P. 1
Materi Flash 8

Materi Flash 8

|Views: 395|Likes:
Published by El Kasih

More info:

Published by: El Kasih on May 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/08/2013

pdf

text

original

SMPN 3 ANJUNGAN

ICT UNTUK PEMBELAJARAN
PENGENALAN MACRO MEDIA FLASH UNTUK PEMBELAJARAN

Elda Kasih 5/14/2012

1|M a c r i m e d i a F l a s 8 IHT_14 Mei 2012

Area Bekerja Flash

Menu Bar adalah kumpulan menu-menu yang ada pada Flash 8 Timeline jendela panel yang digunakan untuk mengelompokkan dan mengatur isi atau gerak sebuah movie atau simbol, panel time line ini berisi: 1. scene merupakan tempat berbagai kejadiandi dalam stage 2. layer merupakan tempat dimana kita menampung objek dalam satu scene 3. frame merupakan tempat kita mengatur animasi bagian perbagian yang di kelompokan dalam sebuah layer

Apa itu Flash?
Sejak diperkenalkan pada tahun 1996, Flash atau Macromedia Flash menjadi sangat populer dan langsung mendapat tempat di hati masyarakat dunia web karena dapat membuat menampilkan animasi dan interaksi di web. Tetapi sejak bulan Desember 2005, perusahaan Macromedia dibeli oleh Adobe dan kini berganti nama menjadi Adobe Flash sejak versi 9 atau CS3.

Demo Karya Flash Hasil karya yang dibuat dengan Flash seperti:
   

Ecards atau Kartu Ucapan Elektronik Coolsites atau Situs Bagus Game atau Permainan Animasi Kartun

Kelebihan dan Kemampuan Flash

Merupakan teknologi animasi web yang paling populer saat ini sehingga banyak didukung oleh berbagai pihak. Ukuran file yang kecil dengan kualitas yang baik Kebutuhan Hardware yang tidak tinggi Dapat membuat website, cd-interaktif, animasi web, animasi kartun, kartu elektronik, iklan TV, banner di web, presentasi cantik, membuat permainan (game), aplikasi web dan handphone. Dapat ditampilkan di banyak media seperti Web, CD-ROM, VCD, DVD, Televisi, Handphone dan PDA.

  

Teknologi Flash Flash sekarang bukan hanya sebagai software saja dengan nama Adobe Flash, tetapi juga merupakan suatu teknologi animasi di web. Jadi untuk membuat animasi web dengan format Flash (SWF) kita tidak harus menggunakan software Adobe Flash, tetapi bisa menggunakan software lain seperti SwishMax, Vecta 3D, Swift 3D, Amara, Kool Moves dan masih banyak lagi. Versi Macromedia atau Adobe Flash
     

Macromedia Flash 2 (1997) Macromedia Flash 3 (1998) Macromedia Flash 4 (1999) Macromedia Flash 5 (2000) Macromedia Flash 6 (2002) atau Macromedia Flash MX Macromedia Flash 7 (2003) atau Macromedia Flash MX 2004

Microsoft Word. Berikut adalah jenis-jenis animasi yang ada pada flash : 1. Animasi dengan Macromedia FLASH Animasi adalah proses penciptaan efek gerak atau efek perubahan bentuk yang terjadi selama beberapa waktu.. Animasi Motion Tween Rotare 6. karena itu lebih baik penggunaan animasi ini hendaknya diminimalis. Flash versi 4 atau 5 pun lebih dari cukup kalau komputer Anda Pentium 3.  Macromedia Flash 8 (2005) Adobe Flash 9 (2007) atau Adobe Flash CS3 Anda tidak usah bingung untuk menggunakan versi yang mana. Animasi Motion Shape Silahkan klik salah satu animasi untuk melihat tutorial lebih lanjut JUMAT. Membuat animasi frame per frame Di bawah ini akan ditunjukkan proses pembuatan animasi frame per frame : 1. Karena animasi frame per frame harus memiliki gambar yang unik tiap framenya maka animasi frame per frame sangat ideal untuk membuat animasi yang kompleks yang terdiri dari banyak perubahan seperti ekspresi wajah. Semua gambar yang bergerak dihasilkan dari gambar yang berbeda-beda tiap framenya. Animasi frame per frame menuntut banyak gambar yang harus dibuat. Buka file baru atau Ctrl+N. Kini adalah suatu kebutuhan atau keharusan (seperti menulis) untuk belajar suatu software perkantoran. Animasi frame to frame 2. Jadi silahkan menggunakan versi yang tidak memberatkan komputer Anda. Excel dan Power Point. kalau hanya untuk keperluan menggambar atau animasi. . atau perubahan bentuk (yang dinamakan “morphing”). Atau produk Open Source seperti Linux. tidak usah memaksa harus menggunakan versi terbaru. perubahaan warna. Efek animasi diciptakan dengan mengganti gambar yang satu dengan gambar yang lain selama beberapa waktu. Animasi Motion Guide 4. Animasi Masking 5. 02 JANUARI 2009 Animasi Frame to Frame Animasi ini adalah jenis animasi yang paling banyak memakan kapasitas file dan memori. Animasi Motion Tween 3. Star Office. Minimal bisa mengoperasikan produk Microsoft seperti Windows. Animasi bisa berupa gerak sebuah objek dari tempat yang satu ke tempat yang lain.

3. pilih Insert Keyframe atau tekan F6. maka akan muncul frame ke-2. kemudian kita putar balok sedikit ke kanan dan letaknya dirubah sedikit kebawah dengan meneka tombol Shift + Panah bawah satu kali.2. Kemudian kita pilih Rectangle Tool (R) pada toolbox dan kita mulai membuat objek balok pada stage dengan mengklik dan drag. Kemudian masukan kembali KeyFrame hingga menjadi tiga frame. 5. 4. Ulangi langkah di atas sampai frame 8 hingga balok tampak jatuh. Kemudian tekan Enter untuk melihat hasilnya. Pada frame ke-2 kita pilih Free Transform Tool (Q). 7. kemudian putar kembali balok sedikit ke kanan dan sedikit kebawah. jangan lupa warna fiil objek balok harus berbeda dari warna background stage. Kemudian klik kanan di frame ke-1. . 6.

17 MARET 2009 Animasi Motion Tween Animasi motion tween digunakan apabila kita ingin membuat gerakan animasi yang teratur. Kemudian klik kanan di frame ke-1. Animasi ini sangat mengurangi waktu karena kita tidak perlu membuat animasi secara frame per frame. 3. Membuat animasi motion tween Di bawah ini akan ditunjukkanproses pembuatan animasi motion tween : 1.SELASA. pilih Create motion tween . Sebaliknya Anda hanya membuat frame awal dan frame akhir saja. Kemudian kita pilih Oval tool (O) pada toolbox dan kita mulai membuat objek lingkaran pada stage dengan mengklik dan drag. jangan lupa warna fiil objek balok harus berbeda dari warna background stage. Dua alasan utama mengapa Animasi motion tween sangat baik yaitu karena mengurangi pekerjaan mengambar dan meminimalkan ukuran file karena isi dari setiap frame tidak perlu disimpan. Buka file baru atau Ctrl+N 2.

kemudian kita geser lingkaran ke kiri sehingga tampak seperti pada gambar. Kemudian tekan Enter untuk melihat hasilnya SELASA. Kemudian pada frame ke-30 klik kanan kita pilih Insert Keyframe. Membuat animasi motion guide . Animasi ini sangat cocok digunakan untuk jenis animasi yang membutuhkan ketelitian dalam pergerakan yang dikehendaki atau sesuai keinginan pembuat animasi. Animasi ini merupakan lanjutan dari animasi motion tween. 7. Pada frame ke-10 klik kanan kita pilih Keyframe. Kemudian pada frame ke-20 klik kanan kita pilih Insert Keyframe kemudian kita geser lingkaran ke bawah sehingga tampak seperti pada gambar. 17 MARET 2009 Animasi Motion Guide Animasi motion guide adalah animasi yang mempunyai gerakan sesuai dengan jalur yang kita buat.. 6. kemudian kita geser lingkaran ke kanan sehingga tampak seperti pada gambar 5.4.

kemudian kita geser lingkaran ke kanan sehingga tampak seperti pada gambar 5. . 3. jangan lupa warna fiil objek balok harus berbeda dari warna background stage. Buka file baru atau Ctrl+N 2.Di bawah ini akan ditunjukkanproses pembuatan animasi motion guide : 1. Kemudian klik kanan di frame ke-1. Kemudian klik kanan layer 1 kemudian pilih Add Motion Guide maka akan muncul layer baru seperti tampak pada gambar. pilih Create motion tween 4. Pada frame ke-10 klik kanan kita pilih Keyframe. Kemudian kita pilih Oval tool (O) pada toolbox dan kita mulai membuat objek lingkaran pada stage dengan mengklik dan drag..

Kemudian pilih Free Transform Tool agar bulatan tengah objek terlihat. Kemudian tekan Enter untuk melihat hasilnya .6. 7. Kemudian pilih Free Transform Tool agar bulatan tengah objek terlihat. Oleh karena itu. maka tengah objek haruslah berada di tengah jalur. 9. klik frame 1 layer 1. Kemudian pindahkan objek sampai lingkaran tengah objek berada di ujung awal jalur. Kemudian klik frame 40 layer 1. Kemudian pindahkan objek sampai lingkaran tengah objek berada di ujung akhir jalur. 8. 10. Kemudian dengan layer guide masih terseleksi kita pilih Pencil Tool untuk membuat jalur yang akan menjadi lintasan animasi dari lingkaran. Agar objek lingkaran dapat bergerak sesuai jalur.

4. JUMAT.dengan nama layer “text” yaitu layer yang di mask dan layer “masked” yaitu layer masking.kita ubah dulu warna background menjadi warna hitam. Selain itu area masking hanya boleh berupa fill. Jadi untuk outline (garis) tidak diperbolehkan. Kemudian klik kanan frame 50 pada layer text dan pilih Insert Frame. 2. Area masking yang bergerak.Catatan : dalam Motion Guide. 2. tengah objek harus berada di tengah (jalur). Kedua teknik tersebut akan menampilkan hasil animasi yang berbeda. Kemudian buat dua buah layer. Disini kita akan berkerja dengan area background berwarna hitam. 5. .. objek yang di mask diam. 02 JANUARI 2009 Animasi Masking Animasi masking adalah animasi yang pada intinya menampilkan objek yang semula kita sembunyikan. 3. Pada layer text frame ke-1 buat sebuah tulisan “ANIMASI MASKING” dengan warna putih seperti pada gambar. Membuat animasi masking Di bawah ini akan ditunjukkan proses pembuatan animasi masking : 1. Buka file baru atau Ctrl+N. Area masking yang diam dan objek yang di mask yang bergerak. Animasi masking mempunyai 2 metode dasar yaitu : 1. jadi pada properties.

8. Membuat animasi Motion Tween Rotate . 10. 9. SELASA. buat sebuah lingkaran berbentuk elips berwarna hitam.6. jenis animasi ini memang merupakan pengembangan dari animasi motion tween. Kemudian tekan Enter untuk melihat hasilnya. letakkan di samping kiri dari stage. 17 MARET 2009 Animasi Motion Tween Rotare Animasi jenis ini adalah animasi dimana kita dapat memutar objek baik objek yang diam maupun objek yang berjalan. Pada layer masked frame ke-1 klik kanan pilih Create Motion Tween. klik kanan pilih mask . Lalu ubah posisi lingkaran elips ke samping kanan stage. Pada layer masked. Dari namanya. Pada layer masked frame ke-1. 7. Pada layer masked frame ke-50 klik kanan pilih Insert Keyframe.

Tetapi disini objek kita rubah dengan objek kotak atau persegi dengan tujuan agar proses perputarannya kelihatan. Buka file baru atau Ctrl+N . 3. Pada pilihan rotare pilih CW untuk putaran searah jarum jam atau CCW untuk putaran yang berlawanan dengan arah jarum jam. Untuk Times adalah untuk mengatur berapa kali perputaran yang terjadi sepanjang Motion Tween yang kalian buat. Buatlah sebuah animasi motion tween seperti tutorial yang pernah dipostingkan. dengan mengklik ditengah motion tween kita rubah propertisnya.Di bawah ini akan ditunjukkanproses pembuatan animasi Motion tween rotate : 1. Buka file baru atau Ctrl+N 2. Setelah selesai. Membuat animasi Motion Shape Disini akan ditunjukkan bagaimana carapembuatan animasi Motion Shape 1. 4. Kemudian tekan Enter untuk melihat hasilnya SELASA. 17 MARET 2009 Animasi Motion Shape Animasi jenis ini adalah animasi dimana kita dapat merubah bentuk atau memecah bentuk dari objek yang kita animasikan.

Setelah keyframenya kosong kita buat sebuah objek persegi pada frame 20 tersebut. 6. 3. 5. Setelah itu pada frame 20 yang telah kita buat sebuah key frame.2. pada pilihan animasi tween pilih shape. Klik frame 1 kemudian buka panel properties. 7. Kemudian pada frame 20 buatlah sebuah keyframe. 4. kita hapus dengan cara klik frame 20 kemudian tekan Delete pada keyboard. Pada drame pertama kita buat sebuah objek lingkaran dengan menggunakan Oval Tool. Kemudian tekan Enter untuk melihat hasilnya .

yang ukuran filenya cuma 107 MB. kita telah mencoba menggunakan applikasi Easy GIF Animator. Artikel tips kali ini. Namun. tidak ada salahnya untuk mencoba. saya ingin menawarkan kepada anda untuk mencoba menggunakan applikasi Macromedia Flash Professional 8. yang mana pada applikasi tersebut mempunyai beberapa macam bentuk pilihan teks animasi dengan hasil banner yang cukup bagus dan memuaskan.Cara Membuat Teks Animasi Dengan Macromedia Flash 8 Posted on 10 Januari 2012 by Nyoman CNd Macromedia Flash Seperti pada umumnya. Adapun langkah-langkah untuk membuat teks animasi pada Macromedia Flash adalah sebagai berikut : 1. Buka applikasi Macromedia Flash pada netbook/computer anda. namun pada software ini. kita juga bisa membuat bermacam-macam bentuk animasi. Teks Animasi GIF Transparan Teks animasi GIF Background Pada artikel tips yang serupa sebelumnya. kemudian klik Create New Flash Document. Walaupun termasuk versi lama dari macromedia flash. pada applikasi tersebut kita tidak bisa mengatur cepat dan lambatnya pergerakan teks sesuai dengan keinginan kita seperti pada contoh banner diatas. Buat teman-teman bloggers yang suka mengutak-atik animasi. Silahkan cari softwarenya di mbah google. setiap software animasi pastinya terdapat kelebihan dan kekurangan masingmasing. serta mempunyai tingkat kerumitan yang berbeda dalam penggunaannya. . baik dengan ekstensi GIF maupun SWF.

selanjutnya tekan Ctrl+F3 pada keyboard netbook/computer anda. sehingga muncul halaman seperti gambar dibawah. maka kemungkinan besar media yang anda buat menjadi tersembunyi. . dan ganti ukuran default media dengan ukuran banner yang akan anda buat. Tekan Ctrl+F3 lagi untuk kembali kehalaman semula. Setelah muncul halaman baru.2 diatas. 3. selanjutnya klik OK. untuk menampilkan media tersebut. Gambar. karena akan semakin membuat anda bingung. saya sarankan untuk tidak sembarang menekan/mengklik menu.Gambar. silahkan isi form yang terdapat disana.1 2. Pada halaman Document Property seperti gambar no. Apabila anda mengganti ukuran default document terlalu kecil.2 Buat teman-teman bloggers yang baru pertama kali menggunakan applikasi ini. Geser scroll yang ada pada bagian bawah halaman dan disebelah kanan halaman.

3 Selanjutnya klik Menu Text Tool yang terdapat disebelah kiri halaman Layer. Setelah selesai. pilihlah jenis dan ukuran fonts yang akan anda tampilkan pada banner teks anda.Gambar. . tekan tombol Ctrl+F3 untuk kembali kehalaman semula. 4. atau tekan tombol T pada keyboard anda.5 Pada halaman Teks Properties diatas. Gambar. dan tulis teks yang anda inginkan.4 5. tekan tombol Ctrl+F3 pada keyboard anda hingga muncul halaman seperti gambar dibawah. Gambar. Buatlah area teks pada media. Setelah anda selesai menulis teks.

Gambar. kemudian lihatlah banner teks anda dengan menekan Ctrl+ENTER pada keyboard. klik menu File –> Export – > Export Movie . selanjutnya tekan F5 danF6 secara urut. Selanjutnya klik pada area teks yang kosong pada media. iyessss…. tanpa merubah area teks yang ada.6 7.Selanjutnya delete/hapus teks yang telah anda buat dengan menekan tombol Back space pada keyboard anda.6 diatas. Gambar. 6. Untuk huruf ke-3 dan selanjutnya. lakukan langkah-langkah seperti langkah no. Setelah semua teks terhapus pada area teks.!!! Anda telah berhasil 9. Klik lagi pada area teks. Setelah semua huruf anda tulis seperti pada gambar diatas. kemudian tulis huruf kedua selanjutnya tekanF5 dan F6 secara berurut. kemudian tulis 1 huruf awal yang telah anda hapus tadi.7 8. kemudian tekan F5 danF6 secara berurutan. selamat yaa… Untuk menyimpan file banner teks yang telah anda buat tersebut.

10 .8 10. Gambar.gif). Gambar. Tentukan Tempat dan Nama penyimpanan file tersebut pada netbook/computer anda. selanjutnya klik OK. Pada halaman yang muncul berikutnya. pilih type Animated GIF(*. Selanjutnya klik Save.Gambar. anda bisa mengatur ukuran file banner anda.9 11.

1. Ctrl+F3 = Teks Properties F5 = Insert Frame F6 = Insert Keyframe Selesai Cara Membuat Teks Berjalan Dengan Macromedia Flash Posted on 10 Januari 2012 by Nyoman CNd Macromedia Flash Pada tutorial sebelumnya kita membahas Teks Animasi Berjalan dengan model mengetik cepat. Selanjutnya pada gambar no. sebelum melakukan langkah no. Agar artikelnya tidak berkepanjangan. Ctrl+F3 = Document/Media Properties T.Apabila anda ingin membuat banner teks dengan background berwarna. Buka applikasi Macromedia anda. tekan tombol Vkemudian Ctrl+F3 pada keyboard untuk mengganti warna padaBackground Properties. kali ini kita akan membahas cara membuat teks animasi berjalan dengan pergerakan seluruh bagian teks dari sisi kanan media. . o Keterangan : V.9 diatas.10 diatas. seperti pada contoh animasi teks dibawah. hilangkan tanda centang pada kolom Transparent. kita langsung saja yaa…. Kemudian klik OK. berjalan ke sisi media sebelah kiri. kemudian klik Flash Documentpada bagian Create New.

klik menu Text Tool yang terletak disebelah kiri halaman Layer. Langkah selanjutnya adalah. Setelah selesai.1 2. kemudian klik OK.Gambar. Selanjutnya klik Ctrl+F3 untuk menyembunyikan halaman properties dan kembali ke halaman media. Gambar. Geser/drag scroll disebelah kanan dan bawah halaman media untuk mengatur letak media baru anda. klik tombol Default size untuk mengganti ukuran default media dengan ukuran banner teks yang akan anda buat. 3. . atau tekan tombol huruf T pada keyboard anda. Selanjutnya tekan tombol Ctrl+F3 pada keyboard anda.2 Pada halaman Properties diatas.

selanjutnya tulis teks yang akan anda jadikan banner.6 . pilih Insert Keyframe. Selanjutnya geser/drag teks yang anda buat menuju kesebelah kiri media dengan menekan tombol V+Tanda Panah kekiri (<--) Gambar. (Perhatikan gambar diatas) 4.5 6.4 5. Pada halaman Frame. Langkah berikutnya.3 Buatlah area teks disebelah kanan luar media anda.Gambar. Gambar. klik dibawah angka 50. kemudian klik kanan pada tempat tersebut. Gambar. klik kanan tanda yang terletak dibawah angka 1kemudian pilih Create Motion Tween.

9 9.8 8.7 Setelah seluruh bagian teks sudah terletak pada posisi disebelah kiri media. Untuk menyimpan file banner yang telah anda buat.gif). Gambar. 7. . selanjutnya tekan Ctrl+ENTER untuk melihat hasilnya. klik menu File –>Export –>Export Movie Gambar. perkecil ukuran gambar dengan mengklik tanda yang terletak disebelah kanan atas halaman Frame. sesuaikan ukuran lebar dan tinggi banner anda kemudian klik OK. Selanjutnya simpan file anda dalam format Animated GIF(*. kemudian klik Save. Pada gambar berikutnya. Gambar.Apabila teks yang anda buat terlalu panjang.

8) Bila anda menyimpan dengan format GIF. tekan Ctrl+F3 kemudian klik menu Selection Tool untuk menampilkan halaman Document Properties Gambar. maka sebelum melakukan langkah no.swf). Bila anda ingin banner teks anda bisa berjalan lebih mulus dari banner yang telah dibuat diatas. 11.Gambar. . Kemudian klik OK. kemudian klik tahan+geser kebawah angka frame yang lebih tinggi. Pada gambar no. klikdibawah angka 50 pada halaman frame. (Pada langkah no. Pada banner diatas.11 Selanjutnya atur warna background sesuai dengan keinginan anda. Menyimpan dengan format flash. sebelum melakukan langkah nomor 7. saya menggesernya sampai ke angka frame 7000. hilangkan tanda centang pada kolomTransparent.7.10 10. Apabila anda ingin membuat banner teks dengan background warna. kita dapat mengurangi ukuran file s/d 80%. Yang harus diperhatikan bila anda melakukan hal ini adalah simpanlah file banner anda dengan format Flash Movie(*. kemungkinan ukuran file banner anda akan terlalu besar. Mudah-mudahan dengan membaca tutorial ini.10 diatas. anda bisa berkreasi lebih jauh dengan menggunakan Macromedia Flash.

pertama bisa degan lagsun tekan f9. 4. jadi apabila terjadi kesalahan kecil saja maka program flash yang kita buat tidak akan bekerja. akan berakibat fatal. langkah selanjutnya adalah membuka panel action. tetapi apabila diabaikan. apalagi menyangkut action script. 3. karena setiap action berbeda-beda antara penempatan pada button. Untuk meletkan action script pada button adalah : 1. apalagi buat para orang yang baru belajar flash. 5. Cara menyeleksinya yaitu dengan selection tool dan kita klik satu kali pada button yang ingin kita beri action. Setelah langkah-langkah tersebut barulah kita bisa menuliskan scipt yang kita ingin tulis. Yang harus di ingat di sini untuk mecegah terjadinya kesalahan adalah pada panel action yang telah terbuka terdapat keterangan yang menyebutkan bahwa action adalah milik dari button yang telah diseleksi. Karena itu pada kesempata ini akan diberikan dasar-dasar yang sebenarnya sangat sepele. ataupun pada frame. 2. yang kedua adalah adalah klik kanan lalu pilih action.Cara meletakan action script pada Button Pemrograman Flash sangat sensitif sekali akan kesalahan. movie clip. Untuk memastikannya kita bisa melihat pada property inspector setelah button kita seleksi maka akan muncul keterangan seperti pada gambar di bawah. kemudian cara yang ketiga adalah langsung membukanya pada panel action. Disini ada beberapa cara yang bisa digunakan. Setelah button yang ingin kita beri scipt sudah terselaksi. . Pastikan button (tombol) baik yang kita buat sendiri ataupun yang mengambilnya dari panel library sudah terseleksi.

dan selesai. Klik objek tombol atau movie clip yang akan di beri nama instance. Setelah itu baru kita tekan Enter. kita sebagai pembuat telah menyediakan navigasi yang berupa tombol . LA BE L: P ENGEN A LA N DAS AR F LA S H Membuat tombol Navigasi sederhana Pada tutorial kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana membuat tombol navigasi. Kemudian kita buka panel properties dan isikan nama instance yang akan kita berikan pada kotak Instance Name. Misalkan mereka ingin pergi kebagian tertentu. 3. 2.LA BE L: P ENGEN A LA N DAS AR F LA S H Cara Memberi nama Instance Pemberian nama instance pada tombol atau movie clip sangat perlu tunuk interkasi dengan action yang kita buat. Jadi sebelum menulis script pada tombol atau movie clip. tombol atau movie clip harus di beri nama instance. Caranya adalah sebagi berikut : 1. ngerti kan apa itu tombol navigasi? Tombol navigasi itu berfungsi agar pengguna dapat berinteraksi dengan movie flash yang kita buat.

Pada frame 1 buat teks dengan Teks Tool dan propertisnya teks statis bertuliskan “Home”.1. Buka program flash tentunya. saya pakai ukuran 800x600. Buat lagi seperti langkah no. 3. setelah itu buat file baru dengan properties tertentu. kemudian pada frame 30 dengan teks statis bertuliskan “Contoh” dan “Frame label” diganti dengan “contoh”. Klik kanan frame 10 pilih Insert Blank Keyframe. kemudian ganti “Frame label” dengan “home” setelah itu tekan Enter. 2. 4 diatas pada frame 20 dengan teks statis bertuliskan “Latihan” dan “Frame label” diganti dengan “latihan”. . kemudian buat teks statis “Materi”. Klik lagi frame 10 dan ganti “Frame label” dengan “materi” dan tekan Enter. 5. 4. Klik frame 1.

