ke tahun. Bilamana terjadi kesulitan dalam memfasilitaskan kesehatan di Kab.id/ B. dapat melihat secara luas dan dari sudut pandang bahwa mahasiswa juga berhak untuk menyampaikan pendapat dan aspirasi mereka. RUMUSAN MASALAH 1.669 pada tahun 2009. Untuk fakultas kedokteran. Untuk mahasiswa manfaatnya adalah agar mahasiswa mengetahui bahwa pentingnya mengetahui wawasan nusantara. Sedangkan garis kemiskinan dari tahun ke tahun terus meningkat yaitu Rp111. 3. Yaitu dari 15. Untuk pemerintah daerah.bps. TUJUAN DAN ANALISA 1.depnakertrans.id/microsite/KTM/uploads/TOBADAK. tugas ini bernilai tinggi karena mengetahui daerah daerah yang terpencil dan mungkin bidang medis sangat minim. NOPIYANTI HANDAYANI – KAB. dengan cara dan kebudayaan masing masing wilayah yang mereka percaya itu yang terbaik.

dorongan serta rambu-rambu dalam menentukan segala kebijaksanaan. MAMUJU Page 10 . Tujuan Wawasan Nusantara adalah mewujudkan nasionalisme yang tinggi di segala bidang dari rakyat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan orang perorangan.shvoong. tindakan dan perbuatan. motivasi. KONTRIBUSI ANALISA Fungsi Wawasan Nusantara adalah pedoman.com/humanities/history/2203924-pengertian-wawasannusantara-fungsi-dan/#ixzz1pfhcx8Mk E. kelompok. NOPIYANTI HANDAYANI – KAB.D. keputusan. Penulis membaca buku tentang WAWASAN NUSANTARA dan menelusuri situs-situs internet terkait peristiwa di SULAWESI Khususnya Kabupaten MAMUJU . suku bangsa/ daerah Sumber: http://id. golongan. bernegara dan berbangsa. METODE ANALISA Penulis menggunakan metode studi literatur dalam membuat tulisan ini. balk bagi penyelenggara negara di tingkat pusat dan daerah maupun bagi seluruh rakyat dalam kehidupan bermasyarakat.

. Edisi ke 2.Pd. Namun tidak semua bangsa memiliki wawasan nasional Inggris adalah salah satu contoh bangsa yang memiliki wawasan nasional yang berbunyi” Britain rules the waves”. Apakah wawasan Nusantara itu? Secara konsepsional wawasan nusantara (Wasantara) merupakan wawasan nasionalnya bangsa Indonesia. M. yaitu benua Asia dan Australia dan dua samudera. Wawasan berasal dari kata wawas (bahasa Jawa) yang berarti pandangan. S. Nusantara berasal dari katanus a danantar a.BAB II LANDASAN BUKU TENTANG WAWASAN NUSANTARA Nama buku : Winarno. Pradigma Baru Pendidikan. Berdasarkan pengertian modern. Wawasan berarti pula cara pandang. yaitu Samudera Hindia dan Pasifik. Selanjutnya muncul kata mawas yang berarti memandang. tetapi juga lautnya. Wawasan artinya pandangan. meninjau atau melihat. Adapun bangsa Indonesia memiliki wawasan nasional yaitu wawasan nusantara. Wawasan Nusantara berasal dari kata Wawasan dan Nusantara. laut dan udara diatasnya dipandang sebagai ruang hidup (lebensraum) yang satu atau utuh. tujuan.. Wawasan nusantara sebagai wawasan nasionalnya bangsa Indonesia dibangunatas pandangan geopolitik bangsa. tanggap indrawi. penglihatan. Perumusan wawasan nasional bangsa Indonesia yang selanjtnya disebut Wawasan Nusantara itu merupakan salah satu konsepsi politik dalam ketatanegaraan Republik Indonesia. Antara artinya menunjukkan letak anatara dua unsur. Wawasan nasional itu selanjutnya menjadi pandangan atau visi bangsa dalam menuju tuannya. Nusantara artinya kesatuan kepulauan yang terletak antara dua benua.Si. Jadi wawasan nusantara merupakan penerapan dari teori geopolitik bangsa Indonesia. Pandangan bangsa Indonesia didasarkan kepada konstelasi lingkungan tempat tinggalnya yang menghasilakan konsepsi wawasan Nusantara. Kewarganegaraan Pendahuluan Kuliah diperguruan Tinggi. Ini berarti tanah inggris bukan hanya sebatas pulaunya. NOPIYANTI HANDAYANI – KAB. MAMUJU Page 11 . Nusa artinya pulau atau kesatuan kepulauan. cara melihat. Sebagai Wawasan nasional dari bangsa Indonesia naka wilayah Indonesia yang terdiri dari daratan. tinjauan atau penglihatan indrawi. kata “Nusantara” digunakan sebagai pengganti nama Indonesia. Tentang wawasan Nusantara halaman 142 -165 Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia Cara pandang suatu bangsa memandang tanah air dan beserta lingkungannya menghasilkan wawasan nasional.

asas. berbangsa. kita sebaiknya terlebih dahulu mengerti dan memahami pengertian . Pengertian Wawasan Nusantara Berdasarkan Beberapa Tinjauan Kenegaraan a. Penerbit buku ini adalah Alfabeta pada tahun 2010. Dr. Wawasan Nusantara dalam kehidupan Nasional yang mencakup kehidupan politik. Sebagai satu kesatuan negara kepulauan.Pd. berbangsa. Pengertian wawasan nusantara.Wawasan Nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya sebagai negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam. c. Wan usman (Ketua Program S-2 PKN – UI ) “wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam. kedudukan dan fungsi serta tujuan wawasan nusantara. Hamid Darmadi. dan pola tindak yang senantiasa mengutamakan kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia di atas kepentingan pribadi dan atau golongan. menurut kelompok kerja wawasan nusantara. ” 2. IMPLEMENTASI WAWASAN NUSANTARA DALAM KEHIDUPAN NASIONAL Dalam rangka menerapkan wawasan nusantara. MAMUJU Page 12 . sosial budaya dan pertahanan keamanan harus tercermin dalam pola pikir.ajaran dasar. pola sikap. dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional. Dr. b.”. M. Hal tersebut disampaikannya saat lokakarya wawsan nusantara dan ketahanan nasional di Lemhanas pada Januari 2000. A. Ia juga menjelaskan bahwa wawasan nusantara merupakan geopolitik indonesia. secara konseptual. geopolitik Indonesia dituangkan dalam salah satu doktrin nasional yang disebut NOPIYANTI HANDAYANI – KAB. Pengertian wawasan nusantara menurut prof. yang diusulkan menjadi ketetapan majelis permusyawaratan rakyat dan dibuat di Lemhanas tahun 1999 adalah sebagai berikut: “cara pandang dan sikap bangsa indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang berseragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelengarakan kehidupan bermasyarakat. dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional. Konsep geopolitik dan geostrategi Bila diperhatikan lebih jauh kepulauan Indonesia yang duapertiga wilayahnya adalah laut membentang ke utara dengan pusatnya di pulau Jawa membentuk gambaran kipas. Atau cara pandang dan sikap bangsa Indonesia menganai diri dan lingkungannya. ekonomi. 1. berbangsa dan bernegara. hakikat . Buku ke 2 : Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan yang disusun oleh Prof. dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayahh dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat. Pengertian wawasan nusantara berdasarkan ketetapan majelis permusyawarahan rakyat tahun 1993 dan 1998 tentang GBHN adalah sebagai berikut: wawasan nusantara yang merupakan wawasan nasional yang bersumber pada Pancasila dan berdasarkan UUD 1945 adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat.

berdaulat. air (laut) termasuk dasar laut dan tanah di bawahnya dan udara di atasnya secara tidak terpisahkan. sedangkan geostrategi Indonesia diwujudkan melalui konsep Ketahanan Nasional yang bertumbuh pada perwujudan kesatuan ideologi. sikap pendirian dan keyakinan Bangsa Indonesia yang telah lama dikenal dan dianutnya. maka diperlukan strategi besar (grand strategy) maritim sejalan dengan doktrin pertahanan defensif aktif dan fakta bahwa bagian terluar wilayah yang harus dipertahankan adalah laut. TAP MPR No IV/MPR/1978 tanggal 22 maret 1978 tentang GBHN c.IV tahun 1973. bermartabat serta menjiwai tata hidup dalam mencapai tujuan perjuangan nasional. Wawasan Nusantara telah diterima dan disahkan sebagai konsepsi politik kewarganegaraan yang tercantumm dalam beberapa ketetapan berikut ini : a. ekonomi. Kesatuan Sosial Budaya d. Wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia Nusantara (archipelagic) dipahami sebagai konsep kewilayahan nasional dengan penekanan bahwa wilayah negara Indonesia terdiri dari pulau-pulau yang dihubungkan oleh laut. Kesatuan Politik b. dan hankam. yaitu TAP MPR NOPIYANTI HANDAYANI – KAB. Sedangkan Wawasan Nusantara adalah konsep politik bangsa Indonesia yang memandang Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah. . Kesatuan Pertahanan Keamanan B. dan bahkan telah mempunyai legalitas dalam kehidupan kita Sebagai Bangsa dan Negara yang telah merdeka dan berdaulat. Hal ini dapat kita lihat dalam ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia. yang menyatukan bangsa dan negara secara utuh menyeluruh mencakup segenap bidang kehidupan nasional yang meliputi aspek politik. Dengan mengacu pada kondisi geografi bercirikan maritim. MAMUJU Page 13 . sosial budaya dan pertahanan keamanan. Kesatuan Ekonomi c. 4. MPR No.Wawasan Nusantara dan politik luar negeri bebas aktif. Wawasan Nusantara sebagai konsepsi politik dan kenegaraan yang merupakan manifestasi pemikiran politik bangsa Indonesia telah ditegaskan dalam GBHN dengan Tap. sosial budaya. Ketetapan MPR No IV/MPR/1973 tanggal 22 maret 1973 b. meliputi tanah (darat). Implementasi dari strategi maritim adalah mewujudkan kekuatan maritim (maritime power) yang dapat menjamin kedaulatan dan integritas wilayah dari berbagai ancaman. Penetapan ini merupakan tahapan akhir perkembangan konsepsi negara kepulauan yang telah diperjuangkan sejak Dekrarasi Juanda tanggal 13 Desember 1957. 3. politik. Pengertian dan Hakikat Wawasan Nusantara Wawasan Nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungan sekitarnya berdasarkan ide nasionalnya yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945 (Undang-Undang Dasar 1945) yang merupakan aspirasi bangsa indonesia yang merdeka. Laut yang menghubungkan dan mempersatukan pulau-pulau yang tersebar di seantero khatulistiwa. WAWASAN NUSANTARA DALAM PERUNDANG-UNDANGAN NEGARA RI Wawasan Nusantara merupakan suatu pandangan. TAP MPR No II/MPR/1983 tanggal 12 maret 1983 Sedangkan ruang lingkup dan cakupan wawasan nusantara dalam TAP MPR ’83 dalam mencapai tujuan pembangunan nasional disebutkan sebagai berikut : a. ekonomi.

Bahwa secara psikologis. b. 3. MAMUJU Page 14 . sebangsa. NOPIYANTI HANDAYANI – KAB. dalam arti : 1. merata dan seimbang. serta mempunyai tekad dalam mencapai cita-cita bangsa. bangsa Indonesia harus merasa satu. dalam arti : a. dalam arti : a. Bahwa seluruh Kepulauan Nusantara merupakan satu kesatuan sistem hukum dalam arti bahwa hanya ada satu hukum nasional yang mengabdi kepada kepentingan nasional. Bahwa kebulatan wilayah nasional dengan segala isi dan kekayaannya merupakan satu kesatuan wilayah. dan setanah air. sedangkan corak ragam budaya yang ada menggambarkan kekayaan budaya bangsa yang menjadi modal dan landasan pengembangan budaya bangsa seluruhnya. Bahwa tiap-tiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam rangka pembelaan negara dan bangsa.No. yang mencakup Kesatuan Politik Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai Satu Kesatuan Politik. 5. tanpa meninggalkan ciri khas yang dimiliki oleh daerah dalam pengembangankehidupanekonominya. 4. Bahwa masyarakat Indonesia adalah satu. Bahwa kekayaan wilayah Nusantara baik potensial maupun efektif adalah modal dan milik bersama bangsa. Kesatuan Sosial dan Budaya Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai Satu Kesatuan Sosial dan Budaya. Kesatuan Pertahanan Keamanan Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai Satu Kesatuan Pertahanan Keamanan. wadah. perikehidupan bangsa harus merupakan kehidupan bangsa yang serasi dengan terdapatnya tingkat kemajuan masyarakat yang sama. senasib sepenanggungan. dan bahwa keperluan hidup sehari-hari harus tersedia merata di seluruh wilayah tanah air. Bahwa Pancasila adalah satu-satunya falsafah serta ideologi bangsa dan negara yang melandasi. dalam arti : a. dan mengarahkan bangsa menuju tujuannya. 2. Bahwa ancaman terhadap satu pulau atau satu daerah pada hakekatnya merupakan ancaman terhadap seluruh bangsa dan negara. ruang hidup. Bahwa budaya Indonesia pada hakikatnya adalah satu. serta adanya keselarasan kehidupan yang sesuai dengan tingkat kemajuan bangsa. Tingkat perkembangan ekonomi harus serasi dan seimbang di seluruh daerah. b. yang hasil-hasilnya dapat dinikmati oleh bangsa Kesatuan Ekonomi Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu Kesatuan Ekonomi. Bahwa bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku dan berbicara dalam berbagai bahasa daerah serta memeluk dan meyakini berbagai agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa harus merupakan satu kesatuan bangsa yang bulat dalam arti yang seluas-luasnya. tentang garis-garis besar haluan Negara (GBHN) Bab II sub E yang antara lain berbunyi : wawasan dalam mencapai tujuan Pembangunan Nasional adalah Wawasan Nuasantara. b. dengan tidak menolak nilai – nilai budaya lain yang tidak bertentangan dengan nilai budaya bangsa.IV/MPR/1973 tanggal 22 maret 1973. dan kesatuan matra seluruh bangsa serta menjadi modal dan milik bersama bangsa. membimbing.

MAMUJU POLA PIKIR : PEMERINTAH MASYARAKAT DAN BIDANG MEDIS KESEHATAN KEDOKTERAN UUD 1945 WAWASAN NUSANTARA - Kabupaten MAMUJU yang SEHAT Masyarakat yang peduli akan Lingkungan dan Kesahatan MAKMUR.BAB III POLA PIKIR TENTANG WAWASAN NUSANTARA . SEJAHTERA EDUKASI yang baik untuk setiap masalah tergantung setiap daerah berdasarkan WAWASAN NUSANTARA NOPIYANTI HANDAYANI – KAB. MAMUJU Page 15 . Kab.

KESEHATAN 1 Setiap orang mendapat fasilitas kesehatan yg layak Setiap orang dapat terjamin kesehatannya. Menurunnya sebagian jumlah imunisasi pada tahun 2009. Letak fasilitas kesehatan yang kurang strategis. MAMUJU Page 16 . b. c. Meminum obat tidak sesuai dengan instruksi dari dokter. Mamuju.mamuju a. Menjaga kebersihan lingkungan agar sehat. Kemampuan dokter yang kurang terampil. PELUANG III ANCAMAN IV NOPIYANTI HANDAYANI – KAB. Kurangnya profesi dokter dan tenaga medis. Kesalahan diagnosis pada pasien dapat berakibat fatal. 10 puskesmas. b. Menyediakan obat-obatan yang memadai dan sesuai. d. Pasien merasa dirugikan. Setiap orang berhak atas pelayanan kesehatan.BAB IV “ ANALISIS SISTEM KEWARGANEGARAAN TENTANG WAWASA N NUSANTARA DALAM MENERAPKAN ILMU KESEHATAN DAN KEDOKTERAN DENGAN STUDI KASUS DI KABUPATEN MAMUJU” STRATEGI SWOT a. b. Memastikan semua pasien dilayani dengan baik. Di kab. a. Melaksanakan amanah dari pasien untuk menyembuhkan. Memilih-milih dalam hal menangani pasien. KABUPATEN 2 a. d. c. dokter dituntut pasien. Tidak mengetahui apa saja diagnosis banding suatu penyakit. Mamuju b. b. a. c. Mendahulukan pasien yang lebih gawat. d. b. Memberi obat sesuai gejala dan keluhan. Orang miskin tidak mendapat pelayanan kesehatan. Dapat terjadi malpraktik kedokteran di kab. c. Dokter dapat melakukan praktik secara serius. c. d. b. Penyakit mewabah. 1 rumah sakit umum. Memberi kritik membangun pada instansi kesehatan. a. penyakit pasien tidak sembuh. KEKUATAN I c. Pemakaian obat yang telah kadaluarsa. 32 puskesmas pembantu dan110 posyandu serta 9 puskesmas keliling KELEMAHAN II a. d. Program kerja bakti bersihkan lingkungan kab. Dapat mempelajari peta penyebaran penyakit. d. Kurangnya pengetahuan mengenai suatu penyakit. Kurang tersedianya obat yang dibutuhkan. b. c. a. Masih banyak masyarakat yang belum bisa mengakses fasilitas. d. Imunisasi dilakukan dengan baik pada kabupaten mamuju. c. d. Meningkatkan pengadaan jumlah imunisasi dan vaksin.

Tenaga kesehatan yang tersedia adalah 11 dokter. b. Saran Saran : a. Generasi Muda yang berada di Kabupaten MAMUJU di minta untuk lebih berkontribusi banyak karena merekalah yang akan membangun MAMUJU lebih maju dan baik. Hal ini dilihat dari persentase realisasi program yang lebih dari 50% di empat kecamatan Kabupaten Mamuju Utara. program imunisasi BCG dan Campak dapat terlaksana cukup baik. c. Dari bidang medis dan saya sendiri sangat ingin membantu sarana dan prasarana untuk kabupaten mamuju karena Kesehatan modal utama menjadi daerah Yang SUSKES nan Sejahtera baik dalam SDA Maupun SDMnya itu sendiri. namu tidak merata. Terlihat dari persentase realisasi salah satu kecamatan yang masih berada dibawah 50%.BAB V PENUTUPAN Kesimpulan : a. d. Setiap daerah berhak atas pelayanan kesehatan yang layak. Sebagai mahasiswa kedokteran yang akan menjadi dokter lebih memperhatikan daerah daerah yang masih belum maksimal terhadap kesehatan. 78 perawat. MAMUJU Page 17 . d. Sedangkan untuk imunisasi Polio I dan Polio II juga dapat terealisasi dengan baik. e. b. Diharapkan bagi Masyarakatnya bekerja sama dalam memelihara Lingkungan agar tercipta kesehatan yang baik. Diharapkan obat lebih memadai NOPIYANTI HANDAYANI – KAB. Untuk Pemerintahan kita di harapkan Lebih memperhatikan daerah daeran yang mungkin termasuk terpencil. 43 bidan dan 55 dukun bayi. c.

Alfa Beta 2007.html http://www.com/wawasan-nusantara.go.. M.id/ Sumber: http://id. Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan.Pd.Dr.DAFTAR PUSTAKA : http://www.Pd. MAMUJU Page 18 . S.id/microsite/KTM/uploads/TOBADAK. Hamid Darmadi.com/humanities/history/2203924-pengertian-wawasan-nusantarafungsi-dan/#ixzz1pfhcx8Mk Winarno. Pradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan Panduuan Kuliah di Perguruan Tinggi. NOPIYANTI HANDAYANI – KAB. M.depnakertrans.bps.com/doc/11572679/wawasan-nusantara http://syadiashare.si.shvoong.pdf http://mamujukab.scribd. Bumi Akrasa 2007 Prof.go.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful