Tugas Akhir Semester Ganjil

Gaya Gesek
Oleh: •Muhammad Aldy Lisfianto
•Muhammad Haykal Pasha •Satya Arif Wicaksono •Yansen Jodianto S.

Pengajar: Ibu Purwaningsih, S.Pd
SMA Negeri 1 Banjarmasin
2010/2011

Arah gaya gesekan searah dengan pemukaan bidang sentuh dan berlawanan dengan kecenderungan arah gerak.Definisi Gaya Gesek Gaya merupakan sesuatu yang dapat mengubah kecepatan benda. Kemudian apakah yang dinamakan gaya gesek itu? Gaya gesekan termasuk gaya sentuh. yang muncul jika permukaan dua benda bersentuhan langsung secara fisik. . dari bergerak menjadi diam maupun menambah atau mengurangi kecepatan suatu benda. Oleh karena itu. gaya menyebabkan percepatan benda. baik dari diam menjadi bergerak.

 Gaya gesekan statis cenderung untuk mempertahankan keadaan diam benda ketika suatu gaya dikerjakan pada benda yang diam  Sedangkan gaya gesekan kinetis cenderung untuk mempertahankan keadaan gerak dari benda yang sedang bergerak  Gaya gesekan statis membesar mulai dari nol sampai suatu harga maksimum. disebut gaya gesekan statis maksimum yang dicapai pada saat benda tepat akan bergerak  Setelah benda sudah bergerak maka gaya gesekan kinetis yang berlaku yang cenderung tetap besarnya .Jenis Gaya Gesekan  Gaya gesekan terbagi menjadi dua jenis . yaitu gaya gesekan statis dan gesekan kinetis.

Rumus Gaya Gesekan  Rumus gaya gesekan statis : fs ≤ μs N  Rumus gaya gesekan kinetis : fk = μk N  dimana. f = gaya gesekan μ = koefisien gaya gesek N = gaya normal .

Animasi Gaya Gesek pada Bidang Datar yang Dihubungkan dengan Gaya Tegang Tali .

Animasi Gaya Gesek Pada Bidang Miring .

Prisma yang lain.Contoh soal Sebuah prisma bermasa m dengan sudut Ѳ = 450 diletakkan pada bidang tanpa gesekan. Sebuah gaya horizontal F dikerjakan pada prisma yang di atas sehingga tidak bergerak terhadap prisma di bawah. tentukan gaya gesek antara kedua prisma. (nyatakan dalam F. m dan g) m m F . tapi dengan masaa yang sama m diletakkan di atas prisma pertama (ukuran prisma pertama lebih besar dari prisma kedua).

Karena prisma atasa tidak bergerak terhadap prisma bawah maka percepatan a2x = a juga berarah mendatar ke kiri. Prisma 2 menekan prisma 1 dengan gaya normal N12 ke bawah. .bidang Karena prisma 1 bergerak mendatar ke kiri dengan percepatan a1x = a. Gaya berat masing-masing prisma sama yaitu mg. Reaksinya tentu prisma 1 menggesek prisma 2 ke bawah (gaya f21 berarah ke bawah). Reaksinya tentu prisma 1 menekan balik prisma 2 dengan gaya normal N21 ke atas. Gaya normal antara prisma 1 dan bidang datar adalah N1.Penyelesaian Prisma 2 didorong dengan gaya F ke kiri sehingga prisma 2 cenderung menggesek prisma 1 ke atas (f12 berarah ke atas).

N1x. dan N2x Karena Ѳ =450. …………………………………. f2x. Tetapkan arah ke kiri sebagai arah positif..(1) . maka Mari tinjau diagram bebas prima 1 (yang bawah) dan gunakan hukum II Newton.Kita tentukan komponen gaya f1x..

... ……………………………………………………..(3) Jumlahkan (2) dan (3) diperoleh Kurangkan (1) dan (2) diperoleh ……………………..(4) ………………………...(5) Subtitusi ma dari (5) ke (4) diperoleh ..(2) …………………………………………...Mari kita tinjau diagram bebas prisma 2 (yang atas) dan gunakan hukum II Newton.

TERIMA KASIH SALAM SMASA .