6. Buat layer baru dan beri nama layer dengan nama “tutup” dengan cara klik dua kali pada tulisan “Layer 2”. 9. “latihan”. “contoh” dengan cara klik satu persatu dan merubahnya . “latihan_btn”. Caranya adalah dengan klik Windows kemudian pilih components. kemudian tutup panel Components dan rubah Instance name dari keempat button tersebut masing masing “home_btn”. 8. “contoh_btn” dan lebelnya masing masing “home”. Kemudian klik frame satu layer “tutup” dan buat teks statis “Tutup”. 7. “materi”. Buat layer baru lagi dan beri nama “tombol”. 10. Kemudian klik kanan pada tulisan “Tutup” pilih Convert to Symbol pilih type button dan beri nama “tutup_btn” dan klik ok. Dari panel Componens pilih User interface kemudian pilih button. Kemudian drag(klik tanpa dilepaskan) dan geser kedalam stage. Klik pada frame satu layer “tombol “ kemudian import tobol dari panel Component. “materi_btn”.

RABU. } contoh_btn. Kemudian Klik Ctrl+Enter. 11. } materi_btn. beri nama Tombol navigasi. klik pada frame pertama dan buka jendela Actions kemudian masukan Action Script di bawah ini : stop() home_btn. Dan lihat hasilnya pada tempat dimana kita menyimpannya. Buat layer baru lagi dan rubah namanya “skrip”.onPress = function(){ gotoAndStop("latihan").onPress = function(){ gotoAndStop("home"). 01 APRIL 2009 Dasar Pembuatan Button (tombol) pada Flash . Langkah terakhir adalah menyimpan dokumen.onPress = function(){ gotoAndStop("materi"). } 12. Kemudian klik kanan tombol tutup dan pilih Actions dan masukan Action Script di bawah ini : on(release){ fscommand("quit". } latihan_btn. 14. selesai. } 13."true").pada panel parameters.onPress = function(){ gotoAndStop("contoh").

3. Jika sudah terseleksi semua kemudian kita klik kanan pada objek tersebut dan pilih convert to symbol. Tergantung gimana anda. Ingat dalam menyeleksi harus terseleksi semua. Cara I 1. merupakan media interaksi antara pengguna dengan aplikasi yang akan kita buat. pilih button pada option behavior dan tombol pada name. karena dalam flash objek dibedakan antara fill dengan stoke. untuk melihat hasilnya. atau kalau anda senang dengan button yang berbentuk lingkaran anda jiga bisa membuatnya dengan menggunakan oval tool. Selesai. 4. kita sudah membuat sebuah tombol dengan cara yang pertama. . tapi dalam tutorial ini saya membuatnya dengan menggunakan objek kotak. langung aja tekan Ctrl+Enter. Disini akan saya paparkan 3 cara pembuatan button. 2. Pertama kita buat sebuah kotak dengan menggunakan rectangle tool . setelah itu klik ok. Kemudian kita seleksi seluruh objek dari kotak tersebut.Button pada flash sangat penting sekali fungsinya.

Jadilah sebuah button. . kita drag (klik dan geser tanpa dilepaskan kliknya) aja tombolnya kedalam stage.Cara II 1. Pertama kita pilih Insert > New Symbol pada pilihan menu bar dan pilih button pada type dan nama terserah. tahu kan panel libraby itu dimana? 5. Bagaimana cara kita memindahkannya ke dalam stage? Gampang. 4. Setelah itu kita melakukan buat objek lingkaran pada frame up. kemudian kita pilih insert keyframe pada frame over dan down. Itu karena tomboya masih berada di dalam library. 3. Kemudian kita kembali ke dalam stage. tapi tunggu dulu. 2. Di dalam stage button yang kita buat tidak muncul.

Bagaaimana caranya? Pilih Windows pada menu bar kemudian pilih Other panel dan pilih common Libraries. tetapi kita mengambilnya dari Common Library. kita tidak membuat tombol secara manual. Di dalam cara yang ketiga ini.Cara III 1. 2. .

Classes dan Leraning Interaction. Selesai.. Setelah itu kita drag button yang kita pilih kedalam stage. 5. Ada tiga pilihan yaitu Buttons. langsung test movie. kita pilih saja Buttons. . 4.3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->