P. 1
revaluasi aktiva tetap

revaluasi aktiva tetap

|Views: 53|Likes:
Published by Fifi Nurul Safitri

More info:

Published by: Fifi Nurul Safitri on May 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/22/2012

pdf

text

original

Revaluasi Aktiva Tetap

Revaluasi dapat diartikan sebagai penilaian kembali aktiva tetap yang dilakukan karena nilai aktiva tetap dianggap tidak lagi mencerminkan nilai yang sesungguhnya. Revaluasi dapat menyebabkan kenaikan atau penurunan nilai aktiva tetap. Penilaian kembali aktiva tetap dapat digunakan sebagai sarana bagi pemerintah atau Direktorat Jenderal Pajak untuk meningkatkan penerimaan negara yang berasal dari Pajak Penghasilan Badan

sedangkan bagi wajib pajak sendiri penilaian kembali aktiva dapat dijadikan sebagai sarana untuk melakukan perencanaan perpajakannya dengan tujuan untuk menghemat pembayaran pajak penghasilan badan. .

Revaluasi Aktiva Tetap Pendahuluan Fungsi Revaluasi Kondisi Krisis Dampak Revaluasi Terhadap PPH Menggambar kan Nilai Wajar Meningkat kan struktur Modal .

sedangkan utang dinilai menurut nilai tukar (valas) pasar. nilai nominal utang valas dalam Rupiah akan melejit tanpa diimbangi oleh peningkatan nilai aktiva selain (kerugian) selisih nilai tukar. Terdepresiasinya rupiah dan terevaluasinya valas. Hal ini berakibat ketimpangan nilai utang dengan ekuitas dan aktiva.Kondisi Krisis Kondisi inflasi menyebabkan nilai historis aktiva perusahaan jauh berbeda dengan kondisi pasarnya. perusahaan melakukan revaluasi karena nilai buku sudah tidak bisa mencerminkan harga pasar yang berlaku . karena aktiva dinilai menurut harga perolehan (histoncal cost). Sehingga.

atau dibebankan ke harga pokok produksi .Dampak Revaluasi Terhadap PPH  Bagi pemerintah penilaian kembali aktiva dapat menambah penerimaan negara yang berasal dari pajak penghasilan badan  Bagi wajib pajak penilaian kembali aktiva dapat digunakan sebagai sarana untuk menghemat pembayaran pajak.  Kenaikan nilai aktiva tetap mengakibatkan naiknya beban penyusutan aktiva tetap yang dibebankan ke dalam laba rugi.

Meningkatkan Struktur Modal Selisih lebih penilaian kembali aktiva juga meningkatkan struktur modal sendiri. Dengan meningkatnya struktur modal suatu perusahaan maka kontrol perusahaan akan lebih baik. Membaiknya DER pada gilirannya perusahaan dapat menarik dana baik melalui pinjaman dari pihak ketiga atau melalui emisi saham. . artinya perbandingan antara pinjaman (debt) dengan modal sendiri (equity) atau Debt to Equity Ratio (DER) menjadi membaik.

Menggambarkan Nilai Wajar  Penilaian kembali aktiva tetap memberikan keuntungan dan kerugian bagi  pemakai laporan keuangan menerima informasi yang lebih akurat  Pemilik perusahaan (Owner) harus mempertimbangkan manfaat dan kerugian dimasa sekarang dan dimasa mendatang .

Metode Penilaian Aktiva Tetap Menurut PSAK No 16 Metode Biaya Historis Metode Revaluasia n • Dinilai Sebesar Harga Perolehan • Penurunan Aset Selisih HP dengan Penyusutan • Dicatat sebesar nilai wajar diukur secara andal • Revaluasi Dilakukan Dengan Peraturan Reguler .

 AT berwujud : Tanah. bukan Banguan (tidak utk dijual)  AT ada diwilayah Indonesia  Revaluasi sebagaian atau seluruhnya  Nilai yang digunakan adalah nilai pasar atau nilai wajar olehpenilai (diakui pmrth)  Selisih lebih stlh dikurangi rugi fiskal dikenakan PPh final 10 %  Selisih lebih revaluasi dikompensasi dulu dengan rugi fiskal th berjalan dan th seblmnya . Bangunan.

Revaluasi utk gabungan  PPh final 10 % diangsur 5 tahun  Jika revaluasi dilakukan tdk pada akhir tahun maka kerugian dihitung samapi dilakukannya Revaluasi  Penyusutan baru dilakukan saat dilakukan revaluasi dg dasar nilai baru  AT yang direvaluasi tdk boleh dialihkan dlm jk wkt 5 tahun  .

tidak termasuk perusahaan yang memperoleh ijin menyelenggarakan pembukuan dalam bahasa Inggris dan mata uang Dolar Amerika Serikat  Telah memenuhi semua kewajiban pajaknya sampai dengan masa pajak terakhir sebelum masa pajak dilakukannya penilaian kembal  Mendapat persetujuan Diretur Jenderal Pajak  .Syarat Bagi WP Yang Boleh Melakukan Revaluasi Wajib pajak dalam negri dan BUT.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->