TUGAS SEMESTERAN BUDAYAH YANG MENDORONG KEMAJUAN DAN YANG MENYEBABKAN KEMISKINAN

Oleh SADLIYANSA NIM 09221059 DASEN PEMBIMBING SUKIRMAN. M.SI

FAKULTAS TARBIYAH JURUSAN MATEMATIKA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG

SI.2009 Kata Pengantar Puji dan syukur kami panjatkan kehadiran Allah swt. Akhirnya saya berharap semoga makalah ini berguna bagi kita bersama. . Amin. Ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya kami sampaikan kepada dosen pengumpul mata kuliah IBD. kerena berkat rahmat dan karunia jua saya dapat menyelesaikan penulisan makalah ini dengan semaksimal mukin. ISD Sukirman . M. kami mengharap kritik dan saran atau pun masukan yang bersifat membangun guna kesempurnaan penyusunan makala ini berikutnya. Penulisan maka ini dimaksud guna melengkapi tugas dalam “Budayah yang mendorong kemajuan dan yang menyebabkan kemiskinan” tanpa halangan suatu apa pun. Jika dalam makalah ini terdapat kesalahan dan kekeliruan.

Dalam makalah ini kami akan membahas tentanng dampakdampak budaya dalam kehidupan kita. Sehubungan dengan masalah yang kita bahas dalam makalah ini. terutama budaya yang mendorong kemajuan budaya yang menyebabkan kemiskinan. Latar Belakang Budayah merupakan suatu permasalahan yanng tak asing lagi apabilah kita dengan ditelingah kita. banyak faktor yang menyebabkan timbulnya budaya. menciptakan lingkungan hidup yang lebih serasi. dan budayah itu sendiri dapat menimbulkan banyak dampak dalam kehidupan kita sehari. . menciptakan kemudahan atau pasilitas agar kehidupan itu lebih nikmat. apabila dilihat dari segi kebudayaan. pembanggunan tidak lain adalah usaha dasar untuk menciptakan kondisi idup manusia yang lebih baik.BAB I PENDAHULUAN A.

Budaya yang mendorong kemajuan dan yang dan perkerjaan yang mampu mengatasi masalah kemiskinan dan mendapatkan kehormatan yang layak sebagai warga menyebabkan kemiskinan. dikenal pula gejalagejala budaya. dan hiasan. plihan hidup dan menjadi suatu pola gaya hidup. yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi atau akal manusia.BAB II PEMBAHASAN A. hal-hal ini berhubungan erat dengan kualitas hidup. B. Pengertian Budaya dan Kemiskianan Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Buddhayah. suatu pola gayah hidup yang dikonstruksikan secara indukatif melalui komulasi perilaku. yang berasal dari kata latin Colere. Kemiskinan kadang juga berarti tidak adanya akses terhadap pendidikan Negara. Dalam pengalaman sejarah umat manusia. manusia mulai jenuh dengan budaya yang serba melelahkan dengan ingin menikmati . pakaian. orientasi nilai dan makin abstrak ke pola kongitif. Kemiskinan adalan keadaan dimana terjadi kekurangan hal-hal yang bias untuk dipunyai seperti makna. Budaya kemiskianan adalah suatu sosok budaya kolektif. tempat berlindung dan air minum. Dalam bahasa inggris. kebudayaan disebut Culture. yaitu mengolah atau mengerjakan. Manusia mendambakan keidupan bangsa primitive yang penuh denngan ritus. pola sikap. adapun. fikiran.

Dalam dunia moderen bermuculan kecendurungan manusia untuk melarikan diri dari budaya dan kemballi kealam. Budsys yang meluas membahayakan manusia sendiri menciptakanya. Terdapat faktor yang mendorong sehingga mendukung perubahan.secara alami. Manusia memang tidak dapat hidup tanpa budaya yang memuat ancaman bagi dirinya sendiri. miskin suci. kadang-kadang orang mengirah bahwa miskin maju budaya. cenderung saling memerlukan ruang hdup bagi manusia. dan latihan beroreantasi pada perwujudtanya manusia mandiri saat dibutuhkan. Alam dan meningkat seperti halnya udaya merupakan dua kutup yang yang terdapat ilmu. meskipun perubahan tersebut diharapkan dan direncanakan. Kemajuan meningkatkan penanaman teknologi dan merupakan sisi tenaga salah lain utuk satu sisi untuk adalah produkativitas. Hal itu tidak begitu unitdan melelehkan manusia. latihan serta akhli teknologi banyak sekali sumber daya manusia yang tidak produktof hanya karma mereka tidak tahu apa yang harus dikerjakan. tetapi budaya dapat mengacurkan alam. untuk itu pendidkan. Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan social budaya Terjadinya perubahan tidak selalu berjalan dengan lancer. modal yang kerja adalah meningkatkan produktivitas baranng modala adalah mengunaka teknologi modoren. dan unit untuk meningkatkan produktivitas sumber budaya manusia adalah dengan pendidikan. sekalipun bangsa primitive juga memiliki budaya. . Budayah dapat menaklukan alam. C.

penduduk yang heterogen 7. ada delapan buah faktor yang menghalangi terjadinya social. Orientasi ke masa depan 9. Toleransi terhadap perubahan-perubahan yang menyimpang 5.tetapi juga ada faktor penghambat sehingga perubahan tidak berjalan sesuai yang diharapkan. Ketidakpuasan masyarakat terhadap bidang-bidang tertentu 8. Nilai bahwa manusia selalu berusaha untuk perbaikan hidup Faktor penghabat perubahan Banyak faktor yang menghambat sebuah proses perubahan. yaitu. Sistem pendidikan farmal yang maju 3. Terjadinya kontak atau sentuhan dengan kebudayaan lain 2. Menurut Soerjono soekarto. Sikap menghargai hasil karya oranng dan keinginan untuk maju 4. Kurangnya hubungan dengan masyarakat lain . 1. Faktor pendorong perubahan Faktor pendorong merupakan alas an yang mendukkung terjadinya perubahan. System terbbuka dalam lapisan-lapiasan masyarakat 6. Menuruut soerjono soekarto ada sembilan faktor yang mendorong terjadinya perubahan social adalah: 1.

Prangsangka terhadap hal-hal baru atau asing. Faktor-faktor penyebabnya kemiskinan antara lain adalah sebagai berikut: 1. Terbatasnya sumber daya manusia . Terbatasnya sumber daya alam 2. Perkembangan ilmu pengetahuan yang terlambat Sikap masyarakat yang mengagungkan tradisi masa lampau dan cenderung konsenvatif 4.2. Hambatan-hambatan yang bbersifat ideologis Adat dan kebiasaan tertentu dalam masyarakat yang cebdurung sukar diubah. pakaian. kita harus ketahui terlebih dahulu apa pengertian kemiskinan. 6. tempat berlindung dan air minum. 3. Adanya kepentingan pribadi dan kelompok yang sudah tertanam kkuat (vested Interest) 5. kemiskinan adalah keadaan dimana terjadinya kekurangnan hal-hal yang biasa untuk dipunyai seperti makanan. rasa takut terjadinya kegoyahan pada integrasi kebudayaan dan menimbulkan perubahan pada aspek-aspek tertentu dalam masyarakat. hal-hal ini berhubungan erat denngan dengan kualitas hidup. 8. Faktor-Faktor Penyebab Kemiskinan Faktor-faktor penyebab kemiskianan. terutama yang berasal dari barat 7. D.

apabila kita mampu menjadikan budaya tersebut sebagai alat bagi kita banyak untuk dirikita maju. ataukah akan menjadikan kita tertinggal atau kemiskina. Rendahnya produktivitas 5. Terbatasnya barang modal 4. itu semua tergantung pada kita sebagai man menanggapi atau menerima budaya tersebut dalam kehidupan kita. Kesimpulan Dari penjelasan diatas dapat disimpulakan bahwa kebudayaan atau budaya itu dapat menjadikan kemajuan dan dapat juga menjadikan atau memyebabkan kemiskinan.3. Rendahnya pendidikan BAB III PENUTUP A. .

PROPOSAL USAHA LAYANAN PENYEDIA PULSA DAN CONTER SADLY_CELL Disusun Oleh : Nama NIM Kelas : SADLIYANSYAH : 09221059 : MATEMATIKA 02 Mata Diklat : Kewirausahaan .

S.Edi.Pd. Joko Sangkrip Km 01 Telp.com PENGESAHAN Proposal pengembangan ini telah disahkan dan diterima sebagai syarat Ujian Semesteran / Kewirausahaan Tahu ajaran 2011/2012. Hari : Tanggal : Di Pembimbing M.IAIN RADEN FATAH PALEMBANG Jln. NIP : NIP : 131900233 : . (0287) 381801 – 38102 Kebumen Kode Pos : 54315 Email : smkn2kebumen@yahoo.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful