Peta Batimetri Selat Bali

Sumber : http://www.brok.kkp.go.id/pdf/2142201KTI%20BRKP.pdf http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/22043748.pdf http://retnosawitri.blogspot.com/2010/10/pembagian-zona-laut.html http://gurungeblog.wordpress.com/2009/01/06/daerah-biogeografipenyebaran-organisme-dibumibiomaekosistem-air-tawar-dan-air-laut/

Peta Geologi Perairan Selat Bali Peta batimetri perairan selat bali .

nekton. Di wilayah ini suhunya sangat dingin dan tidak ada tumbuh-tumbuhan. 3. teripang. Berdasarkan intensitas cahaya matahari yang masuk a. Mesopelagik : Kedalaman 200 sampai dengan 1000 m dari permukaan laut. Zona Bathyal (wilayah laut dalam). Zona “Neritic” (wilayah laut dangkal). yaitu dari batas wilayah pasang surut hingga kedalaman 150 m. Zona Lithoral. c. adalah wilayah pantai atau pesisir atau “shore”. oleh karena itu kehidupan organismenya tidak sebanyak yang terdapat di zona meritic. Zona Abysal (wilayah laut sangat dalam).kedalaman antara 200 . 2. tidak efektif untuk kegiatan fotosintesis. b. Selat Malaka dan laut-laut disekitar kepulauan Riau. Wilayah ini tidak dapat ditembus sinar matahari.ZONA KEDALAMAN PEMBAGIAN LAUT 1. Hewannya berupa nekton d. Biota yang hidup di daerah ini adalah plankton. Laut Natuna. b. binatang laut. Di wilayah ini pada saat air pasang tergenang air dan pada saat air laut surut berubah menjadi daratan. b. udang. kedalaman maksimum 200 m. Daerah Twilight : Daerah remang-remang. Epipelagik : Kedalaman 0 sampai dengan 200 m dari permukaan laut. Daerah Fotik / Fotosintesis : D a e r a h l a u t ya n g m a s i h d a p a t d i t e m b u s c a h a ya matahari. cacing laut. kepiting.2000 m. Berdasarkan Kedalamannya a. . yaitu wilayah laut yang memiliki kedalaman lebih dari 1800 m. adalah wilayah laut yang memiliki kedalaman antara 150 hingga 1800 meter. Jadi gelap sepanjangmasa. contoh Jaut Jawa. c. jenis hewan yang hidup di wilayah ini sangat terbatas. Pada zona ini masih dapat ditembus oleh sinar matahari sehingga wilayah ini paling banyak terdapat berbagai jenis kehidupan baik hewan maupun tumbuhan-tumbuhan. Daerah Afotik : daerah yang tidak tembus cahaya matahari. Oleh karena itu wilayah ini sering disebut juga wilayah pasang surut. neston dan bentos. Biota yang hidup di daerah ini antara lain: ganggang yang hidup sebagai bentos. Berdasarkan jarak dari pantai a.

Abisalpelagik : Kedalaman 4000 sampai dengan 6000 m dari permukaan laut. Hadalpelagik : Kedalaman 6000 sampai dengan 11000 m dari permukaan laut . Batiopelagik : Kedalaman 1000 sampai dengan 4000 m dari permukaan laut.c. e. d.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful