Berikut adalah daftar beberapa makanan yang mengandung yodium.

Makanan Sumber Yodium 1) Untuk Non-vegetarian: - Salmon - Tuna - Kerang - Cod - Herring - Garam beryodium 2) Untuk Vegetarian: - Kelp - Rumput Laut - Produk susu dan susu - Garam beryodium .Beberapa makanan yang mengandung unsur yodium :
  

Ikan laut Ganggang-ganggangan Sayur-sayuran hijau

Beberapa jenis sayuran juga memiliki kandungan iodium yang baik. Terutama sayuran yang ditanam pada tanah yang kaya akan iodium atau tumbuh di tepi pantai. Rumput laut menghimpun iodium dari air laut, sehingga menjadi sumber makanan yang kaya akan mineral ini. Secara umum, rumput laut dan makanan laut merupakan sumber iodium yang baik. Makanan laut yang menjadi sumber iodium di antaranya berbagai jenis ikan, cumi, udang, dan kerang. Rata-rata kandungan iodium pada tumbuhan laut berkisar 0,7-4,5 g/kg.

“Kandungan iodium pada rumput laut bisa mencapai 2.400-155 ribu kali lebih banyak dibandingkan dengan sayuran yang tumbuh di daratan,” ujar Prof. Made. Warga Jepang banyak mengonsumsi rumput laut, sehingga jarang yang mengidap penyakit gondok. Telur, daging, susu, dan sereal juga mengandung iodium, walau dalam jumlah kecil. Sekitar 100 gram sayuran, daging merah, atau telur mengandung 25 mkg iodium dan pada 100 gram produk susu, roti, maupun sereal terkandung 10 mkg iodium.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful