LATAR BELAKANG

Energi merupakan sumber daya alam yang utama yang dimiliki suatu negara. Sumber daya alam dibagi 2 yaitu sumber daya alam yang dapat di perbaharui dan yang tidak. Energi yang menjadi sentral dalam sistem dari kebutuhan suatu negara. Dan minyak bumi yang merupakan sumber energi yang banyak negara sangat tergantung pada keberadaan sumber energi tersebut. Eksplorasi dan eksploitasi yang tidak terkontrol turut berkontribusi terhadap langkanya sumber energi tersebut karena butuh waktu yang sangat lama untuk memperbaharui minyak bumi, maka minyak bumi di golongkan dalam energi yang tidak dapat di perbaharui karena antara kebutuhan dan ketersediaan tidak mencapai suatu titik yang sama.i

Dari tabel diatas dapat kita analisis bahwa ketergantungan Indonesia sangat banyak kepada hasilhasil bumi yang membutuhkan waktu lama untuk dapat di perbaharui. Dari analisis dan tabel di atas, kita membutuhkan solusi dan salah satu solusi adalah membuat terobosan baru dengan inovasi-inovasi yang bisa membuat ketergantungan terhadap sumber energi yang berasal dari hasil bumi berkurang. Ketergantungan dari suatu negara akan sumber energi berasal dari tingginya tingkat konsumsi untuk objek konsumsi tertentu. Konsumsi terbanyak untuk sumber energi khususnya mnyak bumi adalah bidang transportasi dan industri. Sudah banyak inovasi untuk menekan tingkat konsumsi bahan bakar seperti halnya teknologi hybrid,ionizer,dll. Tapi sosialisasi dan efektifitas dari teknologi tersebut patut di pertanyakan. Maka itu di perlukannya inovasi baru akan masalah ketergantungan energi kian mendesak di perkirakan persediaan akan minyak bumi semakin menipis.

Nano solar adalah teknologi yang mengubah energi cahaya menjadi listrik tanpa ada panel. misalnya dari rumah tangga. Di kota-kota besar. Dan harga dari teknologi dari nano solar ini hanya 30 cent per watt. kontribusi gas buang kendaraan bermotor sebagai sumber polusi udara mencapai 60-70%. inovasi yang bisa di tawaarkan adalah dengan menerapkan teknologi nano solar dalam pembuatan body mobil. kebakaran hutan. pembakaran sampah. dan lain-lain. Nano solar memanfaatkan . Penebangan hutan demi kepentingan industri menjadi suatu hal yang wajar.Eksploitasi yang tidak terkontrol berdampak kerusakan alam yang bersifat masiv. sehingga teknologi ini bisa menjangkau masyarakat luas karena harga yang cukup terjangkau. Akan lebih bijak jika kita menggunakan transportasi dengan material dan sistem pembuangan yang jauh lebih bersahabat dengan alam. Maka grafik di atas bisa kita ambil kesimpulan bahwa kebutuhan akan inovasi baru di bidang transportasi sangat di butuhkan dan mendesak untuk menurunkan kadar polusi secara signifikan. Sedangkan kontribusi gas buang dari cerobong asap industri hanya berkisar 10-15%. Berbentuk seperti lembaran dan sangat mungkin di aplikasikan kepada bagian body mobil. sisanya berasal dari sumber pembakaran lain. Perumusan masalah untuk itu dengan target menurunkan kontribusi bidang transportasi khususnya kendaraan roda empat dan mengurangi ketergantungan terhadap energi dari hasil bumi khususnya minyak bumi.

Hal itu di tujukan untuk memperlambat dampak kenaikan jumlah kendaraan dengan pertumbuhan jalan. Dan bagian yang berwarna kuning akan dipasang body yang berbahan dasar fiber glass. Dalam desain ini tentunya akan di buat lebih luas karena di harapkan akan menjadi family car dan ada regulasi dalam pemakaian nya. sedangkan tujuan khusus dari karya tulis ini adalah: 1. sehingga tidak ada pembakaran yang menyebabkan emisi bahan bakar yang dapat menurunkan polusi. penambahan sistem teknologi GPS dan auto pilot menjadi standar baru dalam kebutuhan teknologi untuk bidang otomotif. Selain itu harga dari fiber glass sendiri cukup terjangkau dengan harga 27. bisa kita perjelas bahwa bagian hitam dari body mobil akan di pasangkan lembaran-lembaran nano solar yang berfungsi menyuplai energi untuk kebutuhan mobil itu sendiri. Menjadikan nano solar sebagai sumber energi alternatif yang dapat mengurangi polusi . Tujuan Tujuan umum dari karya tulis ini adalah untuk memberi pemecahan masalah dalam mengurangi ketergantungan sumber energi khususnya minyak bumi dan kerusakan lingkungan.000 per meter. Untuk menjadi “smart” car itu saja tidak cukup.sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik yang dapat menggerakan mobil. Karena fiber glass memiliki karakteristik kuat dan ringan. Dalam rancangan model diatas yang salah satu desain mobil masa depan.

Kegunaan 1. Tidak perlu khawatir akan polusi yang berasal dari asap kendaraan. menikmati sentuhan teknologi baru b. Memberikan kontribusi solusi terrhadap masalah global. Kegunaan bagi penulis: a. Meningkatkan pendapatan negara melalui industri otomotif b. Kegunaan bagi masyarakat: a. Membantu pemerintah dalam mengatasi masalah krisis energi dan polusi . Meningkatkan wawasa akan energi alternatif yang aplikatif dan murah c.2. membantu melestarikan bumi 3. c. Mengembangkan industri otomotif indonesia menjadi standar baru dalam dunia otomotif dengan teknologi yang ditawarkan Luaran yang Diharapkan Luaran yang diharapkan dari karya tulis ini kontribusi polusi dari sektor transportasi bisa turun serta aplikasi dari nano solar dapat diperluas di sektor-sektor lain. 2. Kegunaan bagi pemerintah: a. F. Meningkatkan wawasan dan kepedulian tentang teknologi ramah lingkungan b.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful